10 Cara Cepat Hamil dan Memiliki Buah Hati (Mudah dan Ampuh)

Setiap pasangan yang menikah tentunya mempunyai keinginan untuk memiliki momongan, baik dalam waktu dekat setelat menikah maupun beberapa tahun setelahnya.

Kehamilan tidak selalu menjadi hal yang mudah, ada orang-orang yang meskipun sudah berusaha memiliki buah hati namun tak kunjung hamil.

Tak jarang bagi beberapa pasangan, terdapat faktor tertentu yang dapat memperlambat terjadinya kehamilan.


Cara Cepat Hamil


Berikut merupakan beberapa cara agar cepat hamil yang dapat anda terapkan.

1. Memiliki Gaya Hidup yang Sehat

Image Source: merdeka.com

Terdapat beberapa kebiasaan buruk dilakukan oleh banyak orang yang dapat memperkecil peluang wanita untuk hamil, salah satu diantaranya adalah merokok.

Ketika anda merokok, lebih dari 700 zat kimia pada rokok masuk ke seluruh tubuh dan juga menyebar ke berbagai organ tubuh anda.

Beberapa gangguan kesuburan dari rokok yang umum ditemukan diantaranya, masalah ovulasi, masalah genetik, gangguan pada organ reproduksi, gangguan pada sel telur atau menopause dini, resiko kanker dan gangguan janin atau keguguran.

Untuk laki-laki beberapa diantaranya adalah jumlah sperma menurun, masalah pergerakan sperma yang susah berenang menembus sel telur, masalah hormon dan disfungsi ereksi.

Tidak hanya perokok aktif, perokok pasif juga dapat terkena gangguan kesuburan. Berikan motivasi untuk berhenti merokok jika pasangan anda perokok. Perokok pasif sama saja dengan menghirup zat kimia lewat asap rokok

Dengan berhenti merokok dan memulai gaya hidup yang sehat, akan turut membantu anda dalam memperbesar peluang kehamilan.

2. Cek Siklus Haid dan Hitung Masa Subur dengan Benar

Image Source: befren.com

Masa subur merupakan masa dimana kemungkinan terjadinya pembuahan lebih tinggi. Oleh karena itu, cukup penting untuk mengetahui masa subur wanita jika ingin segera memiliki buah hati. Setiap wanita memiliki waktu masa subur yang berbeda-beda, tergantung pada siklus menstruasinya.

Siklus pada menstruasi dihitung dari hari pertama haid sampai hari pertama haid selanjutnya. Wanita rata-rata memiliki siklus menstruasi 28 hari, namun ada juga yang lebih pendek, yaitu sekitar 21 hari atau yang lebih panjang sampai 35 hari.

Pada umumnya masa subur wanita adalah 12-16 hari sebelum haid berikutnya, yang artinya rata-rata wanita mengalami masa subur di antara hari ke-10 sampai hari ke-17 setelah hari pertama haid terakhir.

Ini juga berlaku pada wanita yang memiliki siklus haid 28 hari. Namun jika anda memiliki siklus yang berbeda, anda juga dapat mempelajari serta menghitung kapan masa subur anda.

3. Berhubungan Intim Ketika Masa Subur

Image Source: pantau.com

Setelah mengecek siklus haid dan menghitung masa subur, cara cepat hamil selanjutnya adalah secara rutin melakukan hubungan intim selama masa subur. Hubungan dapat dilakukan setiap hari atau setidaknya dua hari sekali selama masa subur.

Berhubungan intim ketika masa subur dapat membuat peluang lebih besar untuk kehamilan. Selain itu, disarankan hubungan intim tidak dilakukan lebih dari satu kali dalam sehari karena mempengaruhi kualitas sperma yang dikeluarkan. Jika kualitas sperma menurun, kemungkinan pembuahan yang terjadi tentunya juga akan lebih kecil.

4. Meningkatkan Asupan Asal Folat

Image Source: dailyvitamina.com

Tidak hanya mengonsumsi makanan bergizi ketika hamil, wanita sebaiknya juga mempersiapkan tubuhnya sejak tahap perencanaan kehamilan, agar ketika hamil wanita sudah siap memenuhi gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dan janinnya. Salah satu yang perlu dipersiapkan wanita sebelum hamil adalah folat.

Asam folat merupakan bentuk vitamin B yang diperlukan wanita sebelum hamil untuk membantu pertumbuhan janin, melindungi sel tubuh, membantu proses produksi DNA dan pembentukan sel darah merah.

Manfaat yang diperoleh tubuh jika asam folat terpenuhi antara lain, pembentukan sel-sel tubuh berjalan baik, terhindar dari anemia dan mencegah bayi lahir cacat.

Umumnya konsumsi asam folat baik untuk pria ataupun wanita yang disarankan ialah 400 mikrogram per hari untuk usia di atas 13 tahun dan untuk ibu hamil disarankan 500 mikrogram perhari.

Asupan asam folat dapat dipenuhi dengan berbagai makanan yang kaya asam folat seperti bayam, brokoli, selada, kacang polong, melon, pisang, lemon, roti, sereal dan jus. Bisa juga dengan suplemen atau susu yang memiliki kandungan asam folat.

Penggunaan suplemen ada baiknya dikonsultasikan terlebih dahulu kepada dokter agar dosis yang digunakan sesuai.

5. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Image Source: kompasiana.com

Tidak hanya asam folat, cara cepat hamil lainnya adalah dengan banyak mengonsumsi makanan bergizi. Ada banyak sekali nutrisi makanan yang dapat membantu meningkatkan kesuburan pria dan wanita mulai dari vitamin E, zinc, zat besi, kalsium dan protein.

Beberapa contoh makanan yang disarankan antara lain, daging sapi dan ayam rendah lemak, selain mengandung banyak protein, juga terdapat nutrisi yang baik dan diperlukan untuk kandungan yaitu zat besi.

Disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari tiga porsi tiap harinya karena jika berlebihan protein hewani justru dapat menurunkan kesuburan.

Produk susu, selain kalsium, kandungan zinc nya dapat memperlancar siklus menstruasi dan meningkatkan produksi sel telur yang berkualitas. Selain susu, manfaat zinc juga dapat ditemukan pada telur, biji-bijian utuh, daging sapi dan ayam.

Tidak hanya mengonsumsi makanan yang bergizi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi, pasangan yang ingin cepat hamil dan sedang merencanakan kehamilan sebaiknya juga mengindari konsumsi makanan kurang sehat yang dapat mempengaruhi kesehatan dan kesuburan.

6. Olahraga Secara Rutin dan Teratur

Image Source: www.thehijab.info

Cara cepat hamil selanjutnya adalah dengan berolahraga secara rutin dan teratur. Bahkan menurut studi, olahraga yang dilakukan secara teratur dapat meningkatkan fungsi kesuburan wanita.

Olahraga dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh. Tidak perlu sampai berolahraga yang terlalu berat dan berlebihan, karena justru dapat mengganggu kesuburan seseorang.

Manfaat olahraga untuk perencanaan hamil adalah dapat memperbaiki metabolisme dan sirkulasi darah yang jika dilakukan secara rutin dapat menambah produksi hormon yang membantu pertumbuhan sel telur. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat mengurangi stress. Strees dapat menurunkan kemungkinan pembuahan.

Beberapa jenis olahraga yang baik dan dapat dilakukan apabila ingin cepat hamil maupun meningkatkan kesuburan diantaranya, jogging ringan (5 kali seminggu dengan durasi antara 30-60 menit), yoga, menari, zuma (2 atau 3 kali seminggu), aerobic (2 atau 3 kali seminggu), bersepeda dan berenang.

Sedangkan jenis olahraga yang sebaiknya dihindari adalah bikram yoga/hot yoga, olahraga 7 kali dalam seminggu dengan durasi lebih dari satu jam, lari dan gimnastik.

7. Menjaga Berat Badan Ideal

Image Source: idntimes.com

Menjaga berat badan ideal sebelum hamil merupakan salah satu unsur penting yang perlu diperhatikan. Tidak hanya berpengaruh pada kesuburan, berat badan yang kurang atau berlebih juga dapat berdampak pada masa kehamilan dan juga janin.

Berat badan yang kurang pada umumnya sering mengalami anemia pada masa kehamilan, memiliki resiko melahirkan premature dan bayi mengalami berat badan lahir yang rendah.

Sebaliknya, berat badan yang berlebih atau bahkan obesitas memiliki resiko mengalami diabetes, hipertensi kehamilan, sulit bersalin secara normal dan kemungkinan bayi yang dilahirkan memiliki berat badan lebih dari 4kg serta resiko jangka panjang diabetes, hipertensi lemak darah yang tinggi dan jantung.

Oleh karena itu menjaga berat badan ideal juga merupakan salah satu cara cepat hamil yang perlu diperhatikan.

Anda dapat menjaga berat badan ideal anda dengan menjaga pola makan dan olahraga secara teratur yang sudah di bahas di penjelasan sebelumnya.

8. Mengelola dan Memanajemen Stres

Image Source: klikdokter.com

Tidak hanya kondisi fisik yang berpengaruh pada kesuburan seseorang, melainkan juga kondisi mentalnya. Jika anda ingin cepat hamil, anda dan pasangan harus pandai dalam mengatur dan mengelola stress yang anda alami sehingga tidak mempengaruhi kondisi fisik anda.

Karena stres sendiri dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormone pada tubuh, yang mana hal ini juga dapat berpengaruh pada kesuburan.

Beberapa hal efek dari stres yang berdampak pada tubuh antara lain berkurangnya masa subur atau bahkan berhenti.

Hal ini dikarenakan jika seseorang stres maka lendir dari seviks yang berperan ketika mendekati masa subur akan berkurang atau bahkan bisa jadi kering.

Oleh karena itu, diperlukan cara agar dapat mengurangi stress agar masa subur kembali normal. Selain masa subur, dampak lainnya juga berpengaruh pada hubungan antara pikiran dan badan serta siklus menstruasi.

Stres dapat mempengaruhi siklus menstruasi menjadi tidak teratur yang juga dapat berpengaru pada tingkat kesuburan.

Selain itu, anda juga dapat menghindari dari pikiran yang terlalu memikirkan keingingan untuk mempunyai buah hati.

Cukup menjalaninya dengan santai, berdoa dan percaya kalau anda dan pasangan akan dikaruniai anak di waktu yang tepat.

9. Tidak Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Image Source: okezone.com

Salah satu hal yang perlu diperhatikan selanjutnya agar cepat hamil adalah tidak mengkonsumsi minuman beralkohol karena dapat mengganggu penyerapan beberapa nutrisi di dalam tubuh yang pada akhirnya mempengaruhi kesuburan dan menurunkan peluang hamil.

Penelitian menyatakan bahwa jika mengonsumsi alcohol bahkan dengan kadar yang rendah, itu juga dapat mengganggu perkembangan janin dan kehamilan.

Hal ini merupakan penyebab seseorang sulit hamil ketika mengonsumsi minuman beralkohol. Tidak hanya wanita, pria juga memiliki pengaruh pada kesuburan jika mengonsumsi alkohol.

Oleh karena itu pasangan yang sedang melakukan perencanaan hamil atau ingin cepat hamil, mulailah tinggalkan minuman alkohol dan mulailah gaya hidup sehat yang juga dibarengi dengan aktifitas olahraga secara rutin dan teratur sehingga tubuh lebih sehat dan dapat meningkatkan kesuburan.

10. Hindarkan Tubuh dari Kelelahan

Image Source: inspiradata.com

Cara cepat hamil selanjutnya adalah menghindari tubuh dari kelelahan. Tubuh yang terlalu lelah tidak hanya berdampak kurang baik pada kehamilan namun juga pada tubuh yang sedang merencanakan atau mempersiapkan kehamilan.

Tidak hanya menjaga tubuh dari aktivitas yang dapat membuat terlalu kelelahan dan berakibat stres, ada baiknya juga menghindari berbagai makanan atau kebiasaan-kebiasaan yang dihindari atau tidak dilakukan oleh ibu hamil.

Tidak semua kelelahan dapat mempengaruhi kesuburan, bahkan jika tetap diiringi dengan beruhubungan intim secara teratur akan dapat meningkatkan peluang pasangan muda untuk cepat hamil.

Pada dasarnya dalam mempersiapkan kehamilan atau sedang melakukan cara agar cepat hamil dilakukan tidak hanya oleh wanita, melainkan juga pria.

Keduanya perlu memerhatikan kesuburan masing-masing dan berkerja sama dalam mengatur diri agar dapat segera hamil dan memiliki anak.

Jika hanya salah satu pihak saja yang merubah pola untuk memperbaiki kesuburan, tentunya kehamilan juga akan sulit untuk terwujud.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.