Contoh Curriculum Vitae yang Unik dan Menarik Agar Diterima Kerja

Contoh Curriculum Vitae – Curiculum vitae sudah menjadi bagian yang paling penting dalam proses mencari lowongan kerja. Meski tidak semua curriculum vitae itu digunakan sebagai syarat dalam memasuki dunia kerja.

Kadang juga digunakan ketika melamar di instansi pendidikan, ikut organisasi tertentu atau juga untuk mengikuti program beasiswa.

Meski demikian, umumnya curriculum vitae dibuat untuk melamar pekerjaan di perusahaan, instansi pendidikan, atau pun di lowongan kerja manapun.

Bahkan pada zaman sekarang, beberapa perusahaan tidak mensyaratkan lagi untuk menuliskan surat lamaran, melainkan hanya curriculum vitae saja lalu langsung di lanjutkan dengan wawancara.

Artinya curriculum vitae menjadi bagian terpenting dalam proses memasuki dunia kerja. Kalau boleh dibilang curriculum vitae dan lowongan kerja ibarat dua sisi uang logam yang tidak bisa terpisahkan.

Lantas, apakah sebenarnya yang dimaksud dengan curriculum vitae? Dan bagaimanakah asal kata dan defenisinya? Berikut penjelasannya!


Pengertian Curriculum Vitae


Image Source: tstatic.net

Kalau dilihat dari asal muasal katanya, sebearnya curiculum vitae berasal dari bahasa latin yang dahulu kala dimaknai dengan perjalanan dalam hidup.

Di negara kita, Indonesia, istilah ini populer juga dengan sebutan daftar riwayat hidup.

Beberapa pakar kemudian mendefinisikan curriculum vitae sebagai daftar riwayat hidup berupa dokumen yang memberikan gambaran mengenai perjalanan seseorang dan kualifikasi lainnya.

Melihat defenisi dari pakar tentang curriculum vitae di atas maka dapat kita simpulkan fungsi dari curriculum vitae adalah sebagai sarana untuk memperkenalkan diri si pelamar kerja secara tidak langsung (dalam bentuk tulisan) yang berisi data diri si pelamar, latar belakang pendidikan si pelamar, riwat pekerjaan dan data-data lainnya yang memperlihatkan sisi menarik (kelebihan) si pelamar.

Meskipun demikian suatu curriculum vitae harus dituliskan apa adanya, tanpa rekayasa.

Karena beberapa HRD perusahaan biasanya akan menghubungi beberapa instansi tempat bekerja sebelumnya, jika ditemukan hal-hal yang mencurigakan. Jadi, tetap harus apa adanya dan yang terpenting proporsional.


Tips dalam Membuat Curriculum Vitae yang Baik


Dalam mendesain Curriculum Vitae (CV) yang baik anda harus paham mengenai komponen apa saja yang harus dicantumkan. Anda dapat melihat beberapa contoh curriculum vitae dari internet dan berbagai sumber terpercaya lainnya.

Salah satu hal yang tidak boleh dilupakan saat menyusun CV adalah mencantumkan informasi kontak dan keahlian khusus yang anda kuasai (skill). Biasanya mata HRD akan tertuju pertama kali kepada skill yang anda miliki, baru kemudian melirik kepada pengalaman kerja.

Nah, untuk menghasilkan CV yang menarik dan menjual, berikut beberapa tips dan langkah yang harus anda perhatikan saat membuat dan mendesain CV.

1. Gunakan Kertas Putih Polos

Dalam hal ini kertas putih digunakan jika anda membuat CV dengan tulis tangan. Terkadang terdapat beberapa perusahaan yang mengharuskan calon pelamarnya membuat surat lamaran dan CV dengan tulis tangan.

Lewat tulisan tangan bagian HRD sebuah perusahaan akan mampu menebak kriteria dan karakteristik anda secara langsung.

Nah agar tercipta kesan pertama yang baik nih, desain lah CV sesuai dengan kreasi anda serapih mungkin. Sesuaikan dengan formasi jabatan yang adan incar. Ukuran kertas yang digunakan biasanya A4 80 gram, karena kertas ini merupakan jenis yang paling cocok untuk menilai sebuah tulisan.

2. Buatlah Tampilan Rapih dan Indah

Sesuai dengan instruksi sebelumnya, tampilan yang rapih dan indah tentu akan menjadi nilai tambah. Rapih tidak selalu bersifat kaku, desain yang unik namun dapat dibaca dan dicerna dengan mudah juga bagian dari estetika.

Untuk membuat keseragaman, terkadang beberapa perusahaan telah menyediakan desain dan template CV tertentu. Anda diperintahkan untuk mengisi CV secara detail dengan mengikuti petunjuk yang sudah ada.

3. Perhatikan Pemilihan Jenis Huruf

Jenis dan ukuran huruf dalam menulis CV juga menjadi perkara yang cukup penting. Jangan coba-coba untuk menggunakan font yang terlihat unik namun tidak enak dipandang mata apalagi sampai tak terbaca.

Jenis font yang biasanya digunakan adalah segala jenis huruf resmi seperti arial dan times new roman. Ukuran font kisaran 11 pt -12 pt.

4. Gunakan Bahasa Sesuai EYD

Terutama saat menjelaskan pengalaman kerja, gunakanlah bahasa Indonesia yang baik, lugas, dan dapat dimengerti. Jangan gunakan bahasa yang bertele-tele apalagi bahasa Indonesia yang tidak baku.

5. Gaya Eksplisit

Tulislah data sesuai dengan fakta yang tidak akan menimbulkan pertanyaan bagi yang membaca. Hindari penggunaan kiasan-kiasan yang rumit sehingga tampak ambigu.

6. Jangan Lebih dari 2 Halaman

Curriculum Vitae yang baik tidak melebihi 2 halaman kertas HVS. CV bukanlah cerita pendek yang dikarang bertele-tele sehingga melebihi dua halaman. Jika ada sedang membuat CV ringkaslah sedemikian rupa, dan tambahkan desain yang unik sehingga orang lain tertarik dengan CV anda.

Jika CV sudah ditulis dengan benar dan didesain semenarik mungkin, maka kemungkinan anda diterima kerja akan lebih tinggi. Agar tidak bingung berikutnya akan kami jelaskan contoh curriculum vitae dan beberapa aplikasi untuk mendesainnya menggunakan gadget.


Aplikasi untuk Mendesain Curriculum Vitae


Canggihnya teknologi kini akan memudahkan kita dalam berbagai keperluan, seperti halnya membuat CV. Menggunakan beberapa aplikasi anda tidak usah repot membuat desain CV di Microsoft office ataupun perangkat lunak lainnya di computer.

Kini mendesain CV dapat dengan mudah anda lakukan dimana saja melalui ponsel pintar yang ada di genggaman. Berikut beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan secara gratis untuk membuat CV:

1. Canva

Dinobatkan sebagai salah satu aplikasi terbaik yang paling banyak didownload oleh pengguna ponsel pintar (smartphone). Selain digunakan untuk mendesain CV, canva juga dapat digunakan untuk mendesain dan mengedit photo, undangan, dan berbagai keperluan lainnya.

Keunggulan menggunakan aplikasi ini yaitu template yang tersedia beragam dan sangat menarik. Dilengkapi dengan berbagai fitur editing, kamu dapat dengan bebas menuangkan ide dan kreasi dalam membuat Curriculum Vitae (CV).

2. CV Bulider App

Aplikasi kedua ini dapat digunakan secara offline tanpa harus terhubung dengan koneksi internet. Dengan tampilan yang ringan, CV Builder sangat friendly bagi pengguna awam dan baru belajar mendesain dan mengedit menggunakan aplikasi.

Tidak membutuhkan waktu lama, cukup dalam waktu 2-3 menit saja CV yang anda impikan sudah jadi. Tersedia beragam format cantik dan unik, memudahkan anda untuk mengedit informasi kontak, riwayat kerja dan lainnya pada template yang telah tersedia.

Setelah selesai mendesain dan mengedit informasi yang sekira perlu dituliskan, anda dapat menyimpan CV dalam format document (DOC) atau PDF dan dikirimkan langsung ke alalmt email anda.

3. Curriculum Vitae

Aplikasi gratis berikutnya untuk membuat CV bernama Curriculum Vitae. Menyediakan lebih dari 45 template yang unik dan penuh warna. Telah diunduh oleh lebih dari satu juta pengguna,aplikasi ini termasuk mudah untuk digunakan. Langsung saja download di playstore anda.

4. Job CV Maker

Juga menyediakan berbagai macam template gratis dan menarik, menggunakan aplikasi ini untuk membuat CV dapat diselesaikan hanya dalam hitungan menit saja.

Tersedia tips dan cara mendesain CV setiap langkahnya, artinya anda dapat membuat CV secara step by step. Setelah CV jadi, anda dapat menyimpannya dalam bentuk format PDF atau membagikannya lewat media sosial seperti WhatsApp.

5. Easy Resume Builder

Aplikasi kelima ini mengajak anda untuk membuat CV dengan tampilan elegan dan profesional. Terdapat fitur interface yang merupakan salah satu keunggulan dari aplikasi ini.

Keunggulan lainnya menggunakan aplikasi ini adalah anda dapat membuat lebih dari satu CV secara bersamaan. Menyediakan fitur cek dan validasi yang akan memudahkan pengguna untuk mengoreksi setiap kesalahan yang dimasukkan di dalam CV.


Detail Curriculum Vitae yang Baik dan Menarik


Image Source: HelpShared.com

Sebagian teman, yang masih baru dalam dunia kerja (baru lulus kuliah) sering bertanya bagaimana membuat curriculum vitae yang menarik? Bahkan, masih ada juga yang bertanya-tanya tentang detail isi dari sebuah curriculum vitae.

Jika anda salah satu yang masih bingung tentang detail ataupun apa sajakah yang wajib ada dalam suatu curriculum vitae, berikut kami tuliskan rincian contoh curriculum vitae:

• Data Pribadi Diri

Maksudnya adalah menuliskan informasi diri yang terdiri dari nama lengkap, tanggal lahir, bulan lahir, tahun lahir, alamat sesuai KTP, alamat domisili, nomor telepon (kalau memiliki telepon) dan juga alamat e-mail yang terdaftar.

Khusus untuk alamat email gunakanlah nama formal berupa nama lengkap, bukan nama alay atau yang tidak ada hubungannya dengan diri anda.

• Deskripsi Tentang Diri si Pelamar

Setelah data diri di atas sudah dilengkapi semuanya. Selanjutnya adalah menjelaskan dan menggambarkan tentang diri si pelamar.

Menjelaskan dan menggambarkan diri di sini dimaksudkan mempromosikan diri, karena hal ini adalah kesempatan terbaik untuk memperlihatkan kelebihan dan prestasi-prestasi diri.

Buatlah tiga atau empat kalimat ringkas yang bisa menarik perhatian HRD dan menarik perekrut untuk mengetahui lebih banyak tentang diri si pelamar. Gunakan bahasa yang sederhana tapi dengan diksi yang tepat.

Gunakan juga kata ganti orang pertama dengan merangkum tentang diri, minat, keahlian yang dimiliki serta tujuan (harapan) kalau semisal diterima di perusahaan yang hendak dilamar.

Setelah selesai ditulis deskripsi tentang diri tersebut, ada baiknya dibaca ulang sehingga benar-benar menjadi sebuah pendiskripsian diri yang menarik dan menghindarkan dari typo atau kesalahan dalam pengetikan.

• Riwayat Pendidikan Formal

Setelah tulisan tiga atau empat kalimat tentang deskripsi diri si pelamar pekerjaan, selanjutnya adalah melengkapi curriculum vitae dengan riwayat pendidikan formal mulai dari tempat dan tahun lulusan pada sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas dan juga perguruan tinggi.

Selain riwayat pendidikan formal sertakan juga riwayat pendidikan non-formal kalau sekira ada.

Tapi cantumkanlah riwayat pendidikan non-formal yang berkaitan dengan spesifikasi pekerjaan yang dilamar. Sehingga membuat peluang diterima menjadi lebih besar.

• Menuliskan Riwayat Pekerjaan Sebelumnya

Point selanjutnya adalah menuliskan riwayat pekerjaan sebelumnya yang dilengkapi dengan nama instansi dan posisi yang ditempati.

Dengan melampirkan riwayat pekerjaan akan secara langsung memberikan gambaran terhadap tim HRD yang bersangkutan.

Maka, ada baiknya dituliskan secara detail sehingga lebih mudah dipahami cakupan kerja yang dilakukan, keterampilan yang dipunyai, serta tim HRD yang bersangkutan akan memperkirakan nilai tambahan dari tiap-tiap kandidat.

Namun, jika si pelamar adalah fresh graduate dan belum memiliki pengalaman kerja. Hal ini bisa diganti dengan pengalaman organisasi, kegiatan kampus atau lembaga yang pernah diikuti.

• Menuliskan Keterampilan yang Dimiliki

Setelah menuliskan riwayat pekerjaan atau pengalaman organisasi (yang fresh graduate), selanjutnya adalah menuliskan keterampilan yang dimiliki oleh si pelamar.

Adapun yang dimaksud dengan keterampilan di sini misalnya, kemampuan bahasa Asing (Inggris, Arab, Mandarin, atau lainnya), keterampilan komputer baik DKV maupun grafis, atau keterampilan lainnya yang mendukung dan berhubungan dengan job yang dilamar.

Namun yang terpenting adalah menjelaskan sejauh mana keterampilan itu dikuasai, misalnya bahasa Asing, apakah si pelamar menguasai secara aktif atau pasif.

Kalau dalam bidang komputer DKV atau grafis, aplikasi apa saja yang benar-benar dikuasai, apakah sudah tingkatan pro atau baru basic.

• Riwayat Prestasi yang Pernah Dicapai

Selanjutnya adalah menyertakan riwayat prestasi yang pernah dicapai. Tulis dan terangkan dengan ringkas, jelas dan padat terkait jenis prestasi, tahun diselenggarakan beserta penyelenggaranya.

Namun, tentu saja tidak semua prestasi yang mesti dicantumkan. Akan tetapi, pilihlah prestasi yang berkaitan dengan kerja yang hendak di lamar.

Misalnya, kalau hendak melamar pada bagian desain, mungkin bisa mencantumkan ketika memenangi lomba desain tingkat propinsi dan seterusnya.

• Rekan Kerja si Pelamar/Saksi Yang bisa Dimintai Keterangan

Terakhir adalah rekan kerja si pelamar di tempat kerja sebelumnya atau keluarga atau sahabat si pelamar yang mengetahui riwayat kehidupan si pelamar dengan baik.

Setidaknya dua orang yang bisa dipercaya dengan menyertakan nama, jabatan, instansi tempatnya bekerja, nomor telpon yang bisa dihubungi beserta alamat email.

Beberapa teman yang pernah melamar di perusahaan internasional, pernah diminta melampirkan hal demikian.

Jadi, bagi si pelamar yang hendak melamar di perusahaan internasional dan profesional jangan lupa melampirkan dua orang yang bisa dimintai keterangan terkait diri anda.


Beberapa Kesalahan dalam Membuat Curriculum Vitae


nz.hudson.com

Meski sudah sering menyusun CV dan mendesainnya sebaik mungkin, masih saja terdapat beberapa kekurangan yang tak kita sadari. Oleh karena itu perlu perlu dilakukan pengoreksian ulang setiap kali selesai membuat curriculum vitae.

Jika perlu mintalah opini dari orang terdekat, barangkali anda kurang teliti dan bisa diingatkan lewat kejelian orang lain. Berikut beberapa kesalahan yang kerap kali terjadi dalam membuat sebuah Curriculum Vitae:

Typo

Salah ketik (typo) adalah kesalahan yang hampir dilakukan oleh semua orang. Jangan sampai anda membiarkan kesalahan kecil ini terpampang di CV. Hal ini dapat menimbulkan penafsiran yang buruk pada yang membaca.
Anda akan dicap tidak teliti dan semborono dalam mengerjakan sesuatu.

Telitilah kembali setiap detail dari CV yang dibuat sebelum memutuskan untuk menyebarkan CV tersebut ke berbagai perusahaan.

Format Terlalu Kreatif

Sesuaikan format yang dibuat dengan jenis jabatan yang anda lamar. Bahkan jika bisa pahami karakter perusahaan yang anda lamar. Karena terkadang CV yang didesain terlalu kreatif dapat merepresentasikan kesan yang buruk di mata HRD.

Berbeda halnya jika anda melamar kerja di perusahaan desain grafis yang membutuhkan ide gila dan inovatif. Tunjukkanlah kemampuan desain anda lewat CV yang anda kirimkan. Intinya sesuaikan desain format dengan keperluan lamaran pekerjaan.

Penulisan Data

Seringkali kita menuliskan data yang tidak valid atau tidak sesuai dengan dokumen pendukung yang asli. Misalnya data nama dan alamat rumah tidak sesuai dengan KTP, atau data pendidikan yang tidak didukung oleh ijazah dan lainnya.

Satu Curriculum Vitae Untuk Semua Lamaran

Bedakan CV untuk melamar ke perusahaan swasta dengan CV yang akan digunakan untuk melamar menjadi guru atau dosen. Satu CV yang anda desain jangan digunakan untuk melamar ke semua jenis pekerjaan.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, berbeda perusahaan yang dituju berbeda pula karakter dan kriteria penilainnya terhadap kita. Sesuaikan kualifikasi anda dengan kualifikasi yang diminta masing-masing perusahaan.

Jangan Bertele-Tele

CV bukanlah lembaran prosa atau cerita pendek tempat anda mengarang bebas. Tulislah CV dengan bahasa yang singkat, lugas, namun ringkas. Sehingga bagian HRD tidak akan bosan membaca CV anda.

Nah, beberapa kesalahan di atas acap kali terjadi saat kita membuat dan mendesain CV. Gunakan desain dan tulisan yang tepat di tempatnya masing-masing. Jangan lupa untuk minta pendapat orang lain ya.


Contoh Curriculum Vitae Yang Sukses Diterima Kerja


Image Source: HelpShared.com

Sebagaimana yang telah disinggung dibagian awal bahwa curriculum vitae menjadi tolak ukur diterimanya seorang pelamar pada perusahaan yang ia lamar.

Maka, siapapun anda yang ingin sukses dalam melamar pekerjaan di perusahaan manapun. Wajib memperhatikan dan menulis curriculum vitaenya dengan baik dan menarik.

Bagaimanakah menulis curriculum vitae yang sukses diterima kerja. Mulai berlatih dengan beberapa point yang telah dijelaskan diatas.

Mulai dengan memperhatikan lalu dijadikan sebagai panduan dalam menulis curriculum vitae.

Selain itu, perhatikan juga format, desain dan tampilan curriculum vitaenya. Berikut contoh curriculum vitae yang layak dijadikan rujukan. Selamat mencoba!


Contoh Curriculum Vitae


Data Pribadi

Nama : Qamaruddin Ritonga
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat Tanggal Lahir : Sibolga, 29 Juli 1994
Kewarganegaraan : Indonesia
Alamat KTP : Jl. Merdeka, Suka Damai, Kecamatan Rambah Lanai, Sibolga, Sumatera Utara
Alamat Domisili : Jagalan, Banguntapan, Bantul, D.I Yogyakarta
Nomor Telepon/HP : 084598877889
Alamat E-Mail : [email protected]

Sekilas tentang Pelamar

Suka dunia desain sejak sekolah SMP. Suka tantangan, hal-hal baru dan siap sedia di semua situasi-kondisi.

Pendidikan Formal

SD N Sibolga lulus tahun 2007
SMP N Sibolga lulus tahun 2010
SMK N Sibolga jurusan Multimedia lulus tahun 2013
AMIKOM Yogyakarta jurusan Teknik Informatika lulus tahun 2017

Pendidikan Non-Formal

Kursus Desain Grafis di Suryamedika tahun 2016
Pelatihan Media dan Jaringan oleh Dinas Pendidikan D.I Yogyakarta 2017

Keahlian/Keterampilan

Menguasai Microsft office, Corel Draw, Adobe Ilustrator dan Adobe Indisigne

Pengalaman Kerja

PT. Iqro Indonesia Global sebagai DKV pada tahun 2017- 2018

Prestasi

Peringkat satu dalam lomba desain kaos kampus Unisma Yogyakarta 2016
Peringkat 3 lomba desain logo yang diadakan Kemendikbud pada tahun 2017

Saksi Yang bisa Dimintai Keterangan

1. Surya Pridayatma. Dosen Amikom Yogyakarta dengan nomor handphone 082344556566.
2. Tika Sughra. Manager PT. Iqro Indonesia Global Yogyakarta dengan Nomor Handphone 028834567890.

Demikianlah curriculum vitae ini saya buat dengan sebenar-benarnya.

Yogyakarta, 19 November 2018

Hormat saya,

(Qomarudin Ritonga)


Demikian Penjelasan lengkap mengenai Pengertian, detail dan Contoh Curriculum Vitae yang Menarik dan Sukses Diterima Kerja. Semoga bermanfaat.

Keyword: Contoh Curriculum Vitae

Leave a Reply