Cara Embed Kode Lagu (Cara Mudah Memasang Lagu Di Blog)

Cara embed kode lagu?

Apa jadinya bila dunia ini tak ada musik? Barangkali akan ada kekosongan atau kesunyian, yang tidak pernah terisi. Barangkali orang akan jadi mudah marah karena berkurang media untuk mengekspresikan apa yang dirasa, atau juga kemungkinan-kemungkinan lainnya.

Penulis tidak bisa bisa membayangkan pokoknya. Karena selama ini musik bisa menyatukan beragam orang di seluruh dunia untuk larut dalam kegembiraan bersama.

Atau dalam lingkup paling kecil, musik bisa menjadi teman bagi seseorang yang kesepian, dan mencairkan suasana. Maka tak heran mengapa kemudian musik seringkali kita temui di tempat makan, pusat perbelanjaan, ruang publik, dan lain sebagainya.

Bahkan musik juga bisa bisa ditemukan di blog, tempat dimana banyak orang akan mampir dan mencari informasi. Musik yang ada di blog bisa membuat pengunjung menikmati pengalaman berselancar yang menyenangkan.

Hal ini disebabkan karena seperti apa yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa musik bisa menjadi teman para pengunjung sembari mencari informasi yang diinginkan.

Selain itu, audio music player juga bisa mempercantik tampilan blogmu, dan mengurangi bounce rate atau rasio pantulan.

Dengan begitu blogmu bisa menjadi tempat fovorit yang dituju oleh para peselancar internet loh, sehingga peluang untuk menjadi yang terbaik di pencarian google semakin besar.

Tapi bagaimana cara memasukkan musik atau lagu tersebt ke dalam blog? Nah kalau teman-teman masih bingung yuk simak informasi tentang cara embed kode lagu di bawah ini:


Cara Memasang Lagu di Blog


Cara Embed Kode Lagu (Cara Mudah Memasang Lagu Di Blog)
blogsayugi.com

Dengan adanya internet, website dan blog merupakan tempat atau wadah untuk membagikan informasi sebanyak-banyaknya.

Dan karenanya banyak orang yang menggunakan blog atau website untuk memberikan informasi tersebut. Biasanya agar blog tersebut menarik, maka para blogger akan membuat desain blog sebagus mungkin, atau juga dengan menambahkan lagu di blog atau website.

Cara untuk memasang lagu pada blog sendiri sebenarnya bisa dengan banyak cara seperti menggunakan script, html, plugin, dan juga embed kode. Bagi para blogger mungkin bahasa-bahasa tersebut bisa dimengerti dengan baik.

Nah sejauh ini berdasarkan beebrapa referensi cara embed kode lagu melalui SoundCloud adalah cara yang paling mudah dalam memasang lagu di blog.


Apa Itu Soundcloud


Mungkin beberapa dari teman-teman sudah tidak asing mendengar platform distribusi musik online yang satu ini. Karena memang dalam beberapa tahun ini SoundCloud terus berkembang, dan semakin populer, alhasil penggunanya bisa mencapai jutaan.

Platform ini memungkinkan pengguna untuk mencari musik, mengupload, dan berbagi konten media streaming. Jadi bagi teman-teman yang memiliki karya atau lagu ciptaan sendiri bahkan juga rekaman suara boleh loh untuk diupload di SounCloud.

Di sini pengguna juga bebas mendownload lagu yang diinginkan, selama itu tersedia di platform tersebut. Tetapi hampir semua lagu-lagu populer tersedia di SounCloud kok hehe.

Oiya dan tentu saja pengguna juga bisa dengan bebas memasang musik yang ada di SounCloud pada blog atau website kalian.


Cara Memasang Lagu di Blogger dan WordPress


Cara Embed Kode Lagu (Cara Mudah Memasang Lagu Di Blog)
ainamulyana.blogspot.com

Meskipun musik bisa menambah nilai plus pada blog, tetapi menurut kami teman-teman tak perlu memberikan musik pada setiap postingan blogger, karena hal ini bisa membuat loading blog sangat lambat dan malah membuat para pengunjung jadi ogak untuk datang ke blogmu.

Tetapi kalau menggunakan wordpress, hal tersebut tidak menjadi kendala, dan kalian bisa memasang lagu pada banyak postingan. Nah pada wordpress ini teman-teman bisa memanfaatkan plugin yang ada untuk mempercepat loading website tersebut.

Lalu bagaimana untuk bisa memasang lagu pada website tersebut? mari simak penjelasannya berikut ini:

  • Pertama dan yang paling utama tentu saja kalian perlu mengunjungi situs official SounCloud (karena yang paling mudah) pada alamat soundcloud.com
  • Setelah itu silahkan cari lagu yang ingin dipasang di blog. Untuk mempercepat dan memudahkan pencarian tersebut, kalian bisa menuliskan judul lagu di kolom pencarian
  • Biasanya akan ada beberapa hasil temuan dari kolom pencarian tersebut, maka kalian tinggal memilih lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi asli atau cover
  • Kemudian pilih tombol Share yang berada tepat di bawah lagu tersebut, dan langsung klik Embed
  • Lalu pengguna bisa mengatur tampilan, warna background, serta automatic play atau putar otomatis pada bagian embed

Jika proses-proses di atas sudah dilaksanakan, selanjutnya kalian tinggal menyalin source code dan memasangnya di blog.

Memasang Lagu di Posting Blogger

Tapi bagaimana cara menerapkannya di blog? Yuk simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

  • Hal pertama yang harus dilakukan oleh teman-teman adalah login atau masuk ke dashboard blogger
  • Kemudian siahkan edit salah satu postingan yang akan diberikan audio music player
  • Lalu copy kode lagu yang sudah didapatkan dari SoundCloud (cara copy kode lagu sudah dijelaskan di atas)
  • Selanjutnya langsung saja paste kode lagu tersebut pada mode html. Tetapi supaya tampilannya menjadi rapi, jangan lupa untuk menambahkan <br/> pada bagian bawah dan atas kode lagu tersebut
  • Langkah terakhir lakukan pratinjau untuk memastikan bahwa tampilan tersebut sudah rapi dan benar, baru kemudian klik Publish.

Memasang Lagu di Posting WordPress

Sedangkan untuk menerapkannya pada posting WordPress, langkah-langkah adalah sebagai berikut:

  • Pertama, tentu teman-teman harus masuk ke dashboard wordpress, untuk mempercepat prosesnya silahkan masukkan alamat namadomain.com/wp-admin
  • Kemudian silahkan edit salah satu posting yang ingin dipasang lagu
  • Lalu copy kode lagu yang sudah didapat dari soundcloud
  • Langkah selanjutnya sama saja dengan cara menerapkannya di blogger, yaitu paste kode lagu pada bagian teks yang ingin diberikan musik
  • Jangan lupa untuk meninjau kembali sebelum mempublish, kalau sudah yakin baru klik publish

Memasang Lagu di Widget Blogger

Cara Embed Kode Lagu (Cara Mudah Memasang Lagu Di Blog)
ngonoo.com

Apa bedanya sih memasang di posting dengan widget? Jadi kalau teman-teman memasang lagu pada posting maka pengguna hanya bisa mendengarkan lagu tersebut pada postingan yang diberi lagu.

Tetapi kalau kalian memasang audio music player pada widget maka, lagu tersebut akan berputar begitu pengguna mengunjungi website tersebut.

Nah kembali lagi pada keputusan teman-teman untuk memasang lagu pada widget atau posting. Tetapi kalau pada akhirnya kalian ingin memasang lagu pada widget blogger di bawah ini terdapat langkah-langkah untuk menerapkannya:

  • Pertama, Login ke dashboard blogger
  • Pada bagian kiri, silahkan pilih menu tata letak
  • Kemudian klik tambahkan widget, dan pilih HTML/JavaScript
  • Baru selanjutnya copy dan paste kode lagu dari soundcloud ke kolom konten
  • Terakhir, beri judul lalu klik simpan.

Memasang Lagu di Widget WordPress

Berikut juga terdapat cara untuk memasang lagu pada widget wordpress:

  • Silahkan masuk ke dashboard wordpress kalian
  • Lalu klik menu Appearance, pilih widget
  • Kemudian pilih Costum HTML, dan klik Add Widget
  • Selanjutnya sama seperti cara sebelumnya, copy kode lagu dari souncloud dan paste di kolom content costum html
  • Jangan lupa beri judul, dan klik save.

Rekomendasi Lagu Yang Cocok Untuk Jadi Backsound Blog/Vlog Traveling


Untuk teman-teman sekalian yang suka membuat vlog atau juga blog bertema travelling atau juga advanture, kalian bisa menambahkan lagu-lagu berikut ini supaya lebih menarik.

Karena beberapa lagu ini sangat cocokuntuk menggambarkan suasana berbahagia ketika travelling. Apa saja lagu-lagu tersebut simak selengkapnya di bawah ini:

BIP- Pelangi dan Matahari

Pelangi dan Matahari merupakan salah satu lagu hits dalam album kelima BIP berjudul Berangkat, yang dirilis pada tahun 2010 dan diproduksi oleh label Fame Musik.

Lirik lagunya sendiri sangat puitis dan indah. Menceritakan tentang tempat yang memiliki keindahan alam yang sangat bagus.

Coldplay – Advanture of a Lifetime

Barangkali lagu dan artis satu ini sudah sangat familiar di telinga teman-teman sekalian, karena memang coldplay merupakan group band yang bisa menciptakan lagu serta membuatnya mejadi hits. Salah satu lagu hits tersebut adalah Advanture of a Lifetime.

Lagu yang juga menjadi nama album ini dirilis pada tahun 2015. Dan lagu tersebut sering sekali menjadi backsound di beberapa acara televisi.

“petualangan seumur hidup” ini tentu sangat cocok untuk mengiringi perjalananmu menyusuri keindahan alam di bumi ini.

Foo Fighter- Learn to Fly

Meskipun bergenre alternative dan bukan pop, tetapi lagu ini cukup easy listening dan cocok untuk dijadikan backsound di vlog/blog travellingmu. Dinyanyikan oleh Foo Fighters dalam album There Is Nothing Left to Lose dan dirilis pada tahun 1999.

Coldplay- Viva La Vida

Kita kembali pada group musik asal Britania Raya ini yaitu Coldplay. Seperti yang telah kami katakan tadi bahwa banyak sekali lagu Coldplay yang meskipun sudah lama dirilis tetapi masih sering diperdengarkan.

Sebelumnya kami sudah menyebutkan lagu Advanture of a Lifetime, dan lagu lainnya yang tak kalah bagus juga untuk mengiringi perjalananamu adalah Viva La Vida.

Coldplay – Up & Up

Kemudian masih dengan Coldplay dengan judul lagu Up & Up. Lagu ini bisa menjadi penyemangat setelah kita melalui hal sulit baik dalam permasalahan hidup, cinta, atau juga sulitnya perjalanan menuju tempat yang indah.

Karena itu menurut kami lagu ini juga recomended untuk diperdengarkan ketika kalian travelling atau berpetualangan.

Keane- Somewhere Only We Know

Lagu ini cukup romantis dan sangat menyentuh, dinyanyikan oleh group musik rock asal Inggris. Lagu ini sangat cocok untuk teman-teman yang sedang melakan travelling dengan seseorang yang disayang hehe.

Dan tentunya juga tidak ada salahnya kalau dijadikan backsound blog atau vlog yang berisi perjalanan-perjalananmu menuju tempat terindah.

Coldplay – A Sky Full of Stars

Sebenarnya masih banyak sekali lagu yang juga cocok untuk mengiringi blog atau vlog perjalananmu, dan tidak bisa disebutkan satu-persatu pada artikel ini.

Karena itu kami memohon maaf atas kekurangan tersebut. Dan teman-teman bisa mencari rekomendasi lagu lainnya pada artikel selanjutnya.

Penutup

Bagaimana informasi di atas? apakah cukup membantu teman-teman yang ingin memasang lagu pada blog masing-masing? Paling tidak artikel ini bisa menambah pengetahuanmu tentang cara memasang lagu di blog.

Barangkali cukup sekian artikel tentang cara embed kode lagu yang bisa kami sajikan. Kami memohon maaf jika ada yang kurang berkenan dengan artikel ini, dan kami akan terus menerus belajar. Sekali lagi semoga bermanfaat, dan selamat bersenang-senang dengan mendengarkan musik.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.