Yuk Kenali Berbagai Jenis, Manfaat, dan Desain Banner Pernikahan

Posted on

Banner Pernikahan – Banner merupakan salah satu sarana media promosi yang sering digunakan dalam sebuah acara yang sering digunakan untuk mempromosikan suatu produk, mempromosikan suatu acara dan bisa juga digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan informasi akan suatu hal.

Semakin berkembangnya style pernikahan membuat kebutuhan perlengkapan penunjang untuk menyelenggarakan suatu pesta pernikahan juga terus bertambah. Salah satu perlengkapan yang sekarang sering kita temui di acara pernikahan adalah adanya sebuah banner.

Banner pernikahan biasanya berisikan informasi mengenai nama calon pengantin, tanggal dan waktu pernikahan. Selain itu masih ada beberapa lagi kegunaan dari banner pernikahan.


Informasi Terkait Banner Pernikahan


pernikahan.asia

Untuk lebih memahami dan mengetahui lagi mengenai banner pernikahan, yuk kita simak informasi di bawah ini.

Jenis-Jenis Banner

Jenis-jenis banner dibedakan berdasarkan jenis bahan yang digunakan untuk membuat banner. Jenis bahan banner bisa kamu sesuai dengan konsep pernikahan dan lokasi pernikahan yang akan diselenggarakan.

Jenis-jenis banner berdasarkan bahan banner:

1. Flexi

Flexi adalah bahan yang pada umumnya digunakan dalam pembuatan banner. Jenis bahan flexipun dibedakan lagi berdasarkan kualitasnya yaitu flexi China, flexi Korea, dan flexi Jerman.

Flexi Cina memiliki bahan kasar dan agak tipis lebih cocok untuk acara indoor, flexi Korea memiliki tekstur yang lebih halus dan bisa digunakan untuk acara outdoor. Sedangkan flexi Jerman memiliki kualitas yang paling baik dengan ketebalan bahan yang sangat baik.

2. Albatros

Bahan albatros memiliki tekstur yang lembut mirip dengan tekstur kertas. Bahan ini sangat cocok digunakan untuk membuat standing banner dan roll up banner.

3. Banner Cloth

Bahan yang satu ini memiliki tekstur layaknya kain dengan berat yang ringan. Biasanya banner cloth diikat pada balon helium sehingga dapat melayang-layang di udara.

4. Acrylic

Agar banner pernikahanmu terlihat lebih mewah dan elegan kamu bisa memilih untuk menggunakan bahan acrylic. Banner acrylic ini bisa digunakan untuk acara indoor maupun outdoor.

5. Cermin

penganten.com

Untuk memberikan kesan glamour dan luxury, kamu bisa membuat banner pernikahan dengan cermin. Tulisan pada banner bisa diukir dengan menggunakan pisau ukir khusus cermin.

Banner berupa cermin akan terlihat lebih bagus kalau diberikan bingkai dengan warna yang sesuai dengan konsep pernikahan. Banner ini bisa digunakan untuk pernikahan di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

6. Kayu

Sebagai bahan pembuatan banner kamu bisa menggunakan kayu dengan warna aslinya yang akan memberikan kesan klasik atau kamu juga bisa mengecat kayu tersebut dengan warna yang sesuai seleramu. Banner kayu sangat cocok untuk acara garden party.

7. Kain Kanvas

Salah satu jenis kain yang bisa digunakan sebagai bahan pembuatan banner adalah kain kanvas. Banner dengan berbahan dasar kain kanvas dapat digunakan jika kamu menyelenggarakan pesta pernikahan secara outdoor dan bertema rustic.


Manfaat Banner Pernikahan


onefabday.com

Berbagai alasan dimiliki oleh calon pengantin untuk membuat banner pernikahan sebagai perlengkapan penunjang pesta pernikahan mereka. Manfaat dari adanya banner pernikahan antara lain:

1. Sambutan dan Ucapan Terima Kasih

Banner pernikahan biasanya diletakkan pada bagian depan dari tempat acara pernikahan akan diselenggarakan. Banner ini berisikan ucapan sambutan selamat datang dan ucapan terima kasih kepada para tamu undangan dari kedua mempelai karena sudah meluangkan waktu untuk hadir ke pesta pernikahan.

2. Informasi Pernikahan

Informasi akan detail acara pernikahan juga bisa dibagikan lewat banner pernikahan. Detail acara seperti waktu akad nikah atau pemberkatan nikah dan waktu akan diselenggarakan resepsi pernikahan bisa diinformasikan melalui banner.

3. Quotes Pernikahan

Pernikahan adalah momen sakral yang menyatukan dua pasangan atas dasar cinta. Quotes-quotes atau kata-kata manis mengenai cinta, mengenai pernikahan bisa kamu bagikan juga kepada para tamu.

4. Foto Pre-Wedding

Selain memberikan informasi, banner pernikahan juga bisa digunakan sebagai media untuk membagikan foto-foto prewedding kamu bersama pasanganmu dalam bentuk standing banner.

Banner tersebut bisa diletakkan di beberapa sudut ruang diselenggarakannya acara pernikahan. Dalam satu banner kamu bisa memberikan beberapa kumpulan foto terbaik saat prewedding.

5. Photo Booth

Untuk mengabadikan momen saat datang ke pesta pernikahanmu, kamu bisa menyediakan photo booth dengan backdrope berupa banner dengan desain yang telah kamu pilih.

Para tamu undangan dapat memanfaatkan photo booth tersebut dan menjadikan hasil fotonya sebagai kenang-kenangan dan bisa juga diupload dan dibagikan melalui media sosial para tamu undangan.


Berbagai Jenis Desain Banner untuk Wedding


zazzle.com

Supaya banner pernikahanmu terlihat eye cathcing dan menjadi daya tarik bagi para tamu yang hadir, kamu harus membuat banner dengan desain yang bagus, unik dan semenarik mungkin. Beberapa contoh desain banner pernikahan bisa kamu lihat di bawah ini:

1. Floral Banner

Untuk memberikan sentuhan manis kamu bisa membuat banner dengan tema floral. Gambar bunga-bunga indah yang beraneka ragam dengan warna-warni bunga yang cerah bisa mempercantik dan memberikan suasana menjadi romantis.

Banner dengan tema floral juga bisa dijadikan tambahan dekorasi untuk pesta pernikahanmu terutama pesta yang diselenggarakan secara indoor.

2. Tropical Banner

Jika kamu menyelenggarakan acara pernikahan di luar ruangan atau tempat yang terbuka. Kamu bisa memilih tema tropical sebagai desain banner pernikahanmu. Desain tropical yang banyak menggunakan gambar dan ilustrasi dari daun-daun akan membuat acara pernikahanmu lebih menyatu dengan alam.

3. Luxury Banner

Banner pernikahan akan terlihat mewah jika kamu memilih desain yang tepat untuk banner tersebut. Untuk memunculkan kesan mewah kamu bisa memilih desain yang menonjolkan warna emas dan juga memilih banner yang terbuat acrylic atau cermin.

Kamu juga bisa membingkai banner cermin atau acrylic dengan menggunakan bingkai berwarna emas yang semakin memberikan kesan glamour.

4. Rustic Banner

speedyorders.com

Sebagai salah satu konsep pernikahan yang paling banyak diminati saat ini, kamu juga bisa mengaplikasikan konsep rustic di banner pernikahanmu.

Kesan rustic bisa kamu dapatkan dengan membuat banner menggunakan bahan kayu atau kain kanvas dengan tambahan ornamen berupa rantin-ranting pohon. Banner dengan konsep rustic ini sangat cocok digunakan pada acara-acara outdoor seperti garden party.

5. Klasik Banner

Pada umumnya desain banner dengan tema klasik tidak terlalu menggunakan banyak ornamen-ornamen gambar. Background bannernya polos menggunakan warna-warna netral lalu memilih tulisan dengan font yang dekoratif. Desain klasik ini bisa diterapkan untuk pernikahan yang bertema vintage, modern klasik dan simple namun elegan.

6. Ilustrasi Banner

Kesan cheerful dan unik bisa dilihat dari banner yang menggunakan banyak gambar ilustrasi. Gambar-gambar ilutrasinya bisa kamu kreasikan sendiri dan kamu pilih sesuai dengan tema pernikahanmu.

Foto kamu dan pasangan juga bisa dibuat ilutrasinya menjadi animasi kartun yang terlihat lucu dan unik yang bisa menjadi daya tarik bagi para tamu undangan untuk berfoto dengan banner tersebut.

7. Romantic Banner

Kesan romantis bisa terlihat dengan adanya ornamen bunga-bunga khususnya bunga mawar sebagai bunga yang menggambarkan cinta dan kasih sayang. Ornamen berupa gambar hati juga bisa memberikan kesan romantis.

Untuk menonjolkan kesan romantis bisa dipilih warna-warna seperti merah terang, merah muda, pink fuschia, pink muda sebagai warna ornamen dan warna putih sebagai warna backgroundnya. Kamu juga bisa menambahkan foto kamu dan pasangan yang menunjukkan keromantisan hubungan diantara kalian berdua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.