27 Cara Menghilangkan Komedo Hitam dan Putih

Apa yang terlintas di benak anda saat mendengar kata komedo? Hitam, putih, kecil, hidung, kotor, menyebalkan, dan merusak penampilan. Sebenarnya apa sih komedo itu? Komedo termasuk dalam kategori jerawat ringan.

Komedo disebabkan oleh tumpukan kotoran dan minyak di jaringan papula kulit yang bertemu dengan bakteri propioni bacterium acnes.

Selain itu komedo juga dipengaruhi oleh hormon, minyak berlebihan di jaringan kulit, memakai produk perawatan kulit yang tidak sesuai, atau kulit sangat kering.

Terdapat dua jenis komedo yakni komedo hitam atau blackhead dan komedo putih atau whitehead. Baik komedo hitam maupun putih tidak bisa dihilangkan secara permanen.

Alangkah baiknya, selalu rajin merawat kulit wajah dan menghilangkan komedo secara berkala atau satu bulan sekali untuk kulit normal dan satu bulan dua kali untuk kulit berminyak.

Berbeda jenisnya, berbeda pula penanganannya. Komedo hitam tidak perlu dikeluarkan secara manual, cukup menggunakan masker dari bahan alami maka komedo hilang dengan sendirinya. Berbeda dengan komedo putih yang harus dikeluarkan secara manual menggunakan pinset atau alat klinik lain.


Cara Menghilangkan Komedo Hitam


Komedo hitam terjadi saat folikel rambut membesar akibat tumpukan kotoran dan sebum yang meningkat. Terdapat beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan komedo hitam, yakni antara lain:

1. Pasta gigi

Cara Menghilangkan Komedo Hitam
hellosehat.com

Oleskan pasta gigi secukupnya ke hidung atau daerah wajah yang memiliki komedo. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Pasta gigi dapat menyebabkan iritasi karena kandungan detergennya, maka cara ini tidak disarankan untuk kulit sensitif.

2. Air hangat

Cara Menghilangkan Komedo Hitam
jitunews.com

Gunakan air hangat untuk menguapi wajah selama 5 menit sebelum tidur untuk mengeluarkan kotoran yang ada dalam jaringan kulit. Hal ini disebabkan karena uap air dapat membuka pori kulit.

3. Soda kue

Cara Menghilangkan Komedo Hitam
resepkoki.id

Ambil 1-2 sendok makan soda kue lalu tambahkan sedikit air ke dalamnya sampai menyerupai pasta. Gunakan pasta soda kue untuk menghilangkan komedo di wajah. Tunggu hingga 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Aplikasikan pelembab apabila wajah terasa kering.

4. Garam

Cara Menghilangkan Komedo Hitam
merdeka.com

Garam mampu menghilangkan komedo. Caranya sangat mudah yakni ambil garam sebanyak 1 sendok makan lalu tambahkan sedikit air hingga menyerupai pasta. Gunakan pasta garam sebagai masker dan tunggu selama 15-20 menit lalu bilas dengan air hangat.

5. Tepung gandum

Cara Menghilangkan Komedo Hitam
bukalapak.com

Ambil 1-2 sendok makan tepung gandum lalu tambahkan sedikit air sampai menyerupai pasta. Gunakan pasta tepung gandum sebagai masker penghilang komedo. Tunggu hingga 20-25 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Putih telur

Image Source: koepoekoepoe.com

Pisahkan kuning dan putih telur. Gunakan putih telur sebagai masker dan tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih.

7. Kopi dan gula

Image Source: bp.blogspot.com

Ambil 1 sendok makan bubuk kopi lalu tambahkan air hingga menyerupai pasta kemudian tambahkan 1 sendok teh gula ke dalam pasta bubuk kopi.

Gunakan sebagai scrub di wajah. Oleskan lalu gosok perlahan area wajah yang memiliki komedo. Selanjutnya bilas dengan air hangat.

8. Madu

Image Source: tstatic.net

Gunakan madu sebagai masker dan tunggu hingga 15-20 menit lalu bilas dengan air bersih.

9. Kacang kedelai

Image Source: klimg.com

Ambil 2-3 sendok makan kacang kedelai. Cuci hingga bersih kemudian tambahkan air sebanyak satu gelas. Rendam kacang kedelai selama satu malam penuh.

Buang air rendaman kacang kedelai lalu blender atau haluskan kacang kedelai tanpa menambahkan air lagi. Gunakan kacang kedelai yang sudah halus sebagai masker lalu bilas dengan air hangat.

10. Lidah buaya

Image Source: vesti.ru

Ambil gel lidah buaya yang terdapat di daging daunnya sebagai masker. Tunggu hingga 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

11. Pepaya

Image Source: postcoloniality.org

Haluskan pepaya yang sudah masak beberapa potong saja. Gunakan sebagai masker dan tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

12. Tomat

Image Source: viva.co.id

Haluskan tomat yang sudah masak lalu gunakan sebagai masker. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

13. Jeruk

Image Source: tanamanmart.com

Potong jeruk menjadi dua bagian lalu peras airnya. Gunakan air perasan jeruk untuk masker dan tunggu hingga kering. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

14. Kulit jeruk

Image Source: tstatic.net

Kulit jeruk juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo. Caranya, keringkan kulit jeruk di bawah sinar matahari lalu haluskan sampai menjadi bubuk.

Tambahkan sedikit air pada bubuk kulit jeruk hingga menyerupai pasta. Gunakan pasta kulit jeruk sebagai masker dan tunggu hingga 15 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat.

15. Jeruk nipis

Image Source: garut.co

Sama seperti jeruk, jeruk nipis juga mampu menghilangkan komedo. Caranya pun juga sama yakni potong jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian peras airnya.

Gunakan perasan air jeruk nipis sebagai masker dan tunggu hingga kering. Selanjutnya bilas dengan air bersih. Gunakan pelembab apabila kulit wajah terasa kering.


Cara Menghilangkan Komedo Putih


Komedo putih juga dapat dihilangkan dengan bahan bahan alami yang mudah dijumpai. Akan tetapi sebelum melakukan pembersihan komedo, lebih baik membersihkan wajah dengan susu pembersih lalu dilanjutkan dengan menguapi wajah selama kurang lebih satu menit untuk membuka pori-pori kulit dan dilanjutkan dengan mengangkat komedo menggunakan pinset steril.

Selanjunya gunakan masker dari bahan alami yang akan disebutkan. Setelah memakai masker lanjutkan memakai toner untuk menutup pori-pori kulit. Berikut beberapa bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan komedo putih di wajah.

1. Pepaya

 Cara Menghilangkan Komedo Putih
tipkecantikan.com

Ambil beberapa potong pepaya lalu haluskan. Gunakan sebagai maker selama 20 menit. Selanjutnya bilas dengan air hangat.

2. Pepaya dan putih telur

 Cara Menghilangkan Komedo Putih
merdeka.com

Pepaya juga dapat dicampur dengan putih telur sebagai masker penghilang komedo. Caranya, haluskan beberapa potong pepaya lalu tambahkan putih telur ke dalam adonan dan campur hingga rata.

Gunakan adonan sebagai masker dan tunggu hingga 15-20 menit atau sampai terasa ketat di wajah akibat putih telur. Selanjutnya bilas dengan air hangat.

3. Pepaya dan madu

 Cara Menghilangkan Komedo Putih
fakta.co.id

Pepaya dan madu menjadi masker alternatif untuk menghilangkan komedo putih. Caranya, haluskan beberapa potong buah pepaya lalu tambahkan 1-2 sendok makan madu dan aduk hingga rata. Gunakan campuran pepaya dan madu sebagai masker. Tunggu hingga 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

4. Madu dan putih telur

 Cara Menghilangkan Komedo Putih
serumpi.com

Ambil 2 sendok makan madu lalu tambahkan putih telur dan aduk hingga rata. Gunakan campuran madu dan putih telur sebagai masker dan tunggu hingga wajah terasa ketat akibat putih telur. Selanjutnya bilas dengan air hangat.

5. Lidah buaya

 Cara Menghilangkan Komedo Putih
dlo.ir

Ambil gel lidah buaya dengan cara mengupas kulit daunnya lalu menghaluskan dagingnya dan gunakan sebagai masker. Tunggu hingga 30 menit lalu bilas dengan air hangat.

6. Putih telur dan lidah buaya

Image Source: cloudfront.net

Ambil daging lidah buaya lalu hancurkan kemudian tambahkan putih telur dan aduk hingga rata. Gunakan campuran putih telur dan lidah buaya sebagai masker dan tunggu hingga kulit terasa ketat. Selanjutnya bilas dengan air hangat.

7. Putih telur dan jeruk nipis atau lemon

Image Source: momtastic.com

Ambil putih telur lalu tambahkan perasan jeruk nipis atau lemon dan aduk hingga rata. Gunakan putih telur sebagai masker dan tunggu sampai kulit terasa ketat. Jangan berekspresi berlebihan karena akan merusak masker. Selanjutnya bilas dengan air hangat.

8. Yogurt plain dan mentimun

Image Source: amazonaws.com

Ambil yogurt plain sebanyak 3 sendok makan lalu tambahkan mentimun yang sudah dihancurkan secukupnya lalu aduk hingga rata. Gunakan campuran yogurt dan mentimun sebagai masker penghilang komedo dan tunggu hingga 20 menit lalu bilas dengan air hangat.

9. Pasta gigi dan jeruk nipis

Image Source: pemutihwajah.co.id

Ambil pasta gigi sebanyak 2 sendok teh lalu tambahkan perasan jeruk nipis dan aduk hingga rata. Gunakan campuran pasta gigi dengan jeruk nipis sebagai masker. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

10. Daun mint

Image Source: akamaized.net

Ambil beberapa lembar daun mint kemudian haluskan. Tambahkan sedikit air sampai menyerupai pasta. Oleskan pada wajah secara merara lalu gosok perlahan pada kulit yang memiliki masalah konedo. Atau dengan nama lain gunakan sebagai scrub untuk menghilangkan komedo. Selanjutnya bilas dengan air bersih.

11. Cuka apel

Image Source: radarpekalongan.co.id

Terdapat dua cara untuk menggunakan cuka apel sebagai penghilang komedo. Pertama, gunakan kapas yang telah ditetesi cuka apel laku oleskan pada wajah.

Kedua, oleskan cuka apel secar langsung ke wajah. Tunggu hingga 10 menit atau sampai mengering dan bilas dengan air bersih. Aplikasikan pelembab apabila kulit wajah terasa kering.

12. Tea tree oil

Image Source: s3.amazonaws.com

Pengggunaan tree tea oil sama dengan penggunaan cuka apel sebagai pembersih komedo yakni menggunakan kapas atau dioleskan langsung ke wajah. Tidak perlu terlalu banyak dalam mengoleskan tree tea oil, cukup tipis saja.

Tunggu hingga kering lalu bilas dengan air bersih. Tree tea oil tidak menyebabkan iritasi atau kehilangan minyak alami kulit secara signifikan sehingga tidak perlu mengaplikasikan pelembab ke kulit wajah.

Cukup pilih salah satu bahan untuk menghilangkan komedo di wajah atau bagian tubuh lainnya seperti di leher, lengan, bahu, dada, atau punggung. Tidak perlu menggunakan semua bahan dalam sekali waktu.

Bahan yang digunakan sebagai masker atau scrub merupakan bahan alami sehingga sangat ekonomis dan cocok untuk menghilangkan komedo di rumah.

Selain itu, beberapa bahan punya manfaat tambahan seperti jeruk, tomat, dan mentimun sebagai antioksidan, lidah buaya dan madu untuk melembabkan, atau putih telur untuk mengencangkan sekaligus mencerahkan kulit.

Komedo mudah dihilangkan akan tetapi mudah kembali lagi. Sangat sulit untuk menghilangkan komedo secara permanen. Sebaiknya rajin membersihkan komedo secara berkala dan memakai clay mask untuk mencegah komedo datang kembali.

Bersihkan komedo sebulan sekali untuk kulit normal dan sebulan dua kali untuk kulit berminyak. Selain itu, untuk mencegah komedo dapat menjaga kebersihan wajah dengan mencucinya sehari dua kali, rajin mencuci rambut, membersihkan alat make up secara berkala, menjauhkan tangan dari wajah, serta rajin mengganti sarung bantal.

Hal ini dikarenakan tangan menjadi tempat bertumpuknya bakteri dan kuman sehingga hindari memegang wajah dengan tangan terlebih jangan memencet komedo. Gunakan pinset untuk mengeluarkan komedo.

Sarung bantal yang jarang diganti juga menjadi tempat perkembangan bakteri sehingga wajib diganti secara berkala untuk mencegah komedo di wajah.

Gunakan make up yang bebas minyak atau oil free untuk mencegah minyak berlebih di wajah. Apabila komedo tak kunjung hilang setelah menggunakan berbagai macam perawatan rumah, kunjungi klinik atau konsultasikan ke dokter spesialis kulit. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.