4 Cara Cepat Tidur untuk Anda yang Memiliki Masalah Susah Tidur!

Tidur merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia. Umumnya manusia tidur setidaknya selama 7-9 jam sehari dan tidur juga merupakan salah satu peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Ketika sedang tidur, otak bersiap untuk bekerja pada keesokan harinya, sehingga manusia bisa belajar, berpikir, bekerja dan juga memproses informasi.

Selain itu, manfaat tidur lainnya adalah dapat menjaga keseimbangan hormon, membantu memperbaiki jaringan sel yang rusak, mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, memperbaiki dan juga menyembuhkan jangung serta pembuluh darah.

Namun, sebagian orang atau beberapa orang mengalami masalah tidur yang membuat kebutuhan tidur yang ideal tidak tercukupi.

Beberapa hal dikarenakan kebiasaan begadang, banyaknya pekerjaan yang perlu diselesaikan dan bahkan insomnia.


Cara Cepat Tidur


Berikut merupakan cara cepat tidur agar anda dapat sebisa mungkin memenuhi kebutuhan tidur yang ideal!

1. Hindari atau Tidak Mengonsumsi Minuman Kafein seperti Kopi pada Malam Hari atau Sebelum Tidur

Image Source: detik.net.id

Cara cepat tidur yang pertama adalah dengan mengindari konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi ketika malam hari.

Selain akan membuat anda menjadi lebih terjaga dan mengusir kantuk, namun mengonsumsi kopi pada malam hari memiliki dampak lainnya lagi, yaitu efek fisiologis dari kafein.

Mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi pada malam hari dapat memicu lonjakan dari melatonin.

Hormon melatonon sendiri berhubungan dengan siklus sirkadian, yang mengatur siklus bangun dan tidur serta persepsi gelap dan terang pada manusia. Melonjaknya hormon melatonin dapat membuat siklus tersebut kacau.

2. Konsumsi Buah atau Minuman Hangat

Image Source: tribunnews.com

Cara cepat tidur yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi buah atau minuman hangat seperti susu.

Selain itu anda juga dapat mengonsumsi yoghurt, hal ini lebih baik daripada anda mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan kafein seperti kopi.

Minum susu hangat sebelum tidur memiliki beberapa manfaat antara lain dapat menenangkan sistem saraf, membuat tidur lebih awal dan juga nyenyak, dapat memperlancar saluran pencernaan, menunda lapar, mempermudah penyerapan kalsium dan juga bahkan dapat menambah berat badan.

3. Hindari Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

Image Source: okezone.com

Cara cepat tidur yang selanjutnya adalah dengan tidak atau hindari penggunaan gadget sebelum tidur.

Menurut penelitian dari National Academy of Science mengungkapkan bahwa gelombang cahaya panjang-pendek dari layer smartphone dapat mengganggu ritme sirkadian (yang mengatur siklus bangun dan tidur serta persepsi gelap dan terang pada manusia) sehingga akan membuat tubuh menjadi sulit menentukan waktu tidur.

Tidak hanya orang dewasa, bahkan ada penelitian juga yang menyatakan penggunaan smartphone yang terhubung internet dapat mencega anak untuk tidur di malam hari.

Oleh karena itu, menghindari penggunaan gadget merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan agar cepat tidur.

4. Mematikan Lampu Sebelum Tidur

Image Source: satujam.com

Cara cepat tidur yang selanjutnya adalah dengan mematikan lampu sebelum tidur. Bagi sebagian orang mungkin ada yang tidur dengan lampu menyala dan sebagiannya lagi tidur dengan lampu dalam kondisi mati.

Namun, alangkah lebih baik jika dapat tidur dengan lampu kondisi mati, hal ini dikarenakan cahaya dapat menjadi acuan jam biologis tubuh, cahaya tidak hanya diterima oleh mata namun juga memberikan sinyal pada bagian tubuh yang lain untuk menunjukan waktu tertentu.

Tidur dengan lampu keadaan mati juga dapat meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik lagi dan dapat membantu tidur lebih cepat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.