4 Cara Menghitung Berat Badan Ideal Beserta Cara Alami Membentuknya

Mempunyai tubuh dengan bentuk proporsional dan berat badan ideal merupakan impian semua orang baik pria maupun wanita. Namun, tidak semua orang beruntung dapat memiliki tubuh dan berat badan yang ideal.

Sebagian orang ada yang hanya dengan sedikit makan namun mudah membuat tubuh terlihat lebih berisi ada juga sebagian orang yang meskipun sudah makan banyak namun tubuh tetap tidak terlihat bertambah berat badannya.


Cara Menghitung Berat Badan Ideal


Untuk mengetahui berat badan ideal Anda, lihat panduan di bawah ini, bagaimana Anda menghitung berat badan ideal Anda dengan mudah dan bervariasi berdasarkan usia, kondisi tubuh, dan perbedaan gender.

Kemudian hitung sendiri berapa berat ideal Anda!

1. Menghitung Berat Badan Ideal Bayi Usia 0 – 12 Bulan

Cara menghitungnya mengikuti rumus berikut:

Berat badan ideal bayi = [umur (dalam satuan bulan) : 2] + 4

Contohnya seorang bayi berusia 7 bulan, maka berat badan idealnya adalah:

Berat badan ideal = (7 : 2) + 4 = 7,5 kilogram

2. Menghitung Berat Badan Ideal Anak Usia 1- 10 Tahun

Cara menghitungnya mengikuti rumus berikut:

Berat badan ideal anak = 2n + 8

*n = usia anak dalam satuan tahun

Contohnya seorang anak berusia 7 tahun 6 bulan, maka berat badan idealnya adalah:

Berat badan ideal = (2 x 7,5) + 8 = 23 kilogram

3. Menghitung Berat Badan Ideal Melalui Body Mass Index (BMI)

BMI dihitung dalam skala berikut:

  • Kurus: kurang dari 17
  • Normal: 17-25
  • Kelebihan berat badan (overweight): lebih dari 25
  • Obesitas: lebih dari 35

Cara menghitungnya mengikuti rumus berikut:

BMI = berat badan (dalam kilogram) : tinggi badan (dalam meter)

Contohnya Parjo memiliki tinggi badan 170 cm dengan berat badan 60 kilogram. Maka nilai BMI-nya adalah:

BMI = 60 : 1,7 = 35,29

Berarti, Parjo tergolong kelebihan berat badan dengan tinggi 170 cm dan berat 60 kilogram.

4. Menghitung Berat Badan Ideal dengan Rumus Brosca

Rumus Brosca berbeda menurut jenis kelamin.

– Untuk pria

Berat badan ideal = [tinggi badan (cm) – 100] – {[tinggi badan (cm) – 100] x 10%}

– Untuk wanita

Berat badan ideal = [tinggi badan (cm) – 100] – {[tinggi badan (cm) – 100] x 15%}

Contoh Parjo adalah laki laki dengan tinggi badan 170 cm. Maka berat badan idealnya adalah

Berat badan ideal Parjo = [170 – 100] – [(170 – 100) x 10%] = 63 kg


Cara Alami Membuat Tubuh dan Berat Badan Ideal


Tentunya orang-orang punya keinginan untuk memiliki tubuh dengan berat badan yang ideal.

Ada banyak cara namun sebaiknya pilih dan gunakan cara yang alami dan tidak tergiur oleh obat-obatan yang kemungkinan akan menimbulkan efek negatif.

Jika anda sedang ingin membuat tubuh dan berat badan menjadi ideal berikut merupakan 10 cara alami yang aman digunakan untuk mendapatkan dan menjaga tubuh ideal!

1. Siapkan Perencanaan

Image Source: nutricionintegral.uy

Langkah awal dalam memulai program atau cara membuat tubuh dan berat badan ideal adalah dengan membuat perencanaan.

Perencanaan dalam membuat tubuh ideal dapat anda lakukan dengan mengatur jadwal aktivitas seperti berolahraga, mengatur waktu tidur, daftar makanan apa saja yang dikonsumsi dan terapkan target yang ingin dicapai baik tiap minggu maupun tiap bulan.

Dengan menjalankan apa yang sudah direncanakan secara teratur, anda dapat melihat apakah dengan perencanaan yang anda buat dan anda lakukan sudah tercapai targetnya atau tidak.

Selain itu, melakukan cek kesehatan dan berkonsultasi pada ahli gizi terlebih dahulu sebelum membuat perencanaan membuat tubuh ideal juga dapat dilakukan.

2. Tidak Melupakan Sarapan

Image Source: lampost.co

Sebagian orang yang masih awam belum mengerti tentang diet (mengatur pola makan), memiliki keinginan untuk menurunkan atau menaikan berat badan agar tubuh menjadi tubuh ideal.

Sarapan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan jika anda ingin tubuh anda ideal.

Jika anda ingin membuat tubuh menjadi ideal, sebaiknya anda tidak melupakan sarapan, karena dapat memiliki pengaruh pada melambatnya metabolisme tubuh dan akan berdampak pada pencapaian berat badan ideal yang anda inginkan.

Oleh karena itu, tetaplah sarapan di pagi hari dengan makanan yang kaya serat, protein serta gizi seperti sayuran, telur dan juga susu.

3. Mengawali dengan Air Putih

Image Source: piah.com

Untuk anda yang memiliki berat badan berlebih, air putih ternyata sangat membantu dalam proses penurunan berat badan. Banyak mengonsumsi air putih dapat menunjang proses metabolisme tubuh.

Disarankan minum air putih 2 liter sehari atau 8 gelas sehari. Tidak harus langsung minum dalam jumlah banyak, anda juga dapat meminumnya secara berkala dengan jumlah yang sedikit namun sering dari pagi hari sampai malam.

Pada pagi hari, minum air putih dapat membantu proses detoksifikasi pada tubuh. Untuk anda yang sedang mengurangi porsi makan, anda dapat minum segelas air putih sebelum makan siang.

Hal ini dilakukan untuk membantu anda mengurangi porsi makan karena efek kenyang dari minum air putih sebelumnya.

4. Konsumsi Makanan yang Kaya Serat

Image Source: hellosehat.com

Makanan serat merupakan salah satu kunci yang dapat membuat dan menjaga tubuh ideal anda. Ada banyak makanan kaya akan serat yang dapat anda jadikan sebagai bagian dari menu makan harian anda.

Makanan kaya serat yang di dapat dari buah misalnya adalah pir, pisang, papaya dan jambu biji. Sedangkan yang bersumber dari sayuran yaitu seperti bayam, kentang, lobak, labu, brokoli, kubis merah, kembang kol, kentang, dan sayuran-sayuran hijau.

Cukup banyak bukan sumber makanan kaya akan serat dari buah-buahan dan sayur-sayuran? Oleh karena itu, untuk anda yang ingin membuat tubuh anda ideal, mengonsumsi makanan kaya akan serat merupakan salah satu cara yang dapat anda lakukan.

5. Mengonsumsi Karbohidrat Kompleks

Image Source: hellosehat.com

Karbohidrat merupakan sumber energi untuk tubuh, juga dan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Makanan karbohidrat yang memiliki serat juga dapat membantu mencegah kegemukan, diabeter mellitus, jantung coroner, dan kanker usus besar.

Selain itu, karbohidrat juga memiliki manfaat lain seperti sebagai pengatur metabolisme lemak di dalam tubuh, membantu penyerapan kalsium dan membantu zat pembentuk tubuh.

Karena jika asupan karbohidrat tidak tercukupi tubuh akan secara otomatis mengambil dari protein sebagai cadangan energi, ini akan mengakibatkan protein yang berfungsi sebagai zat pembentuk tubuh jadi tidak maksimal.

Namun, jenis karbohidrat yang sederhana seperti mie dan pasta akan sulit untuk diserap oleh tubuh.

Jika anda sedang ingin menurunkan berat badan atau menjaga tubuh ideal anda, maka alangkah lebih baik jika mengganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks seperti beras merah, gandum, sereal, oat meal dan jenis kacang-kacangan.

6. Mengonsumsi Protein

Image Source: hellosehat.com

Dengan mengonsumsi protein hewani atau nabati melalui cara yang tepat dapat membantu anda untuk memperoleh tubuh atau berat badan yang ideal.

Untuk protein nabati, terdapat pada kacang hijau dan kacang kedelai. Kacang hijau merupakan bahan makananan yang memiliki karbohidrat rendah, bebas lemak dan mempunyai kandungan gizi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Beberapa kadungan zat gizi tersebut diantaranya vitamin, mineral, asam esensial yang berperan dalam menjaga kadar kolesterol dan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, kacang hijau juga dapat melancarkan pencernaan.

Untuk protein hewani, ada daging merah tanpa lemak yang memiliki kandungan kolesterol serta zat besi yang membantu mencegah penumpukan lemak oleh hormon testosteron.

Daging kambing dengan kandungan kalori dan lemak yang rendah, vitamin, fosfor, selenium dan zat besi. Daging unggas yang memiliki kandungan gizi asam amino, vitamin b6, dan protein dan yang terakhir yaitu susu tanpa lemak.

7. Makan Tepat waktu

Image Source: hellosehat.com

Sering dianggap sepele sebagian orang, namun makan tepat waktu juga dapat menjadi salah satu faktor dalam mencapai tubuh dan berat badan yang ideal.

Bahkan yang sedang dalam melakukan proses penurunan berat badan tidak sedikit yang sengaja menunda jam makannya.

Sebaliknya, justru dapat berdampak buruk bagi tubuh dan tidak baik untuk anda yang sedang melakukan program untun membuat tubuh dan berat badan ideal.

8. Cukup Istirahat

Image Source: okezone.com

Pola hidup yang sehat tidak hanya soal makanan, melainkan juga termasuk pola tidur. Umumnya, jam tidur yang normal adalah 8 jam sehari.

Berdasarkan penelitian, jika tidur kurang dari 7 jam maka akan membuat produksi hormon kortisol, gula darah dan produksi insulin naik.

Hal ini akan mengakibatkan tubuh cepat lapar dan tubuh akan menyimpan banyak lemak. Oleh karena itu anda juga perlu mengatur waktu istirahat tidur anda

9. Berolahraga

Image Source: kompas.com

Selain tidur yang cukup, berolahraga secara rutin juga dapat membantu anda mendapatkan tubuh ideal.

Tidak harus olahraga berat, anda dapat melakukan olahraga ringan namun dilakukan secara rutin. Misalnya seperti jogging, bersepeda, yoga sederhana dan stretching

10. Hindari Stres

Image Source: grid.id

Cara yang terakhir adalah hindari diri anda dari keadaan stress, karena akan berpengaruh pada metabolisme tubuh dan dapat mengganggu proses pembuatan tubuh dan berat badan ideal anda.

Anda dapat menghindari stress dengan melakukan manajemen waktu, memerhatikan gaya hidup, mengubah pola pikir dengan membuang semua pikiran negatif.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.