Cara Memakai Kinesio Tape Beserta Videonya

Cara Memakai Kinesio Tape – Pernahkah Anda mendengar istilah kinesio tape? Bagi Anda yang gemar menonton olahraga, seperti futsal, sepak bola, voli, basket dan beberapa olahraga lain mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah ini.

Kinesio tape merupakan benda sejenis plester yang terbuat dari bahan lateks berperekat dan berbentuk pita.

Plester kinesio tape memiliki ketebalan dan elastisitas yang hampir mirip dengan kulit manusia, sehingga dalam pemakaiannya tidak akan membatasi gerakan dan tidak akan menimbulkan penekanan di bagian tubuh yang direkati.

Plester kinesio tape ini memiliki banyak fungsi seperti sebagai aksesoris saat pertandingan, untuk mencegah terjadinya cidera dan untuk mempercepat proses penyembuhan cidera.

Jika Anda mempunyai kinesio tape dan ingin memakainya, maka ikuti beberapa langkah dibawah ini.


Cara Memakai Kinesio Tape


Image Source: optp.com

Ada baiknya kita jelaskan terlebih dahulu spesifikasi dari athletic tape. Athletic tape terdiri dari beberapa varian warna dan ukuran. Yakni biru, hitam, putih dan pink dan berukuran 2,5 cm x 5 m dan 5 cm x 5 m.

Cara menggunakan athletic tape sangat mudah.

Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa kulit yang dilapisi atau tempeli athletic tape sudah dalam kondisi bersih, yakni bersih dari noda minyak dan pasir.

Kedua, pastikan bahwa satu jam sebelum olahraga atau aktifitas fisik lainnya sudah menggunakan athletic tape. Hal ini bertujuan untuk menghindari keringat agar plester yang dikenakan dapat merekat kuat.

Ketiga, jangan gunakan athletic tape untuk pemakaian yang terlalu ketat. Hal ini bertujuan untuk menghindari iritasi kulit.

Keempat, apabila sudah melekat di kulit maka usap dengan tangan agar athletic tape dapat melekat dengan baik. Namun ingat jangan gunakan hairdryer.

Kelima, athletic tape bertahan selama tiga atau lima hari. Dan terakhir untuk pemula, usahakan kondisi kulit tidak dalam kondisi iritasi.

Video Cara Memakai Kinesio Tape

Image Source: argonautpeak.com

Dibawah adalah beberapa video tutorial cara memakai kinesio tape yang di ambil dari youtube.

Cara Memotong dan Memakai Kinesio Tape

Cara Memakai Kinesio Tape Pada Lutut

Demikian penjelasan mengenai bagaimana cara memakai kinesi tape yang baik dan benar. Jika ada saran dan kritik silahkan tulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.