Anime Romance Terbaik
YouTube.com

5 Anime Romance Terbaik dari Makoto Shinkai

Posted on

Anime bergenre romance bisa dibilang genre yang paling banyak peminatnya. Tak heran memang karena manga bergenre romance juga selalu laris manis dipasaran. Tidak hanya dikalangan wanita, tetapi juga para pria yang pasti ikut menikmati alur atau sekedar gambar dari genre romance.

Anime sendiri biasanya dibuat dari manga (komik) yang sudah ada atau dengan kata lain anime merupakan wujud bergerak dari sebuah manga. Kali ini yuk kita bahas tentang anime-anime romance dari Makoto Shinkai.

Sutradara Makoto Niitsu atau yang Lebih dikenal dengan Makoto Shinkai bisa dibilang ahlinya dalam melahirkan karya anime romance terbaik. Sebenarnya Makoto Shinkai tidak hanya membuat anime yang bergenre romance saja.

Anime karyanya yang bukan bergenre romance juga selalu laris dan menjadi perbincangan diantara para pecinta anime. Sebut saja Egao, A Watchful Gaze (Dareka No Manazashi), She and Her Cat (Kanojo to Kanojo no Neko), dan Cat’s Gathering.

Anime Romance Terbaik dari Makoto Shinkai

Namun, bisa dibilang kalau karyanya yang bergenre romance-lah yang paling mengena dihati para pecinta anime. Kulik sedikit yuk tentang 5 anime romance terbaik karya Makoto Shinkai.

1. Voices of A Distant Star (2002)

Anime Romance Terbaik
theouterhaven.net

Anime romance yang akan kita bahas pertama release pada tahun 2002. Sebenarnya anime yang berjudul asli Hoshi no Koe ini bergenre sci-fi dan romance. Anime ini bercerita tentang Nagamine Mikako seorang gadis yang berprestasi di sekolahnya sehingga ia pun berhasil direkrut oleh PBB untuk bergabung dalam pasukan khusus luar angkasa.

Tugas dari pasukan khusus tersebut adalah memerangi para aliens yang berasal dari planet lain. Para aliens itu disebut Tarsians karena berasal dari sebuah tempat yang disebut Tharsis. Tharsis masih bagian dari Planet Mars.

Tugas Mikako sebagai pasukan khusus tidaklah mudah. Ia harus bertarung melawan mahluk-mahluk luar angkasa hanya dengan berbekal robot Mecha. Mikako mempunyai sahabat yang dekat dengannya, yakni Terao Noboru.

Noboru sendiri merupakan anak laki-laki yang tadinya satu sekolah dengan Mikako hingga akhirnya mereka berdua dekat sebagai sahabat. Saat Mikako mendapat misi luar angkasa dari UN Space Force Ia terpaksa harus menjalani hubungan jarak jauh atau LDR-an dengan Noboru yang tinggal di Bumi.

Saat menjalankan misinya diluar angkasa Mikako sering merindukan Noboru yang berada di bumi. Ia selalu merasa kesepian dan butuh teman untuk berbagi apalagi disaat ia sedang stress menghadapi pasukan aliens. Sebenarnya mereka masih bisa berkomunikasi melalui telepon seluler.

Namun yang menjadi kendala adalah waktu sampai pesan yang dikirim dari Mikako ke Noboru. Berhubung dimensi waktu dan tempat mereka berbeda jauh. Waktu untuk berkirim email melalui ponsel bisa tahunan. Mikako sempat berkirim pesan kepada Noboru untuk sekedar memberi tahu keberadaannya saja memakan waktu hingga delapan tahun lamanya.

Kebayang dong gimana sedihnya jadi pasangan LDR yang macam begini. Bukan cuma berat diongkos tapi juga berat diumur.. Agak susah juga sih ngebanyangin komunikasi diantara mereka berdua. Secara ponsel yang digambarkan oleh Makoto Shinkai pada anime ini terhitung HP jadul.

HP model terbaru jaman now dengan kualitas tangkapan sinyal yang mumpuni aja sering sinyalnya ilang-ilangan. Dimasa-masa kesendiriannya saat berada diluar angkasa membuat Mikako sadar akan cintanya kepadda Noboru.

Pada Anime ini diceritakan kalau Mikako yang berumur 16 tahun menyatakan cintanya pada Noboru yang berumur 25 tahun. Anime ini berakhir dengan cerita Mikako berkata kepada Noboru kalau mereka akan bertemu kembali.

2. The Place Promised in Our Early Days (2004)

Anime Romance Terbaik
drafthouse.com

Anime yang berjudul Kumo no Mukou, Yakusoku no Basho dalam bahasa jepang ini rilis pada tahun 2004. Anime ini sendiri bergenre romance, sci-fi, dan war. Berlatar belakang saat setelah perang dunia kedua. Pada anime diceritakan bahwa saat itu Hokkaido terbagi menjadi dua wilayah.

Di salah satu wilayah terdapat menara tinggi misterius yang dibangun oleh pasukan Soviet. Anime ini sebenarnya bercerita tentang kisah cinta segitiga antara dua sahabat, hyaitu Hiroki dan Takuya yang ingin mengambil hati seorang gadis bernama Sayuri.

Buat yang penasaran semisterius apa menara yang menjadi obsesi Hiroki dan Takuya serta akhir kisah cinta segitiga mereka. Anime ini wajib kamu tonton biar menghilangkan rasa penasaranmu.

3. 5 Centimeter Per Second (2007)

Anime Romance Terbaik
Ultimagz.com

Anime ketiga yang akan dibahas adalah 5 centimeter per second. Anime ini berjudul asli Byosoku Go Senchimetoru. Anime ini merupakan anime tiga babak atau tiga segmen dalam satu film. Bagian pertama berjudul Cherry blossom, bagian kedua berjudul Cosmonaut, dan terakhir berjudul 5 Centimeter per Second. Dimana pada bagian ketiga dibuat seperti tayangan musik video.

4. The Garden of Words (2013)

Anime Romance Terbaik
movierob.wordpress.com

Anime yang rilis di tahun 2013 ini bisa dibilang anime romance yang paling dekat dengan kehidupan nyata terutama masyarakat Jepang. Latar belakang yang menjadi tempat bertemunya dua tokoh utama ada pada sebuah taman kota, tepatnya di Shinjuku.

Hujan di bulan Juni menjadi awal pertemuan kedua tokoh utama. Akizuki Takao adalah siswa laki-laki berusia 15 tahun yang bersekolah di sebuah SMA. Sedangkan Yukino adalah wanita lajang berumur 27 tahun dan sudah bekerja.

Pertemuan keduanya di taman kota terjadi secara tidak sengaja. Mereka berdua awalnya hanya bertemu karena sedang berteduh menunggu hujan reda. Pada awal pertemuan mereka tidak saling bertegur sapa atau pun berkenalan.

Dalam keheningan hujan Takao diam-diam mengamati Yukino dan menggambar kaki serta sepatu yang dikenakannya. Takao sangat tertarik untuk menjadi seorang pembuat sepatu. Hal itu bermula saat ia melihat kado berupa sepatu yang mediang ayahnya berikan untuk mediang ibunya disaat ia masih kanak-kanak.

Diakhir pertemuan pertama mereka, Yukino mengatakan sebuah sajak Jepang Kuno yang menggantung. Setiap Takao dan Yukino bertemu di taman saat hujan ia selalu menggambar kaki dan sepatu Yukino. Hingga pada akhirnya Takao memberanikan diri mengutarakan cita-citanya dan bermaksud membuatkan sepatu wanita pertama untuk Yukino.

Mereka menjadi semakin dekat dan bahkan saling bertukar makanan. Yukino mempunyai penyakit yang tidak bisa mengenali rasa dengan baik. Sehingga makanan bekalnya selalu tidak enak, itulah mengapa Yukino sering meminta bekal milik Takao. Saat musim hujan telah berhenti pertemuan mereka pun juga juga demikian.

Yukino masih sering mengunjungi taman dan berharap Takao datang untuk membolos kelas paginya seperti yang biasa ia lakukan saat hujan. Tentu saja hal itu tidak mungkin terjadi mengingat Takao adalah siswa beasiswa dan harus bekerja keras untuk kerja sambilan. Suatu hari secara tidak disengaja mereka bertemu di sekolah Takao.

Yukino ternyata adalah guru Sastra Jepang di sekolah Takao. Ia sudah lama tidak mengajar karena ada kasus dengan murid kelas tiga. Pada akhirnya mereka bertemu kembali sebelum akhirnya berpisah. Takao berhasil menjawab sajak yang sebelumnya diberikan Yukino dan juga menyatakan perasaannya kepada Yukino.

5. Your Name (2016)

Anime Romance Terbaik
theouterhaven.net

Kimi no Nawa atau yang dalam bahasa Inggrisnya berjudul Your Name ini merupakan karya teranyar dari Makoto Shinkai. Anime ini sudah ditahun 2016. Seperti anime-anime dari Makoto Shinkai yang lain, grafik dari anime ini sangat apik.

Makoto Shinkai selalu memasukkan gambar asli (live) kedalam hampir setiap anime karyanya. Kimi no na wa menganbil beberapa latar belakang tempat umum di Jepang, seperti Suga-jinja di Shinjuku. Jembatan bagi pejalan kaki di Shinano-cho station, serta stasiun Yotsuya.

Suga-jinja inilah yang menjadi latar belakang ending dari anime ini. Alur dari anime ini di buat maju mundur. Bagi yang belum terbiasa dengan karya-karya Makoto Shinkai mungkin akan sedikit dibuat bingung oleh jalan ceritanya. Sebenernya inti cerita dari anime ini cukup simpel.

Ada seorang siswi SMA bernama Mitsuha yang tinggal di daerah pegunungan. Ia bosan dengan kehidupannya dan berharap bisa terlahir sebagai seorang pria tampan dan hidup di kota. Di sisi lain ada seorang siswa SMA bernama Taki yang bosan dengan kehidupan di Kota Tokyo.

Mitsuha dan taki terhubung secara magis. Mereka saling bertukar jiwa saat bangun tidur. Mereka tidak tahu mengapa hal itu bisa terjadi hingga pada akhirnya Taki menyadari jawabannya.

Taki bisa menyelamatkan Mitsuha dari sebuah bencana, akan tetapi ia tidak bisa mengingat nama Mitsuha saat mereka berdua benar-benar bertemu. Bagi yang penasaran dengan anime ini, recomended banget lho untuk di tonton mengisi list tontonan anime kalian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *