Cara Menulis Daftar Pustaka dari Jurnal beserta Contohnya (Lengkap)

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya mengenai penulisan daftar pustaka, bahwa daftar pustaka merupakan daftar sumber acuan yang digunakan untuk mengumpulkan data/informasi ketika kita membuat suatu karya ilmiah.

Daftar pustaka tersebut akan memudahkan pembaca yang ingin menemukan referensi yang digunakan dalam karya ilmiah kita. Oleh karenanya daftar pustaka merupakan persyaratan mutlak dalam karya ilmiah.

Sumber acuan yang digunakan dalam pembuatan karya ilmiah tentu beragam, mulai dari buku, majalah, antologi, bahkan juga jurnal.

Jurnal merupakan suatu laporan yang memuat karya tulis ilmiah dimana di dalamnya terdapat data serta informasi penting hasil dari sebuah penelitian.

Karena jurnal bersifat ilmiah maka patut untuk dijadikan referensi. Nah sayangnya setiap penulisan sumber acuan dalam daftar pustaka berbeda-beda.

Pada artikel sebelumnya telah dibahas daftar pustaka yang bersumber dari buku, antologi, dan majalah, oleh karenanya hari ini penulis akan membuat cara menulis daftar pustaka dari sumber acuan jurnal.

Yuk simak selengkapnya di bawah ini:


Urutan Penyebutan Daftar Putaka dari Jurnal


Unsur- unsur yang harus ada ketika menulis daftar pustaka adalah penyebutan keterangan yang terkait dengan jurnal tersebut. Pada umumnya urutan penulisan keterangan jurnal adalah sebagai berikut:

• Nama penulis
• Tahun terbit
• Judul artikel
• Nama jurnal
• Volume
• Halaman
Digital Object Identifier (DOI)
• URL website


Gaya Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal


Meskipun di atas telah disebutkan urutan penulisan keterangan dalam daftar pustaka dari jurnal namun itu bukanlah satu-satunya format yang digunakan.

Karena memang terdapat beberapa gaya penulisan daftar pustaka, dimana masing-masing gaya memiliki standar yang berbeda sehingga urutan penulisan dan sisipan lainnya pun berbeda.

Adapaun contoh gaya penulisan daftar pustaka dari jurnal yang sering digunakan dapat dilihat di bawah ini:

1. Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal dengan gaya APA Style

APA Style merupakan gaya yang diterbitkan oleh American Psychological Association, gaya ini biasa digunakan untuk jurnal dalam bidang psikologi, filsafat, linguistik, antropologi, akuntansi, ekonomi, geografi, hukum, pendidikan, politik, sejarah, dan sosiologi.

Adapun format penulisan keterangan jurnal tersebut adalah nama pengarang, judul artikel, nama jurnal, volume (jika ada) dan halaman.

Catatan:

  • Penulisan nama pengarang dibalik dengan ketentuan nama akhir pengarang kemudian diselipi tanda koma baru ditulis inisial nama pertama.
  • Tahun terbit diimbuhi dengan tanda kurung
  • Nama jurnal dicetak miring dan setiap kata diawali dengan huruf kapital
  • Setiap penyebutan keterangan diakhiri dengan tanda titik kecuali pada nama jurnal dan volume.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal Cetak (Satu Pengarang)

Jacoby, W.G. (1994). Public attitudes toward goverment spending. American Journal of Political Science, 38(2), 336-361.
Dubeck, L. (1990). Science ficPon aids science teaching. Physics Teacher, 28, 316-335.

Nash, R. J. (2012). Helping college students find purpose: the campus guide to meaning-making. Journal of Language, Culture, and Comunication, 4, 224-215.

Contton, F. A. (1998). Kinetics of gasification of brown coal. Journal of American Chemical Society, 54, 38-43.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal Cetak (Dua Pengarang)

Wassman, J., & Dasen, P. R. (1996). Baliness spatial orientation. Journal of Royal Anthropological Institute, 4, 689-731.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal Cetak (3 Pengarang)

Lin, M. G., Hoffman, E.S., & Borengasser, C. (2012). Is social media too social for class? A case study of twitter use. Tech Trends, 57(2), 34-49.

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal Online atau Internet

Spreer, P., Rauschnabel,P.A. (2011, September). Understanding the resistence to mobile sales assistant use in retailing. Journal of Personal Selling & Sales Management, 36(3), 220-234. DOI: 10. 1090/08872341.2011.1007100

Contoh Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal Internet (tanpa DOI)

Jeremy, G. (2010). E-Leadership in higher education. British Journal of Educational Technlogy, 44(6), 889-911. Retrivied from http://onlinelibrary.wiley.com/journal/10.1111/(ISSN)14678535;jsessionid=956132F3DE76EEB120577E99EE74CE9C.f04t01.

2. Penulisan Daftar Pustaka dari Jurnal dengan Gaya MLA Style

MLA style adalah gaya yang dibuat oleh Modern Language Association. Gaya ini sering digunakan dalam daftar kepustakaan dalam bidang seni, bahasa dan sastra, dan humatinies yang meliputi agama, ilmu sosial, ilmu alamiah dasar, ilmu budaya dasar, dan kewarganegaraan.

Format penulisan penyebutan keterangan terkait jurnal yang sering digunakan adalah sebagai berikut:
Nama pengarang, judul artikel, nama jurnal, volume, edisi (jika ada), tahun publikasi, halaman, dan media.

Catatan:

  • Nama pengarang dilakukan dengan menyebutkan nama akhir terlebih dahulu, kemudian disisipkan tanda baca koma, setelah itu baru disebutkan nama awal
  • Judul artikel dibubuhi dengan tanda petik
  • Sematkan tanda kurung pada penulisan tahun publikasi dan cantumkan tanda titik dua sebagai pemisah antara tahun publikasi dan halaman
  • Setiap penyebutan keterangan diakhiri dengan tanda titik kecuali pada penyebutan edisi dan tahun publikasi.

Contoh Penulsan Daftar Pustaka dari Jurnal (Satu Pengarang)

Paul, John. “Studies in Blues and Rock”. Weird Science. 12 (2009): 22-28. Print.
Hall, Adam. “Studies in Blues and Rock”. Weird Science. 12.3 (2009): 22-28. Print.
Jane, Marie. “Ramen Noodles, Rent, and Resumes: An After Collage Guide to Life”. Journal of Library Research. 40.5 (1996): 223-243. Print.

Contoh Penulsan Daftar Pustaka dari Jurnal (2 atau 3 Pengarang)

Devani, Bellery, Rocky Stefanus, Doroty Missiy. “Halfway Between Somewhere And Nothing: An Axploration Between Quarterlife- Crisis And Life Satisfaction Among Graduate Student”. Journal of Library Research. 13 (1999): 221-339. Glory Press.

Olson-Madden, Jennifer Herold. “Correlates and Predictors Life Satisfaction Among 18 to 35-Years Olds: An Exploration of The “Quarterlife crisis” Phenomenom”. ProQuest Dissertations And Theses (PQDT). 14(2007): 334-354. Glory Press.

Robbins, Alexandra, Wilner, Abby. “Quarterlife crisis: The Unique Challenges Of Life In Your Twenties”. ProQuest Dissertations And Theses (PQDT). 14(2001): 334-354. Glory Press.

Contoh Penulsan Daftar Pustaka dari Jurnal (Lebih dari Tiga Pengarang)

Hucklebuury, Finn, et al. “Halfway Between Somewhere And Nothing: An Axploration Between Quarterlife- Crisis And Life Satisfaction Among Graduate Student”. Journal of Library Research. 13 (1999): 221-339. Glory Press.

Contoh Penulsan Daftar Pustaka dari Jurnal online atau internet

Rocky Stefanus, Devani, Bellery, Doroty Missiy. “Halfway Between Somewhere And Nothing: An Axploration Between Quarterlife- Crisis And Life Satisfaction Among Graduate Student”. The Canadian Journal of Linguistik. 13 (1999): 221-339. Project Muse. Web. 6 June. 2016.

Jane, Karen F. “Women and the Language of Hackerdom: The Gendered Nature of Hacker Jargon”. The Canadian Journal of Linguistik. 5.2 (2013): n. Pag. Web. 22 June. 2005.

Demikian artikel terkait cara menulis daftar pustaka dari jurnal , semoga bisa membantumu dalam menulis daftar pustaka yang sumber acuannya dari jurnal.

Jika ada tambahan ilmu terkait artikel ini jangan sungkan untuk memberitahukannya ya. Semangat membuat karya ilmiah, terkhusus untuk yang sedang malas mengerjakan skripsi. Bangun dan kerjakan. Panjang umur semangat baik!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.