8 Macam Bunga Paling Langka di Dunia, Kamu Sudah Pernah Lihat?

Macam-macam Bunga Langka di Dunia – Bunga merupakan tanaman yang paling sering digunakan untuk mempercantik rumah atau sebagai penghias ruangan.

Menurut sebuah penelitian, terdapat lebih dari 270.000 jenis bunga di dunia ini yang memiliki ragam bentuk, warna, corak dan keindahan.

Ada bunga yang berwarna merah, putih, kuning, biru, bahkan hitam. Ada bunga yang memiliki aroma harum dan ada juga yang aromanya sangat busuk.

Di seluruh dunia memang banyak sekali macam dan ragam bunga yang belum diketahui ataupun diekspos lebih dalam.

Namun, ada juga bunga yang sangat jarang ditemukan karena termasuk dalam golongan bunga langka dan hamper punah.


Macam-macam Bunga Langka di Dunia


Penasaran, bunga apa saja itu? Berikut beberapa jenis bunga yang saat ini tergolong langka di dunia.

1. Jade Vine

Image Source: pinterest.com

Jade Vine merupakan salah satu bunga langka yang hidup di hutan hujan tropis Filipina. Bunga ini termasuk keluarga kacang-kacangan yang berhubungan dekat dengan kacang merah.

Bunga ini memiliki warna yang indah, yakni kombinasi antara warna hijau mint dengan warna hijau kebiruan. Panjang bunga Jade Vine ini bisa mencapai 3 meter.

Bunga ini dianggap terancam punah karena sulit untuk berkembang biak akibat rusaknya habitat dan kurangnya penyerbukan secara alami.

2. Middlemist Camellia

Image Source: pinterest.com

Middlemist Camellia merupakan salah satu bunga langka di dunia. Bunga yang biasa disebut middlemist merah ini hanya bisa ditemukan di dua tempat, yakni di sebuah taman bunga berupa rumah kaca di Selandia Baru dan Inggris. Bunga ini mirip seperti mawar dengan warna peach dan kelopak bunganya rimbun.

Pada awalnya bunga middlemist camellia ini dibawa oleh John Middlemist dari Negara Cina ke Inggris sekitar tahun 1804.

Lalu dikabarkan kalau bunga ini benar-benar punah di Cina, namun beruntung bunga middlemist camellia ini dapat tumbuh dan berkembang biak di Inggris selama bertahun-tahun.

3. Chocolate Cosmos

Image Source: gardeningexpress.co.uk

Chocolate Cosmos adalah salah satu bunga asli Meksiko yang kabarnya telah punah lebih dari 100 tahun lalu. Tetapi, pada tahun 1902 spesies bunga langka ini berhasil dilestarikan sebagai klon tunggal.

Sesuai dengan namanya, bunga ini memiliki warna coklat tua dengan diameter 3-4 cm. Pada musim panas, bunga chocolate cosmos mengeluarkan aroma yang sangat harum mirip dengan aroma vanilli.

4. Youtan Poluo

Image Source: agroargentina.com

Youtan Poluo pertama kali ditemukan dibawah mesin cuci di Gunung Lushan, Provonsi Jiangxi, Cina. Kabarnya, bunga yang sangat unik dapat tumbuh di baja.

Dalam mitos India dan kitab Buddha, bunga ini hanya dapat mekar setiap 3.000 tahun sekali. Jadi sangat tidak heran jika Youtan Poluo ini sangat langka dan hamper tidak mungkin ditemukan dalam waktu yang lama.

5. Silversword

Image Source: dissolve.com

Silversword merupakan bunga unik yang dijumpai di Pulau Maui, dengan ketinggian lebih kurang 2.100 meter pada gunung berapi yang masih aktif.

Bunga ini terancam punah, sehingga untuk melestarikannya bunga ini dilindungi oleh undang-undang federal.

Populasi bunga ini sangat sedikit, hal ini disebabkan perkembangan sapid an kambing yang terlalu tinggi di Negara tersebut.

6. Ghost Orchid

Image Source: clydebutcher.com

Ghost Orchid merupakan salah satu jenis anggrek yang keberadaannya sangat langka. Bunga Ghost Orchid ini tidak memiliki daun dan tidak menggunakan proses fotosintesis.

Oleh karena hal itu, bunga ini membutuhkan sejenis jamur tertentu untuk menyerap sari-sari makanannya oleh akar.

Bunga ini banyak dijumpai di hutan Negara Kuba dan Florida. Bunga ini mekar antara bulan Juni sampai Agustus. Bunga ini biasanya tumbuh rendah di dekat permukaan tanah.

Hal yang menyebabkan bunga ini disebut Ghost Orchid adalah bunga ini seolah-olah muncul tiba-tiba dan mengapung dibatang pohon.

7. Cape Sundew

Image Source: newphytologist.org

Cape Sundew merupakan salah setu jenis bunga yang bersifat karnivora atau memakan daging. Bunga ini bisa ditemukan di Afrika Selatan.

Bunga Cape Sundew dapat memangsa serangga menggunakan perangkap yang sangat lengket yang disebut arthropods.

Bunga ini hampir punah, jadi dibuat undang-undang oleh pemerintah setempat untuk melindungi dan melestarikannya dari kepunahan.

8. Rafflesia Arnoldii

Image Source: pinterest.com

Rafflesia Arnoldii merupakan salah satu bunga paling langka di dunia. Bunga ini pertama kali ditemukan di hutan hujan Indonesia oleh sebuah tim ekspedisi yang dipimpin oleh Thomas Stamford Raffles.

Bunga ini dinobatkan sebagai bunga terbesar di dunia dengan diameter bunga mencapai lebih dari 100 cm. Rafflesia Arnoldii sesungguhnya adalah tumbuhan parasit yang tidak mempunyai akar, batang, tangkai dan daun.

Ketika bunga ini mekar, ia akan mengeluarkan bau busuk yang menusuk sehingga menarik perhatian lalat dan kumbang yang ternyata membentu dalam proses penyerbukan. Bunga ini akan mati paling tidak seminggu setelah mekar.

Demikian penjelasan mengenai beberapa macam bunga langka yang hampir punah di dunia. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Keyword: Bunga Langka di Dunia

One Response

  1. Avatar Toko Bunga Jakarta

Leave a Reply