5 Cara Mengatasi Sakit Kepala secara Alami Tanpa Menggunakan Obat

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang hampir dialami oleh semua orang. Banyak faktor atau hal-hal yang menjadi penyebab dan memicu sakit kepala misalnya seperti kurang tidur, telat makan atau bahkan karena mengalami stress berat.

Bagi sebagian orang, sakit kepala merupakan penyakit yang tidak terlalu serius, namun sebenarnya sakit kepala tidak boleh diremehkan begitu saja. Karena sakit kepala dapat menghambat dan mengganggu aktivitas anda sehari-hari.

Jika anda sering mengalami sakit kepala dan sering menggunakan obat untuk mengatasi sakit kepala, itu bukanlah kebiasaan baik yang dapat dilakukan secara terus-menerus, sebaliknya dapat berakibat pada rusaknya ginjal.

Ketika anda mengonsum obat, obat tersebut hanya berfungsi menekan gejalanya, bukanlah masalah yang memicu sakit kepala sendiri.

Selain menggunakan obat-obatan, anda dapat menggunakan cara yang lebih alami untuk menghilangkan sakit kepala, memang prosesnya membutuhkan cukup waktu, namun cara alami ini tidak mengakibatkan efek samping pada tubuh.


Cara Mengatasi Sakit Kepala


Berikut merupakan cara mengatasi sakit kepala tanpa menggunakan obat!

1. Minum Air Putih

Image Source: hellosehat.com

Sakit kepala dapat menjadi salah satu pertanda dari dehidrasi. Jika anda mengalami sakit kepala yang juga disertai rasa haus, lelah berlebihan, mulut kering, serta jarang buang air kecil, cobalah untuk minum air putih dan penuhi kebutuhan air tubuh anda.

Umumnya disarankan untuk minum air putih sebanyak 2 liter per hari atau 8 gelas sehari.

Tidak harus meminumnya sekaligus, anda dapat membagunya dalam beberapa waktu sehingga kebutuhan air tubuh anda terpenuhi dan anda mengurangi resiko terkena dehidrasi.

2. Memijat Ringan

Image Source: wikihow.com

Cara mengatasi sakit kepala yang selanjutnya adalah dengan melakukan pijatan-pijatan ringan.

Anda dapat mencoba memijit bagian kepala anda yang terasa sakit dengan menggunakan ibu jari anda atau jari telunjuk anda.

Lakukan pijatan ringan secara berkala dengan waktu 7-15 detik sampai rasa sakit mulai berkurang.

Anda juga dapat meminta bantuan orang lain untuk membantu memijat pada area leher, pundak dan kepala dengan tekanan pijatan yang pas, yaitu tidak terlalu pelan juga tidak terlalu keras.

3. Peregangan

Image Source: herdiansyahagus.blogspot.com

Tegangnya otot-otot pada area pundak dan leher mungkin menjadi salah satu penyebab sakit kepala anda.

Hal ini dapat dikarenakan kelelahan, posisi duduk yang sama dalam waktu yang lama, atau bahkan stres.

Jika memang ini yang menjadi penyebab sakit kepala anda, anda melakukan peregangan sederhana dan dilakukan secara berkala hingga rasa sakit kepala anda mulai berkurang.

4. Kompres

Image Source: propertyobserver.id

Cara selanjutnya untuk mengatasi sakit kepala adalah dengan menggunakan kompres. Anda dapat melakukan kompres pada bagian kening dan juga belakang leher anda dengan menggunakan lap hangat.

Hal ini akan dapat membantu melancarkan peredaran darah dan juga meregangkan otot-otot yang kaku karena hangatnya lap yang digunakan untuk mengompres.

Setelah menggunakan kompresan dengan lap hangat, selanjutnya anda dapat mengompres dengan beberapa batu es yang dibalut sapu tangan.

Hal ini dapat membantu agar tekanan saraf-saraf sensitif yang berada di belakang kepala berkurang.

5. Istirahat di Ruang Gelap

Image Source: rumahzakat.org

Cara selanjutnya adalah dengan beristriahat di ruang yang gelap. Hal ini dapat dilakukan jika sakit kepala yang anda alami muncul ketika sedang beraktivitas.

Oleh karena itu, segeralah mencari tempat untuk duduk atau berbaring di ruangan yang tenang dan agak gelap serta hindari kebisingan suara, tenangkan diri anda, dan buat tubuh anda berada pada posisi rileks yang dapat melemaskan bagian kepala serta pundak anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.