Tips Menghemat Biaya Nikah dan Mengintip Estimasi Anggaran Biayanya

Biaya Nikah – Pernikahan merupakan salah satu momen yang paling spesial dalam hidup dan akan menjadi suatu momen yang hanya akan terjadi sekali saja seumur hidup. Setiap pasangan pastinya memiliki impian pesta pernikahan yang didambakan.

Untuk membuat pesta pernikahan yang berkesan dan sulit dilupakan terkadang membutuhkan biaya nikah yang juga besar. Hal inilah yang terkadang menjadi kesalahan bagi pasangan untuk mengeluarkan uang dalam jumlah yang sangat besar demi terselenggaranya pesta pernikahan yang meriah.

Padahal, pernikahan merupakan awal kehidupan yang akan diarungi bagi kedua calon mempelai tersebut. Masih banyak kebutuhan yang harus dicukupi setelah melalui pesta pernikahan untuk kehidupan selanjutnya.


Tips Menghemat Biaya Nikah


Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh calon pengantin untuk mempersiapkan biaya nikah yang akan dikeluarkan. Berikut ini tips-tips untuk mempersiapkan dan cara untuk menghemat biaya pernikahan mu agar pesta pernikahan dapat berjalan dengan lancar.

1. Menentukan Tanggal Pernikahan

pasberita.com

Agar segala kebutuhan dapat dipersiapkan lebih matang, sebaiknya kamu dan pasangan sebaiknya sudah menentukan waktu pernikahan jauh sebelum hari H.

Semakin lamanya waktu persiapan pernikahan maka semakin banyak juga waktu yang bisa kamu pergunakan untuk melakukan riset dan mencari-cari informasi akan kebutuhan-kebutuhan yang kamu perlukan untuk pesta pernikahanmu.

Kamu bisa lebih leluasa memilih dan membandingkan harga gedung pernikahan, catering yang akan digunakan dan kebutuhan penting lainnya.

Selain itu juga kamu bisa mencicil melunasi biaya-biaya keperluan pernikahan dengan harga yang lebih murah dibandingkan jika kamu mempersiapkan segala kebutuhan pernikahan dengan waktu yang singkat.

Yang terpenting adalah kamu dan pasangan lebih bisa mengatur dan mempersiapkan biaya pernikahanmu dengan pelan-pelan menyisihkan sedikit dari pendapatanmu untuk melunasi segala kebutuhan pernikahan.

2. Membuat Skala Prioritas

pasberita.com

Dari banyaknya kebutuhan dan keperluan dalam menyelenggarakan pesta pernikahan, kamu harus membuat skala prioritas untuk kebutuhan tersebut.

Untuk mempermudah dalam menentukan skala prioritas, kamu bisa membuat list atau daftar dari segala kebutuhan persiapan pernikahanmu. Setelah itu kamu bisa mengurutkan kebutuhan yang memiliki prioritas tertinggi sampai yang terendah.

Keperluan pernikahan yang menjadi prioritas utama dalam menyelenggarakan pernikahan adalah venue atau lokasi pernikahan. Dengan begitu kamu harus fokus terlebih dahulu dalam mencari dan menentukan lokasi pernikahanmu baru mempersiapkan kebutuhan yang lainnya.

3. Mengurangi Pengeluaran yang Tidak Mendesak

krealova.com

Supaya biaya pernikahan bisa terpenuhi maka kamu dan pasangan harus mulai mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang kurang mendesak seperti mengurangi jajan dan membeli barang yang belum diperlukan.

Mungkin kamu dan pasangan juga bisa mengurangi biaya berkencan kalian, seperti mengurangi makan di cafe-cafe atau mengurangi nonton film di bioskop dan mengalokasikan dana tersebut untuk melunasi biaya-biaya pernikahan.

4. Memanfaatkan Jasa dari Teman atau Kerabat

pasberita.com

Jika kamu memiliki teman dan keluarga yang banyak, kamu bisa meminta bantuan mereka dalam persiapan pernikahan bahkan saat terselenggaranya acara pernikahan.

Teman yang memiliki kemampuan fotografi bisa kamu jadikan sebagai fotografer untuk menangkap setiap momen penting selama acara pernikahanmu. Pastinya harga teman akan lebih murah dibandingkan dengan harga vendor.

Pada saat hari H kamu juga bisa meminta bantuan teman dan kerabatmu untuk memastikan acara dapat berjalan dengan lancar sehingga acara pernikahanmu bisa berjalan tanpa menggunakan Wedding Organizer (WO).

5. Manfaatkan Diskon

era.id

Semakin berkembangnya style wedding semakin banyak juga acara bazar dan expo mengenai pernikahan yang terselenggara. Dalam acara-acara tersebut biasanya banyak vendor-vendor pernikahan yang memberikan diskon.

Kamu dan pasangan harus rajin-rajin mencari informasi mengenai acara-acara tersebut di media sosial dan menyempatkan waktu untuk datang ke acara tersebut.

Tidak hanya di acara bazar dan expo saja kamu juga bisa mendapatkan diskon pada website pernikahan tertentu dan terkadang beberapa kartu kredit juga memberikan promo yang berhubungan dengan pelunasan biaya pernikahan menggunakan kartu kredit tersebut.


Estimasi Rincian Biaya


Dalam mempersiapkan biaya pernikahan, sebaiknya kamu bersama pasanganmu mulai membuat estimasi rincian biaya pernikahan yang nantinya akan dikeluarkan.

Jika kamu memiliki budget yang terbatas, maka kamu dan pasangan perlu meriset untuk mendapatkan harga dari kebutuhan pernikahan yang paling sesuai. Di bawah ini akan diberikan estimasi rincian biaya pernikahan dengan budget Rp 50 juta yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Lokasi dan Dekorasi Pernikahan

pasberita.com

Menjadi hal yang paling esensial dalam acara pernikahan maka anggaran pertama harus dialokasikan untuk menyewa venue pernikahan. Dana yang harus dialokasikan kurang lebih 30% dari budget yang ada, kira-kira sebesar Rp 15 juta.

Biaya sewa gedung bisa kamu minimalkan lagi jika kamu memilih menggunakan fasilitas-fasilitas umum seperti balai pertemuan warga atau aula tempat ibadah seperti di masjid dan gereja yang pastinya memiliki biaya sewa yang lebih murah.

Kalau halaman rumahmu besar, kamu juga bisa menyelenggarakan acara pernikahan dirumah dengan memasang tenda dibagian rumahmu. Pastinya hal ini akan sangat memangkas biaya untuk menyewa gedung pernikahan.

Untuk dekorasinya sendiri, kamu bisa memilih dekorasi yang sederhana dan minimalis. Sebagai alternatif kamu bisa memilih dekorasi menggunakan bunga plastik dibandingkan dengan bunga segar. Meskipun harganya lebih murah namun dekorasi pernikahanmu akan tetap terlihat cantik.

2. Biaya KUA

penganten.com

Menikah bukan suatu acara yang mahal. Kalau kamu mau menikah secara gratis, kamu bisa melangsungkan akad nikah secara langsung di KUA sesuai dengan domisili kamu atau pasangan pada hari kerja.

Namun jika kamu melangsungkan akad nikah diluar hari kerja dan kamu memanggil penghulu untuk datang ke tempat akan diselenggarakannya pernikahanmu maka biaya yang diperlukan sebesar Rp 600.000.

Lebih amannya kamu menyiapkan budget sebesar Rp 1 juta untuk kebutuhan biaya KUA dan pengurusan berkas-berkas pernikahan lainnya.

3. Biaya Rias Pengantin

pasberita.com

Supaya terlihat cantik dan berbeda penampilan pada hari pernikahan, memang kamu harus menyewa jasa perias pengantin. Sedangkan untuk busana atau baju pengantinnya, lebih disarankan untuk menyewa saja dibandingkan harus membuat baru. Dengan menyewa kamu akan lebih bisa menghemat pengeluaran biaya pernikahanmu.

Pilihlah tempat persewaan baju pengantin atau sanggar yang memiliki harga sewa yang terjangkau namun kualitasnya baik.

Kamu bisa mengestimasikan biaya untuk itu sebesar Rp 5 juta rupiah untuk mendapatkan paket busana pengantin yang terdiri dari 2 busana untuk pengantin, 4 busana untuk orangtua kedua mempelai dan tata rias untuk pengantin dan orang tua.

4. Katering

pasberita.com

Prioritas kedua setelah venue pernikahan adalah katering. Katering merupakan dari makanan atau minuman yang akan disajikan kepada para tamu undangan sehingga kualitasnya harus sangat diperhatikan.

Sama seperti venue pernikahan, kamu juga harus mengalokasikan dana sebesar 30% dari total budget yang kamu miliki untuk biaya katering, kurang lebih sebesar Rp 15 juta.

Contohnya jika kamu mengundang 300-400 orang tamu, maka kamu memiliki budget untuk katering dengan paket yang ditawarkan seharga Rp 40.000 – 50.000 per pax. Kamu bisa mengurangi biaya katering lagi dengan cara mengurangi jenis makanan atau minuman yang akan disajikan.

Supaya lebih hemat, kamu bisa mencari lokasi pernikahan yang menyediakan paket lengkap yaitu menyewa gedung bersama dengan katering, dekorasi, hiburan dan MC.

5. Undangan dan Souvenir

pasberita.com

Undangan pernikahan bisa dibuat secara sederhana dengan biaya yang murah. Kreatifitasmu sangat diperlukan saat kamu memilih desain undangan yang bisa membuat undanganmu tetap terlihat menarik dan elegan dengan budget terbatas.

Souvenir pernikahan juga tidak harus mengeluarkan dana yang besar. Yang terpenting adalah souvenir tersebut bisa berguna bagi para tamu undangan. Kamu bisa memilih keperluan rumah tangga seperti pisau, gunting, sendok garpu dan lain sebagainya. Budget untuk undangan dan souvenir bisa kamu alokasikan sekitar Rp 3 juta rupiah.

6. Dokumentasi

thebridedept.com

Dokumentasi diperlukan untuk mengabadikan momen-momen yang terjadi selama berlangsungnya acara pernikahan.

Untuk memangkas biaya jasa dokumentasi kamu bisa memanfaatkan teman atau kerabat yang memiliki keterampilan dibidang tersebut. Kalaupun tidak ada, kamu bisa mengalokasikan dana kurang lebih Rp 5 juta untuk membayar jasa fotografer.

7. Hiburan

bridestory.com

Supaya pesta pernikahanmu lebih meriah, kamu memerlukan adanya hiburan. Hiburan pada pesta pernikahan biasanya merupakan hiburan musik.

Jika kamu memiliki budget yang tidak banyak kamu bisa menyewa organ tunggal saja, namun jika budget mu masih berlebih kamu bisa menyewa wedding singer bersama full band yang akan membuat pestamu lebih meriah. Budget yang diperlukan untuk hiburan, kamu bisa mengestimasikannya maksimal Rp 5 juta.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.