9+ Cara Diet Sehat dan Alami (Menurut Doter, Para Ahli dan Artis Mancanegara)

Cara Diet Sehat – Anda merasa tidak percaya diri dengan bentuk tubuh yang gemuk? Berikut kami sampaikan mengenai Pengertian, Faktor yang Mempengaruhi dan Cara Diet Alami.


Pengertian Diet


Image Source: warungkita.net

Pengertian diet menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Adalah aturan makanan khusus untuk kesehatan dan sebagainya (biasanya atas petunjuk dokter).

Pengertian secara umum, diet adalah suatu usaha dengan cara mengatur pola makan, berpuasa dan membatasi suplai nutrisi yang bertujuan supaya bisa menurunkan berat badan, melangsingkan tubuh supaya terlihat seksi dan menarik.

Tubuh yang ideal dan proporsional merupakan impian semua orang, entah itu bagi wanita maupun bagi laki-laki juga menginginkan hal yang sama.

Namun bagi wanita memiliki badan yang besar tentu akan selalu berusaha menurunkan berat badannya entah itu bagaimana pun caranya.

Saat ini banyak wanita yang memiliki tubuh gemuk, hal ini karena semakin maraknya makanan cepat saji dan tidak bisanya orang mengontrol pola makannya dengan baik.

Kegemukan juga tidak baik untuk kesehatan, sebab bisa menimbulkan banyak penyakit seperti diabetes, jantung, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimana cara diet secara alami dan cepat untuk mendapatkan tubuh yang langsing ideal? Sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi banyak wanita yang menginginkan cara yang instan dan cepat, biasanya mereka menggunakan obat-obatan untuk mempercepat menurunkan berat badannya, akan tetapi pemakaian obat-obatan bisa menimbulkan efek samping yang justru bisa membahayakan tubuh.

Faktor yang Mempengaruhi Massa Perkembangan Tubuh

Faktor yang mempengaruhi perkembangan tubuh di kelompokan menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor internal meliputi gen, regulasi termis, dan metabolisme. Faktor eksternal meliputi aktivitas fisik, gaya hidup dan asupan nutrisi makanan.

Kriteria Diet yang Baik

Sebelum Anda tahu tipsnya, anda harus tahu kriteria diet yang baik:

1. Diet yang benar dan sehat ialah turun 0,5 kg dalam seminggunya, sebab jika turun secara drastis akan membahayakan kesehatan anda.

2. Pastikan jumlah kalori yang masuk sesuai dengan kebutuhan yakni 1200 hingga 1500 kalori setiap harinya. Kalori dalam jumlah tersebut merupakan jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme tubuh.

Nah jika tubuh kekurangan kalori, maka secara otomatis tubuh akan mengalami keterlambatan metabolisme dan hasilnya tubuh akan menimbun lemak, dan tentunya hal ini akan menimbulkan penyakit dan bukan tubuh langsing yang akan anda dapatkan.

3. Jangan terlalu banyak minum soda diet sebab akan membahayakan ginjal anda. Jadi perbanyaklah minum air putih, sebab air putih bisa mengeluarkan racun dalam tubuh dan bisa meningkatkan metabolisme.

Itulah kriteria diet yang baik dan sehat bagi kesehatan.


Cara Diet Sehat


Image Source: warungkita.net

Nah berikut ini cara diet alami sehat dapat menurunkan berat badan dengan cepat dan aman dapat dilakukan dengan cara alami dan tradisional tanpa mengeluarkan biaya yang banyak cukup dengan kita rajin mengikuti cara-caranya pasti akan diet sesuai yang kita inginkan, dibawah ini adalah tips diet yang baik diantaranya :

1. Tidur Tepat Waktu

Mengapa waktu tidur mempengaruhi berat badan? Karena tidur tepat waktu bisa menurunkan ghrelin dan menyetabilkan leptin.

Leptin merupakan hormon yang akan membuat kita merasa kenyang, apabila kita tidur tepat waktu maka kita tidak akan merasakan lapar pada malam hari sedangkan apabila kita suka begadang/kurang tidur maka ghrelin kita akan meningkat, artinya kita akan merasakan lapar ketika begadang sehingga begadang selalu ada disampingnya makanan/cemilan.

Karena alas an inilah orang yang suka begadang atau kurang tidur cenderung banyak makan sehingga akan mengalami peningkatan berat badan dan kurang tidur atau begadang bisa menyebabkan setres sehingga apabila fikiran kita sering setres maka kita akan semakin gemuk.

Jadi tidur tepat waktu itu harus kita perhatikan karena akan membantu kita diet atau menurunkan berat badan dengan cara alami.

2. Perhatikan Makanan yang Kita Makan

Makanan harus kita perhatikan Karena makanan sangat berpengaruh terhadap berat badan kita, Apalagi makanan yang banyak mengandung lemak.

Kalau kita ingin diet kita harus banyak mengkonsumsi makanan seperti buah-buahan dan sayuran yang akan mendukung proses penurunan berat badan.

Kemudian cara kita makan juga harus di perhatikan, contohnya apabila kita sedang makan, maka kita harus fokus terhadap makanan kita, jangan sampai kita makan sembari melakukan kegiatan lain contohnya nonton TV, apabila kita makan sambil nonton TV maka cenderung lebih banyak mengkonsumsi makanan.

Jadi makanan yang kita makan harus kita perhatikan karena merupakan hal yang sangat penting bagi seseorang yang akan melakukan diet atau menurunkan berat badan dalam waktu yang tepat.

3. Perbanyak makan buah-buahan dan biji-bijian

Mengapa orang yang ingin diet harus banyak mengkonsumsi buah-buahan dan biji-bijian, karena buah-buahan dan biji-bijian rendah kalori dan lemak di bandingkan daging yang banyak kalori dan lemaknya dan juga mengandung serat yang tinggi yang dibutuhkan tubuh sehingga akan membuat kita merasakan kenyang lebih lama.

4. Makan selesai pada jam 20.00 WIB

Makan malam harus kita perhatikan tidak boleh lewat dari jam 20.00, karena makan terlarut malam akan menambah berat badan.

Kemudian apabila selesai makan jam 20.00 jangan langsung tidur harus di biasakan olahraga kecil sepertu pusup 5 kali atau bending.

5. Minum Air Putih Secukupnya

Air merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi tubuh kita, karena air akan membantu kegiatan pergerakan tubuh kita.

6. Biasakan Olahraga Yang Rutin

Apabila kita ingin diet dengan cara yang alami dalam waktu singkat dapat menurunkan berat badan maka perbanyaklah olahraga.

Karena dengan olahraga akan banyak menggempur lemak yang ada di tubuh kita apalagi apabila kita sering olahraga di siang hari.

7. Biasakan Puasa Hari Senin dan Kamis

Mengapa puasa hari senin dan kamis di anjur bagi orang yang akan melakukan diet? Karena dengan puasa disamping kita akan mendapatkan pahala puasa sunat senin dan kamis juga akan mengurangi berat badan kita. Itulah sebabnya bagi yang diet dianjurkan untuk puasa.

8. Berhenti Ngemil

Kebiasaan ngemil yang tidak baik seperti memakan gorengan dan makanan manis akan menumpuk kolesterol dan akan membuat anda menjadi gemuk.

Demikian uraian tentang diet yang baik dan benar untuk kesehatan wanita. Jika ada saran, kritik, atau tambahan, silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

9. Mengurangi Konsumsi Gorengan

Mengkonsumsi gorengan akan menimbulkan banyak efek buruk, salah satunya adalah lemak tersimpan dalam tubuh Anda.

Bahkan bukan hanya lemak, tapi kolesterol juga akan semakin meningkat. Oleh sebab itu, sebaiknya konsumsi makanan yang direbus atau dikukus dan jauhi minyak.


Cara Diet yang Disarankan Dokter


Ada banyak sekali cara diet yang sudah di kenal secara umum. Salah satu bentuk diet yang sangat terkenal adalah OCD atau Obsessive Corbuzier’s Diet atau diet ala Deddy Corbuzier.

Namun sebenarnya adakah cara diet yang benar menurut dokter?

Kalau ada, bagaimanakah caranya diet yang dianjurkan oleh dokter agar anda tidak sampai merasakan efek samping yang buruk dari diet dan segera mendapatkan tubuh yang lebih langsing dan lebih sehat? Berikut cara diet yang disarankan oleh dokter.

1. Dipantau Dokter Ahli Gizi

Salah satu cara diet yang benar menurut dokter adalah dengan meminta bantuan dokter ahli gizi kepercayaan anda untuk membantu program diet anda.

Dengan bantuan mereka maka dokter akan mampu mencari tahu kandungan nutrisi yang paling tepat bagi anda dan tidak menyarankan pola diet yang salah.

Hal ini juga dapat meminimalisir segala resiko yang mungkin ditimbulkan cara diet yang salah. Kemudian konsumsi buah dan sayuran adalah tetap satu hal yang penting untuk dilakukan agar lambung tahan terhadap rasa lapar.

2. Diet Rendah Karbo dan Olahraga

Biasanya cara diet yang benar menurut dokter yang berikutnya adalah dengan menyarankan diet yang rendah karbohidrat jika anda mengalami stagnansi.

Namun sebaiknya diet ini anda lakukan sebagai program jangka pendek saja agar tidak sampai mengganggu kesehatan anda.

Olahraga juga tetap cara diet yang dianjurkan oleh dokter karena dengan berolahraga dapat menyeimbangkan kalori yang masuk dan dibakar di dalam tubuh sehingga tidak terjadi penumpukan lemak karena kalori yang tidak dibakar.


Cara Diet Alami Menurut Para Ahli


Cara diet alami tentu menjadi pilihan yang tepat ketika seseorang memutuskan untuk melakukan diet.

Dari pada melakukan diet dengan cara instan dan tidak alami yang tentu saja menghabiskan banyak anggaran pertahun yang dikeluarkan untuk membeli pelangsing, produk penurun berat badan dan sejenisnya.

Anggaran pertahun yang dikeluarkan oleh warga Indonesia untuk membeli produk tersebut diperkirakan mencapai angka miliaran rupiah.

Sayangnya, hampir 60% dari penggunanya yang masih tetap bermasalah dengan berat badan mereka meski telah mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Entah karena produk tersebut yang bermasalah atau cara penggunaannya yang salah. Yang jelas, menurunkan berat badan tidak semata hanya mengandalkan produk pelangsing tertentu saja, namun juga harus dibarengi dengan pola makan dan pola hidup yang sehat.

Bagi yang telah mencoba banyak produk pelangsing namun hasilnya nihil, ada baiknya beralih ke cara alami dalam menurunkan berat badan.cara diet sehat alami

Semua orang mampu menurunkan berat badan mereka tanpa harus mengkonsumsi produk pelangsing atau merasa kelaparan. Cukup ikuti beberapa langkah dan tips di bawah ini selama beberapa minggu, maka tubuh akan langsing secara alami.

Berikut ini merupakan cara diet sehat alami yang direkomendasikan para ahli dan telah terbukti mampu menurunkan berat badan dengan cepat.

1. Menjaga Keseimbangan Sistemik

Masalah sebenarnya yang menjadi penyebab kegagalan diet adalah karena ketidakseimbangan sistemik, ini merupakan penyebab umum kenapa diet yang dijalankan tidak membuahkan hasil apa-apa.

Masalah pada diet tersebut pada umumnya muncul karena pola makan dan pola hidup yang tidak sehat. Mulailah mengkonsumsi makanan untuk diet sehat yang kaya nutrisi dan gizi serta berolahraga secara teratur.

Ini adalah point terpenting yang harus diperhatikan saat menjalankan diet sehat.

2. Olahraga

Untuk memberikan hasil maksimal dalam melakukan diet, anda juga wajib untuk melakukan olahraga secara rutin.

Olahraga wajib dilakukan minimal empat kali dalam seminggu, aktifitas ini berguna untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Lakukan jenis olahraga yang disukai agar tidak ada beban atau tekanan saat melakukannya.

Ini adalah cara diet sehat alami kedua yang harus dilakukan karena tubuh membutuhkan metabolisme yang baik agar pembakaran lemak serta kalori dapat berlangsung secara efektif.

3. Minum Banyak Air dan Istirahat yang Cukup

Jangan tunggu sampai haus, minumlah air putih antara 7 sampai 8 gelas perhari agar terhindar dari bahaya dehidrasi.

Air putih juga terbukti ampuh dalam membilas dan mengeluarkan racun dalam tubuh. Hal ini menjadi sangat penting agar proses diet berjalan lancar dan cepat.

Selain minum air putih 7 sampai 8 gelas, pastikan pula tubuh mendapat waktu istirahat yang cukup. Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup agar setelah bangun nanti, semua organ tubuh berfungsi secara maksimal.


Cara Diet Sehat Artis Mancanegara


Artis selalu menjadi panutan para penggemarnya dari cara berpakaian, gaya hidup, tak terkecuali cara diet artis.

Beberapa artis memang sering terlihat berubah-ubah bentuk tubuhnya seiring dengan tuntutan peran.

Beberapa diantaranya sering melakukan cara diet yang buruk meskipun hasilnya instan. Namun tidak sedikit juga yang menggunakan cara diet sehat untuk menurunkan barat badannya secara alami.

Berikut cara diet sehat para artis yang boleh kita tiru untuk program diet sehat kita.

1. Beyonce

Pasca kehamilan, berat badannya langsung melambung. Penyanyi dan juga istri dari rapper Jay Z ini melakukan diet ketat dengan konsumsi selada.

Selain itu beyonce juga melakukan olah raga treadmill. Hasil dari cara dietnya ialah turun hingga 60 pon atau setara 27 kilogram.

2. Anne Hathaway

Demi peran di dalam film Les Misérables Anne Hathaway rela melakukan diet untuk menurunkan berat badannya hingga terlihat sangat kurus.

Cara diet artis pemeran The Devil Wears Prada ini adalah dengan menyantap lobak dan hummus.

Hummus adalah makanan dari Timur Tengah yang terbuat dari kacang kedelai yang dihaluskan, lentini, tahini, minyak olive, air lemon, garam dan juga bawang putih.

3. Jenifer Lopez

Sejak kelahiran anak kembarnya, Jenifer Lopez mulai melakukan diet untuk menurunkan berat badannya kembali.

J-Lo melakukan Dukan Diet System yaitu cata diet yang dikonsep oleh ahli gizi Perancis bernama dr. Pierre Dukan.

Dengan cara diet ini J-Lo mengaku kehilangan 20 pon berat tubuhnya. Selain itu minyak grapefruit menjadi metode untuk menurunkan nafsu makannya. J-Lo juga rajin berolah raga untuk membakar lemak di tubuhnya.

4. Madonna

Meskipun usianya sudah lebih dari 50 tahun namun bentuk tubuhnya masih sangat ideal dan terlihat bugar.

Pelantun lagu Hung Up ini melakukan diet macrobiotic yaitu diet rendah lemak dan kaya serat.

Madonna sering menyantap makanan seperti gandum, salad, putih telur, bayam rebus, juga blueberry. Selain itu ia juga rutin melakukan olah raga seperti fitnes dan yoga.

5. Jessica Simpson

Selain Madonna, Jessica Simpson juga melakukan diet macrobiotic dan memilih makanan organik kaya protein.

Makanan yang banyak dikonsumsi ialah kacang-kacangan, gandum, sayur-sayuran dan ikan. Latihan selama 2 jam sehari juga dilakukan guna menguras lemak dan mengencangkan ototnya.

6. Halle Berry

Halle Berry melakukan diet dengan prinsip makan bersih. Jenis makanan dalam hal ini dibagi menjadi 2 yaitu makanan kalori bermanfaat dan makanan kalori kosong.

Makanan seperti pizza, burger dan soda mengandung banyak kalori tetapi tidak bermanfaat.

Inilah yang harus dihindari. Lain halnya dengan makanan kalori bermanfaat seperti roti gandum, beras merah, kacang-kacangan, sayuran, buah dan ikan yang justru baik untuk tubuh.

Cara diet sehat memang tidak bisa lepas dari pola hidup sehat. Selain mengonsumsi makanan sehat dan alami, para artis juga melakukan olah raga untuk membakar lemak di tubuhnya.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.