Cara Memakai Finger Tape dan Wrist Tape yang Baik dan Benar (Video)

Mungkin diantara kamu banyak yang bertanya-tanya, kenapa kiper dalam permainan futsal banyak yang tidak memakai sarung tangan?

Terus, kenapa hanya sekedar menggunakan lilitan putih pada jari ataupun pergelangan tangan untuk melindunginya?

Mungkin untuk kamu yang masih baru dalam dunia olahraga, hal tersebut memang mungkin terdengar tidak lazim.


Finger Tape


Tetapi kalau kamu mendalaminya lebih jauh, hal tersebut adalah sebuah peralatan yang digunakan untuk melindungi jari dari cedera yang bisa diakibatkan karena pergeseran otot atau urat pada jari, perlengkapan ini dinamakan Tapping,  atau lebih umum dikenal juga dengan sebutan Finger Tape.

Untuk kamu yang belum tahu mengapa mayoritas dari kiper tidak menggunakan sarung tangan, tidak lain adalah supaya menjaga tingkat ketepatan akurasi pada lemparannya.

Ketika sedang tidak menggunakan sarung tangan secara otomatis akurasi lemparan menjadi jauh lebih baik ketimbang ketika sedang menggunakan gloves.

Nah, untuk fungsi dari lilitan putih yang ada pada jari ataupun tangan pada kiper futsal.

Lilitan tersebut sebenarnya hanyalah sebuah tapping , atau biasa dikenal juga dengan finger tape.

Finger tape sendiri terbagi ke dalam 2 jenis, yakni yang dari bahan plester, dan yang dari bahan karet.

Umumnya, pada beberapa pertandingan bertingkat internasional, yang seringkali digunakan adalah finger tape yang terbuat dari bahan plester. Nah, untuk jenis finger tape karet, relatif lebih mudah ditemukan dipasaran.

Manfaat Finger Tape

jual finger tape atau wrist tape murah berkualitas

Manfaat dari finger tape sendiri, berguna sebagai pelindung dari cedera pada jari yang disebabkan karena bergesernya urat atau otot pada jari-jari, ataupun pergeseran pada sendi.

Bahkan beberapa dari kiper futsal, ada pula yang melakukan kombinasi penggunaan untuk perlindungan, yakni sebelum ia menggunakan sarung tangan, terlebih dahulu ia menggunakan finger tape.

Hal ini tidak lain tujuannya adalah untuk memberikan rasa aman yang lebih terhadap jari maupun lengan. Untuk harganya, kisaran yang ditawarkan juga bermacam-macam, berikut daftar harganya.

Fungsi Finger Tape

Finger tape memiliki beberapa fungsi, diantaranya:

1. Mengurangi cidera pada jari, sehingga cocok untuk olahraga tangan seperti basket, voli, kiper futsal atau sepak bola, wall climbing, dan lain-lain.
2. Menambah kekuatan grip atau cengkaraman bagi pemain biliard.
3. Fashion yang digunakan di pergelangan tangan atau lengan.

Spesifikasi Finger Tape

Bahan : Non Woven, bisa melar / elastis
Ukuran : 4.5cm x 5m
Warna : Hitam, Putih, Pink, Merah, Ungu, Biru, Hijau, Krem, Orange, Kuning

Cara Memakai Finger Tape

Berikut adalah beberapa video tentang bagaimana cara memakai finger tape yang baik dan benar.

Gambar Finger Tape

jual finger tape atau wrist tape murah berkualitas
finger tape atau wrist tape

jual finger tape atau wrist tape murah berkualitas


Wrist Tape


Image Source: warungkita.net

Wrist tape adalah salah satu dari athletic tape yang dikenakan di pergelangan tangan. Wrist tape biasanya dipakai oleh para pemain sepak bola atau futsal sebagai salah satu aksesoris mereka selama bertanding. Sebut saja Cristiano Ronaldo dan Neymar, keduanya sering memakai wrist tape saat sedang bertanding.

Selain mereka, banyak para pemain lain baik yang pro maupun amatir juga memakai wrist tape. Selain menjaga agar tidak cidera, juga memberikan kenyamanan pada tangan saat memakainya.

Cara Memakai Wrist Tape

jual finger tape atau wrist tape murah berkualitas

Lantas bagaimana cara memakainya? Dalam pemakaian wrist tape, ada 4 langkah yaitu:

1. Pre Warp
2. Tape Anchor
3. Fan Taoe
4. Las Tape Anchor

Pre Warp

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah, membuat lipatan paling dasar dari pelindung tangan ini,yakni dengan melilitkan roll tape-nya di bagian yang dekat dengan pergelangan tangan, sampai ke telapak tangan.

Umumnya mayoritas dari kiper futsal, hanya melakukan lilitan pada roll tape hanya sampai tahap ini saja, dan tidak melanjutkannya sampai melilit ke telapak tangan.

Tape Anchor

Setelah lapisan pre warp sudah selesai, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuat tape anchor-nya.

Kamu akan membutuhkan roll tape yang memiliki ukuran lebih lebar dan lebih kecil daripada roll tape yang digunakan untuk pre warp.

Namun tidak apa-apa pula kalau kamu menggunakan roll tape dengan ukuran yang sama, hanya saja melilitkannya lebih melebar saja.

Pada langkah ini, kamu bisa menimpa lapisan pre warp tadi dengan lilitan kecil di bagian atasnya, dengan 1x putaran yang putus.

Fan Tape

Tahap selanjutnya adalah, membuat ‘Tape Fan’ yang nantinya akan berguna sebagai pelindung utama untuk menahan pergelangan tangan dari impact pada bola.

Caranya ialah dengan menyusun dengan saling silang, yakni saling tiban-meniban antara tape-nya. Sebelum menempelkan pada pergelangan tangan, ada baiknya kamu menentukan dan mengukur terlebih dahulu seberapa panjang ukuran yang akan digunakan, serta sudut aman dari pergelangan tangan, supaya nantinya kamu bisa memasangnya dengan tepat.

Last Anchor Tape

Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah melapiskan pelindung ke-2 untuk pergelangan tangan, yakni last anchor tape yang fungsinya untuk menutup bagian akhir “fan tape” , serta memperkuat posisi dan menebalkan “fan tape” itu sendiri.

Bagaimana, mudah bukan?

Video Cara Memakai Finger Tape dan Wrist Tape

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.