Tips Membuat Undangan Agar Terlihat Menarik – Berikan Border Undangan

Posted on

Border Undangan – Ketika anda ingin menyelenggarakan suatu acara dan bermaksud mengundang tamu untuk hadir dalam acara tersebut, tentu saja anda membutuhkan undangan. Selain konsep acara yang menjadi fokus utama anda, terdapat hal lain yang tidak kalah memiliki peran penting yakni undangan tersebut.

Meskipun beberapa orang memandang, membuat undangan merupakan hal yang remeh temeh, namun sebaiknya jangan berpikir seperti itu. Sebab undangan adalah hal yang penting, dimana itulah yang akan sampai pertama kali kepada penerimanya untuk mengabarkan tentang pelaksanaan suatu acara.

Karena hal itu pula, tak jarang undangan juga dapat berfungsi sebagai gambaran awal tentang konsep seperti apa acara yang akan diselenggarakan tersebut.

Sebab undangan mampu menjadi cerminan suatu acara. Bagaimana tidak, ketika membuat undangan memang sebaiknya disesuaikan dengan konsep atau tema acara, tidak lain juga sebagai sarana untuk ‘menarik perhatian’ si tamu undangan tersebut agar berminat untuk menghadiri acara.


Tips Membuat Desain Undangan


idntimes.com

Mendesain sebuah undangan bisa jadi sesuatu yang membingungkan sekaligus menakutkan. Karena ketika memilih desain sendiri tentu ingin hasil yang lebih puas dibandingkan apabila menggunakan undangan yang sudah jadi saja. Kesan puas yang dirasakan pun umumnya lebih terasa jika anda memikirkan desain itu sendiri.

Dalam desain undangan, beberapa komponen yang perlu diperhatikan diantaranya adalah kertas yang digunakan, pemilihan warna, jenis huruf, isi atau kata-kata dalam undangan, desain latarnya dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa tips untuk mendesain undangan yang bagus dengan dibuat sendiri yang perlu anda ketahui.

1. Style Undangan

Pilih style undangan yang sesuai dengan konsep atau tema acara. Bisa menggunakan style yang tradisional, elegan, mewah, vintage, retro dan lainnya.

2. Gunakan Tipografi yang Umum

Terkadang menggunakan jenis huruf yang terlalu berlebihan justru dapat mengurangi makna yang diperlukan dari isi undangan tersebut. Soal tipografi tidak hanya pada masalah jenis hurf yang digunakan, namun juga membahas tentang posisi atau letak huruf yang dirangkai menjadi kalimat tersebut.

Yang cukup penting untuk diperhatikan adalah dengan menyelaraskan tulisan secara terpusat. Meskipun dengan selalu di kiri ataupun kanan, namun dengan menempatkannya di pusat lebih sedap dipandang mata.

3. Motif dan Desain Latar

Ini merupakan salah satu hal yang penting dalam desain sebuah undangan. Motif yang dipilih untuk menambah estetika undangan tidaklah harus berlebihan. Sebaiknya kembali lagi disesuaikan, seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama tadi.

Untuk desain latar, terdapat berbagai hal yang bisa anda aplikasikan. Salah satu yang umum terdapat di sebuah undangan ialah anda bisa menambahkan border undangan agar terlihat lebih cantik lagi.

Diantara beberapa tips untuk mendesain undangan di atas, nampaknya membahas tentang border undangan akan cukup menarik. Mari simak ulasannya berikut ini.


Border Undangan


markey.id

Border atau disebut juga bingkai merupakan garis (biasanya menjadi berbentuk kotak karena mengelilingi batas margin halaman atau kertas). Umumnya untuk membuat undangan yang bagus umumnya menggunakan berbagai aplikasi pengolah gambar yang populer seperti corel draw, photoshop, inkscape maupun sejenisnya.

Namun jika anda hanya ingin mengadakan acara kecil-kecilan tapi tetap ingin mendesain undangan agar lebih menarik anda bisa membuatnya dengan mudah melalui microsoft word.

Membuat desain undangan sendiri tersebut tentu menjadi lebih baik, karena akan mengasah tingkat kekreatifan anda dalam memanfaatkan aplikasi tersebut. Anda bisa membuat undangan sederhana namun tetap menarik dengan mengaplikasikan berbagai bentuk border dalam undangan misalnya.

Tentu saja dengan diiringi pemilihan tipografi yang tepat dan bisa dibuat dengan sedemikian rupa agar terkesan tidak monoton. Hampir semua versi Microsoft word memiliki fitur untuk membuat border undangan ini. Baik Microsoft word 2006, 2007, 2008, bahkan yang versi 2016 pun menyediakan fitur basic ini.

Sehingga anda tidak perlu khawatir jika merasa PC anda tidak support akan hal ini, karena tidak mungkin terjadi. Di Microsoft word sendiri terdapat dua cara untuk membuat border undangan ini. Yakni dengan menggunakan fitur border and shading ataupun bisa juga dengan fitur insert picture.

1. Teknik membuat border undangan sederhana dan mudah dengan fitur border and shading

fokussatu.com

Border yang digunakan sangat sederhana, yakni border yang sudah tersedia di microsoft word itu sendiri. Fitur border digunakan untuk membingkai teks atau paragraph, dimana sebelumnya harus di-block dahulu.

Sementara untuk page border digunakan untuk membingkai halaman dari dokumen yang aktif. Sedangkan fitur shading digunakan untuk memberikan efek seperti arsir atau latar belakang berwarna, maupun kotak isian. Nah, langkah-langkah untuk membuatnya adalah:

a. Buka aplikasi microsoft word anda

b. Pilih menu home – borders – border and shading

c. Selanjutnya anda bisa mengatur untuk memilih bentuk maupun ukuran border sesuai dengan keinginan. Disana akan ada menu setting: untuk memilih box, lalu style: untuk memilih jenis garis atau bentuk border lainnya sesuai yang tersedia, serta width: ukuran atau ketebalan, misalnya 1 pt, ½ pt, tinggal disesuaikan saja, selanjutnya tekan OK.

d. Untuk mengatur batas atas, bawah, kiri, dan kanan anda bisa menggunakan pengaturan margin pada halaman tersebut. Yakni dengan memilih menu page layout – margin – custom margins, kemudian tinggal mengatur margin sesuai keinginan anda.

2. Teknik membuat border undangan sederhana dan mudah dengan fitur insert picture

id.aliexpress.com

Dengan fitur ini sebenarnya lebih mudah lagi, serta bisa membuat border undangannya menjadi lebih beragam bentuknya. Sebab anda bisa mengunduhnya terlebih dahulu di website-website yang banyak menyediakan template border undangan. Barulah setelah itu anda tinggal memasukkannya di halaman microsoft word.

Sangat mudah untuk dibuat sendiri bukan? Nah, anda bisa mencobanya untuk membuat undangan pada acara anda. Daripada menggunakan undangan cetak yang sudah jadi dan membosankan, maka tidak ada salahnya jika anda menggunakan fitur yang ada di microsoft word ini.

Meskipun membuat undangan dengan ekonomis, bukan berarti harus monoton dan pasaran. Anda bisa mengutak-atiknya sendiri sesuai dengan kreativitas anda sehingga bisa menghasilkan undangan yang menarik meski tidak menggunakan banyak biaya.

Misalnya saja cukup dengan memberikan aksen border undangan seperti ini sudah mampu menambah estetika dalam undangan. Selain itu border juga memberikan kesan yang teratur sehingga teks atau isi dalam undangan terlihat lebih rapi.

Selain border undangan, jika anda mahir menggambar anda bisa menambahkannya juga di undangan. Atau dengan memberikan sedikit komponen lebih, misalnya seperti amplop jika memang diperlukan. Sebab dengan niat dan sedikit tambahan usaha saja akan membuat undangan anda menjadi lebih ‘hidup’.

Meskipun mungkin hanya acara kecil-kecilan saja, namun jika tamu diberikan undangan yang menarik tentu akan merasa senang. Dan bagi anda yang membuatnya juga akan merasa mendapatkan kepuasan tersendiri.

Karena sering kali kita akan bangga dan senang dengan apa yang kita kerjakan sendiri terlebih ketika mendapatkan apresiasi dari orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.