Bacaan Niat Shalat Jumat Lengkap Arab Latin Dan Terjemahannya

Bacaan kalimat untuk niat shalat jumat tidak jauh berbeda dengan niat untuk shalat-shalat lainnya. Tentu saja perbedaanya ada pada kata diniatkan untuk shalat jumat. Shalat jumat sendiri merupakan shalat yang diwajibkan bagi kaum laki-laki.

Seruan untuk melaksanakan Shalat jumat telah disebutkan dalam beberapa ayat Al Quran. Quran surah Al Jumu’ah (62) ayat ke 9 – 11 menyerukan tentang perkara shalat jumat dari nama surahnya pun sudah jelas akan perkara-perkara apa yang terdapat didalamnya termasuk pula shalat Jumat.

Ayat ke 9 memiliki arti, “Hai orang-orang yang beriman, apabila diserukan untuk menunaikan shalat Jum’at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui.”

Ayat ke 10 memiliki arti, “ Apabila telah ditunaikan shalat (Jum’at), maka bertebaranlah kamu di muka bumi dan carilah karunia Allah dan perbanyaklah mengingat Allah supaya kamu beruntung.”

Sedangkan ayat ke 11 berarti, “dan apabila mereka melihat perniagaan atau permainan, mereka bubar untuk menuju kepadanya dan mereka meninggalkan kamu yang sedang berdiri (khutbah). Katakanlah: “Apa yang ada disisi Allah lebih baik daripada permainan dan perniagaan.” Dan Allah sebaik-baik pemberi rizqi.”

Shalat Jum’at merupakan shalat yang dilaksanakan di hari Jum’at tepatnya pada waktu shalat dzuhur. Dilakukan sebanyak dua rakaat secara berjamaah setelah khutbah Jum’at. Shalat jum’at wajib bagi laki-laki muslim yang baligh dan berakal sehat, kecuali mendapat halangan.

Halangan-halangan tersebut diantaranya, seperti sakit berat yang tidak mungkin pergi ke masjid atau sedang berpergian yang tidak memungkinkan untuk pergi ke masjid. Berbeda dengan laki-laki, wanita tidak diwajibkan untuk shalat Jum’at.

Bacaan Niat Shalat Jumat

Beberapa ulama menyatakan jika niat shalat tidak harus dibaca melainkan dihayati saja termasuk shalat jum’at. Meskipun begitu tidak ada salahnya bila kita mengetahui bacaan niat dari shalat Jum’at. Berikut ini niat shalat jumat dan artinya.

Bacaaan Niat Shalat Jumat bagi Imam

اُصَلِّيْ فَرْضَ الْجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ اَدَاءً اِمَامًا ِللهِ تَعَالَ
“Usholli fardhol jumu’ati rak’ataini adaa’an imaaman lillaahi ta’aalaa.” Artinya: Aku niat sholat jum’at dua rakaat sebagai imam karena Allah ta’aala.

Niat Shalat Jumat Imam Versi Lengkap

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً اِمَامًا لِلَّهِ تَعَالَى
“Usholli fardhol jumu’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an imaaman lillaahi ta’aalaa.” Artinya: Aku niat shalat jum’at dua rakaat sambil menghadap qiblat sebagai imam karena Allah ta’aala.

Bacaan Niat Shalat Jumat Bagi Ma’mum

اُصَلِّيْ فَرْضَ الْجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا ِللهِ تَعَالَى
“Usholli fardhol jumu’ati rak’ataini adaa’an ma’muuman lillahi ta’aalaa.” Artinya: Aku niat shalat jumat dua rakaat sebagai makmum karena Allah Ta’aala.

Niat Shalat Jumat Ma’mum Versi Lengkap

اُصَلِّيْ فَرْضَ الجُمْعَةِ رَكْعَتَيْنِ مُسْتَقْبِلَ اْلقِبْلَةِ اَدَاءً مَاْمُوْمًا لِلَّهِ تَعَالَ
“Ushollii fardhol jum’ati rak’ataini mustaqbilal qiblati adaa’an ma’muuman lillahi ta’aalaa.” Artinya: Aku niat melakukan shalat jumat dua rakaat sembari menghadap qiblat sebagai ma’mum karena Allah ta’aalaa.

Selain niat ada hal-hal lain yang perlu dilakukan sebelum shalat Jum’at. Sebelum berangkat ke masjid dianjurkan untuk mandi dan menggosok gigi, memakai pakaian yang bagus dan bersih, dan juga memakai wangi-wangian (parfum non-alkohol). Hal ini juga telah disebutkan dalam hadits bahwa Rasulullah SAW melakukan hal-hal demikian sebelum pergi untuk shalat Jum’at.

Mandi sebelum shalat Jum’at sama seperti halnya saat kita mandi wajib yang berbeda hanya pada pelaksanaan dan niatnya. Mandi sebelum shalat jum’at dapat dilakukan sejak terbitnya fajar di hari Jum’at. Maka waktu sebelum itu tidak bisa dikategorikan mandi sunnah sebelum shalat Jum’at.
Niat untuk mandi sebelum shalat jumat adalah: “Nawaitul ghusla lish-sholaati min yaumil jumu’ati sunnataa lillaahi ta’aalaa.” Artinya adalah saya niat mandi untuk shalat pada hari Jum’at sunnah karena Allah Ta’ala.

Terlepas dari dibacanya niat atau tidak yang terpenting dari melakukan ibadah ialah niat dalam hati. Semua ibadah harus diawali dengan kemauan yang ikhlas karena Allah semata. Ibadah yang dilakukan dengan benar dan niat karena Allah akan mendatangkan kebaikan bagi yang menjalankannya termasuk shalat Jum’at.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.