19 Contoh Cover Makalah yang Baik dan Cara Membuatnya

CONTOH COVER MAKALAH – Bagi sebagian individu yang sedang berada dalam masa belajar, baik dari bangku sekolah maupun kuliah pastinya mereka akan selalu berkutat dengan beberapa tugas sehari-hari.

Terkadang setiap tugas mempunyai waktu tersendiri bahkan tak sedikitpun ada yang menyita waktu terlalu banyak, seperti tugas makalah misalnya.


Sekilas Tentang Makalah dan Definisinya


Image Source: baabun.com

Makalah adalah suatu karya tulis ilmiah yang mengulas berbagai permasalahan secara umum. Makalah tidaklah dibuat dengan asal-asalan, karena isi dari makalah tersebut haruslah dapat dipertanggungjawabkan.

Ada beberapa struktur makalah yang harusnya diperhatikan sebelum dibuat, khususnya pada bagian dalamnya yang mana sebuah tulisan haruslah diangkat dengan jelas agar bisa dipahami oleh para pembaca lainnya.

Menempuh pendidikan baik pendidikan formal maupun pendidikan non-formal identik dengan pemberian tugas tertentu terkait dengan mata pelajaran yang dipelajari di institusi tersebut.

Pemberian tugas ini sering diberikan oleh pengampu baik dosen ataupun guru dalam bentuk penulisan makalah yang ditulis sesuai dengan sistematika penulisan dan tentu saja sesuai dengan tema yang diajarkan oleh guru atau dosen tersebut.

Saat ini, tugas memuat makalah sering diberikan untuk melatih keterampilan menulis baik siswa maupun mahasiswa. Makalah sendiri merupakan sebuah karya tulis yang bersifat ilmiah mengenai suatu topik tertentu yang mencakup dalam ruang lingkup ilmu pengetahuan.

Sebelum membuat makalah, seorang siswa atau mahasiswa harus mengetahui sistematika penulisan makalah yang baik. Adapun makalah yang baik adalah makalah yang memiliki sistematika sebagai berikut :

  • Merupakan hasil kajian literatur atau laporan hasil suatu kegiatan tertentu.
  • Menunjukkan tingkat kemampuan pemahaman siswa atau mahasiswa terhadap isi dari berbagai sumber yang digunakan.
  • Menunjukkan kemampuan siswa atau mahasiswa dalam meramu berbagai sumber informasi dalam menyusun suatu makalah secara sistematis.
  • Mendemonstrasikan tingkat pemahaman siswa mengenai permasalahan teoritik yang dikaji.

Lain dari pada itu, cover makalah juga merupakan bagian terpenting yang mana kebanyakan orang terkadang sering mengabaikannya.


Jenis dan Sistematika Penulisan Makalah


kompasiana.com

Berdasarkan jenisnya, makalah dibagi menjadi dua jenis, yaitu makalah biasa (common paper) dan makalah posisi (position paper)

  1. Makalah biasa (common paper), yaitu makalah yang dibuat untuk menunjukkan pemahamannya mengenai permasalahan yang sedang dibahas. Dalam membuat makalah jenis ini, pandangan tentang masalah yang dikaji dikemukakan secara deskriptif. Penulis juga dapat memberikan pendapat pribadinya baik berupa kritik atau saran.
  2. Makalah posisi (position paper), yaitu makalah yang dibuat untuk menunjukkan posisi teoritiknya dalam suatu kajian. Untuk makalah jenis ini tidak saja menunjukkan penguasaan pengetahuan tertentu, namun juga mensyaratkan keberpihakan penulis yang didukung oleh teori-teori atau data yang relevan.

Baik makalah biasa maupun makalah posisi harus memiliki sistematika yang baik, diantaranya adalah harus memiliki pendahuluan, isi, dan kesimpulan.

1. Pendahuluan Makalah

Pada bagian ini, penulis mengemukakan persoalan yang akan dibahas pada makalah. Pendahuluan masalah meliputi latar belakang masalah, tujuan dari ditulisnya makalah, dan prosedur pemecahan masalah.

2. Isi

Pada bagian isi mendemosntrasikan kemampuan penulis dalam menjawab masalah yang diajukan yang didukung oleh teori-teori yang diperoleh dari kajian ilmiah seperti buku atau jurnal pendukung.

3. Kesimpulan

Pada bagian ini merupakan kesimpulan dan bukan ringkasan. Kesimpulan adalah makna yang diberikan penulis terhadap hasil uraian yang telah dibuatnya. Dalam mengambil kesimpulan, penulis harus mengacu kepada permasalahan atau tujuan ditulisnya makalah yang diajukan dalam bagian pendahuluan.

Salah satu bagian yang tidak kalah penting dalam menyusun makalah adalah cover makalah. Cover makalah merupakan identitas dari makalah itu sendiri. Isi pokok dari makalah sebaiknya tersampaikan melalui cover makalah.

 


Cara Membuat Contoh Cover Makalah


Image Source: ibnudin.net

Menyikapi bagian terpenting pembuatan sampul makalah yang sering diabaikan, pada artikel ini akan dibahas bagaimana cara membuat contoh cover makalah yang benar. Ingin tahu seperti apa? Ini liputannya.

1. Judul Makalah

Dalam suatu penulisan judul pada bagian atas biasanya diberi keterangan terlebih dahulu dengan menggunakan huruf kapital.

Selanjutnya, tulis judul makalah yang akan dibuat. Pastikan kamu menggunakan font formal, seperti Times New Roman, Arial, Calibri dan lain sebagainya. Contoh diatas menggunakan font Calibri berukuran 16px tipe Bold. Jangan lupa untuk memilih rata tengah atau Center. 

Ya, judul merupakan bagian terpenting dari makalah, karena dengan judul-lah tujuan dari isi makalah akan lebih terlihat jelas.

Setidaknya diperlukan bahasa Indonesia yang baik dan benar atau EYD (Ejaan yang Disempurnakan) dalam penulisan judul.

Terdapat dua bagian dalam penulisan judul, yakni judul dan sub-judul. Sub-judul berfungsi untuk memperinci maksud dari judul yang ditulis secara singkat dan jelas.

2. Tujuan Makalah

Pada bagian paling atas, dituliskan tujuan pembuatan makalah. Tujuan pembuatan makalah dapat berupa tugas mata kuliah tertentu atau merupakan hasil kerja praktek.

Bila makalah merupakan hasil praktikum maka bisa dituliskan dengan “laporan hasil praktikum”. Namun, bila makalah merupakan tugas dari mata kuliah tertentu, maka ditulis nama mata kuliah tersebut.

Font yang digunakan masih sama dengan font judul. Hanya saja ukurannya yang beda, menjadi 11px. Fitur Bold juga tidak diaktifkan agar membedakan antara judul dan tujuan.

Usahakan untuk menulis tujuan makalah setelah penulisan judul, isilah berdasarkan pada tugas apa yang kita buat untuk memenuhi persyaratan kesempurnaan makalah.

Gunakan ukuran huruf lebih kecil dari judul, buatlah tujuan makalah lebih singkat, seperti berikut:

Diajukan Untuk Memenuhi Tugas
Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Bisa juga tambahkan dosen pembimbing di bagian bawah logo.

3. Gambar atau Logo

Sama dengan penulisan judul, logo juga ditempatkan di tengah lembar kerja. Logo disini bisa berupa lambang universitas atau lambang sekolah. Pada cover makalah, yang paling mencolok adalah bagian logo, oleh sebab itu pemberian logo merupakan hal yang wajib pada cover makalah.

Karena logo berbentuk gambar, maka sebaiknya logo tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Besar kecilnya logo disesuaikan dengan ukuran font judul dan aspek-aspek lain.

4. Data Penyusun atau Penulis Makalah

Sebagai kelengkapan atau formalitas, sah-sah saja jika kamu menambahkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM). Bagian ini merupakan identitas penulis yang membuat makalah.

Penulisan identitas penulis pada makalah selain untuk menunjukkan si penulis, juga untuk mencegah agar makalah tersebut tidak diklaim oleh orang lain. Penulisan identitas penulis makalah ini sebaiknya menggunakan font yang sama dengan font yang digunakan untuk menulis judul makalah.

Letakkan data penulis makalah tepat dibawah gambar atau logo. Isi data penulis tersebut dengan jelas dan lengkap. Jangan lupa untuk mengurutkan nama data penulis dari suatu kelompok sesuai ukuran panjangnya (agar terlihat rapi).

5. Nama Guru atau Dosen Pengampu

Nama dosen atau guru pengampu di tuliskan tepat dibawah identitas penulis dengan menggunakan font yang sama dengan font identitas penulis. Ditulis secara lengkap beserta dengan gelar dosen atau guru tersebut.

6. Cantumkan Nama Jurusan dan Fakultas

Semua font yang digunakan harus sama. Jika judul makalah menggunakan font Times New Roman, maka semua isi makalah mulai dari awal sampai akhir harus menggunakan font yang sama yaitu Times New Roman.

Pada bagian ini, sebaiknya menuliskannya dari tingkatan terendah terlebih dahulu. Penulisan bisa dimulai dengan menuliskan nama jurusan terlebih dahulu, lalu diikuti dengan menuliskan nama jurusan, kemudian nama universitas. Dan jangan lupa untuk mencantumkan tahun ajaran pada bagian paling bawah.

Penulisan bagian ini juga menggunakan font yang sama dengan judul dan identitas penulis makalah. Untuk pencantuman nama instansi, contoh diatas menggunakan Calibri ukuran 11px Bold.


Contoh Cover Makalah


Image Source: lpmdinamika.co

Penulisan cover makalah disesuaikan dengan format resmi yang sudah ditetapkan oleh institusi tertentu. Umumnya cover makalah mencakup hal-hal yang sudah disebutkan sebelumnya, hanya saja urutannya bisa berubah-ubah sesuai dengan format yang sudah ditetapkan oleh suatu institusi.

Berikut ini merupakan contoh-contoh beberapa cover makalah yang bisa dijadikan referensi dalam membuat cover makalah.

1. Cover Makalah Tugas Kuliah

Berikut ini merupakan contoh penulisan cover makalah hasil praktikum mahasiswa. Pada bagian paling atas dituliskan nama mata kuliah lalu diikuti dengan judul dari praktikum tersebut.

Image Source: slideshare.net

2. Cover Makalah Perencanaan Bisnis Mahasiswa

Image Source: celticstown.com

3. Cover Makalah Tugas Psikologi Pendidikan

Image Source: faraliaekaputri.wordpress.com

4. Cover Makalah Kesehatan

Image Source: celticstown.com

5. Cover Makalah Metodologi Penelitian

Image Source: slideshare.net

6. Cover Makalah Pengembangan Diri

Image Source: slideshare.net

7. Cover Makalah Bahasa Indonesia

Image Source: deweezz.com

8. Cover Makalah untuk Laporan Tugas Praktik

Image Source: sijai.com

9. Cover Makalah Tugas Mata Pelajaran

Image Source: sinterb.blogspot.com

10. Cover Makalah Kliping

Image Source: contohti.blogspot.com

11. Contoh Cover Makalah Biologi

Nah kalau kamu membuat makalah tentang biologi kamu juga harus membuat cover makalahnya. Cover makalah tersebut bisa kamu buat sekreatif mungkin, misalkan ditambah gambar yang sesuai dengan judul makalah kamu atau juga yang lainnya.

Asal informasi penting yang harus ada dalam cover tetap tersampaikan. Di bawah ini terdapat contoh cover makalah biologi:

contoh cover makalah
slideshare.net

12. Contoh Cover Makalah Fisika

Bagaimana cara membuat cover makalah fisika? Berikut ini terdapat salah satu contoh cover makalah fisika yang bisa kamu pelajari:

contoh cover makalah
slideshare.net

13. Contoh Cover Makalah Kuliah

Hampir setiap mata kuliah pasti memberikan tugas yang ditulis dalam bentuk makalah, baik yang bersifat kelompok maupun individu.

Bagi kamu yang merupakan mahasiswa baru dan masih awam dalam membuat sebuah makalah, tentu akan bingung juga dalam membuat cover makalahnya. Untuk itu di bawah ini terdapat contoh cover makalah yang biasa dibuat oleh mahasiswa:

contoh cover makalah
romadecade.org

14. Contoh Cover Makalah dengan Logo

Tidak semua cover makalah harus mencantumkan logo suatu lembaga. Tetapi memang banyak juga cover makalah yang mencantumkan logo tersebut seperti contoh di bawah ini:

contoh cover makalah
romadecade.org

15. Contoh Cover Makalah SMA

Hari ini banyak sekolah menengah atas yang melatih siswa nya untuk membuat makalah sejak masih kelas sepuluh. Selain agar membuat siswa berpikir sistematis, hal ini dimaksudkan agar siswa nantinya terlatih dalam membuat makalah ketika dirinya melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Hal yang harus dicantumkan dalam makalah salah satunya adalah cover makalah. Berikut ini terdapat salah satu cover makalah yang biasa dibuat oleh murid SMA:

contoh cover makalah
celticstown.com

16. Contoh Cover Makalah Hasil Observasi

Observasi merupakan tugas lapangan yang diberikan kepada mahasiswa agar mengerti benar kondisi yang sebenarnya dan tidak melulu terpaku pada teori saja.

Nah biasanya laporan dari hasil observasi tersebut harus ditulis dalam bentuk makalah. Untuk membuat cover makalah hasil observasi hampir sama dengan cover makalah lainnya.

Berikut adalah salah satu contoh cover makalah hasil observasi yang bisa kamu jadikan referensi:

contoh cover makalah
deweezz.com

17. Contoh Cover Makalah Kelompok

Membuat makalah memang bisa berkelompok atau individu tergantung pada si pemberi tugas dan juga beban tugas yang diberikan.

Dalam membuat cover makalah yang bersifat kelompok memang hampir sama dengan cover makalah pada umumnya, hanya saja nama penulis makalah akan lebih banyak, dan harus dicantumkan semuanya.

Untuk kamu yang masih bingung dalam membuat cover makalah kelompok, di bawah ini terdapat salah satu contohnya:

contoh cover makalah
oddav.com

18. Contoh Cover Makalah Individu

Seperti halnya makalah kelompok, makalah yang dibuat oleh seorang individu saja juga harus menyertakan cover makalah.

Cover tersebut harus memuat beberapa informasi seperti judul makalah, nama penulis, nama instansi, dan juga biasanya ditambahkan tahun dan logo instansi. Berikut salah satu contoh cover makalah individu tersebut:

contoh cover makalah
romadecade.org

19. Contoh Cover Makalah Akuntansi

Siswa jurusan IPS, SMK dan mahasiswa jurusan akuntansi tentu sering diberikan tugas untuk membuat sebuah makalah yang berhubungan dengan akuntansi.

Karena memang banyak pembahasan akuntansi yang bisa dijadikan makalah.Seperti yang diketahui sebuah makalah yang lengkap pasti juga menyertakan sebuah cover makalah yang menunjukkan identitas makalah.

Nah di bawah ini terdapat salah satu contoh cover makalah akuntansi untuk kamu yang masih bingung dalam menyusunnya:

contoh cover makalah
slideshare.net

Demikian penjelasan kami mengenai Contoh Cover Makalah Baik Beserta Pengertian dan Cara Membuatnya. Semoga bermanfaat.

Keyword: Contoh Cover Makalah

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*