cara cepat belajar bahasa inggris
englishcoo.com

3 Cara Cepat dan Efektif Belajar Bahasa Inggris

Posted on

Siapa yang tidak ingin bisa berbahasa inggris dengan cepat dalam waktu yang singkat? Bagaimana cara cepat belajar bahasa inggris? Ternyata tidak hanya dalam hal kekayaan saja, dalam hal belajar bahasa inggris pun kita masih menginginkan hal yang praktis, yang cepat dan ampuh.

Setiap pertanyaan pasti ada jawabannya. Tentunya ada cara cepat belajar bahasa inggris jika kita masih kesulitan belajar bahasa inggris. Tentu ada dan pasti ada, meskipun tidak semahir mereka yang dari lahir berbicara dengan bahasa inggris.

Harap Diperhatikan: Jika anda benar-benar ingin tahu cara belajar bahasa inggris dengan cepat, baca artikelnya dengan detail. Dengan seksama. Jangan melewatkan bagian-bagiannya. Bacalah kata demi kata, kalimat demi kalimat.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

1. Destroy the Mental Block

Pernah mendengar istilah mental block? mental block adalah segala hambatan (rintangan) yang mengganggu mental anda untuk melakukan suatu usaha. Mental block merupakan suatu hal negatif yang memenuhi pikiran seseorang yang mengakibatkan seseorang tersebut gagal melakukan suatu kegiatan, atau setidaknya menjadi takut dan was-was.

Contoh-contoh dari mental block yang menghalangi anda untuk cepat belajar bahasa inggris diantaranya adalah:

  • anda berpikir bahwa belajar bahasa inggris itu susah.
  • anda berpikir bahwa belajar bahasa inggris itu buang-buang waktu.
  • anda berpikir bahwa menguasai bahasa inggris itu tidak mungkin, karena bahasa anda sejak lahir adalah bahasa Indonesia

semua itu adalah beberapa contoh saja. Masih banyak hal-hal lainnya yang bisa dikategorikan sebagai mental block atau penghalang-penghalang mental. Tentunya anda bisa mencari sendiri contoh-contoh mental block yang lainnya.

Lalu bagaimana solusi menghancurkan atau menghilangkan mental block tersebut? How do we destroy the MENTAL BLOCK? buatlah sebuah solusi yang merupakan kalimat positif atas mental block yang anda rasakan. Sebagai contoh, dari beberapa mental block di atas maka cara menghilangkannya adalah:

  • berpikirlah bahwa belajar bahasa inggris itu mudah dan menyenangkan.
  • berpikirlah bahwa belajar bahasa inggris itu tidak memerlukan waktu lama, cukup 15 menit per hari.
  • berpikirlah bahwa menguasai bahasa inggris itu sangat mungkin, lihatlah berapa banyak orang-orang yang bukan dari negara berbahasa inggris dapat berbahasa inggris dengan lancar. Bahkan sudah ada anak bangsa (Indonesia) yang dapat menguasai lebih dari 10 bahasa dari negara yang berbeda. Dialah Gayatri Wailissa (almh.) yang dapat menguasai 14 bahasa asing di usia yang masih sangat muda, berkat ketekunannya belajar bahasa asing.

2. Hafalkan The Most Frequently Used Vocabulary

Pernahkah anda mengenal seseorang yang pandai berbahasa Inggris? Sebenarnya orang yang anda kenal pandai berbahasa Inggris tersebut belum tentu benar-benar pandai bahasa Inggris. Namun orang tersebut “terlihat” pandai di mata anda.

Ia hanya terlihat pandai dan sebenarnya mungkin pas-pasan saja dalam bahasa Inggris. Mengapa? jangan berpikir karena anda tidak lebih pandai dari orang tersebut. Jangan berpikir negatif terhadap diri anda. Seseorang dianggap pandai bahasa Inggris karena beberapa hal, diantaranya:

  • karena ia mampu menjawab pertanyaan anda. “apa sih bahasa inggrisnya kamu tinggal dimana?” “apa sih bahasa inggrisnya kamu orang mana” kemudian ia menjawab: “where do you come from?” Dan pertanyaan-pertanyaan umum lainnya yang mampu ia jawab.
  • Karena ia bisa diajak berbicara bahasa Inggris. Saat seseorang mampu berinteraksi dengan bahasa Inggris, maka ia akan dianggap pandai berbahasa Inggris.
  • silahkan cari sendiri….hehee.

Ini rahasianya, anda harus mendata apa-apa saja yang harus anda hafalkan. Ya, anda cukup menghafalkan. Hafalkan berbagai kosakata yang sering digunakan, yang umum digunakan. Hafalkan coontoh-contoh percakapan bahasa inggris yang sering digunakan. Hafalkan sebuah storytelling agar anda bisa berbicara dengan ekspresi yang baik saat berinteraksi dengan orang lain.

3. Step by Step

Ketika anda membaca sebuah artikel tentang cara cepat belajar bahasa inggris, maka anda jangan berpikiran bahwa anda benar-benar bisa cepat menguasai bahasa inggris. Anda harus tahu dulu apa itu makna “cepat” disini. Cepat disini adalah anda belajar bahasa inggris sesuai dengan langkah-langkah yang benar, sehingga anda tidak sia-sia belajar bahasa inggris.

Masih ingat dengan artikel sebelumnya? yang menceritakan bahwa kebanyakan dari kita sudah mempelajari bahasa inggris sejak bangku sekolah dasar, namun kenyataannya hingga saat ini masih tidak lancar berbahasa inggris. Itulah pembelajaran yang mungkin tidak efektif.

Cepat disini adalah menghindari proses pembelajaran seperti hal tersebut, sehingga diharapkan setiap kali anda mempelajari bahasa inggris, kemampuan anda semakin meningkat. Bukan stagnan, apalagi malah semakin pusing dengan bahasa inggris.

Berikut ini langkah-langkah cara cepat belajar bahasa Inggris, baik otodidak maupun kursus:

  1. Pronounciation
  2. Vocabulary (Reading)
  3. Spelling
  4. Listening
  5. Grammar
    Mari kita bahas satu per satu…….

Pronounciation

Pronounciation adalah pengucapan atau pelafalan sebuah kata dalam bahasa inggris sesuai dengan cara mengucapkannya. Bisa english british, bisa juga english american. Bahasa Inggris digunakan di beberapa negara, jadi logat yang digunakan pun tidak selalu sama (standar). Namun yang paling umum digunakan adalah american english dan british english. Di lain waktu kita akan bahas perbedaan antara keduanya.

Mengapa kita harus mempelajari pronounciation terlebih dahulu? karena anda perlu dilatih mengucapkan secara benar pada saat tahap awal belajar bahasa inggris.

Meskipun kita tidak bisa memisahkan pembelajaran antara melatih pronounciation dan menghafal vocabulary, namun setidaknya kita tahu bahwa mempelajari pronounciation memiliki urgensi yang lebih tinggi dibandingkan kita menghafal banyak vocabulary namun salah dalam pengucapannya.

Bahasa inggris kita akan menjadi rancu dan susah dimengerti apabila kita salah dalam pengucapannya. Bahkan akan menimbulkan salah pengertian. Oleh karena itu, penting bagi kita memulai belajar secara benar sedari awal.

Vocabulary

Memperbanyak vocabulary sudah menjadi suatu keharusan jika anda benar-benar ingin bisa bahasa inggris. Bagaimana kita akan membuat sebuah pernyataan (sebuah kalimat) jika anda masih bingung “apa bahasa inggrisnya …” kata ini dan kata itu.

Bagaimana anda bisa memahami tenses dan grammar jika saat anda menerapkannya anda masih bingung “saya mau buat kalimat past tense, tapi ga banyak vocabulary”.

Banyak sekali kesulitan-kesulitan yang akan anda temui jika anda memiliki sedikit kosakata. Bahkan bisa jadi anda akan mudah menyerah belajar bahasa inggris jika anda belajar grammar namun vocabulary anda cuma sedikit saja.

Spelling

Spelling adalah ejaan sebuah kata bahasa Inggris. Hubungannya dengan cara pengucapan yang benar, pengucapaan kosakata bahasa Inggris yang benar sesuai dengan cara pengucapan asal bahasa tersebut (American dan British).

Jadi sebenarnya melatih ejaan dan pengucapan yang benar adalah sudah satu paket dengan belajar vocabulary (menghafal vocabulary). Saat anda menghafalkan vocabulary, pastikan ejaan (spelling) di tiap-tiap kosakata tersebut sudah benar.

Contohnya kata “book” maka anda harus mengetahui bahwa kata “book” dieja atau terbentuk dari huruf “b-o-o-k” kemudian kata daughter terdiri dari huruf “d-a-u-g-h-t-e-r“, dan masih banyak kosakata lainnya.

Dengan mengetahui ejaan pada masing-masing kata, anda dapat terhindar dari penggunaan kata yang salah saat melakukan tulis-menulis dengan bahasa Inggris. Dalam bahasa Inggris juga terdapat beberapa kata yang sama dalam pengucapan, namun beda ejaannya (spelling). Dalam istilah lain sering disebut ‘homofon’ (kesamaan bunyi suatu kata).

Contoh:

back artinya kembali, dieja b-a-c-k
beg artinya mengemis dieja b-e-g
bag artinya tas, dieja b-a-g

Ketiga kata tersebut memiliki arti dan ejaan yang berbeda namun jika diucapkan memiliki kesamaan bunyi (hampir mirip). Bisa saja ketika anda mengucapkan kata “back“, orang yang anda ajak bicara mendengarnya “beg“. Cara yang tepat untuk menjelaskan bahwa maksud anda adalah kata “back” yaitu dengan mengejanya, bilang kepada orang yang anda ajak bicara “back” dieja “b-a-c-k“.

Kursus Bahasa Inggris

Otodidak atau kursus? jawabannya adalah kedua-duanya.

Artinya anda harus menjalani kedua proses pembelajaran tersebut. Anda harus mengikuti kursus bahasa inggris secara intensif jika anda benar-benar ingin cepat menguasai bahasa inggris. Ingat, cepat bukanlah hitungan hari atau minggu. Cepat adalah bagaimana anda menguasai setiap materi secara sistematis, anda cepat menerima materi karena sistematika belajar yang benar.

Disamping mengikuti kursus bahasa inggris, anda juga harus tekun belajar sendiri, menghafalkan vocabulary, berlatih conversation dengan teman, berlatih membuat kalimat, berlatih mendengarkan percakapan dan latihan-latihan bahasa inggris lainnya.

Ingat….Jalani proses pembelajaran tersebut secara perlahan, lakukan dengan fun agar anda tidak mudah bosan.

Keberhasilan anda ditentukan oleh konsistensi anda belajar sampai kemampuan bahasa inggris anda benar-benar mengalami kemajuan pesat.

Rekomendasi

Setelah membaca artikel di atas, berikut ada beberapa rekomendasi bagi anda. Rekomendasi bagi anda yang ingin mengetahui cara cepat belajar bahasa inggris. Beberapa hal yang harus anda lakukan agar tips-tips pada artikel ini dapat anda terapkan.

  • Pahami intisari artikel ini
  • Baca lagi bila belum jelas, juga bila semangat anda mulai kendor dalam belajar
  • Mulailah mengikuti kursus bahasa Inggris, pada level Conversation, jalani sampai level terakhir
  • Sambil anda mengikuti kursus, jangan lupa belajar materi-materinya di rumah
  • Sering-seringlah mendengar percakapan bahasa Inggris
  • Sering-seringlah membaca artikel bahasa Inggris
  • Sering-seringlah mengulang materi yang anda lupa
  • Hafalkan vocabulary secara kontinyu, setiap hari. Tidak perlu banyak-banyak, yang penting satu hari anda harus menghafal minimal 1 kosakata.
  • Jangan lupa untuk melatih pronounciation yang benar
  • Ingat bagaimana spelling yang benar di tiap kosakata / conversation yang anda hafalkan
  • Ingat untuk sedikit sedikit mengoreksi grammar pada tiap kalimat yang anda buat.

Sudah tahu cara cepat belajar bahasa Inggris? Praktekkan sekarang. …… SELAMAT MENCOBA !!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.