contoh dialog interaktif lengkap

8 Contoh Dialog Interaktif beserta Penjelasan dan Keterangannya Lengkap

Contoh Dialog Interaktif – Pada kesempatan yang berbahagia ini kita akan membahas apa itu dialog interaktif beserta penjelasannya lengkap.

Sebagaimana yang sudah sering kita jumpai, dialog interaktif banyak bisa dijumpai di berbagai media dan membantu mengetahui materi atau topik dengan mendalam dan detail.Dialog interaktif membuat percakapan mengenai peristiwa tertentu bisa semakin terasa menyeluruh dari berbagai sudut pandang.

Dialog interaktif sendiri umum kita jumpai di radio, televisi dan media sosial lain, seperti platform youtube yang baru-baru ini ramai dan mudah diakses. Ada sekian narasumber dan percakapan yang mengulas topik tertentu dengan santai dan menyenangkan.

Tak jarang juga dialog interaktif membahas tema serius dan menguras air mata. Yuk, mari kita simak penjelasannya di bawah ini.


Pengertian Dialog Interaktif


made-blog.com

Pengertian Dialog Interaktif merupakan sebuah perbincangan atau percakapan yang dilakukan pada sebuah acara di televisi atau radio antara pembawa acara dengan pendengar atau pemirsa melalui media langsung atau tak langsung seperti sambungan telepon.

Dalam Dialog Interaktif terdapat banyak pihak yang ikut andil seperti pembawa acara sebagai moderator, narasumber, pemirsa sebagai penanya.

Tema atau topik yang dibahas pada umumnya adalah tentang yang sedang viral atau ngetrend. Namun juga tak jarang membahas tentang fashion, kuliner, hobi, gaya hidup dan sport.

Dialog interaktif memiliki durasi tertentu dan ada juga yang berseri atau berkelanjutan. Dalam praktiknya yang tidak dalam media digital atau audio, kita bisa menjumpainya dalam seminar atau diskusi langsung tertentu.

Dialog interaktif yang terkenal seperti kajian Emha Ainun Najib, acara dialognya kick andy dan Mata Najwa, juga acara talk show dari beberapa artis terkenal.


Unsur Penting dalam Dialog Interaktif


notepam.com

Unsur pentingnya hampir sama dengan Wawancara dan unsur dalam pertanyaan-pertanyaan untuk mengupas tuntas sesuatu. Unsur-unsur tersebut adalah sebagai berikut:

What atau Apa

Hal ini untuk menanyakan mengenai pengertian atau penjelasan tertentu dalam topik. Biasanya penanya akan mengungkapkan rasa penasarannya untuk mendapat pengertian dan ulasan tertentu kepada narasumber.

Contohnya: apa pendapat anda tentang fenomena tren media sosial yang sedang ramai hari ini?

Who atau siapa

Hal ini untuk menanyakan mengenai siapa subjek atau objek penting dalam penjelasan narasumber. Penanya akan mengungkapkan pertanyaannya mengenai tokoh atau sasaran objek si manusia dalam pembahasan topiknya.

Contohnya: siapa yang menginspirasi anda untuk terjun di dunia politik?

Why atau mengapa

Hal ini untuk menanyakan alasan atau latarbelakang tertentu yang mendasari narasumber melakukan sesuatu hal dalam penjelasan atau ulasannya. Penanya akan menyusun pertanyaan untuk mengungkap alasan dibalik hal apa yang dilakukan narasumber.

Contohnya: Mengapa anda memilih kuliah di bidang sains bukannya seni?

When atau kapan

Hal ini untuk memanyakan mengenai waktu. Baik waktu di masa lalu, hari ini, atau perencanaan di masa mendatang.

Penanya menyusun pertanyaan karena ingin mengetahui ukuran waktu tertentu dalam penjelasan atau ulasan topik dari narasumber.

Contoh pertanyaannya: kapan anda mulai tertarik dengan dunia relawan sosial?

Where atau dimana

Hal ini untuk menanyakan mengenai keterangan tempat tertentu dalam topik atau pembahasan. Pertanyaan ini diungkapkan penanya untuk memperdalam keterangan mengenai lokasi tempat yang dijadikan keberadaan tertentu dalam pembahasan topik.

Contohnya: dimana anda bertemu pasangan anda pertama kali?

How atau bagaimana

Hal ini untuk menanyakan cara atau penjelasan yang lengkap dalam topik atau pembahasan tertentu. Penanya akan mengungkapkan pertanyaannya untuk mengungkap cara atau penjelasan lanjutan dari paparan yang disampaikan narasumber.

Contohnya: bagaimana anda menjelaskan keinginan untuk menjadi musisi kepada orang tua anda?

Prinsip-prinsip di atas disebut juga dengan rumus 5W+1H. Rumus dasar dalam wawancara atau berkomunikasi untuk bisa detail mendapatkan penjelasan yang lengkap terhadap peristiwa atau topik-topik tertentu. Semakin tajam dan lengkap pertanyaannya, semakin mendalam juga jawaban yang bisa didapatkan.


Tujuan Dialog Interaktif


pastiguna.com

Tujuan dialog interaktif tentu saja untuk mendapatkan banyak informasi atau penjelasan yang penting. Selain itu, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai usaha mengungkap fakta dengan cara yang santai dan efektif
  2. Untuk mengenal lebih dekat narasumber karena bertatap muka langsung
  3. Meningkatkan pendalaman karakter-karakter yang terlibat dalam dialog interaktif
  4. Untuk membuat pemirsa nyaman dengan gaya obrolan atas topik yang dibicarakan
  5. Untuk tujuan komersil tertentu
  6. Mengupas tuntas hal dibalik peristiwa yang banyak muncul di permukaan
  7. Melibatkan berbagai pendapat dan sudut pandang mengenai topik tertentu
  8. Ikut meramaikan topik yang sedang tren
  9. Untuk mendapatkan tips dan trik atau pesan-pesan dari narasumber untuk disampaikan ke publik
  10. Sebagai media menemukan berbagai pihak yang mungkin sulit untuk bertemu secara langsung

Ciri-ciri Dialog Interaktif


notepam.com

Dialog Interaktif memiliki beberapa ciri dan karakteristik khusus diantaranya :

  • Melibatkan banyak pihak (Moderator, Narasumber, dan lain-lain)
  • Bisa dilakukan langsung maupun tidak langsung (Melalui telepon atau media lainnya)
  • Terjadi proses tanya jawab baik moderator dan narasumber maupun dengan penanya.
  • Umumnya dilakukan melalui Televisi maupun Radio.

Hal-hal penting lain dalam Dialog Interaktif

Ada beberapa catatan penting selain yang disebut diatas dalam dialog interaktif. Hal-hal ini jangan sampai dilewatkan ketika kita melakukan proses dialog interaktif. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

Tema

Tema harus ditentukan sebelum acara dialog interaktif dilakukan. Tema yang menarik biasanya selalu berkaitan dengan isu-isu terkini yang berkembang di masyarakat.

Semakin menarik tema yang diangkat, maka akan semakin banyak penonton/pendengar dialog interaktif tersebut. Tema ini juga yang menjadi koridor atau batasan pembahasan dari awal dialog interaktif sampai akhir.

Narasumber

Narasumber yang diundang dalam sebuah dialog interaktif harus berasal dari kalangan yang benar-benar ahli/menguasai tema yang akan dibahas.

Narasumber inilah yang akan dijadikan rujukan dari topik atau tema yang sedang dibahas.

Opini

Opini yang disampaikan oleh pihak narasumber saat dialog interaktif berlangsung wajib diperhatikan. Penting untuk mengetahui apakah opini yang dikemukakan oleh narasumber ini didukung oleh data dan juga fakta yang valid ataukah tidak.

Opini disini merupakan pendapat narasumber yang bisa ditanyakan lebih lanjut oleh penanya. Opini bisa muncul lebih dari satu, maka penanya harus jeli memperhatikan dan dalam memunculkan opini-opini ini.

Kesimpulan

Kesimpulan ini berupa rangkuman mengenai hal-hal penting selama dialog interaktif berlangsung. Kesimpulan bisa disampaikan kepada penonton/pendengar di akhir acara dialog interaktif oleh pembawa acara.

Kesimpulan ini yang kemudian menjadi narasi atau jawaban pertanyaan utama dalam topik. Kesimpulan ini disebut juga dengan informasi ringkas dan pamungkas dari sepanjang durasi dilakukannya dialog interaktif


Contoh-contoh Dialog Interaktif


fouronstate.com

Berikut ini adalah beberapa contoh teks dialog interaktif beserta tema dan acaranya. Yuk simak sampai akhir.

Contoh Dialog interaktif pada acara di radio dengan tema manfaat konsumsi Kikil Sapi

Nama Radio : Delta FM

Acara : Sehat Bersama Delta FM

MC : Astrid

Narasumber : dr. Lidya

Topik : Manfaat Konsumsi Kikil Sapi

Dialog

Astrid : Pendengar Delta FM, kali ini kita masih bersama dengan dr. Lidya seperti biasanya akan membahas mengenai fakta gizi tentang bahan makanan yang sering sekali kita konsumsi. Selamat sore dokter.

Lidya : Selamat sore Astrid, selamat sore pendengar Delta FM!

Astrid : Para pendengar Delta FM sekalian, Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu bahan makanan yang banyak digunakan di Indonesia yaitu kikil sapi. Tekstur kenyal dari kikil memang banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat aneka kuliner khas Indonesia. Kita menjumpai ada bakso kikil, soto kikil, gulai kikil, dan lain sebagainya.

Lidya : Nah itu dia Astrid. Banyak sekali makanan khas daerah-daerah di Indonesia ini yang menggunakan kikil sebagai bahannya.

Astrid : Sekarang pertanyaannya ya dok, amankah kikil ini sebenarnya dikonsumsi? Karena banyak beredar informasi di masyarakat kalau sebenarnya kikil ini tinggi sekali kandungan kolesterolnya.

Dr. Lidya : Berbicara mengenai kandungan kolesterol yang tinggi dalam kikil itu sebenarnya hanya mitos saja Astrid.

Astrid : Jadi, selama ini kita salah menilai kikil sebagai makanan yang tidak sehat ya dok?

Dr. Lidya : Jadi begini, kikil itu kan terdiri dari jaringan tulang lunak yang berada di kaki. Jadi tidak sama dengan jeroan. Memang kikil ini mengandung kolesterol, tapi tidak setinggi dan seberbahaya jeroan.

Astrid : Lalu dok, jadi apakah aman mengkonsumsi kikil?

Dr. Lidya : Kalau kita konsumsinya masih dalam batas wajar, saya rasa masih aman-aman saja ya. Karena sebenarnya kikil sendiri juga kaya akan manfaat loh.

Astrid : Manfaat kikil? Apa itu dok?

Dr. Lidya : Jaringan tulang lunak pada hewan itu banyak mengandung zat yang disebut sebagai kolagen. Nah, kolagen sendiri sangat penting untuk menjaga elastisitas kulit.

Astrid : Jadi dok, bisa disimpulkan kalau kikil ini sangat bermanfaat untuk membuat kulit kita awet muda ya dok?

Dr. Lidya : Iya betul sekali. Asalkan kita mengkonsumsinya dengan wajar saja dan jangan lupa tetap diimbangi dengan olahraga teratur dan konsumsi air putih yang cukup ya.

Contoh Dialog interaktif pada acara Metro TV tentang tema Banjir

 

Nama Program : Bincang Kabar

Stasiun TV : Metro TV

Pembawa Acara: Aini

Narasumber : Hanan (ahli tata kota)

Asmi (aktivis lingkungan)

Tema : Persiapan Jakarta menghadapi musim hujan dan banjir

Dialog

Aini : Berbicara mengenai musim hujan di Jakarta, kita pastinya akan berfikir tentang bencana banjir yang membayanginya. Menurut Bapak Hanan sebagai seorang ahli tata kota, bagaimana sebenarnya persiapan yang harus dilakukan oleh pemerintah?

Hanan : Jakarta itu kan kota yang sangat kompleks permasalahannya. Jika berbicara mengenai bencana banjir, pasti hal pertama yang diperhatikan adalah kondisi saluran air seperti selokan, sungai, sodetan, dan lain sebagainya. Pemerintah sebelum masuk musim penghujan pasti akan memastikan perbaikan kondisi saluran drainasenya.

Aini : Sejauh ini, setiap tahun pasti selalu dilakukan, Tapi mengapa banjir selalu terulang?

Asmi : Karena masalahnya tidak sesederhana itu. Saluran drainase memang rutin diperbaiki menjelang musim penghujan. Tapi kita perlu melihat lagi bagaimana budaya masyarakat di ibukota ini.

Hanan : Iya betul sekali. Pemerintah memang selalu melakukan perbaikan. Namun, sifat masyarakat yang masih suka membuang sampah di sungai-lah yang menjadi salah satu problem utamanya. Bagaimana saluran drainase bisa berfungsi dengan baik kalau setelah dibersihkan nantinya akan dikotori lagi oleh warga Jakarta?

Aini : Jadi menurut Mbak Asmi, apakah penting juga memperbaiki sifat warga yang masih suka membuang sampah sembarangan?

Asmi : Ya sangat penting, bahkan sama pentingnya dengan perbaikan saluran drainase dan normalisasi sungai itu sendiri. Memperbaiki pola pikir manusianya itu sama penting dengan lingkungannya.

Kesimpulan:

Banjir bisa diatasi dengan perbaikan pola pikir masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan, utamanya ke daerah aliran sungai. Perbaikan sistem drainase dan normalisasi sungai tidak akan bisa mengatasi problem banjir sepenuhnya jika tidak diimbangi dengan kesadaran masyarakatnya.

Contoh Dialog interaktif pada acara INEWS TV tentang tema Pendidikan Full Day School

Nama Acara : Sapa Indonesia

Stasiun Televisi: Inews TV

Pembawa Acara: Ines dan Bobi

Narasumber : Romli (Pengamat dunia pendidikan Indonesia)

Sinta (psikolog)

Topik : Pro kontra wacana fullday school di Indonesia

Dialog

Ines : Selamat pagi pemirsa, kembali lagi di program Sapa Indonesia.

Bobi : Ya, kali ini kita akan membahas isu yang paling hangat di tengah masyarakat yaitu mengenai wacana penerapan fullday school di Indonesia. Bersama kita sudah ada 2 narasumber yaitu Bapak Romli dan Ibu Sinta. Selamat pagi!

Romli : Selamat pagi.

Sinta : Selamat pagi.

Ines : Kita tahu bahwa pemerintah sedang mengkaji ulang wacana fullday school di Indonesia secara menyeluruh mulai dari SD hingga SMA. Nah, menurut mbak Sinta sendiri sebagai seorang psikolog ini bagaimana kira-kira?

Sinta : Kalau saya sih lebih menekankan pada psikologi dan fisik anak ya. Memang alasan pemerintah ingin agar anak bisa mendapatkan waktu bersama keluarga yang lebih besar saat akhir pekan. Tapi, yang perlu digarisbawahi lagi, apakah anak-anak ini benar-benar siap saat harus belajar mulai dari pagi hingga sore hari?

Bobi : Kalau menurut pandangan Pak Romli sendiri?

Romli : Pemerintah memang sedang berupaya meningkatkan kualitas dunia pendidikan. Memang dari segi positif, semakin banyak waktu di sekolah, anak akan lebih minim berada di lingkungan yang negatif. Misalnya saja waktu untuk nongkrong-nongkrong bahkan hingga tawuran. Namun tidak semua tingkat pendidikan bisa menerapkan sistem fullday school ini.

Kesimpulan:

Fullday school memiliki sisi positif dan negatif. Keuntungannya, anak tidak akan punya banyak waktu untuk berkumpul di luar sekolah dan melakukan hal-hal negatif dan dapat menghabiskan waktu lebih banyak bersama keluarga di akhir pekan. Namun sisi negatifnya, anak bisa saja mengalami beban psikis dan fisik yang jauh lebih berat karena harus belajar seharian.

Contoh Dialog interaktif pada acara di Radio bertema Kebersihan

Nama Program : Selamat Pagi

Stasiun Radio : Sinar FM

Pembawa Acara: Nadin

Narasumber : dr. Ratna

Nadin : Selamat pagi pendengar setia Sinar FM. Pagi ini kita sudah bersama dengan dr. Ratna yang akan memberikan info tentang pentingnya cuci tangan sebelum makan. Selamat pagi dokter?

Dr. Ratna: Selamat pagi mbak Nadin, selamat pagi pendengar.

Nadin : Nah dok, ini kan kita dimana-mana sekarang sedang digerakkan untuk rajin cuci tangan menggunakan sabun. Sebenarnya manfaatnya apa ya dok?

Dr. Ratna: Banyak sekali ya Mbak manfaatnya. Cuci tangan dengan sabun memang sengaja digaungkan oleh pemerintah karena tubuh kita yang sehat itu dimulai dari tangan yang bersih. Bayangkan saja, tangan kita itu terbiasa bersentuhan dengan berbagai hal. Banyak kuman yang kemudian menempel di tangan.

Nadin : Nah, kuman-kuman itu ya dok yang menyebabkan penyakit?

Dr. Ratna: Benar sekali! Kuman-kuman itu yang bisa menyebabkan penyakit, misalnya saja muntaber, diare, sampai cacingan. Dengan cuci tangan pakai sabun, kuman yang ada di tangan kita akan hilang bersama dengan sabun dan air.

Nadin : Jadi, sabun tidak membunuh kuman dok?

Dr. Ratna: Tidak sepenuhnya benar. Sabun yang tidak mengandung alkohol memang tidak bisa membunuh kuman penyakit. Namun, cuci tangan dengan sabun bisa membuat kuman-kuman di tangan terangkat dan ikut pindah bersama air mengalir. Nah, jadi tangan bersih karena kumannya sudah hilang.

Kesimpulan:

Cuci tangan dengan sabun bisa menghilangkan kuman penyebab berbagai macam penyakit seperti diare, muntaber, dan cacingan.

Contoh Dialog interaktif pada acara Kick Andy tentang tokoh Inspiratif berbagi nasi

Acara : Kick Andy Show

Presenter: Andy

Narasumber: Dika (Aktivis Warung Berkah)

Tema : Berbagi dengan sesama melalui sebungkus nasi

Dialog

Andy : Selamat malam mas Dika. Pemirsa sekalian, Dika ini adalah salah satu anak muda yang sangat menginspirasi. Karena di usianya yang masih muda, dia sudah berhasil mendirikan Warung Berkah. Nah, coba ceritakan apa itu Warung Berkah?

Dika : Jadi Warung Berkah itu adalah sebuah wadah bagi anak-anak muda yang ingin berdonasi kepada sesama, namun dalam bentuk yang sedikit berbeda. Jika biasanya donasi diberikan berupa sumbangan uang atau barang, komunitas kita mencoba memberikan sumbangan berupa makanan nasi bungkus yang bisa diambil secara gratis oleh siapa saja yang butuh.

Andy : Wah, jadi kita bisa mengambil nasi di Warung Berkah dengan gratis tanpa bayar? Bagaimana itu? Siapa yang bisa mengambilnya?

Dika : Jadi siapa saja saudara kita yang membutuhkan, mereka bisa ambil nasi secara gratis di Warung Berkah. Setiap hari kita sediakan sekitar 200 porsi nasi bungkus.

Andy : Darimana dananya?

Dika : Itu hasil sumbangan dari teman-teman komunitas. Ada yang menyumbang dalam bentuk uang, tenaga, ada juga yang langsung menyumbang sudah dalam bentuk makanan siap saji.

Andy : Sungguh bagus sekali gerakan ini ya!

Kesimpulan:

Warung Berkah adalah sebuah tempat mengumpulkan dan menyalurkan donasi dengan format yang berbeda yaitu dalam bentuk makanan (nasi bungkus) yang bisa diambil oleh siapa saja yang membutuhkan secara gratis. Warung Berkah ini di gagas oleh anak muda dan komunitasnya juga berisi anak-anak muda yang punya jiwa sosial tinggi untuk membantu sesama.

Contoh dialog interaktif pada acara seminar dengan pengarang novel ternama

Nama acara : Bedah Buku
Narasumber : Raisa (novelis)
Moderator : Raina

Raina : Assalamu’alaikum Wr Wb, selamat datang teman-teman sekalian, pada acara bedah buku kali ini kita akan memngulas mengenai novel yang sedang hits-hitsnya karangan Mba Raisa. Ini novel pertama yang dipublish kalau nggak salah ya Mba Raisa?

Raisa : Iya betul ini karya pertama saya dan Alhamdulillah disambut dengan apresisasi yang sangat luar biasa. Terimakasih banyak saya ucapkan kepada para pembaca.

Raina : Luar biasa, karya pertama langsung laris ya Mba, kalau boleh tahu ini sudah masuk cetakan ke berapa Mba?

Raisa : Dalam satu tahun kebelakang ini sudah masuk cetakan ketiga Mba Raina, Alhamdulillah.

Raina : Subhanallah, nah gimana nih Mba rasanya buku pertamanya laris manis di pasaran.

Raisa : Perasaannya tentu saja campur aduk ya, saya tidak menyangka bisa setinggi ini peminatnya. Jauh di atas ekspektasi saya banget Mba Raina, bahkan jauh di atas yang ditargetkan.

Raina : Memang target awalnya seperti apa Mba Raisa?

Raisa : Awalnya saya dan tim penerbit hanya menargetkan satu kali cetak untuk tahun ini, karena saya penulis baru kan ya, jadi ya belum berani menargetkan tinggi-tinggi.

Raina : Nah, ternyata melebihi apa yang ditargetkan ya Mba. Memang awalnya bagaimana Mba promosinya sampai bisa terjual hingga cetakan ketiga gitu? Atau mungkin memang karena pamor Mba di sosial media sudah dikenal lebih dahulu oleh pembaca?

Raisa : Mungkin salah satu pengaruhnya dari situ juga Mba. Saya sebelumnya juga aktif di blog, dan sekarang juga bergabung dengan komunitas-komunitas pecinta buku. Mungkin beberapa dari pembaca juga banyak yang pernah tahu dan membaca blog saya, dan teman-teman dari lingkungan komunitas saya pastinya juga ikut andil membantu dalam mempromosikan buku ini,

Raina : Nah betul, kebetulan saya juga tahu novel Mba ini dari salah satu kerabat saya yang menjadi anggota komunitas tersebut. Perlu diketahui teman-teman, mungkin teman-teman juga sudah banyak yang tahu ya, kalau Mba Raisa ini sebelumnya memang sudah terkenal menjadi influencer dalam hal gerakan membaca dan pustaka jalanan. Beliau sudah cukup populer di media

Raisa : Wah sudah Mba Rina, jangan tinggi-tinggi memujinya, terbang saya nanti hhehe!

Raina : Nggak tinggi-tinggi Mba, tapi memang kenyataannya kok. Nah kita masuk langsung ke acara bedah bukunya ya Mba, eh salah maksud saya novel. Hehehe!

Contoh dialog interaktif dengan penyanyi ternama

Setting: Dialog singkat dengan seorang penyanyi ternama yang baru saja merilis single terbarunya bernama “Andika” di sebuah acara tangga musik.

Host : Oke seperti biasa 10 menit sebelum closing, kita akan memberikan surprise kepada kalian dengan mendatangkan salah satu musisi ternama, kali ini siapa yaa.. Kita sambut Andika! Halo Andika apa kabar nih bro?

Andika : Baik-baik Alhamdulillah

Host : Terimakasih sangat nih bro, sudah sempat sempatkan datang di dialog 10 menit terakhir kita kali ini. Perlu diketahui teman-teman kalau Andika baru saja kita kontak sejam yang lalu dan ternyata dia sempat-sempatkan hadir. Okeh, nggak lama-lama nih durasi ya cuma 10 menit aja, Andika banyak nih yang suka banget sama single terbaru lo “Cinta dan Tahta”, ceritakan sedikit dong lagu ini tentang apa?

Andika : Oke sesuai judulnya ya, lagu ini mengisahkan tentang seseorang yang harus berada di dua pilihan, dimana kalau dia memilih cintanya dia akan kehilangan tahta, sebaliknya kalau dia memilih tahta dia akan kehilangan cintanya gitu.

Host : Berasa jaman-jaman kerajaan gitu ya bro, bayangan gue si tokoh utama di lagu ini tuh mencintai wanita biasa yang bukan keturunan bangsawan di zaman-zaman dulu kala gitu hahaha

Andika : hahaha, masuk sih. Tapi tahta disini lebih kepada perbedaan adat dan budaya ya, terkadang kan ada juga tuh cinta yang terhalang budaya tertentu.

Host : wait, wait, wait jangan jangan ini kisah pribadi ya. seperti yang kita tahu kan Andika dikabarkan dekat dengan wanita negeri seberang ya nggak si?

Andika : hahahhaa, nggak juga sih kisah itu sudah lama terkubur. Ya lagu ini adalah kisah untuk banyak orang sih, mungkin banyak di luar sana yang mengalaminya kan.

Reporter : Tidak menolak berarti iya nih hahaha. Oke Dik, kasih kita kata-kata closing dong. Promoin lagu lo misalnya.

Andika : Oh oke, teman-teman semua jangan lupa dengerin single terbaru aku “cinta dan tahta” semoga cocok dengan selera musik kalian. Dan jangan lupa juga untuk selalu support karya-karya musisi Indonesia. Peace!

Reporter : Okay! Acara kita kali ini akan ditutup dengan penampilan dari Andika dengan lagu barunya, terimakasih teman-teman, see you next week!

Contoh dialog interaktif dengan pengusaha makanan dalam acara festival jajanan nusantara

Q : Apa saja yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah konsumen?

A : Kita terus mengembangkan kualitas produk dengan cara melakukan diversifikasi dan promosi besar-besaran ke konsumen

Q : Apakah varian rasa dalam bakpia ini termasuk ke dalam program perusahaan Bapak dalam meningkatkan jumlah konsumen?

A : Tentu saja, kami mengikuti terus trend permintaan pasar. Kini konsumen menyukai produk yang bervariasi, tak hanya satu rasa. Karena konsumen cepat bosannya.

Q : Bagaimana promosi yang dilakukan oleh perusahaan ini dalam meningkatkan penjualan?

A : Kami aktif ikut dalam setiap pameran yang ada, baik itu festival jajanan atau festival-festival daerah lainnya. Selain itu kami juga mulai merambah dunia online dengan mempromosikan produk lewat instagram, e-commerce, dan lain sebagainya.

Q : Sudah berapa outlet yang perusahaan ini bangun di Yogyakarta?

A : Hingga saat ini sudah ada 7 outlet, terakhir baru saja diresmikan di daerah Kaliurang KM 15 sana.

Q : Apakah pemilihan lokasi pembangunan outlet mempertimbangkan jumlah konsumen?

A : Iya itu tentu saja, selain itu kami juga mempertimbangkan banyaknya permintaan. Biasanya daerah-daerah yang banyak mahasiswanya (dekat-dekat kampus) atau daerah yang banyak pariwisatanya.

Q :Apakah pemilihan warna hijau pada kemasan bakpia memiliki makna atau filosofi tersendiri?

A : Ada sedikit cerita. Karena dulu bakpia dasarnya isinya kacang hijau ya jadi kami mendesain kotak ini (kemasan) sesuai dengan isinya. Nah seiring berkembangnya varian rasa kok tidak disesuaikan dengan isi masing-masing bakpianya. Sempat terpikir seperti itu, namun warna hijau sudah identik dengan merk dagang kami, jadi kami merasa belum perlu untuk berganti warna.

Q : Bagaimana harga pasaran bakpia?

A : Sejauh ini harga pasaran bakpia kami yang paling tinggi di daerah Yogyakarta, meski begitu tidak menurunkan permintaan konsumen karena kualitas yang kami sajikan juga premium.

Q : Apakah ada strategi khusus dari pemilik dalam penjualan bakpia?

A : Strategi khususnya adalah terus ikuti permintaan konsumen, jangan menjadi produsen yang idealis. Mengikuti bukan berarti kehilangan jati diri, kita tetap punya prinsip namun bisa melebur ke mana saja, begitu.

Q : Varian apa saja yang paling diminati?

A : Yang paling tinggi permintaan tahun ini adalah varian keju susu dan kumbu hitam.

Q : Baiklah kami rasa cukup informasi yang kami terima, terimakasih Bapak sukses terus usahanya.

A : Yup sama-sama sukses untuk kita semua!


Itulah penjelasan lengkap mengenai keterangan apa itu dialog interaktif. Lengkap beserta penjelasan yang menyertai dan contoh-contohnya.

Catatan pentingnya, dialog interaktif harus disiapkan dengan matang. Ada sekian unsur dan hal-hal penting yang harus diperhatikan agar dialog interaktif berjalan dengan efektif.

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada artikel-artikel tentang berbagai tema selanjutnya. Salam!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.