celikalquran.com

Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin, Beserta Arti Terjemahannya (Download mp3 dan Video)

Posted on

Ada suatu ayat yang tertulis dalam Al – Qur’an yang memiliki kedudukan tinggi serta mengandung tentang tauhid, ayat ini adalah ayat kursi. Ayat kursi merupakan ayat yang terkandung dalam surat Al- Baqarah merupakan ayat ke 255.

Dalam sejarahnya ayat kursi diturunkan setelah nabu Muhammad SAW hijrah dari kota Makkah ke kota Madinah. Begitu istimewanya ayat ini diantarkan langsung oleh ribuan malaikat. Rasulullah SAW segera memerintah Zaid bin Thabit untuk segera menuliskan ayat tersebut.

Diceritakan saat ayat ini turun, seluruh dunia gempar, syaitan berlarian, kebingungan dan kepanasan. Ayat ini pun membuat golongan iblis dan setan begitu takut dan khawatir, sebab ayat ini mampu digunakan sebagai penghalang dalam usahanya menggoda umat manusia. Bahkan dalam shahih muslim dari Ubay bin Ka’ab RA, Rasulullah SAW bersabda :

يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ؟ قَالَ قُلْتُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ ، قَالَ يَا أَبَا الْمُنْذِرِ أَتَدْرِي أَيُّ آيَةٍ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ مَعَكَ أَعْظَمُ؟ قَالَ قُلْتُ{ اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ }[البقرة:٢٥٥] ، قَالَ فَضَرَبَ فِي صَدْرِي وَقَالَ وَاللَّهِ لِيَهْنِكَ الْعِلْمُ أَبَا الْمُنْذِرِ

Wahai Abu al-Mundzir –kun-yah Ka’ab-, tahukah engkau ayat apa yang paling mulia yang telah engkau hafal di dalam Alquran?” Ubay menjawab, “Allah dan Rasul-Nya lah yang lebih mengetahui.” Beliau mengulangi pertanyaannya, “Wahai Abu al-Mundzir, tahukah engkau ayat apa yang paling mulia yang telah engkau hafal di dalam Alquran?” Lalu Ubay menjawab, “Allaahu laa ilaaha illaa huwa-l hayyu-l qayyum.” Rasulullah bersabda, “Demi Allah, semoga engkau selalu merasa senang dengan ilmu, wahai Abu al-Mundzir.”

Dari berbagai penjelasan baik dari sabda dan pendapat beberapa ulama, ayat kursi dapat memberikan keutamaan bagi yang mengamalkannya. Sebaiknya tidak hanya dibaca saja namun dipahami benar apa makna yang tertulis dalam ayat kursi sehingga kita dapat meresapi dan benar – benar tertanam dalam hati.

gambarkeren.co

Keutamaan atau Khasiat Ayat Kursi

Setiap apa yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada kita tentunya bertujuan untuk kebaikan kita sendiri sebagai umatnya. Berikut ini merupakan keutamaan ayat kursi, diantaranya :

1. Ayat yang paling agung dalam Al – Qur’an

Ayat kusi digolongkan ayat yang paling agung sebab ia mengandung nama Allah Al Hayyu dan Al Qayyum.
Diriwayatkan oleh Muslim di dalam kitab shahihnya dari Ubai bin Ka’ab radhiallhu ‘anhu berkata: Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalam bersabda, “Wahai Abu Munzir, apakah engkau mengetahui sebuah ayat yang paling agung di dalam Al-Qur’an?. Aku berkata: (اللّهُ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ). Dia berkata: Maka Rasulullah salallahu ‘alaihi wasalammenepuk dadaku dan berkata, “Selamat dengan ilmu yang engkau miliki wahai Abu Munzdir”.

2. Ayat yang paling diberkahi

3. Merupakan penghulu Al – Qur’an

Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda :
Segala sesuatu pasti ada yang lebih unggul dan lebih tinggi. Sesungguhnya yang lebih unggul dan lebih tinggi dari Al-Quran adalah Surat Al-Baqarah. Dan di dalam Surat Al-Baqarah ada ayat yaitu Penghulu Ayat-Ayat Al-Quran, dialah Ayat Kursi “.

Rasulullah SAW bersabda pada Sahabat Ali bin Abi Tholib
Hai Ali penghulu manusia adalah Adam, penghulu orang arab adalah Muhammad, penghulu orang persia adalah Salman, penghulu orang Rum (Yordan, Palestina, Siria dan Afghan) adalah Suhaib, penghulu orang Hababasyah adalah Bilal, penghulu gunung adalah Thursina, penghulu pohon adalah Bidara, penghulu bulan adalah Muharram, penghulu hari adalah Jum’at, penghulu ucapan adalah Al-Quran, penghulu Al-Quran adalah Ayat Kursi. Didalam Ayat Kursi ada 50 kata dan setiap kata ada 50 keberkahan “. ( H.R. Ad-Dailami ).

4. Ayat pembuka bagi segala kesusahan

5. Ayat yang paling utama dan mulia

Ayat kursi merupakan ayat yang paling mulia atau yang paling utama sebab mengandung ajaran – ajaran tauhid.

6. Bagi mereka yang gemar mengamalkannya artinya sama dengan memperdalam ilmu tauhid

Dalam ayat kursi mengandung 3 tauhid yaitu tauhid uluhiyah, tauhid rububiyah dan tauhid asma’ wa sifat. Tauhid uluhiyah dalam ayat ini yang dimaksudkan ialah makna tidak ada sesembahan yang berhak disembah selai Allah. Tauhid asma’ wa sifat ialah dalam makna penetapan sifat Allah yang berdiri sendiri sedangkan tauhid rububiyah ialah menjelaskan tentang pemilik langit dan bumi di dalamnya.

7. Sebagai penolong umat muslim

8. Sebagai perlindungan bagi hamba – hambanya

Ayat kursi juga dapat diamalkan dan bermanfaat untuk pelindung kita dari marabahaya. Jika kita mengamalkannya sebelum keluar rumah insyaallah kita terhindar dari halangan yang disebabkan oleh syaitan.
Syaikh Al-Buni berkata ” Barangsiapa yang membaca Ayat Kursi ketika keluar rumah maka keperluannya akan dikabulkan oleh Allah, diampuni dosanya, syetan lari menjauhinya, Allah menyerahkan dirinya dijaga oleh malaikat dari setiap keburukan, gangguan jin dan manusia dan dari seluruh yang ditakutkan “.

9. Menghapus keburukan

10. Membuat lahir dan batin tenang

grafis-media.website

Bacaan Ayat Kursi Arab, Latin Beserta Artinya

Berikut merupakan bacaan ayat kursi dalam tulisan arab, latin beserta beserta arti/terjemahannya :

  • Bacaan Ayat Kursi Arab

اَللهُ لآَإِلهَ إِلاَّهُوَالْحَىُّ الْقَيُّوْمُ ج لاَتَأْخُذُه سِنَةٌ وَلاَنَوْمٌ ط لَهُ مَافِى السَّموَاتِ وَمَافِى اْلاَرْضِ قلى مَنْ ذَالَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَه اِلاَّبِاِذْنِه ط يَعْلَمُ مَابَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَاخَلْفَهُمْ ج وَلاَيُحِيْطُوْنَ بِشَيْئٍ مِنْ عِلْمِه اِلاَّبِمَاشَآءَ ج وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّموَاتِ وَاْلاَرْضَ ج وَلاَيَؤدُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَالْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

  • Ayat Kursi Latin

ALLAHU LAA ILAAHA ILLA HUWAL HAYYUL QAYYUMU. LAA TA’KHUDZUHUU SINATUW WA LAA NAUUM. LAHUU MAA FISSAMAAWAATI WA MAA FIL ARDHI. MAN DZAL LADZII YASFA’U ‘INDAHUU ILLAA BI IDZNIHI. YA’LAMU MAA BAINA AIDIIHIM WA MAA KHALFAHUM. WA LAA YUHITHUUNA BI SYAI-IN MIN ‘ILMIHII ILLAA BI MAASYAA-A. WASI’A KURSIYYUHUSSAMAAWAATI WAL ARDHA. WA LAA YA-UDHUU HIFZHUHUMAA WAHUWAL ‘ALIYYUL AZHIIM

  • Arti/Terjemahan Ayat Kursi

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar“. (QS : Al-Baqarah : 255)

Dinamakan ayat kursi karena bagai sebuah lingkaran yang ditengah – tengahnya padang luas dan diatas setiap Kursi ada malaikat yang membaca ayat kursi dan mencatat pahala orang yang membaca ayat kursi. Isi kandungan ayat kursi pun luasnya tak bisa diukur dengan ukuran, khasiatnya luar biasa sebab Rasulullah SAW membacanya seumur hidup disetiap ketika ada masalah.

Dalam artinya pun terdapat penjelasan, mengenai tauhid serta perbedaannya dengan ayat – ayat yang lain ialah ayat kursi menjelaskan semuanya tergabung dalam suatu ayat dan tidak terpisah – pisah. Ayat ini menjelaskan sebuah tujuan yaitu mentauhidkan Allah dan mengikhlaskan beribadah hanya untukNya.

Di dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa Allah SWT begitu agung yang terpapar pada salah satu sifat Allah SWT di dalam ayat kursi yaitu Al – Qayyum yang menunjukkan kesempurnaan dan kekayaan selain itu tertulis juga Al – Hayyu yang maha hidup, tidak ada kekuatan dan kesempurnaan paling besar selain Allah SWT.

Siapa yang membaca ayat kursi setelah sholat fardhu, setiap pagi dan petang setiap keluar masuk rumah ataupun sebelum tidur, niscaya ia terhindar dari gangguan syaitan. Begitu dahsyatnya ayat kursi bahkan syaitan pun gempar mendengar ayat tersebut. Jika kita mebaca artinya memang benar – benar ayat ini menjelaskan keagungan Allah SWT dan tidak ada kekuatan yang paling kuat selain Allah SWT sehingga syaitan pun takut.

Ayat ini diriwayatkan oleh Ubay bin Ka’ab dalam hadistnya, yang menjelaskan bahwa ayat kursi merupakan ayat paling agung di dalam Al- Qur’an. Diceritakan pula mengenai Abu Hurairah RA yang diajari oleh syaitan mengenai bacaan ayat kursi.

Pada suatu ketika Abu Hurairah RA ditugaskan oleh Nabi Muhammad SAW untuk menjaga gudang zakat di saat Ramadhan, tak disangka munculah seorang pencuri dengan segembang makanan di tangannya. Kemudian Abu Hurairah mengancamnya akan mengadukannya kepada Rasullulah SAW, pencuri itupun ketakutan dan berjanji tidak akan mengulanginya akhirnya Abu Hurairah pun luluh dan hanya menceritakan pada Rasullulah.

Rasulullah pun memberitahukan kepada Abu Hurairah bahwa pencuri itu akan datang lagi, kemudian ternyata benar pada malam harinya pencuri itu datang kembali untuk mencuri makanan. Abu Hurairah pun mengancamnya lagi, namun sekali lagi ia merasa iba pada pencuri itu dan kemudian ia lepaskan lagi pencuri tersebut.

Abu Hurairah kemudian menceritakan hal tersebut pada Rasulullah dan sekali lagi Rasulullah berkata bahwa pencuri itu akan datang lagi untuk mencuri. Dan benar, dan untuk kali ini Abu Hurairah sudah tak mau melepaskannya lagi, ia merasa ditipu oleh pencuri itu sehingga ia bersikeras untuk membawa pencuri itu kepada Rasulullah.

Namun disaat ia hendak membawanya pada Rasulullah pencuri itu memohon ampun dan jika ia dilepaskan ia berjanji akan mengajari Abu Hurairah mengenai suatu ayat yang jika diamalkan sebelum tidur akan memberikan keselamatan dan akan selalu dijaga oleh Allah juga tidak akan didekati oleh Syaitan.

Pencuri itu mengajarinya Ayat Kursi, Abu Hurairah pun melepaskannya kembali. Pada pagi harinya ia bercerita kepada Rasulullah SAW mengenai pencuri yang mengajarinya ayat kursi itu, kemudian Rasulullah berkata bahwa pencuri itu benar dan sebenarnya pencuri itu adalah syaitan.

Bahkan dalam hadist yang lain juga disebutkan, Rasulullah SAW bersabda :

مَنْ قَرَأَ آيَةَ الْكُرْسِيِّ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مَكْتُوبَةٍ لَمْ يَمْنَعْه مِنْ دُخُولِ الْجَنَّةِ، إِلا الْمَوْتُ

Barangsiapa membaca ayat kursi setelah setiap shalat wajib, tidak ada yang menghalanginya dari masuk surga selain kematian.” (HR. ath-Thabrani no. 7532, dihukumi shahih oleh al-Albani)

Dari hadist tersebut sudah jelas diterangkan bahwa ayat kursi begitu istimewa sehingga mampu membuat orang yang mengamalkannya tidak ada yang menghalanginya dari masuk surga selain kematian.

Beberapa hadist telah menyebutkannya dan jika banyak mengamalkan ayat kursi maka akan mendapatkan keutamaan yang sangat banyak selain itu hati pun mejadi tenang ketika kita mengamalkannya di setiap kegiatan yang kita lakukan.

Insyaallah didalam setiap pekerjaan kita tidak ada halangan apapun jika kita mengamalkannya. Dan ini disunahkan pula dibaca setelah shalat fardhu, saat dzikir pagi dan sore serta sebelum tidur.

Dalam beberapa masalah, ada beberapa masyarakat yang malah menggunakan ayat kursi sebagai pajangan dengan tujuan untuk mengusir syetan baik di dalam rumahnya ataupun mobilnya. Bhakan juga digunakan sebagai kalung yang digunakan pada anak kecil agar terhindar dari penyakit hasad yaitu penyakit ain. Hal ini sangat dilarang bahkan Rasulullah SAW besabda :

إِنَّ الرُّقَى وَالتَّمَائِمَ وَالتِّوَلَةَ شِرْكٌ

Sungguh jampi-jampi, jimat, dan pelet adalah syirik”. Diriwayatkan oleh Imam Ahmad dan Abu Daud. Hadits ini dishahihkan oleh Al Hakim dan disepakati oleh Adz Dzahabi.

Seperti yang tertera pada sabda Rasulullah SAW penggunaan ayat kursi yang bertujuan untuk memberi keselamatan maupun untuk mengusir syaitan menyerupai dengan penggunaan jimat dan hal tersebut adalah syirik. Oleh sebab itu sebagai umat muslim, sudah seharusnya kita menggunakan ayat kursi sebagai mana mestinya dan mengamalkan sesuai dengan anjuran dan yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Mengamalkan ayat kursi dengan membacanya di dalam hati dan memaknai sebagai kalamullah yang maha agung. Karena tidak ada sedikitpun anjuran terhadap pemasangan ayat – ayat Allah termasuk ayat kursi yang ditujukan untuk kepentingan tertentu karena ayat – ayat Allah memang untuk dibaca, dimaknai, diresapi dan diterapkan dalam kehidupan sehari – hari bukan untuk digunakan sebagai penghalang yang dipajang.

Download Ayat Kursi

Ayat Kursi mp3

Berikut adalah link download ayat kursi versi mp3.

Download ayat kursi mp3

Video Bacaan Ayat Kursi

Berikut adalah video bacaan ayat kursi yang dilantunkan oleh Muzammil Hasballah.

Kaligrafi Ayat Kursi

Demikian penjelasan lengkap mengenai ayat kursi beserta tulisan arab, latin dan arti atau terjemahannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *