14 Contoh Brosur dalam Berbagai Kepentingan Beserta Gambarnya

Penasaran dengan Contoh brosur? yuk baca terus tulisan di bawah ini.

Seringkali kita mendapatkan sebuah brosur yang berisi informasi tentang suatu hal. Sebenarnya apa sih pengertian dari brosur. Brosur dapat diartikan sebagai alat publikasi resmi dari lembaga/instansi/ perusahaan yang berisi informasi produk, program, layanan, dan lain sebagainya.

Biasanya brosur dibagikan secara gratis kepada masyarakat dengan tujuan untuk mengenalkan atau memberikan informasi secara lebih jelas tentang sesuatu hal tersebut sebagai upaya membantu pemasaran atau marketing public relations.

Maka tak heran jika kamu sedang bepergian di suatu tempat, ada saja yang memberikan brosur dengan berbagai macam, baik dari suatu lembaga, ataupun juga perusahaan yang memiliki sebuah produk baik berupa barang atau jasa.


FUNGSI BROSUR


Adapun fungsi dari pembuatan brosur adalah sebagai berikut:

Fungsi Informatif

Seperti yang diketahui brosur bisa digunakan untuk menginformasikan kepada masyarakat tentang sebuah lembaga/perusahaan.

Fungsi Iklan

Kedua, iklan berfungsi sebagai alat promosi atau alat iklan tentang suatu produk atau jasa. Produk yang diiklankan lewat brosur ini dapat terdiri dari beberapa produk dan tidak hanya satu. Jadi bisa lebih efektif dan efisien bagi perusahaan yang ingin memasarkan beberapa produknya.

Fungsi Identifikasi

Selanjutnya, brosur memiliki fungsi untuk mengidentifikasi suatu perusahaan atau lembaga. Hal ini dapat dilihat dari desain brosur yang dibuat oleh suatu lembaga.

Desain tersebut tentu memiliki kriteria yang khas sesuai dengan suatu perusahaan atau lembaga. Dalam desain brosur juga biasanya akan mencantumkan logo pembuat brosur.

Cara Membuat Brosur yang Menarik

Bagi siapapun yang ingin mencoba membuat brosur, yuk deh perhatikan beberapa hal di bawah ini, siapa tahu akan bisa membantumu membuat desain brosur kreatif, asik, dan tentu saja menarik. Check this out:

Brosur dengan figur terkenal

Okeh, dewasa ini banyak perusahaan, lembaga, komunitas, dan lain-lain yang menggunakan influencer untuk mempromosikan suatu hal.

Mulai dari artis, selebgram, youtuber, motivator, dan lain sebagainya. karena tidak bisa dipungkiri influencer tersebut memang bisa memengaruhi orang banyak untuk menjadi seperti seorang figur influencer yang dikaguminya. Oleh karena itu tidak ada salahnya kalau kamu menambahkan foto figur terkenal dalam brosurmu.

Judul brosur yang menarik

Yaah pastikan judul brosur yang kamu gunakan bisa menarik orang untuk mau terus membaca dan memperhatikan informasi-informasi dalam brosur tersebut. Hal ini juga termasuk desain font, dan lain-lain.

Pemilihan warna pada brosur

Dan pilihlah warna brosur yang selaras dengan keseluruhan desain brosur. Jangan sampai warna brosur tersebut bisa mengurangi minat orang untuk mengetahui informasi pada brosur.

Mencantumkan harga, jika bermaksud menjual barang

Cantumkan harga produk atau juga biaya sekolah jika itu brosur sekolah. Karena ini merupakan salah satu informasi penting yang harus ada pada brosur.

Gunakan penanda khusus pada brosur

Penanda khusus ini bisa berupa bentuk oval, bintang, panah, kotak, dan lain sebagainya

Beri space yang cukup

Jangan sampai brosur terlihat terlalu penuh, jadi sesuaikan layout, spasi tulisan, dll.

Cantumkan informasi yang ingin disampaikan

Mencantumkan segala informasi adalah hal penting, termasuk email, alamat, dan CP yang bisa dihubungi.


CONTOH BROSUR


Jika kamu mempunyai sebuah produk dan ingin mencoba mengiklankan produk tersebut melalui sebuah brosur, contoh-contoh brosur di bawah ini barangkali bisa dijadikan referensi dan bisa membantu kamu menemukan ide atau konsep brosurmu. Yuk langsung saja simak contoh brosur berikut ini:

1. Contoh Brosur dalam Bahasa Inggris

Seperti yang kita tahu bahasa inggris menjadi bahasa internasional yang digunakan sebagai alat komunikasi antar negara. Apalagi dengan adanya pasar bebas menuntut kita untuk bisa bersaing dengan banyak orang dari berbagai negara. Salah satu yang harus kita kuasai untuk bisa bersaing adalah bahasa inggris.

Bahasa Inggris ini dapat digunakan dalam memasarkan produk kita di kancah internasional. Jadi tak heran jika banyak brosur-brosur produk yang menggunakan bahasa Inggris. Nah, untuk kamu yang juga ingin membuat brosur dalam bahasa inggris berikut adalah salah satu contoh yang bisa dipelajari:

5 Contoh Brosur Berbagai Kepentingan Beserta Gambarnya
simomot.com

2. Contoh Brosur Makanan

Membuat produk makanan haruslah semenarik mungkin. Karena produk berupa makanan maka gambar dari makanan tersebut harus terlihat menggoda, enak, dan lezat. Selain itu juga perhatikan pemilihan warna pada brosur, info tentang makanan apa saja yang disediakan, dan jangan lupa cantumkan harga makanan tersebut.

Dalam hal ini peran desainer grafis sangat dibutuhkan agar brosur makanan dapat memikat para konsumen. Di bawah ini terdapat salah satu contoh brosur makanan yang bisa kamu jadikan referensi:

5 Contoh Brosur Berbagai Kepentingan Beserta Gambarnya
ayuprint.co.id

3. Contoh Brosur Sekolah

Sebuah lembaga sekolah juga membutuhkan pemasaran, apalagi sekolah swasta yang bagi sebagian orang dijadikan prioritas kedua. Hal ini tentu ditujukan untuk mengajak masyarakat agar turut menyekolahkan anak di sekolah tersebut.

Adapun salah satu upaya pemasarannya adalah melalui brosur yang berisi tentang informasi lengkap, baik keunggulan dan prestasi dari sekolah tersebut, ataupun juga persyaratan untuk bisa masuk ke sekolah tersebut. Selain itu desain dari pada brosur tersebut juga harus menarik.

Karena informasi yang dimuat dalam brosur sekolah cukup banyak biasanya brosur sekolah berlipat dua atau tiga. Berikut adalah salah satu contoh yang bisa kamu pelajari:

5 Contoh Brosur Berbagai Kepentingan Beserta Gambarnya
pixelldesign.com

4. Contoh Brosur Promosi Produk

Salah satu fungsi brosur adalah fungsi iklan yang bertujuan untuk mempromosikan sebuah produk. Salah satu kunci agar penjualan produk meningkat adalah melalui promosi atau pemasarannya.

Dan brosur bisa menjadi pilihan yang efektif untuk mempromosikan produk tersebut. Produk yang dipasarkan bisa berupa barang atau jasa. Akan tetapi yang jelas informasi terkait produk haruslah benar-benar jelas.

Seperti halnya brosur makanan, hendaknya harga produk juga dicantumkan agar masyarakat tidak berspekulasi tentang harga tersebut. Sehingga nantinya dikhawatirkan dapat membuat masyarakat malah tidak tertarik. Jika kamu ingin membuat brosur promosi produk, lihat salah satu contoh berikut ini:

5 Contoh Brosur Berbagai Kepentingan Beserta Gambarnya
pixelldesign.com

5. Contoh Brosur Lembaga Kursus

Dewasa ini lembaga kursus sangat banyak jumlahnya. Mengingat yang dibutuhkan di dunia kerja adalah skill maka banyak lembaga yang menawarkan masyarakat untuk membantu meningkatkan skill.

Seperti keahlian bahasa inggris, menjahit, dan lain sebagainya. Brosur lembaga kursus ini juga harus memuat informasi yang lengkap agar nantinya masyarakat mengerti benar apa yang ingin disampaikan oleh lembaga terkait.

Nah, jika kamu ingin membuat lembaga kursus dan ingin mempromosikan lembaga tersebut, barangkali contoh berikut ini bisa kamu jadikan sebuah referensi dalam membuat brosur yang menarik dan sesuai dengan keinginanmu:

eduonlineprogram.com

6. Contoh Brosur Rumah

Ingin jual rumah atau property seperti gedung perkantoran dan apartemen? Mencetak brosur akan membantu proses pemasaran anda berjalan dengan lancar. Brosur disebarkan kepada konsumen secara langsung berikut dengan foto rumah atau property yang anda tawarkan.

Brosur perumahan yang unik dan menarik dapat juga ada sebarkan secara online baik via aplikasi chatting maupun via email. Sebarkan ke seluruh relasi dan di media sosial, demi memperbesar peluang terjualnya rumah anda secara efektif.

Dalam mendesain brosur penjualan rumah berikut kami berikan tips dan trik nya agar brosur anda terlihat lebih menarik:

  • Berikan sentuhan personal untuk brosur anda, salah satunya dengan mengunggah foto asli dari rumah yang akan anda jual.
  • Cantumkan harga dan berikan promosi penjualan agar banyak orang tertarik untuk membeli rumah tersebut.
  • Tampilkan layout warna yang sesuai dengan background rumah anda.
  • Selanjutnya cetak brosur banyak-banyak dan sebarkan ke seluruh relasi anda, baik secara langsung maupun via online.
sribu.com

7. Contoh Brosur Mobil

Brosur penjualan mobil kebanyakan disebarkan oleh perusahaan leasing. Di brosur tersebut biasanya berisikan penawaran diskon uang muka (DP) untuk pembelian dengan kredit (cicilan). Selain itu juga tercantum gambar berbagai jenis mobil dengan spesifikasinya.

Pihak leasing kini juga menyebarkan brosur mobil secara online di berbagai platform e-commerce. Bagi kamu yang berniat menjual mobil karena alasan tertentu, kamu juga dapat mengikuti cara leasing tersebut dengan menyebarkan brosur.

Brosurmu dengan perusahaan leasing tentu akan berbeda, jika kamu hanya menjual satu mobil saja untuk satu brosur, perusahaan leasing membuat satu brosur untuk banyak jenis mobil. Masalah desain brosur jangan khawatir, kini banyak aplikasi desain di android yang akan memudahkanmu, misalnya canva.

semaker.id

8. Contoh Brosur Calon Ketua OSIS

Tidak dapat dipungkiri bahwa brosur dan poster menjadi salah satu media yang paling ampuh untuk mempromosikan diri. Para kandidat calon ketua OSIS dapat sekaligus mempromosikan program unggulan masing-masing lewat brosur tersebut.

Layaknya Pemilu, kampanye calon ketua OSIS juga harus digalakan dengan semaksimal mungkin. Agar para calon pemilih mengenal dengan baik siapa kandidat ketua OSIS yang akan dipilihnya.

Buatlah brosur yang persuasif dan mengandung unsur daya pikat yang dapat diapresiasi. Selain itu kamu sebagai calon kandidat juga harus pandai dan aktif dalam berbicara, mengajak orang-orang untuk mendukung semua program kerjamu jika nanti terpilih menjadi ketua OSIS periode selanjutnya.

moows.com

9. Contoh Brosur Laundry

Salah satu jenis usaha yang banyak menggunakan brosur sebagai media promosinya adalah usaha laundry. Menyebarkan brosur dinilai sebagai cara paling ampuh untuk memperkenalkan jasa laundry kepada konsumen.

Adapun target konsumen utama bisnis laundry adalah mahasiswa. Karena sibuk dan padatnya kegiatan kampus dan jadwal kuliha, kebanyakan mahasiswa memilih untuk menggunakan jasa laundry ketimbang mencuci sendiri.
Laundry juga biasanya banyak didirikan di daerah kampus dan kos-kosan atau pemukiman mahasiswa.

Dalam mempromosikan usahanya, pemilik jasa laundry akan menyebarkan brosur-brosur dari pintu ke pintu kos-kosan. Pada jasa laundry biasanya dicantumkan berbagai macam fasilitas, misalnya jasa antar jemput laundry ke rumah atau kosan. Selain itu juga tercantum promo yang diberikan dengan syarat dan ketentuan tertentu.

laundry.or.id

10. Contoh Brosur Obat

Apa yang dimaksud dengan brosur obat? Sama seperti definisi brosur pada umumnya, merupakan bahan informasi tertulis yang disebarkan untuk umum dan diberikan kepada masyarakat dalam bentuk selebaran.

Brosur obat biasanya akan kamu temukan di dalam kotak obat. Dalam hal brosur obat-obatan biasanya terdapat informasi komposisi kandungan obat, informasi nilai gizi, takaran pemakaian, khasiat obat dan kegunaan, dan lain sebagainya.

Di beberapa brosur obat lainnya juga diberikan informasi tambahan mengernai indikasi, dosis, kontradiksi, efek samping, peringatan dan perhatian, cara penyimpanan, dan kemasan. Adapun kelengkapan brosur tersebut menentukan sendiri kualitas dan tingkat keamanan informasinya.

pixelldesign.com

11. Contoh Brosur Narkoba

Loh ada juga ya brosur narkoba? Jangan kaget dulu, brosur yang dimaksud disini adalah brosur yang mengkampanyekan kegiatan anti narkoba. Brosur ini biasanya dihiasi dengan dampak negatif yang diterima jika kita mengkonsumsi narkoba.

Dalam hal ini brosur narkoba disebarkan oleh komunitas ataupun organisasi sosial maupun oleh badan penanggulangan narkotika nasional seperti BNN. Disini brosur tersebut berguna sebagai himbauan kepada masyarakat untuk selalu menjalani hidup sehat dan jauh dari narkotika.

grafis-media.website

12. Contoh Brosur Sanggar Senam

Tertarik untuk membuka sanggar senam? Sebuah peluang bisnis yang cukup menjanjikan, karena sudah menjadi kebutuhan seluruh masyarakat milenial. Zaman now tidak ada anak milenial yang tak pernah datang ke gym, sanggar, atau tempat olahraga lainnya.

Layaknya makanan, olahraga sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan. Terutama bagi mereka pekerja kantoran yang sibuk dengan pekerjaan di belakang meja, setidaknya 1-2 minggu sekali membutuhkan olahraga untuk menyegarkan tubuh dan pikiran.

“Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat”, sehingga olahraga menjadi jawaban untuk menerapkan istilah tersebut. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan semua orang, diantaranya yoga, zumba, pilates, senam aerobik, body language, body shape, hingga kelas dansa (salsa dan tango).

Jika anda tertantang untuk membuka sanggar senam, promosikan usaha anda lewat selebaran brosur. Pada brosur tersebut cantumkan jenis olahraga yang anda ditawarkan, fasilitas sanggar, serta promo-promo yang ada dengan ketentuan yang berlaku.

senampesona.com

13. Contoh Brosur Kerajinan

Dalam membuat brosur usaha kerajinan dibutuhkan sentuhan efek realis agar brosur tersebut terlihat lebih hidup. Karena memang benda yang ditawarkan kepada konsumen merupakan sebuah kerajinan seni dari karya tangan anak manusia.

Biasanya kerajinan yang dipromosikan lewat brosur berupa kerajinan tas dan kulit, aneka binatang dan logam, pot kayu, kendi tanah liat, hingga pernak-pernik souvenir. Semua kerajinan tersebut diolah secara tradisional menggunakan tangan, dengan kata lain tanpa bantuan mesin.

Seperti halnya tas rajutan dan mendesain guci, gelas, ataupun hiasan lainnya dari tanah liat. Karena membuatnya butuh usaha yang tidak sederhana, maka kerajinan tangan ini dibandrol dengan harga yang tidak rendah.

Untuk mempromosikan usaha kerajinan tangan yang baru kamu rintis, jangan lupa untuk melakukan studi banding harga sebelum menyebarkan selebaran brosur. Agar nantinya harga kerajinanmu dapat bersaing secara sehat dengan yang telah ada sebelumnya.

warnetgadis.com

14. Contoh Brosur Bimbel

Lembaga “Bimbingan Belajar” yang biasa disingkat “bimbel” menjadi lembaga penting bagi pelajar setelah sekolah. Bimbel mewadahi siswa/i yang ingin mendalami pelajaran di sekolah secara lebih,istilah kerennya yaitu les.

Para orang tua biasanya akan mendaftarkan anak-anak nya untuk les di lembaga-lembaga bimbel terpercaya. Hal ini dapat dinilai dari kader lulusan yang dicetaknya, sebuah bimbel yang bagus biasanya akan mencetak lulusan dengan nilai terbaik.

Bagi para orang tua, jika menerima selebaran brosur lembaga bimbingan belajar, perhatikan beberapa hal penting sebelum mendaftarkan anak anda ke lembaga tersebut.

Beberapa hal tersebut yaitu pilih lembaga yang sesuai dengan karakter anak, perhatikan kualitas pengajar di lembaga tersebut, perhatikan layanan dan fasilitas (jangan hanya terpengaruh promo semata), dan yang terakhir yaitu sesuaikan dengan budget keuangan anda.

Bimbel yang bagus tidak selalu bimbel dengan biaya mahal. Banyak lembaga-lembaga bimbingan belajar dengan harga terjangkau yang berhasil mencetak lulusan dengan nilai dan predikat terbaik.

tokopedia.com

PENUTUP


Nah segala hal yang terkait dengan fungsi dan contoh brosur sudah dipaparkan di atas. Sekarang saatnya kamu membuat sendiri brosur yang kamu inginkan entah itu untuk sekolahmu, bisnismu, organisasimu, komunitasmu, dan lain-lain.

Semoga beberapa contoh di atas bisa membantumu dalam membuat brosur, atau paling tidak bisa menambah wawasan pembaca tentang brosur.

Karena seperti yang dijelaskan di atas ada banyak manfaat brosur yang bisa kita nikmati, mulai dari dapat membantumu mendapatkan informasi tentang banyak hal, sampai pada membantumu memasarkan produk yang kamu jual sehingga bisa menambah income dong ya.

Pada akhirnya sekali lagi semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.