31 Cara Menghilangkan Jerawat | Pengertian dan Jenis – Jenisnya

Perawatan kulit wajah bisa dibilang gampang-gampang susah. Beberapa masalah yang sering muncul adalah jerawat. Jerawat dapat muncul pada laki-laki dan perempuan.

Pada umumnya jerawat muncul di wajah meski tidak menutup kemungkinan dapat muncul di area tubuh yang lain seperti punggung, dada, bahkan pantat.

Jerawat merupakan masalah yang sering dialami para remaja dan dewasa awal. Jerawat muncul akibat tumpukan kotoran yang berada di lapisan kulit yang kemudian bertemu dengan bakteri acne.

Bakteri ini yang menyebabkan peradangan di jaringan epidermis kulit. Peradangan dapat dilihat dari ruam merah, adanya nanah, dan kulit bersisik.

Kebersihan kulit perlu diperhatikan untuk mengurangi masalah jerawat seperti mandi dua kali sehari dan mencuci wajah dengan sabun wajah yang sesuai atau dengan susu pembersih.


Pengertian Jerawat


Image Source: tribunnews.net

Jerawat adalah sebuah kata yang sudah sangat familiar di telinga masyarakat luas. Bahkan, mungkin sebagian besar orang pernah mengalami masalah jerawat pada kulitnya.

Ada yang bilang bahwa jerawat merupakan tanda kalau seseorang sudah memasuki usia remaja/puber, atau ada juga yang bilang kalau jerawat adalah tanda kalau seseorang sedang jatuh cinta #eaa. Tapi apa sih sebebnarnya jerawat itu?

Jerawat adalah suatu kondisi dimana pori-pori kulit tersumbat, sehingga menyebabkan timbulnya kantung nanah yang meradang.

Penderita dari masalah jerawat ini sangat banyak. Bahkan menurut seorang peneliti yang bernama Kligmann, tidak ada seorangpun di dunia ini yang melewati masa hidupnya tanpa sebuah jerawat di kulitnya.

Jerawat di sebabkan karena adanya perubahan hormonal yang merangsang kelenjar minyak di kulit. Beberapa perubahan hormonal lain yang menyebabkan jerwat adalah masa menstruasi, masa kehamilan, setres dan pemakaian pil KB.

Penyebab lain dari jerawat adalah produksi minyak berlebih, adanya sel kulit mati, bakteri, obat-obatan, pemakaian kosmetik, dan penggunaan telepon genggam.


Jenis-jenis Jerawat


Image Source: production.images.static6.com

Jerawat mempunyai beberapa jenis, antara lain komedo, jerawat biasa, dan jerawat batu (cystic acne). Berikut sedikit ulasannya.

Komedo

Komedo adalah jenis jerawat yang disebabkan oleh sekresi berlebih dari kelenjar minyak pada kulit dan disebabkan oleh sel-sel kulit mati. Komedo ini sebenarnya merupakan pori-pori yang tersumbat, dapat terbuka juga dapat tertutup.

Komedo yang terbuka atau blackhead terlihat seperti pori-pori yang membesar dan menghitam. Sedangkan komedo tertutup atau whitehead mempunyai kulit yang tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat, sehingga terlihat seperti sebuah tonjolan kecil berwarna putih.

Jerawat Biasa

Jerawat biasa adalah jenis jerawat yang mudah sekali dikenali, ia nampak seperti sebuah tonjolan kecil berwarna kemerahan atau pink.

Jerawat biasa muncul karena pori-pori kulit terinfeksi sebuah bakteri jenis Propionibacterium acne. Bakteri ini dapat menginfeksi kulit melewati kuas make up, waslap, telepon genggam, dan jari tangan.

Jerawat Batu (Crstic acne)

Jerawat batu ini merupakan jenis jerawat yang memiliki ukuran besar dengan peradangan yang hebat dan berkumpul di deluruh muka. Penderita jerawat batu umumnya juga mempunyai keluarga dekat yang menderita jerawat jenis ini.


Cara Menghilangkan Jerawat


Akan tetapi jika jerawat masih membandel dan tak kunjung hilang dapat diatasi dengan beberapa bahan rumahan yang mudah kita jumpai, seperti uap air, es batu, madu, garam, lemon, biji bunga pukul empat sore, pisang, oat, soda kue, kulit jeruk, jeruk nipis, alpukat, daun pepaya, kunyit, bawang putih, mentimun, tomat, pepaya, putih telur, daun sirih, kopi murni, minyak kayu putih, bengkoang, air beras, air kelapa, kayu manis, dan cuka apel.

1. Uap air

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mudah dan Cepat
viva.co.id

Menjaga kebersihan berarti juga mencegah timbulnya jerawat. Selain mencegah, uap air juga mampu menghilangkan jerawat karena mampu menghilangkan kotoran yang menumpuk di wajah.

Caranya, tuangkan dua gelas air panas ke mangkok atau wadah lain, posisikan wajah di atas wadah dan tutup belakang kepala menggunakan handuk.

Lakukan selama 5 menit satu hari sekali untuk menjaga kebersihan kulit atau selama 5 menit sehari dua kali untuk menghilangkan jerawat.

2. Es batu

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mudah dan Cepat
indonesianspaceresearch.blogspot.com

Es batu sering digunakan untuk mengempeskan luka benjol. Es batu juga dapat digunakan untuk mengempeskan jerawat. Caranya, ambil es batu 3 atau empat kubus dan bungkus menggunakan kain bersih.

Tempelkan kain yang berisi es batu ke bagian tubuh yang berjerawat. Lakukan selama 15 menit sehari sekali sampai jerawat menghilang.

3. Biji bunga pukul empat sore

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mudah dan Cepat
tanaman–herbal.blogspot.com

Biji bunga pukul empat sore yang sudah berwarna hitam dipecah kemudian diambil zat tepungnya yang berwana putih. Zat tepung ini mengandung asam lemak yang mampu mengangkat lemak di dalam kulit yang berjerawat.

Ambil zat tepung biji bunga pukul empat sore lalu tambahkan satu sampai dua sendok makan air putih, aduk-aduk hingga menyerupai pasta.

Selanjutnya oleskan pasta tersebut di atas jerawat setelah kulit dibersihkan dan diamkan selama 15-20 menit. Lakukan sehari dua kali sampai jerawat hilang. Aman, mudah, dan murah.

4. Garam dan lemon

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mudah dan Cepat
infodaridokter.blogspot.com

Garam merupakan bumbu dapur yang sangat bermanfaat untuk berbagai hal. Cara menghilangkan jerawat dengan garam dan lemon yakni, ambil garam dapur satu sendok makan dan tambahkan perasan lemon dua sendok makan.

Aduk hingga merata dan olehkan campuran garam beserta lemon ke wajah secara merata setelah dibersihkan. Diamkan selama 20 menit. Lakukan sehari sekali hingga jerawat menghilang atau sekitar tiga hari.

5. Lemon dan madu

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Mudah dan Cepat
hellosehat.com

Cara ketiga yakni campurkan perasan lemon dan madu dengan perbandingan 1:1. Aduk hingga merata dan oleskan cairan yang sedikit kental tersebut ke seluruh wajah atau daerah yang mengalami masalah jerawat setelah dibersihkan, diamkan selama 20-30 menit. Bilas dengan air bersih. Lakukan sehari sekali hingga jerawat menghilang.

6. Garam, lemon, dan madu

Image Source: grid.id

Kita juga dapat mencampurkan garam, lemon, dan madu sebagai penghilang jerawat. Caranya, ambil garam dapur sebanyak satu sendok makan, tambahkan perasan lemon dan masu masing-masing dua sendok makan.

Campur ketiga bahan tersebut hingga merata, lalu oleskan ke wajah setelah dibersihkan. Lakukan sehari sekali dan ulangi hingga jerawat menghilang.

7. Pisang dan madu

Image Source: fajar.co.id

Pisang selain enak dimakan juga mampu membasmi jerawat. Caranya, ambil satu buah pisang yang sudah matang, kupas kulitnya, ambil buahnya dan hancurkan. Tambahkan madu 3-4 sendok makan.

Campurkan kedua bahan hingga merata. Oleskan campuran bahan tersebut ke wajah. Lakukan sehari sekali dan ulangi hingga jerawat menghilang.

8. Oat dan madu

Image Source: popbela.com

Campurkan oat dan madu dengan perbandingan 1:2. Oleskan secara merata di wajah. Lakukan sehari dua kali dan ulangi hingga jerawar menghilang.

9. Pisang, oat, dan madu

Image Source: klimg.com

Hancurkan satu buah pisang, tambahkan 3 sendok makan oat dan 6-7 sendok makan madu. Aduk hingga merata. Oleskan campuran bahan tersebut ke wajah secara merata. Lakukan sehari dua kali dan ulangi hingga jerawat menghilang.

10. Pisang, kunyit, dan soda kue

Image Source: bp.blogspot.com

Ambil satu buah pisang yang sudah masak lalu haluskan, tuangkan setengah sendok makan soda kue dan setengah sendok makan kunyit. Aplikasikan campuran tersebut selama 15 menit lalu bilas dengan air biasa.

Lakukan sehari sekali sampai jerawat menghilang. Apabila kulit terasa kering setelah menggunakan campuran ini, maka aplikasikan pelembab ke kulit.

11. Bawang putih

Image Source: tstatic.net

Cukup mudah untuk menggunakan bawang putih sebagai pembasmi jerawat yakni belah menjadi dua bagian atau iris tipis bawang putih lalu tempelkan ke wajah atau bagian tubuh yang berjerawat lalu diamkan selama 15-20 menit dan bilas dengan air hangat.

Selain cara tersebut, bawang putih dapat ditumbuk atau dihaluskan lalu dipakai sebagai masker, diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sehari sekali sampai jerawat menghilang.

12. Kulit jeruk

Image Source: tstatic.net

Kulit jeruk juga mampu menghilangkan jerawat caranya, keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan air hingga mengental atau menyerupai pasta.

Gunakan pasta tersebut untuk masker, diamkan selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sehari sekali sampai jerawat menghilang.

13. Jeruk nipis

Image Source: tstatic.net

Ambil perasan jeruk nipis lalu tambahkan 2 sendok makan madu atau cairan sampai mengental. Oleskan ke wajah atau bagian tubuh yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sehari sekali sampai jerawat menghilang.

14. Lidah buaya

Image Source: kompas.com

Lidah buaya bersifat anti bakteri karena mengandung polifenol. Untuk menghilangkan jerawat menggunakan lidah buaya cukup ambil dagingnya yang berlendir atau bagian dalam dari daun lidah buaya lalu hancurkan.

Oles lidah buaya yang sudah dihancurkan ke wajah atau bagian tubuh yang berjerawat dan diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sehari sekali atau sehari dua kali sampai jerawat menghilang.

15. Yogurt dan madu

Image Source: hostessatheart.com

Campurkan yogurt plain dan madu dengan perbandingan 1:2. Aplikasikan campuran tersebut ke wajah atau bagian tubuh yang berjerawat. Lakukan sehari sekali atau sehari dua kali sampai jerawat menghilang.

16. Mentimun

Image Source: idntimes.com

Iris tipis mentimun lalu tempelkan ke wajah atau bagian tubuh yang berjerawat, diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air biasa.

Selain itu, untuk menghilangkan jerawat dengan mentimun, mentimun dapat dihancurkan dan dipakai sebagai masker. Lakukan sehari sekali sampai jerawat menghilang.

17. Tomat

Image Source: cookandplay.a1.ro

Pilih tomat yang berwarna merah atau yang sudah matang, iris tipis lalu tempelkan ke wajah atau bagian tubuh yang berjerawat, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air biasa.

Selain diiris tipis tomat juga dapat dihancurkan lalu digunakan sebagi masker untuk menghilangkan jerawat, diamkan selama 15 menit sehari sekali sampai jerawat menghilang.

18. Pepaya

Image Source: arah.com

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam menggunakan pepaya untuk penghilang jerawat adalah pilih pepaya yang matang, jangan yang mentah. Ambil buah pepaya secukupnya lalu hancurkan.

Oleskan pepaya yang sudah halus ke wajah atau bagian tubuh yang terdapat jerawat, diamkan selama 20 menit sehari sekali sampai jerawat menghilang.

19. Pepaya, lemon, dan madu

Image Source: bp.blogspot.com

Cara menghilangkan jerawat dengan pepaya juga dapat ditambahkan dengan madu dan lemon. Caranya haluskan pepaya lalu tambahkan perasan lemon sebanyak 1 sendok makan dan madu sebanyak 2 sendok makan atau sampai menyerupai pasta.

Oleskan pasta pepaya ke wajah atau bagian tubuh yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sehari sekali sampai jerawat menghilang.

20. Daun pepaya

Image Source: pondokibu.com

Daun pepaya dapat digunakan sebagai sayuran untuk teman makan juga dapat digunakan untuk jamu, selain itu daun pepaya juga mampu menghilangkan jerawat.

Caranya, ambil 4 atau 5 lembar daun pepaya lalu jemur di bawah terik matahari hingga mengering. Daun yang sudah mengering ditumbuk hingga halus.

Selanjutnya tambahkan air secukupnya untuk mengentalkan tumbukan daun pepaya. Gunakan pasta daun pepaya sebagai masker selama 30 menit lalu bilas dengan air hangat. Lakukan rutin sehari sekali hingga jerawat menghilang.

21. Putih telur

Image Source: teen.co.id

Cukup dengan satu butir telur untuk menghilangkan jerawat membandel. Pisahkan antara kuning telur dengan putihnya. Ambil putih telur lalu kocok. Gunakan untuk masker dan diamkan selama 15-20 menit atau sampai mengeras lalu bilas dengan air biasa.

Untuk mengurangi bau amis dari telur dapat menambahkan lemon atau jeruk nipis ke dalam putih telur yang akan digunakan sebagai masker. Lakukan sehari sekali sampai jerawat menghilang.

22. Daun sirih

Image Source: akamaized.net

Ambil 10 lembar daun sirih dan bersihkan lalu tumbuk hingga halus kemudian campur dengan segelas air hangat dan diamkan hingga warna air berubah menjadi hijau. Selanjutnya buang air dan ambil daunnya.

Tambahkan sedikit garam ke daun. Gunakan daun sirih yang sudah diberi garam sebagai masker dan diamkan selama satu jam kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan sehari sekali.

23. Kopi murni

Image Source: sharp-indonesia.com

Kopi memiliki banyak manfaat salah satunya untuk menghilangkan jerawat. Ambil beberapa biji kopi murni lalu tumbuk hingga halus kemudian tambahkan air hingga mengental.

Gunakan kopi sebagai masker. Tunggu masker kopi hingga setengah kering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan sehari sekali.

24. Minyak kayu putih

Image Source: www.padamu.net

Minyak kayu putih mungkin hanya digunakan sebagai minyak aromaterapi atau untuk kerokan. Jika anda memilikinya di rumah, anda dapat mencoba memakai minyak kayu putih untuk menghilangkan jerawat.

Caranya, oleskan minyak kayu putih di kulit yang berjerawat. Tunggu sampai kering dan ulangi mengoleskan minyak sebanyak 2-3 kali. Tidak perlu dibilas.

25. Bengkoang

Image Source: alamtani.com

Ambil satu buah bengkoang, kupas, lalu bersihkan. Selanjutnya hancurkan bengkoang menggunakan blender atau dapat memarut bengkoang. Peras bengkoang yang sudah dihancurkan.

Diamkan semalaman air perasan bengkoang hingga membentuk sari pati atau endapan. Gunakan sari pati bengkoang sebagai masker dan diamkan selama 1 jam kemudian bilas dengan air bersih.

26. Air beras

Image Source: wowkeren.com

Beras memiliki beberapa mineral yang mampu menghaluskan, mengencangkan, dan membantu pemulihan peradangan di kulit. Cara menggunakan beras sebagai pembasmi jerawat cukup memakan waktu.

Pertama, ambil 100 gram beras lalu bilas satu kali saja dengan air bersih agar kotoran dan debu yang menempel di beras menghilang. Selanjutnya, rendam beras yang sudah bersih ke dalam 500 mililiter air bersih selama satu jam. Setelah satu jam, pisahkan beras dengan airnya. Jangan membuang airnya, cukup pisahkan ke tempat terpisah.

Gunakan air beras sebagai masker yakni dengan menyiramkannya secara perlahan ke kulit atau dengan merendam kapas steril ke dalam air beras lalu usapkan secar merata ke daerah kulit yang berjerawat. Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan sehari sekali.

27. Air kelapa

Image Source: idntimes.com

Sudah bukan rahasia lagi jika air kelapa sangat nikmat untuk dijadikan sajian di berbagai waktu dan momen, bisa di pagi hari sebagai pengganti kopi terlebih bagi individu yang mengurangi konsumsi kafein, siang hari yang terik, sore hari sambil menikmati waktu santai, maupun malam hari.

Selain itu, kita dapat menggunakan air kelapa untuk menghilangkan jerawat di tubuh atau wajah. Caranya sangat mudah yakni letakkan kapas steril di wadah yang cukup lebar lalu tuangkan air kelapa ke dalam wadah tersebut hingga kapas basah sepenuhnya.

Oleskan kapas ke wajah atau bagian tubuh yang berjerawat dan diamkan semalaman. Setelah matahari mulai mengintip dari timur, anda bisa membersihkan kapas lalu bersihkan kulit dengan air biasa.

28. Kayu manis dan madu

Image Source: grid.id

Kayu manis dapat dijumpai di supermarket terdekat. Selain untuk bumbu masakan dan sajian minuman, kayu manis juga dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat di wajah atau bagian tubuh lain.

Caranya, campurkan bubuk kayu manis dan madu dengan perbandingan 1:1. Aduk hingga menyerupai pasta. Gunakan pasta untuk masker dan diamkan semalaman.

Kayu manis dapat menyebabkan kulit kering hingga pecah pecah. Setelah dibersihkan, gunakan pelembab untuk mengembalikan kelembaban kulit.

Cara ini kurang direkomendasikan karena selain menyebabkan kulit kering juga tidak semua toko menyediakan kayu manis.

29. Kulit Pisang

Image Source: analisadaily.com

Kulit pusing termasuk bahan alami yang baik untuk menghilangkan jerawat. Didalam kulit pisang terdapat bahan yang dinamakan luitien, yaitu sebuah antioksidan kuat yang dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan serta mendorong regenerasi sel-sel kulit baru.

30. Cuka apel

Image Source: aktual.com

Cuka apel bersifat anti mikroba dan mengandung asam asetat yang tinggi sehingga cocok untuk menghilangkan jerawat. Caranya, tuangkan beberapa tetes cuka apel ke atas kapas steril.

Oleskan ke wajah atau bagian tubuh yang berjerawat dan diamkan selama 20 menit lalu bilas dengan air hangat. Dapat pula digunakan sebelum tidur dan didiamkan semalaman.

31. Jeruk nipis dan Madu

Image Source: topmetro.news

Jeruk nipis mengandung vitamin C dan antioksidan yang dapat mengurangi kadar minyak dan memperbaiki sel-sel kulit yang telah rusak.

Sedangkan madu memiliki sifat antiseptik yang dapat membunuh bakteri sehingga dapat mengurangi peradangan yang diakibatkan jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan jeruk nipis ialah ambil 2 buah jeruk nipis, kemudian belah dan diperas. Perasan jeruk nipis kemudian dicampurkan dengan madu 1 sendok makan.

Setelah wajah dibersihkan, oleskan masker jeruk nipis plus madu ke wajah hingga merata. Diamkan selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini bisa anda lakukan setiap hari hingga jerawat hilang.

Perlu diingat bahwa, sebelum menggunakan berbagai cara di atas, wajah atau bagian tubuh yang berjerawat harus dibersihkan terlebih dahulu, untuk wajah dapat menggunakan susu pembersih atau sabun pencuci wajah lalu keringkan dengan handuk. Wajah harus dalam keadaan bersih dan kering untuk mengoptimalkan peyembuhan radang akibat jerawat.

Gunakan salah satu cara untuk menghilangkan jerawat yang dialami. Tidak perlu menggunakan seluruh cara, cukup 1 saja yang sesuai dengan kulit anda.

Bahan yang digunakan merupakan bahan alami sehingga tidak menimbulkan efek samping. Kecuali beberapa bahan saja yang menimbulkan efek samping seperti soda kue dan kayu manis. Konsultasikan dengan dokter apabila jerawat tak kunjung hilang selama dua minggu. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.