24 Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Bahan Alami

Wajah putih berseri nan alami diidamkan banyak perempuan Indonesia. Banyak opsi untuk mencerahkan wajah baik secara alami maupun secara kimia.

Berbagai produk kecantikan untuk memutihkan kulit banyak dicari karena keinstanannya.

Akan tetapi memutihkan wajah secara alami juga banyak dilakukan berbagai wanita di berbagai daerah karena dianggap lebih aman dan lebih sehat sehingga mampu memancarkan kecantikan alami.


Cara Memutihkan Wajah dengan Bahan Alami


Beberapa penyebab kulit menjadi gelap antara lain radikal bebas sehingga menimbulkan flek hitam dan kusam serta kurangnya nutrisi pada kulit. Berikut cara memutihkan wajah dengan bahan alami.

1. Madu

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Bahan Alami
merdeka.com

Madu bersifat antioksidan serta mampu meregenerasi kulit mati. Cara memutihkan wajah menggunakan madu yakni ambil madu sebanyak 1-2 sendok makan lalu oleskan di wajah dan gunakan sebagai masker.

Dapat dioleskan di bibir juga untuk memerahkan bibir secara alami. Tunggu hingga 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Gunakan setiap hari untuk hasil optimal.

2. Susu segar dan madu

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Bahan Alami
merdeka.com

Susu segar selain bernutrisi untuk tubuh jika diminum langsung juga dapat melembabkan kulit kering sekaligus memutihkan wajah. Masker ini cocok digunakan untuk jenis kulit kering.

Caranya yakni campurkan susu segar dan madu dengan perbandingan 2:1. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga 30 menit. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

3. Yogurt plain

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Bahan Alami
girlsgonestrong.com

Yogurt plain atau yogurt tanpa rasa dapat memutihkan wajah. Caranya sangat mudah yakni gunakan sebagi masker dan tunggu selama 15 menit dan bilas dengan air hangat. Gunakan handuk lembut untuk menyerap sisa air di wajah. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

4. Cuka apel

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Bahan Alami
Liputan6.com

Cuka apel dapat membantu kulit untuk angkat sel kulit mati. Cuka apel bersifat asam sehingga cocok digunakan untuk kulit berminyak.

Gunakan cuka apel untuk memutihkan wajah, caranya campurkan 1 sendok makan cuka apel dengan segelas air bersih. Tuangkan pada kapas lalu oleskan kapas pada wajah secara merata dan tunggu hingga 10 menit.

Apabila kulit wajah terasa kering aplikasikan pelembab yang sesuai dengan kulit wajah. Lakukan seminggu tiga kali atau dua kali.

5. Minyak zaitun dan madu

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Bahan Alami
kulitwajahterawat.blogspot.com

Minyak zaitun bersifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas akibat sunar UV. Gunakan minyak zaitun untuk memutihkan wajah.

Caranya sangat mudah yakni campurkan minyak zaitun dan madu dengan perbandingan 2:1 lalu oleskan pada wajah secara merata. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

6. Kopi dan gula

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Bahan Alami
kopidewa.com

Perpaduan antara kopi dan gula selain nikmat diminum juga mampu memutihkan wajah. Caranya campurkan kopi dan gula dengan perbandingan 1:1 dan tambahkan air bersih secukupnya hingga menyerupai pasta.

Gunakan pasta kopi dan gula sebagai scrub wajah. Gosok area wajah untuk membantu mengangkat sel kulit mati. Lalu bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

7. Teh hijau

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Bahan Alami
Tribunnews.com

Teh hijau bersifat antioksidan sehingga cocok untuk memutihkan kulit wajah. Terdapat dua cara untuk menggunakan teh hijau sebagai pemutih wajah secara alami.

Pertama, gunakan bubuk teh hijau sebagai masker wajah. Caranya, campurkan bubuh teh hijau dengan air secukupnya hingga menyerupai pasta dan oleskan pasta teh hijau pada wajah.

Tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air bersih. Kedua gunakan daun teh hijau sebagai pemutih wajah. Caranya, rendam 1 sendok makan daun teh hijau di dalam air panas dan tunggu selama 15 menit atau sampai air berubah warna.

Diamkan air hingga hangat-hangat kuku. Oleskan air teh hijau pada wajah dan tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih. Gunakan setiap hari untuk hasil optimal.

8. Air beras/ pati beras

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Bahan Alami
utamakankesehatan.com

Beras mampu mengangkat minyak di wajah, selain itu juga mampu memutihkan wajah. Beras cocok digunakan untuk kulit berminyak.

Cara memutihkan wajah dengan beras sedikit rumit yakni cuci beras sekali saja untuk menghilangkan debu dan kotorannya. Cuci beras sambil sedikit diperas dan tampung airnya.

Diamkan air beras hingga membentuk pati. Gunakan pati beras untuk masker dan tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

9. Putih telur

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Bahan Alami
klikpositif.com

Pisahkan kuning dan putih telur di tempat yang berbeda. Ambil putih telur lalu oleskan secara merata di wajah dan tunggu selama kurang lebih 15 menit atau sampai mengering lalu bilas dengan air bersih.

Dapat menambahkan perasan jeruk nipis atau lemon untuk meminimalisasi bau amis. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

10. Kentang dan susu

Cara Memutihkan Wajah Menggunakan Bahan Alami
klikpositif.com

Kentang bersifat antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas serta mampu mengangkat sel kulit mati. Kentang juga dapat memutihkan wajah secara alami.

Pertama, rebus kentang hingga matang. Kedua, kupas kentang lalu hancurkan atau tumbuk kentang hingga halus. Ketiga, campurkan kentang yang sudah ditumbuk dengan susu sebanyak 2 sendok makan atau lebih sehingga membentuk pasta.

Oleskan pada wajah secara merata dan tunggu hingga 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Masker kentang sebaiknya dilakukan sebelum tidur.

11. Lobak putih dan minyak zaitun

Image Source: dokterkecantikan.org

Lobak putih mampu memutihkan wajah serta melembabkan kulit sehingga cocok digunakan untuk kulit kering. Caranya, tumbuk lobak putih hingga halus dan tambahkan minyak zaitun sebanyak 2 sendok makan.

Gunakan campuran lobak putih dan madu sebagai masker di wajah. Tunggu hingga 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

12. Bengkoang

Image Source: cloudfront.net

Bengkoang mengandung vitamin B dan C serta sudah banyak berbagai produk pemutih wajah serta kulit yang menggunakan bengkoang sebagai bahan dasar.

Tidak perlu meragukan lagi manfaat bengkoang sebagai pemutih wajah. Masker bengkoang dapat dibuat sendiri di rumah. Caranya, kupas bengkoang dan bersihkan dari kotoran yang menempel.

Parut bengkoang lalu peras airnya. Diamkan air perasan bengkoang hingga membentuk pati. Gunakan pati bengkoang sebagai masker dan tunggu hingga 20-30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

13. Mentimun

Image Source: nusantaranews.co

Mentimun dapat memutihkan wajah serta dapat mengembalikan cahaya alami kulit. Caranya hancurkan mentimun hingga halus dan gunakan sebagai masker lalu tunggu hingga 30 menit. Bilas wajah dengan air bersih.

Selain sebagai masker, mentimun juga dapat menghilangkan mata panda. Caranya iris tipis mentimun lalu tempelkan di kedua kelopak mata.

14. Lidah buaya

Image Source: detikepri.com

Lidah buaya mampu menghilangkan jerawat, komedo, flek hitam, dan juga mampu memutihkan wajah secara alami. Caranya ambil gel lidah buaya dengan membelah daunnya menjadi dua bagian.

Gunakan gel lidah buaya sebagai masker dan tunggu selama 15 menit lalu bilas dengann air bersih. Lakukan sehari dua kali untuk hasil optimal.

Berbagai bahan alami yang telah disebutkan mampu memutihkan wajah secara alami. Pilihlah buah atau sayur yang sudah matang. Gunakan wadah serta kuas yang bersih.

Bersihkan wajah sebelum memulai perawatan pemutihan wajah. Gunakan handuk yang lembut sehingga tidak merusak kulit wajah.

15. Stroberi dan susu

Image Source: deviantart.net

Stroberi mampu mengangkat sel kulit mati dan menyamarkan flek hitam sehingga mampu memutihkan wajah secara alami. Caranya, haluskan stroberi dan tambahkan 1 sendok atau kurang makan susu murni sampai menyerupai pasta.

Gunakan pasta stroberi dan susu sebagai masker pemutih wajah. Tunggu hingga 30 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

16. Pisang dan madu

Image Source: fajar.co.id

Pisang kaya akan vitamin C dan bersifat antioksidan. Campurkan pisang masak yang sudah dihaluskan dengan madu sebanyak 1 sendok makan sebagai masker pemutih wajah. Tunggu selama 20-25 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

17. Alpukat

Image Source: amazonaws.com

Alpukat mampu mencegah penuaan dini pada kulit serta mampu memutihkan wajah secara alami. Gunakan masker alpukat untuk memutihkan wajah.

Caranya, tumbuk alpukat hingga halus dan oleskan pada wajah secara merata. Tunggu selama 25 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

18. Pepaya

Image Source: khoahocdoisong.vn

Pepaya bersifat antioksidan dan dapat digunakan sebagai tabir surya alami karena mampu menangkal radikal bebas. Caranya, hancurkan pepaya yang sudah masak lalu gunakan sebagai masker wajah. Tunggu hingga 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

19. Jeruk

Image Source: kompas.com

Jeruk kaya akan vitamin C sehingga mampu mencerahkan wajah secara alami. Caranya cukup mudah yakni potong jeruk yang sudah matang secara melintang menjadi dua bagian. Peras jeruk secara bergantian.

Gunakan air perasan jeruk sebagai masker dengan mengoleskannya pada wajah secara merata dan tunggu hingga kering. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

20. Kulit jeruk

Image Source: elizato.com

Jangan buru-buru membuang kulit jeruk sehabis dimakan buahnya atau diperas airnya untuk dijadikan es jeruk. Bukan hanya buah jeruk yang bermanfaat bagi kulit, kulit jeruk juga dapat dimanfaat sebagai pemutih wajah secara alami.

Caranya, jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Tumbuk kulit jeruk yang sudah kering dan tambahkan air sehingga sedikit mengental.

Gunakan pasta kulit jeruk sebagai masker dan tunggu hingga 30 menit lali bilas dengan air hangat. Lakukan setiap hari untuk hasil optimal.

21. Lemon

Image Source: detikepri.com

Sama seperti halnya jeruk, lemon juga kaya akan vitamin C dan bersifat antioksidan alami bagi tubuh dan kulit. Lemon juga dapat memutihkan wajah secara alami.

Caranya sama seperti jeruk yakni peras lemon dan oleskan airnya di seluruh wajah lalu tunggu selama 15 menit. Bilas menggunakan air hangat. Cukup lakukan 3 kali seminggu untuk hasil optimal

22. Jeruk nipis

Image Source: honestdocs.id

Jeruk Nipis bermanfaat karena banyak terkandung nutrisi vitamin C yang mampu membuat kulit wajah menjadi halus, kencang, putih, dan merapatkan pori-pori. Melalui kandungan vitamin C juga terdapat zat antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Cara memutihkan wajah melalui jeruk nipis yang paling sering dilakukan adalah dengan mengiris buah tersebut lalu menggosokan secara perlahan-lahan pada wajah.

Untuk meminimalisir iritasi maka Anda dapat menambahkan madu pada masker jeruk nipis ini. Manfaat alami madu disini adalah mampu menjaga kelembaban kulit wajah Anda sehingga terpelihara kelembutan dan kelenturannya.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa semakin tua usia seseorang maka kemampuan kulit dalam menjaga kelembabannya semakin berkurang, sehingga tak heran keriput muncul di wajah orang berusia tua.

Berikut ini panduan cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis secara alami yang dapat anda lakukan sendiri di rumah :

  1. Konsumsilah jeruk/tomat/pisang atau buah-buahan lainnya yang mengandung vitamin C sehingga kulit anda ternutrisi dari dalam.
  2. Bersihkan terlebih dahulu wajah dengan air bersih.
  3. Ambil 1 buah jeruk nipis, lalu potong tipis-tipis lalu usapkan potongan jeruk nipis di wajah Anda hingga merata.
  4. Untuk menghindari iritasi wajah, Anda dapat mencampurkan madu secukupnya pada jeruk nipis lalu oleskan pada wajah anda.
  5. Gunakan masker jeruk nipis selama lima belas menit lalu basuhlah wajah dengan air hingga bersih.
  6. Masker jeruk nipis dpat dilakukan secara rutin minimal 1 minggu sekali hingga mendapatkan warna kulit wajah yang diinginkan.

Selain dengan madu, ada cara memutihkan wajah dengan jeruk nipis plus susu yaitu sebagai berikut :

  1. Satu per empat susu sapi segar dicampur dengan empat sendok teh perasan air jeruk nipis lalu diamkan beberapa saat hingga susu tersebut menggumpal.
  2. Bersihkan dahulu wajah anda dengan air bersih.
  3. Ambil kapas halus khusus wajah, lalu celup pada campuran susu plus jeruk nipis tadi, kemudian oleskan secara merata pada wajah.
  4. Diamkan sekitar 15 menit supaya meresap dalam kulit wajah lalu bersihkan dengan air.
  5. Bilas dengan air hangat agar pori-pori terbuka dan sisa masker terangkat sempurna.
  6. Bilas untuk kedua kalinya dengan air dingin agar pori-pori mengecil dan kulit kencang kembali.
  7. Lakukan secara rutin minimal satu minggu sekali hingga Anda mendapatkan kulit wajah yang diimpikan.

23. Tomat

Image Source: yugosp.com

Tomat bersifat antioksidan dan kaya akan vitamin C sehingga cocok digunakan sebagai pemutih alami wajah serta sebagai tabir surya.

Caranya cukup mudah, perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Siapkan 2 buah Tomat segar (usahakan yang berwarna merah)
  2. Parut Tomat sampai halus
  3. Tambahkan tetesan Lemon
  4. Tambah dengan sedikit air (2 Sendok makan sudah cukup)
  5. Aduk hingga merata
  6. Intinya adalah membuat sebuah masker alami untuk menjadikan kulit wajah agar putih
  7. Lalu oleskan ke bagian wajah secara merata (tunggu Selama 10 Menit)
  8. Terakhir, bilas hingga bersih dengan air dingin (jangan air hangat)
  9. Lakukan 3x sehari (siang, sore dan malam sebelum tidur)

Saran dari kami adalah apabila cara ini sudah anda lakukan selama 1 minggu dan belum ada perubahan sama sekali, silahkan anda gunakan cara yang lainnya.

24. Minyak Zaitun

Image Source: hellosehat.com

Percaya atau tidak, beberapa kandungan yang terdapat di minyak zaitun dapat memutihkan wajah kita. Mari kita bahas lebih lanjut mengenai beberapa manfaat minyak zaitun.

Manfaat Minyak Zaitun

1. Memberikan Kelembaban Alami Kulit

Orang Indonesia pada umumnya sering mengalami masalah kulit kering, sehingga dibutuhkan makanan kulit alami untuk memberikan kelembapan ekstra seperti manfaat lidah buaya.

Kandungan manfaat vitamin E pada minyak zaitun ini sangat baik untuk memberikan kadar minyak alami.

2. Mencegah Penuaan Dini

Kandungan zat linoleic acid di dalam minyak zaitun yang akan membantu, menjaga kadar air pada kulit wajah, kulit agar tidak muncul keriput pada usia dini.

Kandungan antioksidan yang kaya pada minyak zaitun ini juga banyak terdapat pada.

3. Menghilangkan Noda Jerawat

Cara menghilangkan noda jerawat yang membandel secara alami, juga dapat dilakukan minyak zaitun. Cukup panaskan sebentar minyak zaitun, kemudian oleskan pada bagian wajah yang terdapat noda jerawat.

Nah selain itu seperti judul yang kami tulis, minyak zaitun juga bisa membuat wajah kita menjadi putih secara alami, bagaimanakah caranya? berikut adalah cara memanfaatkan minyak zaitun untuk memutihkan wajah:

Cara Memutihkan Wajah

  • Siapkan minyak zaitun 1 Liter (Digunakan untuk beberapa minggu), jangan lupa simpan di tempat yang aman
  • Oles minyak zaitun secukupnya dibagian wajah, tunggu beberapa menit paling lama 5 menit
  • Bilas menggunakan air hangat
  • Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Apabila cara diatas tidak ada efeknya selama 3 minggu, maka lakukan dengan cara yang lain. Demikian beberapa penjelasan mengenai manfaat minyak zaitun dan cara memutihkan wajah menggunakan minyak zaitun.

Pilihlah salah satu cara yang sesuai dengan kulit wajah. Lakukan dengan rutin untuk hasil optimal. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.