5 Cara Menjaga Kesehatan Mata Agar Mata Tetap Sehat dan Berfungsi Optimal

Mata merupakan salah satu indera penting tubuh yang perlu dijaga kesehatannya agar tidak lelah dan tetap berfungsi sebagaimana mestinya.

Cara menjaga kesehatan mata sendiri perlu di pahami dan juga di praktekan tiap orang tanpa harus menunggu memasuki usia lanjut termasuk yang memiliki permasalahan mata ataupun yang hanya merawat kesehatan mata.

Tanpa kita sadari, mata kita telah bekerja dengan berat, berjam-jam di depan komputer ketika bekerja, menatap gadget berjam-jam lamanya, menonton televisi dan aktivitas lainnya.

Oleh karena itu, mata kita pun memerlukan beberapa perawatan atau cara-cara untuk menjaga kesehatannya agar tetap sehat dan berfungsi secara optimal.


Cara Menjaga Kesehatan Mata


Berikut merupakan cara menjaga kesehatan mata agar tetap dan selalu sehat yang dapat anda terapkan!

1. Vitamin A

Image Source: holistickenko.com

Cara menjaga kesehatan yang pertama adalah mencukupi asupan kebutuhan vitamin A. dengan mengonsumsi makananyang banyak mengandung vitamin A, dapat membantu berperan dalam menjaga kesehatan mata.

Beberapa makanan bergizi yang mengandung banyak vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata diantaranya wortel, pepaya, tomat, dan alpukat.

Worter merupakan bahan makanan yang mengandung senyara beta karoten yang dapat menjaga mata supaya tetap sehat.

2. Konsumsi Sayuran Hijau

Image Source: grid.id

Cara menjaga kesehatan mata yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi sayuran hijau. Konsumsi sayuran hijau merupakan salah satu cara alami yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mata.

Sayuran yang baik untuk dikonsumsi beberapa diantaranya adalah seperti bayam dan brokli atau sayuran lain yang memiliki kandungan zeaxanthin.

Dua kandungan tersebut merupakan jenis karotenoid yang dapat mengurangi resiko berkembangnya katarak dan juga penurunan kemampuan penglihatan mata karena gangguan di pusat retina.

Anda dapat mengonsumsinya dua porsi sehari, satu porsi bayam ketika makan siang dan satu porsi brokoli ketika makan malam.

3. Tidak Menggosok Mata secara Kasar

Image Source: farsitelegram.ir

Cara menjaga kesehatan mata yang selanjutnya adalah dengan tidak menggosok mata secara kasar.

Ketika mata anda terasa gatal karena kemasukan benda asing atau hal lain, usahakan untuk tidak menggosok mata secara kasar.

Karena jika anda menggosok mata anda secara kasar dan berlebihan dapat mempengaruhi mata anda dalam jangka panjang.

Anda mungkin akan secara otomatis akan mengucek atau menggosok mata anda ketika mata terasa gatal, namun usahakan dilakukan secara hati-hati dan juga tidak secara kasar ataupun berlebihan.

4. Hindari Melihat Objek Terlalu Dekat dengan Mata

Image Source: halodoc.com

Cara menjaga kesehatan mata yang selanjutnya adalah dengan menghindari melihat objek terlalu dekat dengan mata, hal ini termasuk tidak terlalu dekat ketika bermain game, gadget, menonton televisi atau membaca buku.

Melihat objek terlalu dekat dengan mata bukanlah hal yang dapat menyehatkan mata, terlebih untuk anak-anak, karena anak yang misalnya sering menonton televisi dengan jarak yang terlalu dekat, maka matanya memiliki resiko mengalami minus ketika tumbuh dewasa.

Begitu juga dengan bermain game, gadget atau membaca. Selain itu, jika membaca, gunakanlan penerangan yang cukup dan tidak dilakukan dengan tiduran.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Omega 3

Image Source: hellosehat.com

Cara menjaga kesehatan mata yang selanjutnya adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung omega 3.

Beberapa makanan yang mengandung omega 3 antara lain seperti ikan salmon, halibut, dan tuna.

Hal ini dikarenakan omega 3 dapat melindungi lensa, saluran mata, dan meminimalkan mata kering serta dapat mencegah mata katarak.

Konsumsi ikan tersebut 2-3 porsi dalam seminggu serta kurangi konsumsi daging merah dapat meminimalisir resiko gangguan mata di usia tua.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.