Belajar TOEFL | Panduan Lengkap TOEFL | Pengertian, Materi, Jenis dan Tujuan

Belajar TOEFL – Untuk belajar panduan TOEFL secara lengkap dan terperinci, kita bisa mengambil dari sumber-sumber buku panduan TOEFL yang beredar di toko buku.

Namun jika menginginkan panduan TOEFL yang praktis untuk belajar, anda bisa menggunakan internet sebagai sumber bahan belajar. Dalam situs ini akan dijelaskan uraian pembelajaran TOEFL secara lengkap dan gratis agar mendapatkan skor (score) TOEFL yang tertinggi.

Pengertian TOEFL

TOEFL merupakan kependekan dari Test of English as A Foreign Language (terjemah : tes bahasa inggris sebagai bahasa asing). TOEFL adalah sebuah ujian yang dilakukan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki seseorang secara akademis.

Tes ini diberikan kepada seseorang yang bahasa sehari-harinya (bahasa ibu) bukan merupakan bahasa Inggris. Sehingga dengan hasil tes TOEFL tersebut seseorang dapat dilihat seberapa besar kemampuannya dalam menguasai bahasa Inggris.

Tes Bahasa Inggris TOEFL ini dikembangkan oleh Educational Testing Service (ETS) yang berada di New Jersey, Amerika Serikat. Oleh karenanya tes TOEFL lebih condong kepada penguasaan bahasa Inggris “American British“.

Sedangkan untuk bahasa Inggris “English British” telah ada tes tersendiri yang dinamakan IELTS (International English Language Testing System).

Materi Ujian TOEFL

Ada beberapa bab materi yang diujikan dalam tes TOEFL. Secara umum materi-materi yang diujikan dalam tes TOEFL tersebut adalah :

  • Listening Comperehension
  • Grammar Structure and Written Expression
  • Reading Comperehension
  • Writing

Materi-materi tersebut diujikan dalam tes TOEFL dalam satu paket sehingga harus tertib dikerjakan secara keseluruhan.

Jenis-Jenis Tes (Ujian) TOEFL

Ada 3 (tiga) bentuk tes TOEFL yang dikeluarkan oleh Educational Testing Service (ETS) :

1. PBT

PBT (Paper Based Test) adalah bentuk tes TOEFL yang pertama kali dikeluarkan oleh ETS. Kebanyakan di Indonesia masih menggunakan sistem PBT dalam ujian tes TOEFL.

2. CBT

CBT (Computer Based Test) adalah bentuk tes berikutnya yang merupakan pembaharuan dari Paper Based Test.

3. IBT

IBT (Internet Based Test) dikenal juga sebagai NExt Generation TOEFL.

Tujuan Hasil Tes TOEFL

Setiap orang menginginkan hasil tes TOEFL yang tertinggi / maksimal. Skala nilai dari jenis tes TOEFL adalah sebagai berikut :

  • Skor TOEFL CBT adalah 0 – 300
  • Skor TOEFL PBT adalah 310 – 677
  • Skor TOEFL IBT adalah 0-120

Dari nilai skor yang kita dapatkan, kita bisa mengukur sejauh mana kemampuan kita dalam menguasai bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Lalu skor nilai hasil tes TOEFL itu sendiri dapat kita gunakan untuk beberapa hal yang memang membutuhkan nilai TOEFL sebagai persyaratannya, antara lain :

  1. Studi di berbagai Universitas dan Perguruan Tinggi ternama. Beberapa Universitas dan Perguruan Tinggi mensyaratkan nilai skor TOEFL tertentu sebagai persyaratan masuk (pendaftaran). Terlebih lagi untuk Universitas di luar Negeri (khususnya di Amerika). Dimana dalam pembelajaran kuliah di luar negeri menggunakan pengantar bahasa Inggris, sehingga skor TOEFL menjadi persyaratan utama.
  2. Persyaratan mendapatkan Bea Siswa dari Universitas dan Perguruan Tinggi
  3. Melamar lowongan pekerjaan. Sudah menjadi hal umum bahwa bahasa Inggris dalam dunia kerja sekarang sangat dibutuhkan sekali. Tidak hanya bisa menguasai bahasa Inggris secara aktif dan pasif, namun sertifikasi dari skor TOEFL yang tinggi juga menjadi daya jual seorang pelamar kerja
  4. Persyaratan dalam kenaikan jabatan dan promosi.

Daftar Panduan Lengkap Belajar TOEFL

Materi yang diujikan dalam tes TOEFL ada banyak sekali. Meski telah dibagi menjadi 4 bab, namun materi yang diujikan mencakup keseluruhan keterampilan dalam berbahasa Inggris. Daftar materi-materi pembelajaran persiapan TOEFL yang telah kami siapkan :

  • Listening Comperehension
  • Reading Comperehension
  • Writing
  • Parts of Speech
  • Has to vs Have to
  • Adjective

Demikian beberapa hal mengenai panduan TOEFL, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.