4 Cara Hidup Sehat yang Bisa Anda Lakukan Setiap Hari

Memiliki hidup yang sehat adalah keinginan setiap manusia. Banyak yang tidak begitu memahami bagaimana cara untuk menjaga agar tubuh dan pikiran tetap sehat, padahal gaya hidup seseorang dapat dipengaruhi oleh kegiatan sehari-hari, asupan yang dikonsumsi dan waktu istirahat.

Yang perlu diingat juga, hidup yang sehat dan bahagia adalah kunci untuk panjang umur. Karena orang yang memiliki pola hidup sehat teratur, cenderung lebih terhindar dari berbagai penyakit fisik maupun mental.

Namun kebanyakan orang masih menganggap sulit, mahal dan merepotkan untuk mulai menjalaninya.

Padahal untuk memulai hidup yang sehat tidak selalu harus menggunakan barang-barang yang mahal dan memerlukan waktu yang lowong. Karena anda bisa melakukannya dengan hal-hal sederhana dan mudah.


Cara Hidup Sehat


Berikut beberapa tips untuk anda agar bisa mulai menjalani hidup yang sehat.

1. Jaga Asupan yang Anda Konsumsi

Image Source: hellosehat.com

Mulai sekarang perbanyak minum air putih minimal 6 gelas perhari, kurangi minuman bersoda, menggunakan gula terlau banyak dan berkafein.

Air sangat dibutuhkan oleh karena merupakan komponen terbesar dalam tubuh, jadi jangan sampai anda kekurangan cairan karena dapat menimbulkan dampak yang negatif pada kesehatan anda.

Kemudian mulailah mengkonsumsi makanan bergizi seimbang yang mencangkup karbohidrat, serat, protein, dan lemak baik.

Untuk makanan pokok, anda bisa mulai menggantinya dengan jagung, kentang atau umbi-umbian.

Pastikan semuanya memiliki porsi yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh anda, jangan terlalu berlebihan dan lebih bijak dalam mengkonsumsi segalanya.

Selain itu anda harus memilah cara pengolahan makanan anda, perbanyak memilih olahan makanan yang dikukus, rebus atau ditumis.

2. Sempatkan Olahraga

Image Source: linkedin.com

Tidak harus selalu ke gym atau senam di tempat yang berbayar. Anda bisa tetap sehat dengan melakukan bebagai macam aktifitas yang membakar kalori berlebih di dalam tubuh.

Karena dengan banyak bergerak secara aktif akan membantu melancarkan peredaran darah agar lebih banyak oksigen tersebar keseluruh tubuh, menjadikan badan anda lebih bugar.

Contohnya anda dapat berjalan santai setiap pagi disekitar rumah anda, atau melakukan kegiatan bersih-bersih rumah dan aktifitas lainnya.

Dengan terus aktif beraktifitas ringan seperti itu, anda dapat tetap melakukan olahraga agar badan tetap sehat kapanpun dan dimanapun.

3. Istirahat Cukup Berkualitas

Image Source: hipwee.com

Selain rajin olahraga dan mengatur pola makan, mulailah untuk coba mengatur waktu tidur dan istirahat anda.

Tidur adalah kebutuhan manusia paling mendasar bila ingin memiliki pola hidup yang sehat, karena dapat membuat pikiran dan raga anda kembali pulih.

Jauhkan aktifitas-aktifitas yang dapat mengganggu kualitas tidur anda seperti bermain gawai dan leptop sebelum tidur, karena dapat membuat anda lebih lama terjaga diwaktu istirahat.

Sebaiknya mandi air hangat, mendengarkan musik atau membaca buku untuk membantu anda cepat tidur.

Jadi pastikan anda tidur cukup karena tidur yang baik dan berkualitas umumnya 7-9 jam perhari.

4. Hindari Stres Berlebih

Image Source: hellosehat.com

Memiliki berbagai masalah hidup bagi masing-masing manusia akan membuat stres dengan mudahnya. Gejala fisik yang terjadi adalah sakit kepala, darah tinggi, sakit perut dan kesulitan untuk tidur.

Untuk menguranginya anda bisa melakukan kegiatan yang bisa menyegarkan pikiran anda, seperti melakukan hobi, meditasi, jalan-jalan saat liburan, relaksasi dan lain-lain.

Jangan lupa untuk selalu bersyukur agar beban yang membuat anda stres, terasa berkurang dengan mengingat segala nikmat yang sudah ada terima dari sang pencipta. Dengan begitu anda bisa memiliki pikiran yang sehat dan lebih semangat dalam menjalani kehidupan.


Cara Sehat Ala Rasulullah SAW


Salah satu yang patut untuk disimak adalah tips hidup sehat ala rasulullah. Apa saja sih tipsnya? Lihat beberapa poin di bawah ini yang mungkin bisa bermanfaat dan menjadi solusi bagi kehidupan Anda:

1. Tidak berlebihan ketika makan

2. Minum sambil duduk

3. Sering berpuasa

4. Cepat tidur dan cepat bangun


Cara Hidup Sehat dengan Memakan Sayur


Dalam cara hidup sehat, banyak sekali cara untuk menghasilkan tubuh yang sehat dan bugar yang dapat anda lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Cara tersebut sangat bermacam-macam seperti:

  1. Berolahraga
  2. Menghindari dari lingkungan yang buruk
  3. enjaga asupan makan dan lain sebagainya.

Namun di antara semua itu, yang paling penting adalah menjaga asupan makan.

Karena menjaga dan memilih makanan yang sehat, dapat menseimbangkan tubuh anda agar memperoleh nutrisi, protein dan serat yang pas juga sesuai yang di perlukan oleh tubuh.

Salah satu untuk mendukung cara hidup sehat anda adalah dengan mengonsumsi buah-buahan dengan porsi yang cukup. Selain itu, sayuran juga sangat berperan penting dalam memulai hidup sehat anda.

Sama halnya buah-buahan, sayuran juga memiliki nutrisi, protein dan lainnya yang dapat memenuhi daya ketahanan tubuh manusia.

Mengonsumsi sayur juga sangat di anjurkan untuk anak kecil sampai orang dewasa, karena kandungan yang terdapat pada sayur sangat penting untuk menyeimbangkan tubuh dan dapat menjadikan tubuh anda kebal akan penyakit.

Cara hidup sehat dengan makan sayur tidak ribet dan repot, yaitu dengan mengonsumsinya seperlunya dalam jumlah yang cukup pada setiap harinya.

Itu di anjurkan agar mendapatkan tubuh yang sehat dan menambah daya tahan tubuh setiap harinya.

Kandungan yang terdapat pada sayur sangatlah bermacam-macam dan sangat bermanfaat untuk tubuh manusia.

Maka dari itu, sayuran sangat dianjurkan untuk di konsumsi sebagai cara hidup sahat yang efektif dan terbukti hasilnya.

Kandungan Pada Sayuran

Dan sangat perlu sekali untuk mengetahui kandungan apa saja yang terkandung dalam sayuran. Berikut adalah beberapa kandungan yang terdapat pada sayuran yang dapat membantu anda dalam hidup sehat.

1. Memiliki kandungan oksidan yang tinggi

Image Source: grid.id

Sama halnya yang terdapat pada buah mengkudu yang memiliki banyak manfaat, sayuran juga memiliki antioksidan yang tinggi.

Yang mempunyai antioksidan tinggi adalah sayuran yang memiliki warna hijau yang masih segar, seperti sawi, bayam, kangkung dan macam-macamnya.

Antioksidan ini sangat penting dalam menjaga ketahanan tubuh dari berbagai penyakit, selain itu dapat menyingkirkan oksidan yang berbahaya bagi tubuh dan dapat mengurangi resiko kanker.

Jadi mengonsumsi sayur sangat penting untuk cara hidup sehat yang alami.

2. Mempunyai gizi tinggi dan rendah lemak

Image Source: www.gulalives.co

Hampir pada semua jenis sayuran memiliki gizi yang tinggi dan rendah lemak, karena lemak tertinggi di dapatkan dari hewani seperti daging.

Pada sayuran hijau dan orange misalnya yang mengandung banyak senyawa yang dapat membantu cara hidup sehat anda, seperti zat besi, kalsium, magnesium dan beberapa vitamin.

3. Mengandung Sumber serat yang cukup

Image Source: twimg.com

Cara hidup sehat dengan sayur sangat cocok sekali, karena sayur mengandung serat yang sangat berguna untuk tubuh.

Serat tersebut dapat membantu mempertahankan kelembapan pada kotoran, menyerap kelebihan air pada usus besar dan dapat membantu pengeluaran fases dari tubuh.

Jadi manfaat mengonsumsi sayur dapat menjaga dan memberi perlindungan dari kanker usus besar, wasir, fisura dan sembelit kronis.

4. Mengandung Berbagai macam Vitamin

Image Source: viral.id

Vitamin A, B, C dan K serta mineral yang terkandung didalam sayuran dapat membuat tubuh sehat dan awet muda.

Kandungan vitamin tersebut dapat diperoleh dari sayuran yang berwarna cerah seperti hijau, orange, merah dan kuning.

Dengan sayuran tersebut dapat menjadikan sirkulasi darah menjadi lancar dan memperkuat sel-sel yang berada di dalam tubuh.

Maka menyebabkan kulit anda menjadi bersih, gigi kuat, mata bersinar cerah dan rambut kinclong. Jadi anda akan kelihatan awet muda beberapa tahun.

Itulah sedikit ulasan tentang kandungan nutrisi yang terkandung dalam sayuran. Sebelum Anda mengonsumsi sayuran, sangat perlu sekali mengetahui cara pemasakannya agar nutrisi yang terkandung di dalamnya tidak rusak.

Cara memasaknya sangat mudah sekali, jika anda ingin mengukusnya tambahkan sedikit garam dan merica agar tidak hambar dan kukus selama 5-10 menit.

Jika anda menumisnya, tumislah jangan terlalu lama sekitar 3-4 menit dan tutup selama 2 menit, ini akan membuat sayur tidak layu dan tampak segar juga renyah saat dimakan.

Dan yang terakhir adalah merebusnya, rebuslah sekitar 2-3 menit dan memasukkan sayurnya saat air rebusan sudah panas. Juga jangan lupa untuk mencuci terlebih dahulu sayur yang akan di masak.

Sangat mudah bukan cara hidup sehat dengan makan sayur, itulah ulasannya tentang sayur dan semoga bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.