Tips dan Trik Cara Membuat Undangan Pernikahan Murah Namun Elegan

Posted on

Cara Membuat Undangan Pernikahan – Setiap orang pasti mempunyai keinginan untuk memiliki pernikahan yang akan meninggalkan kesan dan kenangan yang baik. Tak jarang, untuk mewujudkannya banyak orang menggelar pesta pernikahan yang besar karena dianggap akan berkesan.

Namun, pesta yang besar tentu membutuhkan anggaran biaya yang besar pula. Meskipun pada dasarnya sebuah pernikahan dapat dikatakan sah ketika sudah melakukan akad nikah, namun sebagian orang menganggap bahwa menggelar pesta pernikahan merupakan hal yang tidak kalah penting.

Selain sebagai sarana untuk merayakan juga untuk memberikan pengumuman atas pernikahan sahnya kepada khalayak.

Sebelum menggelar pesta pernikahan banyak sekali yang harus dipersiapkan. Dalam merancang sebuah pernikahan bukan sebuah hal yang mudah. Sebab, pernikahan menyangkut masalah yang cukup sensitif bagi setiap pasangan, begitu pula pihak keluarganya.

Mulai dari menentukan gedung atau tempat pernikahan, konsumsi, gaun pengantin, dan berbagai persiapan lainnya. Dimana semua itu tidak membutuhkan biaya yang sedikit. Akan tetapi segala persiapan tersebut tidaklah berkesan ketika acara anda tidak ada yang menghadiri bukan?


Tips Membuat Undangan Pernikahan Murah


finansialku.com

Tanpa undangan, biasanya masyarakat juga merasa sungkan untuk hadir dalam suatu acara. Undangan menjadi hal yang pertama akan sampai kepada tamu yang diharapkan kehadirannya dalam sebuah acara. Selain itu, undangan juga menjadi cerminan akan seperti apa konsep pernikahan yang akan digelar.

Sebab, biasanya dalam menentukan konsep undangan akan disesuaikan dengan konsep acara pernikahannya pula. Mengingat betapa krusialnya fungsi undangan ini maka jangan dianggap remeh. Oleh karenanya, anggaran untuk membuat undangan pernikahan perlu dipersiapkan dengan baik.

Seringkali banyak juga biaya yang dikeluarkan untuk membuat undangan ini. Terlebih ketika tamu yang akan anda undang sangat banyak, maka semakin membengkaklah biaya untuk hal itu. Oleh karenanya anda perlu memangkas biaya untuk membuat undangan pernikahan ini.

Tidak hanya untuk mengurangi anggaran, namun dana yang dihemat bisa dialokasikan untuk kebutuhan lainnya. Salah satu cara menyiasati pembengkakan biaya, anda bisa membuat undangan pernikahan sendiri.

Anda bisa membuat undangan pernikahan lebih murah dan bisa disesuaikan dengan keinginan anda dan pasangan. Untuk itu, berikut ini beberapa tips cara membuat undangan pernikahan yang murah.

1. Desain dan Cetak Sendiri

tokodesain.id

Menyewa jasa vendor, tentu memerlukan biaya yang tidak sedikit. Untuk menghematnya anda bisa mencoba membuat desain dan mencetaknya sendiri. Tentu juga menjadi lebih privat karena ada sentuhan tangan anda secara langsung.

Di zaman yang serba digital ini, anda juga bisa membuat undangan versi digital, jadi tidak perlu untuk mencetaknya. Sehingga biaya yang dikeluarkan pun semakin sedikit. Untuk membuat desain undangannya anda cukup menggunakan gawai saja, atau untuk hasil yang lebih maksimal melalui komputer.

Aplikasi yang dapat anda gunakan diantaranya adalah Canva, Creator, Invitation Maker by Greetings Island, PicsArt, dan lainnya. Setelah selesai dengan desain undangan, anda bisa lanjut menentukan jenis kertas yang akan digunakan. Anda bisa memilih menggunakan jenis kertas softcover yang harganya lebih terjangkau.

2. Gunakan Template Undangan dari Internet

tokopedia.com

Jika anda merasa kesulitan mendesain undangan dari awal, anda bisa menggunakan template yang sudah tersedia di internet. Dengan begini anda bisa menghemat anggaran serta lebih menghemat waktu, karena anda hanya perlu menambahkan isi undangannya saja.

Oleh karena itu anda tidak perlu khawatir, karena banyak sekali template yang tersedia, anda hanya perlu memilih yang paling sesuai dengan keinginan, unduh, edit dan cetak.

3. Tidak Menggunakan Emboss

kartunama.net

Ketika anda menggunakan jasa percetakan untuk mencetak undangan, anda akan mendapatkan beberapa tawaran. Salah satunya adalah tawaran penggunaan emboss, yaitu jenis huruf yang dibuat timbul ke permukaan.

Undangan yang sejenis ini menjadikan tampilan lebih mewah. Akan tetapi penggunaan emboss ini tentu juga membutuhkan tambahan biaya. Maka jika anda berniat untuk memangkas anggaran untuk keperluan undangan, lebih baik menolak tawaran tersebut.

4. Memanfaatkan Bahan Daur Ulang

hipwee.com

Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan yang sudah tidak terpakai untuk didaur ulang sebagai undangan. Ataupun jika tidak menggunakan barang bekas, anda bisa membelinya dengan harga yang murah dalam jumlah banyak.

Salah satu bahan yang bisa anda manfaatkan misalnya adalah kepingan CD. Anda bisa membelinya dengan harga yang terjangkau. Untuk isi undangannya anda bisa mencetaknya di kertas lalu ditempelkan di permukaan CD tersebut.

Undangan-undangan unik seperti ini justru sangat menarik. Dengan memaksimalkan kreativitas, anda tetap bisa menghasilkan undangan yang bagus namun tidak menggunakan banyak anggaran dana.

5. Memilih Vendor Murah

fanind.com

Bila anda tetap ingin mempercayakan soal pembuatan undangan ini kepada vendor, maka carilah yang menawarkan harga relatif murah. Anda bisa bernegosiasi untuk mendapatkan deal harga sesuai dengan anggaran anda.

Tapi yang perlu diingat memang semakin rumit rancangan undangannya maka semakin banyak biaya yang dihabiskan. Oleh karenanya, buat undangan pernikahan secara sederhana saja namun tetap estetik.


Cara Mendesain Undangan Sendiri


undanganmagelang.com

Beberapa orang lebih memilih untuk mengurus segala keperluan pernikahannya sendiri, tanpa menggunakan bantuan wedding organizer (WO). Meskipun akan lebih banyak waktu, tenaga, dan juga pikiran yang digunakan, namun sebagian orang menganggap proses yang dijalani ini memiliki kepuasan tersendiri.

Salah satu persiapan yang dilakukan sendiri adalah undangan. Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bahwa anda bisa mendesain dan mencetak sendiri undangan pernikahan anda. Namun, jika anda masih kebingungan harus memulai dari mana, berikut ini tahapan yang harus dilakukan untuk membuat undangan sendiri.

1. Menentukan Tema

tokopedia.com

Membuat rancangan merupakan cara membuat undangan pernikahan yang paling awal. Rancangan ini baiknya dilakukan ketika anda sudah menentukan rancangan acara pernikahan anda.

Sehingga, soal tema dari undangan ini bisa disesuaikan dengan tema pernikahan anda. Sebab undangan sebagai salah satu gambaran utama bagi tamu undangan tentang bagaimana pesta pernikahan anda nantinya.

2. Menentukan Warna

kangghani.com

Tentang tampilan utama sebuah undangan pernikahan sangat erat kaitannya dengan warna. Anda bisa menyesuaikan warnanya dengan warna yang mendominasi dekorasi pesta pernikahan anda. Namun yang penting untuk diperhatikan, jangan menggunakan paduan warna yang berlebihan.

Selain mengurangi estetika, penggunaan warna yang terlalu banyak justru terkesan norak. Menggunakan warna-warna dasar ataupun warna yang sifatnya netral, jauh lebih baik. Maksimal, paduan warna yang bisa anda gunakan untuk membuat undangan pernikahan adalah tiga saja.

Pastikan juga untuk menggunakan warna yang kontras, antara latar belakang undangan dengan tulisannya. Hal tersebut berfungsi agar isi undangan dapat terlihat jelas sehingga tidak menyulitkan penerima dalam memahami undangan tersebut.

3. Menentukan Latar Belakang

maumenikah.com

Setelah memfokuskan pemilihan warna, yang harus ditentukan berikutnya adalah latar belakang. Sebelum menambahkan isi atau tulisan, baiknya anda mempertimbangkan latar belakang.

Jika isi atau tulisannya bersifat resmi, lebih baik untuk menggunakan latar belakang yang netral atau klasik dan tidak menggunakan banyak elemen. Sedangkan untuk yang sifatnya resmi anda bisa menambahkan beberapa elemen gambar maupun simbol dan pola yang ceria.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.