7 Cara Mudah dan Ampuh Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula
pisanews.net

7 Cara Mudah dan Ampuh Belajar Bahasa Inggris Untuk Pemula

Posted on

Bahasa inggris memang susah-susah gampang untuk dipelajari. Namun bukan berarti kita tidak bisa menguasai bahasa inggris. Pertanyaannya, adakah cara mudah belajar bahasa inggris? hmm..jawabannya akan dibahas pada penjelasan di bawah ini secara detail. Pastikan anda membacanya dengan seksama, jangan sampai ada bagian yang terlewatkan.

Sejak kapan anda belajar bahasa inggris? sejak SMP? SD? atau bahkan sejak anda masih di usia TK? secara logika seharusnya kita sudah menguasai bahasa inggris secara aktif dan pasif (jika belajarnya sejak kecil).

Namun mengapa pada kenyataannya sampai sekarang kita masih merasa belepotan dalam bahasa inggris? jujur saja mungkin jawabannya bermacam-macam. Tapi jangan pernah anda merasa diri anda bodoh karena sudah sekian tahun belajar bahasa inggris namun masih belum bisa menguasainya secara baik.

Cara Mudah Belajar Bahasa Inggris

1. Niat

Setiap mimpi atau cita-cita yang akan kita capai tentu harus didasari dengan niat dan tekad. Seberapa besar niat dan tekad anda untuk menguasai bahasa inggris secara pasif dan aktif akan mempengaruhi berapa lama dan seberapa kuat anda melakukan berbagai usaha.

Cara mudah untuk membulatkan niat dan tekad belajar bahasa Inggris adalah dengan menuliskan di sebuah kertas. Tuliskan pada sebuah kertas beberapa daftar cita-cita atau apa yang akan anda capai apabila anda bisa menguasai bahasa inggris. Tuliskan apa saja yang menjadi kelebihan bagi anda apabila anda sudah dapat menguasai bahasa inggris nanti.

Bayangkan betapa banyak hal yang akan anda dapatkan, berapa banyak kelebihan yang bisa anda peroleh setelah anda dapat menguasai bahasa inggris nanti. Pastikan daftar tersebut mampu membulatkan niat dan tekad anda untuk belajar bahasa inggris secara konsisten.

2. Hafalkan Kosa Kata

Kosa kata atau vocabulary adalah hal yang paling utama dan paling penting dalam tahap awal belajar bahasa inggris. Coba bayangkan, bagaimana anda dapat membuat kalimat yang sangat mudah jika anda tidak memiliki banyak kosa kata.

Coba buatlah kalimat present continous tense, pasti anda akana kesulitan membuatnya jika anda tidak banyak menghafal kosa kata. Dan perlu digaris bawahi bahwa anda tidak perlu belajar grammar atau tenses terlebih dahulu sebelum anda memperbanyak hafalan kosa kata (vocabulary).

Kebanyakan kesalahan yang sering dilakukan oleh orang-orang yang sedang belajar bahasa inggris adalah mereka terlalu fokus belajar grammar dan tenses tapi mereka tidak mau memperbanyak hafalan kosa kata/vocab.

3. Everyday is English Time

Jadikan hari-hari anda untuk terus berinteraksi dengan bahasa inggris. Yes, Everyday is English Day. Menghafal vocab, mendengarkan pidato bahasa inggris, menonton film berbahasa inggris, membaca situs/blog informasi yang berbahasa inggris dan lain sebagainya.

4. Hafalkan Conversation

Sebenarnya inti dari materi pada artikel ini adalah pada bagian ini, Menghafal Conversation (Percakapan) yang sering digunakan. Bukankah pada dasarnya kita belajar bahasa inggris agar dapat berbicara, menulis dan mendengar? Maka hal yang paling praktis adalah anda menghafalkan kalimat-kalimat untuk melakukan percakapan dengan orang lain dalam berbagai situasi dan kondisi.

Ambil buku contoh-contoh percakapan dalam bahasa inggris dan hafalkan sedikit demi sedikit. Tonton film berbahasa inggris dan hafalkan kalimat-kalimat yang mereka gunakan untuk berbicara dengan pemain lain dalam film tersebut.

Anda akan dapat melakukan beberapa hal sekaligus ketika anda melakukan metode ini. Pada saat anda menghafalkan dialog percakapan tersebut (baik dari buku maupun film), secara tidak langsung anda sudah menghafal kosa kata, memperhatikan ekspresi, listening, menerjemahkan dan menghafalkan sebuah kalimat yang sudah terstruktur / bisa digunakan tanpa memusingkan apakah sudah benar grammar dan tensesnya.

5. Tuliskan di tempat Strategis

Penulis sangat menyarankan kepada anda untuk memiliki sebuah papan tulis kecil di rumah anda. Letakkan papan tulis tersebut di kamar anda, kemudian tuliskan hal-hal yang berhubungan dengan pembelajaran bahasa inggris.

Dengan menuliskan 10 Vocab beserta artinya saja anda sudah bisa hafal dengan sendirinya. Bagaimana tidak? setelah anda menuliskannya di papan tulis tersebut, secara otomatis anda akan melihatnya setiap hari.

Ketika anda masuk kamar, ketika anda keluar kamar, ketika anda sedang tiduran, duduk di kamar – anda akan melihatnya secara tidak sengaja. Dengan demikian memory anda dipaksa untuk menyerap materi bahasa inggris yang telah anda tuliskan di papan tulis kecil milik anda.

6. Easy Grammar and Tenses

Sebelumnya anda sudah dijelaskan bahwa anda tidak perlu belajar grammar dan tenses terlebih dahulu, akan tetapi dahulukan memperbanyak kosa kata. Namun demikian, tahap selanjutnya setelah kosa kata bahasa inggris yang anda miliki sudah cukup banyak, anda tidak boleh meremehkan pembelajaran grammar dan tenses.

Cepat ataupun lambat anda memang harus mempelajarinya. Oleh karenanya anda harus mempelajarinya sedikit demi sedikit. Buatlah daftar Grammar dan tenses yang akan anda pelajari, pastikan disusun dengan sistematika yang baik agar belajarnya lebih mudah. Contohnya ketika anda belajar mengenai tenses bahasa inggris, maka anda harus memulainya dari present tense kemudian past tense kemudian baru belajar future tense.

Kemudian dibuat secara detail lagi ketika anda belajar present tense anda harus memulainya dari simple present tense kemudian present contionous tense kemudian present perfect kemudian baru mempelajari present perfect contonous tense. Demikian juga dengan materi-materi yang lainnya. Anda harus menyusun berbagai cara agar lebih mudah dalam belajar bahasa inggris.

7. Sedikit tapi Konsisten

Apabila anda merasa lelah dan berhenti, maka anda sudah melupan niat anda untuk bisa menguasai bahasa inggris. Jangan pernah berhenti untuk berusaha. Bosan adalah hal yang wajar ketika anda menemui kesulitan.

Namun yang perlu anda tekankan pada diri anda agar anda tidak berhenti belajar bahasa inggris, agar tidak mudah menyerah adalah lakukan sedikit demi sedikit yang penting konsisten. Konsistensi anda belajar bahasa inggris adalah point penting yang akan menentukan seberapa hasil yang akan anda capai.

Apakah Cara-cara di atas belum cukup mudah bagi anda untuk belajar bahasa inggris? Baca lagi, baca lagi dan praktekkan sedikit demi sedikit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.