Contoh Email Beserta Pengertian, Manfaat, Tujuan dan Jenis

Contoh email? Pasti kebanyakan dari kita sudah pernah melihat contoh berbagai macam e-mail. Karena dewasa ini hampir segala sesuatunya pasti membutuhkan email, apalagi jika berhubungan dengan digitalisasi informasi.

Membuat akun google harus pakai email, mendaftar suatu aplikasi juga pakai email, bahkan untuk kepentingan melamar pekerjaan pun ada yang harus pakai email.

Adapun kepentingan-kepentingan lainnya juga banyak yang menggunakan email. Barangkali benar, sebagian dari kita memang sudah familiar dengan email, namun ada juga yang belum tahu jelas apa itu email, apa fungsinya, bagaimana bentuknya, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini penulis akan menyajikan beberapa penjelasan terkait email. Yuk langsung saja simak penjelasannya.


APA ITU EMAIL?


liputan6.com

Secara sederhana email bisa diartikan sebagai surat elektronik. Surat ini merupakan sarana untuk mengirim serta menerima pesan dengan format digital yang hanya bisa diperoleh melalui jalur jaringan komputer dan internet.

Email menjadi salah satu kemajuan yang canggih dalam bidang surat menyurat. Karena surat atau pesan yang ditulis melalui email tidak harus repot seperti menulis surat manual yang perlu membutuhkan perangko, kertas, tinta, amplop, an lain-lain.

Ditambah juga mengirim surat manual membutuhkan proses pengiriman yang cukup lama. Jadi bisa dianggap bahwa mengirim pesan atau surat lewat email menjadi  salah satu cara yang paling efisien, cepat, dan murah.


FUNGSI DAN MANFAAT EMAIL


inwepo.co

Jadi kenapa sih kita harus mengikuti perkembangan zaman dan membuat sebuah email. Ternyata memang ada beberapa fungsi dan manfaat email di antaranya adalah:

Mengirim dan Menerima Pesan

Seperti yang diketahui secara umum bahwa email merupakan salah satu alternatif untuk mengirim serta menerima pesan atau surat dengan lebih cepat dan mudah.

Tapi ingat untuk mengirim atau menerima sebuah pesan kita harus memiliki jaringan internet. Nah jaringan internet inilah yang kemudian dapat mempengaruhi kecepatan mengirim dan menerima pesan.

Mengirim dan Menerima File

Ternyata email tidak hanya dapat mengirim dan menerima sebuah pesan teks saja tetapi juga pesan yang berupa file dan dokumen digital seperti video,foto, dan lain-lain.

Hanya saja memang terdapat batas ukuran file tertentu yang dapat diproses oleh email.

Sebagai Identitas Diri

Bagaimana bisa email menjadi sebuah identitas diri. Identitas diri yang dimaksudkan adalah sebagai tanda pengenal di internet dimana orang lain bisa menghubungi pengguna email melalui akun email miliknya.

Selain itu email ini juga digunakan untuk aktivasi berbagai macam layanan digital seperti aktivasi smartphone, layanan berlangganan surat, dan lain-lain.

Hal ini wajar karena memang layanan digital membutuhkan identitas diri seorang yang akan dilayani tersebut.

Untuk Mendaftar Di Berbagai Situs

Nah ini sudah jelas dong ya banyak sekali situs baik itu media sosial, game online, situs forum, e-commerce dan situs lainnya mewajibkan calon penggunanya untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan email. Dimana nantinya terdapat pemberitahuan aktivitas tentang situs tersebut melalui email.

Sebagai Media Pemasaran

Dengan banyaknya kecanggihan di era digitalisasi tersebut pemasaran online melalui email merupakan cara marketing online yang paling tua. Dan hingga hari ini cara tersebut masih dianggap sebagai cara yang efektif.


JENIS-JENIS EMAIL


Pengertian, Manfaat Dan Tujuan, Jenis, Serta Contoh Email Lengkap
maxmanroe.com

Terdapat tiga jenis email yang wajib kamu ketahui di antaranya adalah sebagai berikut:

POP Mail

Pop mail atau Post Office Protocol  merupakan jenis email yang diperoleh pengguna dari ISP (Internet Service Provider) yang menjadi langganan.

Atau juga bisa diartikan sebagai alamat email pekerja yang diberikan perusahaan kepada pegawainya.

Webmail

Sedangkan webmail merupakan jenis email yang berbasis website. Dimana pengguna email hanya dapat membuka emailnya dengan cara membuka halaman situs penyedia layanan email tersebut.

Forward Mail

Dan terakhir forward mail yaitu salah satu macam layanan email yang dapat meneruskan email  seorang pengguna ke alamat email lain.


CONTOH-CONTOH EMAIL


jogjahost.co.id

Nah untuk lebih jelasnya bagaimana bentuk alamat email tersebut di bawah ini akan ada beberapa contoh alamat email yang bisa digunakan untuk kepentingan pribadi dan pekerjaan:

Contoh Email untuk Kepentingan Pribadi

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa banyak keperluan atau kepentingan pribadi yang membutuhkan alamat email. Jika kamu masih bingung bagaimana contoh email yang bisa dibuat berikut adalah contoh yang bisa dipelajari:

Menggunakan Gmail

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

Menggunakan Yahoo Mail

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

Menggunakan Layanan Email Gratis Lainnya

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

Contoh Alamat email Menggunakan Domain Perusahaan

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

Contoh Alamat Email Menggunakan Layanan Email Gratis

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

[email protected]

Contoh-contoh email telah dikemukakan di atas. Kali ini juga da informasi untuk teman-teman yang tidak tahu atau bingung bagaimana cara membuat email dengan mudah. yuk, simak penjelasan cara membuat email berikut ini.


TIPS MEMBUAT EMAIL


help.grab.com

Menggunakan layanan email gratis yang sudah terkenal atau populer, aman, serta nyaman untuk digunakan. Kamu bisa memilih layanan email gratis tersebut dari sekian banyaknya layanan email seperti gmail.com, yahoo.com, mail, hotmail.com, outlook.com dan lain sebagainya.

Setelah itu, buat nama email yang sederhana dan mudah diingat. Boleh nama kamu, nama samaran, nama yang membekas di hatimu, dan lain-lain. Asalkan nama tersebut bisa membuatmu ingat terus.

Karena nama tersebut akan dijadikan alamat email kamu, dan kalau sampai lupa dengan alamat email tersebut akan cukup rumit untuk mengatasinya.

Biasanya layanan email gratis akan menyediakan tanda penghubung yang mudah diketik untuk disematkan pada alamat email kamu. Tanda tersebut di antaranya tanda titik, hyphen (-), dan underscore(_).

Nah untuk email pekerjaan atau bisnis sebaiknya tidak menggunakan angka atau karakter yang sulit karena akan dianggap kurang profesional.

Akan lebih baik jika kamu menyematkan profesi kamu di dalam nama alamat email tersebut, seperti [email protected].

Kemudian langkap selanjutnya buat password yang kuat untuk email tersebut. Sebaiknya gunakan gabungan antara angka, huruf, atau karakter. Hal ini dapat memperkuat passwordmu. Dan jangan lupa ingat-ingat password tersebut bila perlu dicatat dalam buku atau hp mu.


MANFAAT PENGGUNAAN EMAIL


hostinger.co.id

Salah satu kegunaan email adalah untuk mengirim surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan. Mengirim lamaran kerja via email tentu saja akan membantu anda berhemat tanpa harus mengepritn surat lamaran dalam jumlah yang banyak.

Berikut beberapa contoh manfaat email dalam bentuk surat lamaran kerja:

Mengirim Surat Lamaran Kerja Via Email

Guru Asrama

Pondok pesantren adalah sekolah berbasis keagamaan, dimana disini yang dimaksud adalah agama Islam. Di pondok pesantren siswa yang tinggal di asrama dan menetap di pondok disebut sebagai santri.

Mereka tidak hanya belajar tentang ilmu umum namun juga mempelajari ilmu agama. Umumnya para siswa memiliki dua raport, yaitu raport di sekolah umum dan raport di sekolah diniyah (ilmu agama). Ilmu yang dipelajari pun bermacam-macam, mulai dari fiqih, nahwu, balaghah, hingga ilmu faraid.

Untuk yang berencana akan melamar menjadi salah satu staf pengajar di pondok pesantren, berikut kami berikan contoh surat lamarannya via email.

From : Faiza Ariani [email protected]
to : [email protected]
Subject : Lamaran Kerja_Guru Asrama_Faiza ArianiYth. Pengurus Yayasan Baitul Maqdis Padang Panjang
Di TempatAssalamu’alaikum Warahmatullahi WabarakatuhDengan Hormat,Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Faiza Ariani
Tempat/ Tanggal Lahir : Sarik Lawas Mudik, 07 April 1995
Pendidikan Terakhir : S1 Pendidikan Agama Islam
Agama : Islam
Alamat : Jorong Niur Kapalo Koto, Kanagarian Sarik Lawas Mudik, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh
Kota, Sumatera Barat

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/ Ibu untuk dapat diterima sebagai Staf Pengurus / Guru Asrama pada yayasan yang Bapak/ Ibu pimpin.

Sesuai dengan persyaratan yang tercantum, saya pernah mengenyam pendidikan pesantren mulai dari tingkat satu Madrasah Tsanawiyah hingga lulus Madrasah Aliyah, di Pondok Pesantren Darussalam Bogor, Jawa Barat.

Oleh karena itu saya mencoba mengajukan diri untuk melamar pada posisi tersebut di atas. Sebagai bahan pertimbangan berikut saya lampirkan beberapa dokumen pelengkap serta daftar riwayat hidup (CV).

  • Foto copy ijazah S1 beserta transkrip akademiknya yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang
  • Daftar riwayat hidup (Curiculum Vitae)
  • Surat keterangan berkelakuan baik (SKCK) dari pihak yang berwenang
  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Pas Foto terbaru
  • Foto copy surat keterangan dan sertifikat-sertifikat kegiatan yang pernah diikuti

Demikian surat lamaran ini saya ajukan, besar harapan saya untuk dapat diproses hingga tahap selanjutnya. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya sampaikan terimakasih.

Billahi taufiq wal hidayah,
Wassalamua’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat Saya,

Faiza Ariani

Melamar Kerja Menjadi Dosen

Untuk melamar pekerjaan menjadi dosen Anda membutuhkan taktis khusus. Salah satunya adalah dengan membuat surat lamaran dalam tulis tangan.

Meskipun lamaran kerja Anda kirimkan via email, namun jangan khawatir Anda bisa menscan surat lamaran yang telah Anda tulis. Pada bagian draft email tuliskan surat lamaran seperti contoh di bawah ini:

From : Faiza Ariani [email protected]
to : [email protected]
Subject : Lamaran Calon Dosen Prodi Teknologi Pangan_Faiza ArianiPayakumbuh, 11 Agustus 2019Kepada Yth.
Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UKISB
Di TempatAssalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Faiza Ariani
Tempat/ Tanggal Lahir : Sarik Lawas Mudik, 07 April 1995
Pendidikan Terakhir : S2 Ilmu Teknologi Pangan
Agama : Islam
Alamat : Jorong Niur Kapalo Koto, Kanagarian Sarik Lawas Mudik, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Dengan ini mengajukan permohonan kepada Bapak/ Ibu untuk dapat diterima sebagai Tenaga Dosen pada universitas yang Bapak/ Ibu pimpin.

Berikut saya lampirkan beberapa dokumen sebagai bahan pelengkap untuk Bapak/ Ibu pertimbangkan:

  • Foto copy ijazah S1 dan S2 beserta transkrip akademiknya yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang
  • Daftar riwayat hidup (Curiculum Vitae)
  • Foto copy Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Foto copy Kartu Keluarga (KK)
  • Surat keterangan berkelakuan baik (SKCK) dari pihak yang berwenang
  • Foto copy akta kelahiran
  • Foto copy surat keterangan dan sertifikat-sertifikat kegiatan yang pernah diikuti

Demikian surat lamaran ini saya ajukan untuk selanjutnya dapat diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya sampaikan terimakasih.

Wassalamua’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Hormat Saya,

Faiza Ariani

Melamar Pekerjaan Bank Via Email

From : Faiza Ariani [email protected]
to : [email protected]
Subject : Lamaran Kerja_MODP_Faiza ArianiPayakumbuh, 19 Juni 2016Kepada Yth.
HRD Bank Muamalat Indonesia Tbk

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi pada website resmi Bank Muamalat Indonesia, bahwa PT Bank Muamalat Indonesia Tbk membuka lowongan kerja untuk posisi MODP Future Leader, maka yang bertanda tangan di bawah ini, saya:

Nama : Faiza Ariani
Alamat : Jorong Niur Kapalo Koto, Nagari Sariek Laweh, Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat
Tempat/ Tanggal Lahir : Payakumbuh / 07 April 1995
Pendidikan : S1 Ekonomi

Bermaksud untuk mendaftarkan diri pada lowongan tersebut. Bersama email ini saya lampirkan daftar riwayat hidup (CV) serta data pendukung lainnya sebagai bahan pertimbangan Bapak/ Ibu.

Bila dikehendaki saya bersedia memenuhi panggilan Bapak/ Ibu untuk dites dan diwawancarai. Atas perhatian Bapak/ Ibu saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Hormat Saya,

Faiza Ariani


PENUTUP


Sekian beberapa penjelasan mengenai email mulai dari pengertian, fungsi dan manfaat, cara membuat email, sampai contoh email itu sendiri.

Semoga apa yang disampaikan di atas dapat membantumu membuat email sehingga kamu dapat merasakan dampak positif seperti kemudahan dalam mengakses berbagai layanan.

Pergunakan email untuk hal-hal yang positif agar kita juga dapat menerima manfaat email tersebut. Barangkali masih ada kekurangan dalam beberapa hal pada penjelasan di atas oleh karenanya penulis meminta maaf dan senantiasa belajar untuk melakukan yang terbaik.

Mari belajar dengan ceria!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.