13 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Ampuh (Alami dan Efektif)

Jerawat memang masalah yang menyebalkan. Setelah membasmi jerawat yang sedikit melelahkan, kini muncul masalah baru yakni bekas jerawat.

Bekas jerawat dapat berupa flek hitam, kulit yang bersisik, dan pori-pori yang membesar. Jika masalah ini tidak segera diatasi maka akan merusak penampilan dan mengganggu pemandangan.

Cara menghilangkan bekas jerawat sangat mudah dan fleksibel. Bahan yang digunakan merupakan bahan yang mudah dijumpai di kehidupan sehari-hari.


Cara Menghilangkan Bekas Jerawat


Sebelum mencoba berbagai cara, bersihkan wajah atau bagian tubuh yang memiliki bekas jerawat, keringkan dengan handuk atau kain bersih, lalu pasang earphone dan dengarkan musik kesukaan anda, maka kalian sudah siap untuk tampil menawan.

1. Aloe vera

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Ampuh
hindustantimes.com

Aloe vera atau yang lebih dikenal dengan nama lidah buaya bermanfaat untuk menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya. Ambil satu daun aloe vera lalu kupas hingga mendapatkan dagingnya yang berwarna putih bening.

Hancurkan lalu gunakan sebagai masker, tunggu hingga 20 menit dan bilas dengan air hangat. Ada cara yang lebih praktis yakni belas daun aloe vera menjadi dua bagian yang menampakkan dagingnya.

Usapkan perlahan pada wajah atau daerah tubuh yang memiliki bekas jerawat. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air hangat. Mudah bukan?

2. Madu

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Ampuh
jcer.info

Madu bisa disebut dengan obat segala obat karena manfaatnya yang sangat banyak untuk tubuh apabila digunakan sesuai takaran dan kebutuhan. Madu dapat menghilangkan bekas jerawat.

Gunakan madu asli yang kaya nutrisi untuk menghilangkan bekas jerawat. Oleskan madu ke wajah atau bagian tubuh yang memiliki bekas jerawat dan pijat-pijat halus agar nutrisi madu meresap ke dalam lapisan kulit.

Tunggu hingga 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Madu juga bisa mengencangkan kulit wajah sehingga cocok digunakan sehari-hari untuk perawatan kulit.

3. Kunyit

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Ampuh
hellosehat.com

Kunyit dipercaya sejak ratusan tahun silam sebagai perawatan kecantikan. Ambil beberapa sendok bubuk kunyit sesuai kebutuhan lalu tambahkan air sampai sedikit encer atau cair. Gunakan sebagai masker dan tunggu hingga mengering.

Jika di tempat anda mudah menjumpai kunyit yang asli, maka harus ditumbuk terlebih dahulu agar bisa digunakan sebagai penghilang bekas jerawat, tidak perlu menambahkan air ke dalam tumbukan kunyit. Tunggu hingga setengah kering atau kering lalu bilas dengan air bersih.

4. Tomat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Ampuh
Kumparan.com

Pilih tomat yang matang atau yang berwarna merah, tetapi jangan yang terlalu empuk karena itu menandakan buah sedikit busuk, pilih yang sedikit keras.

Terdapat dua cara untuk menghilangkan bekas jerawat menggunakan tomat yakni iris tipis dan hancurkan. Cara pertama, iris tipis tomat secara melintang atau membujur sesuai selera lalu tempelkan irisan tomat ke wajah atau daerah kulit yang memiliki bekas jerawat.Tunggu hingga 15-20 menit dan bilas dengan air bersih.

Cara kedua, hancurkan tomat dan gunakan sebagai masker. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Nutrisi yang terkandung dalam tomat juga mampu mengencangkan kulit karena kaya akan antioksidan.

5. Mentimun

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Paling Ampuh
banjarmasin.tribunnews.com

Mentimun hampir sama dengan tomat dalam pemanfaat sebagai pembasmi jerawat sekaligus penghilang bekas jerawat.

Cara penggunaannya pun juga sama yakni iris tipis mentimun secara melintang lalu tempelkan ke wajah atau daerah tubuh yang memiliki bekas jerawat.

Selain itu, mentimun dapat dihaluskan lalu digunakan sebagai masker. Tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Bengkoang

Image Source: starberita.com

Bengkoang kaya akan antioksidan sehingga cocok untuk perawatan kulit sehari-hari. Bengkoang juga mampu menghilangkan bekas jerawat.

Ambil satu bengkoang lalu kupas dan bersihkan dari kotoran yang menempel, lalu tumbuh hingga halus. Selain ditumbuk bengkoang juga dapat dihaluskan dengan blender dan ditambahkan sedikit air.

Selanjutnya peras bengkoang, taruh air perasan bengkoang di wadah yang bersih. Diamkan air perasan bengkoang semalaman.

Pagi harinya, buang air bengkoang dan sisakan pati yang telah mengendap di dasar wadah. Gunakan pati bengkoang untuk masker, tunggu selama 1-2 jam lalu bilas dengan air bersih.

7. Lemon

Image Source: abelandcole.co.uk

Vitamin C membantu pemulihan kulit akibat peradangan dan menghilangkan noda hitam akibat jerawat. Lemon kaya akan vitamin C. Gunakan air perasan lemon untuk menghilangkan bekas jerawat.

Ambil satu lemon lalu potong menjadi dua bagian secara melintang. Peras lemon menggunakan alat perasan lemon. Oleskan air perasan lemon ke wajah atau daerah tubuh yang memiliki bekas jerawat.

Tunggu hingga 15 menit atau sampai kering lalu bilas dengan air bersih. Apabila kulit terasa kering sehabis menggunakan masker air lemon maka berikan pelembab ke kulit untuk mengembalikan ph kulit.

8. Putih telur

Image Source: teen.co.id

Ambil sebutir telur lalu pecahkan cangkangnya dan pisahkan kuning dan putihnya. Gunakan putih telur untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah atau bagian tubuh lainnya.

Caranya sangat mudah yakni oleskan putih telur dan gunakan sebagai masker lalu tunggu selama kurang lebih 15 menit atau sampai masker kering dan sedikit kencang. Jangan banyak menggerakkan wajah agar masker putih telur tidak pecah. Bilas dengan air bersih.

9. Minyak zaitun

Image Source: cloudinary.com

Minyak zaitun juga mampu menghilangkan bekas jerawat. Pertama hangatkan beberapa sendok makan minyak zaitun di atas uap air panas. Gunakan minyak zaitun yang sudah hangat untuk massage.

Pijat dengan lembut area wajah secara memutar dari dahi ke hidung lalu ke pipi dan kembali lagi ke dahi. Diamkan semalaman dan bilas dengan air hangat di pagi harinya.

10. Teh

Image Source: akamaized.net

Teh mengandung antioksidan sehingga cocok untuk digunakan sebagai perawatan kulit sehari-hari. Teh juga mampu digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat. Teh yang digunakan dapat berupa teh celup dan teh tubruk.

Cara pertama menggunakan teh celup yakni ambil satu bungkus teh celup lalu rendam di air panas yang baru mendidih. Tunggu hingga air berubah warna menjadi merah gelap. Ambil tehnya, pondahkan ke wadah kering. Buka pembungkus teh lalu gunakan isinya untuk masker. Tunggu selama 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.

Cara kedua yakni menggunakan teh tubruk. Seduh teh tubruk dalam air panas yang baru saja mendidih. Diamkan seduhan teh semalaman lalu gunakan air teh untuk membasuh wajah. Diamkan sampai kering lalu bilas dengan air bersih.

11. Kopi

Image Source: harnas.co

Kopi dapat menghilangkan jerawat sekaligus bekasnya. Caranya ambil beberapa butir kopi murni lalu tumbuk hingga halus. Selanjutnya tambahkan sedikit air ke dalam kopi hingga membentuk pasta.

Selain air dapat menggunakan olive oil atau minyak kelapa murni. Gunakan pasta kopi sebagai masker dan tunggu hingga setengah kering lalu bilas dengan air hangat.

12. Air kelapa

Image Source: suara.com

Air kelapa kaya akan nutrisi. Air kelapa juga mampu untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya sangat mudah. Letakkan kapas di wadah kering lalu tuangkan sesikit air kelapa di atasnya hingga kapas basah sepenuhnya.

Usapkan kapas yang telah dibasahi air kelapa ke wajah atau daerah tubuh yang memiliki bekas jerawat. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

13. Pasta gigi

Image Source: boronzi.com

Pasta gigi menjadi alternatif paling ekonimis untuk menghilangkan bekas jerawat. Caranya juga sangat mudah yakni cukup oleskan pasta ke kulit yang memiliki bekas jerawat lalu tunggu hingga kurang lebih satu jam.

Selanjutnya bilas dengan air bersih. Pasta gigi mengandung flouride yang bisa menyebabkan kulit kering, sebaiknya gunakan pelembab yang sesuai dengan jenis kulit setelah mengaplikasikan pasta gigi untuk menghilangkan bekas jerawat di kulit.

Jangan khawatir terhadap bekas jerawat yang sangat mengganggu penampilan tidak akan hilang. Gunakan salah satu cara di atas untuk mengatasi masalah tersebut. Ingat ya, cukup salah satu saja.

Selain itu jagalan kebersihan kulit baik sebelum memulai memakai masker maupun setelahnya. Gunakan handuk lembut untuk mengeringkan air di tubuh terutama di wajah. Selamat mencoba.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.