22 Contoh Kop Surat yang Menggambarkan Jati Diri Sebuah Instansi

10 Contoh Kop Surat Resmi Lengkap (Perusahaan, Instansi Pemerintahan, Universitas dll.)
stocklayouts.com

Contoh Kop Surat – Surat memiliki ragam yang berbeda-beda. Jika ditinjau dari pemakaiannya surat terbagi menjadi 3 jenis, yaitu surat pribadi, surat resmi, dan surat dinas.

Pada surat pribadi bersifat sangat bebas dalam penggunaan bahasa maupun isi karena memang ditulis oleh individu untuk kepentingan pribadinya.

Sedangkan untuk jenis surat resmi dan surat dinas memiliki ketentuan yang terikat dalam bentuk, bahasa, dan isi surat. Karena kedua jenis surat tersebut ditulis untuk kepentingan umum dan bersifat resmi.

Adapun ketentuan-ketentuan dalam membuat surat tersebut adalah dalam segi bahasa harus menggunakan ejaan yang disempurnakan. Kemudian terdapat nomor surat, lampiran, dan perihal.

Selain itu harus disertakan cap resmi dari instansi/lembaga yang membuat surat. Terutama pada awal surat harus terdapat kepala surat atau yang sering kita dengar dengan sebutan kop surat.


Cara Membuat Kop Surat


support.office.com

Untuk membuat kop surat di perangkat laptop atau komputer, Anda dapat memanfaatkan semua jenis microsoft office. Namun akan lebih mudah dibuat menggunakan microsoft word, tanpa harus memiliki kemampuan khusus, seperti microsoft paint.

Secara garis besar langkah umum untuk membuat kop surat di word adalah dengan mengklik bagian header pada bagian atas halaman kerja. Tuliskan identitas lengkap perusahaan, mulai dari nama, alamat, nomor telepon, email, dan nomor fax (jika ada).

Buat semua tulisan dalam format rata tengah, kemudian tambahkan logo di bagian sebelah kiri atas (bisa didesain sesuai selera). Tambahkan garis pemisah antara logo dan badan isi surat, kemudian klik close header, jadi deh kop surat versi anda. Selamat mencoba!


Contoh Kop Surat


Pembuatan kop surat sendiri memiliki beberapa ketentuan yang sudah ditetapkan, yakni harus terdapat nama instansi, alamat instansi, dan logo instansi. Bagi yang masing kesulitan dalam membuat kop surat lebih jelasnya simak beberapa contoh kop surat di bawah ini:

1. Contoh Kop Surat Instansi Pemerintahan

Instansi yang bergerak dalam bidang pemerintahan tidak hanya satu macam instansi tetapi sangat banyak jumlahnya dan beragam bentuknya. Mulai dari tingkat nasional, provinsi, kota, kabupaten, kecamatan, dan desa. Entah itu yang bergerak di bagian pendidikan, kebudayaan, sosial, ataupun yang lainnya.

Ketika instansi-instansi tersebut mengeluarkan surat tentulah dalam surat itu memiliki kop surat yang akan menunjukkan identitas instansi tersebut. Berikut adalah salah satu contoh kop surat instansi pemerintahan yang bisa dijadikan referensi:

Contoh Kop Surat Resmi

2. Contoh Kop Surat Perguruan Tinggi

Setiap perguruan tinggi tentu memiliki logo, yang di dalamnya terdapat simbol-simbol dan memiliki makna, dimana biasanya makna tersebut juga merupakan harapan atau doa untuk perguruan tinggi tersebut.

Logo ini kemudian menjadi identitas perguruan tinggi yang mudah ditemui di gedung perguruan tinggi, baju almamater, dan tentu saja dicantumkan juga di kop surat milik perguruan tinggi.

Kop surat ini menunjukkan bahwa surat yang dikeluarkan adalah resmi dari perguruan tinggi, sehingga jika terjadi suatu hal terkait isi surat tersebut perguruan tinggi dapat bertanggung jawab. Adapun contoh kop surat perguruan tinggi dapat dilihat di bawah ini:

10 Contoh Kop Surat Resmi Lengkap (Perusahaan, Instansi Pemerintahan, Universitas dll.)

3. Contoh Kop Surat Perusahaan Tekstil

Semua perusahaan pastilah pernah membuat surat, entah itu surat undangan, surat ijin, surat pemberitahuan, surat niaga ataupun yang lainnya, tak terkecuali dengan perusahaan tekstil.

Dan setiap surat yang dikeluarkan pasti didalamnya terdapat kop surat yang berisikan nama dan logo perusahaan. Nah jika kamu baru saja merintis perusahaan tekstil dan masih bingung bagaimana cara membuat kop surat, cermati contoh kop surat perusahaan tekstil di bawah ini:

PT. SUMBER SANDANG TEXTILE
Jl. Teratai Putih Raya 1 Komp. Helvetia Boulevard Bl. A1 No. 2 – 4 Bandung 60897
Telp. 022 – 5098001 ext. 567 Fax. 022 – 5098000
Website : http://www.sumberrasaasin.com

4. Contoh Kop Surat Persero

Sebagai badan usaha milik negara yang bertujuan untuk mencari keuntungan dan memberi pelayanan umum tentu tidak akan asing lagi dengan urusan surat-menyurat.

Persero ini sering membuat surat resmi untuk berbagai kepentingan, entah itu yang berkaitan dengan pegawainya ataupun juga untuk kepentingan lainnya. Pada surat tersebut harus terdapat kop surat yang dicantumkan. Adapun contoh kop surat persero yang bisa kamu pelajari, dapat dilihat di bawah ini:

Contoh Kop Surat Resmi Lengkap (Perusahaan, Instansi Pemerintahan, Universitas dll.)

5. Contoh Kop Surat Lembaga Kursus

Lembaga kursus pada saat ini memang sudah banyak didirikan baik yang berbasis online atau offline. Ada yang membuat lembaga kursus untuk mengembangkan skill seperti kursus jahit, masak, musik dan yang lainnya.

Ada juga kursus mata pelajaran dari jenjang SD, SMP, SMA, bahkan persiapan masuk ke universitas. Selain itu, mengingat bahasa inggris dewasa ini menjadi unsur penting dalam dunia kerja maupun akademik, maka banyak juga yang mendirikan lembaga kursus bahasa inggris.

Sebuah lembaga kursus juga tidak bisa lepas dari kebutuhan surat-menyurat untuk berbagai kepentingan. Sehingga lembaga kursus juga harus memiliki kop surat untuk melengkapi surat-surat yang dibuatnya. Bagaimana kop surat tersebut? di bawah ini terdapat contoh kop surat pada lembaga kursus:

Contoh Kop Surat Resmi Lengkap (Perusahaan, Instansi Pemerintahan, Universitas dll.)

6. Contoh Kop Surat Kantor Hukum

Keberadaan lembaga bantuan hukum sangat membantu masyarakat yang ada di Indonesia, khususnya bagi pihak yang lemah dan tertindas. Karena LBH memberikan pendampingan hukum kepada seseorang terkait kasus tertentu.

Sebuah lembaga bantuan hukum tentu saja sering berkutat dengan hal surat-menyurat, karena LBH berhubungan dengan banyak pihak yang mengharuskan menggunakan alat komunikasi berupa surat.

Setiap LBH tersebut juga memiliki identitas yang harus ditulis dalam kop surat untuk menjadi pembeda dengan LBH lainnya. Bagaimana kop surat kantor hukum/LBH tersebut? lihatlah salah satu contoh di bawah ini:

Contoh Kop Surat Resmi Lengkap (Perusahaan, Instansi Pemerintahan, Universitas dll.)

7. Contoh Kop Surat OSIS

Sebuah organisasi mestilah memiliki kop surat yang menunjukkan keresmian surat yang dibuat, termasuk juga OSIS. OSIS seringkali membuat surat untuk berbagai kepentingan seperti undangan rapat, pemberitahuan, dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang yang baru saja menjadi anggota OSIS, membuat kop surat bukanlah hal yang sangat gampang. Apa saja yang menjadi bagian-bagian dari kop surat tersebut? berikut contoh kop surat OSIS yang wajib kamu ketahui:

Contoh Kop Surat Resmi Lengkap (Perusahaan, Instansi Pemerintahan, Universitas dll.)

8. Contoh Kop Surat Organisasi

Organisasi merupakan wadah berkumpulnya orang-orang yang memiliki tujuan sama. Organisasi merupakan hal yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa.

Begitu pentingnya organisasi seorang sastrawan Indonesia Pramodya Ananta Toer pernah mengatakan “didiklah rakyat dengan organisasi”. Dan hari ini jumlah organisasi di Indonesia sangatlah banyak dengan bidang yang berbeda-beda.

Salah satu teknis penting dalam organisasi adalah surat-menyurat yang merupakan alat komunikasi resmi organisasi. Pada surat resmi yang dikeluarkan oleh tiap organisasi harus memiliki sebuah kop surat untuk menunjukkan pihak yang mengeluarkan surat tersebut.

Di bawah ini adalah salah satu contoh surat organisasi yang bisa dijadikan referensi:

Contoh Kop Surat Resmi Lengkap (Perusahaan, Instansi Pemerintahan, Universitas dll.)

9. Contoh Kop Surat Yayasan

Di negara demokrasi seperti Indonesia, sebuah badan hukum yang berbentuk yayasan dapat berkembang dengan baik sehingga jumlah yayasan tersebut semakin hari semakin banyak.

Ketentuan tentang yayasan ini pun telah diatur dalam undang-undang. Badan hukum ini dapat bergerak di berbagai macam bidang baik itu pendidikan, sosial, keagamaan,maupun kemanusiaan.

Karena banyaknya yayasan tersebut, setiap yayasan pastilah memiliki identitas yang menjadi pembeda antara satu dan yang lainnya.

Identitas ini harus disematkan dalam sebuah surat yang dibuat oleh tiap yayasan dalam bentuk kop surat. Contoh kop surat tersebut dapat dilihat di bawah ini:

Contoh Kop Surat Resmi Lengkap (Perusahaan, Instansi Pemerintahan, Universitas dll.)

10. Contoh Kop Surat Koperasi

Koperasi adalah organisasi ekonomi yang cukup populer di Indonesia. Selain karena tujuannya yang baik yaitu untuk membantu ekonomi rakyat, asas/prinsip dari koperasi ini adalah kekeluargaan.

Dengan adanya koperasi ini membuat rakyat menjadi mandiri secara kolektif, karena usaha ini dioperasikan secara bersama oleh rakyat dan untuk kepentingan rakyat bersama.

Nah dalam organisasi ekonomi ini juga tidak mungkin terlepas dari urusan surat-surat. Terdapat berbagai kepentingan yang membuat sebuah koperasi juga harus mengeluarkan surat resmi dengan memakai kop surat dari koperasi tersebut. Adapun contoh kop surat koperasi dapat disimak di bawah ini:

Contoh Kop Surat Resmi Lengkap (Perusahaan, Instansi Pemerintahan, Universitas dll.)

11. Contoh Kop Surat Sekolah negeri

Apa perbedaan sekolah negeri dan sekolah swasta? Sekolah negeri merupakan yang berada di bawah naungan pemerintah, sedangkan sekolah swasta merupakan sekolah independen dan tidak dikelola oleh pemerintah atau negara.

Perbedaan yang menonjol dari kedua sekolah ini yaitu dari segi biaya sekolah, jumlah siswa, dan fasilitas yang memadai. Anda dapat mencari tahu lebih lanjut terkait penjelasan perbedaan tersebut di tulisan lainnya.

Dalam hal surat menyurat perbedaan keduanya terletak pada bentuk dan format kop surat. Jika sekolah swasta bertuliskan nama perguruan atau yayasan, sedangkan pada kop surat sekolah negeri biasanya terdapat tulisan dinas pendidikan seperti contoh berikut:

edukasipro.com

12. Contoh Kop Surat LSM

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) merupakan sebuah organisasi atau komunitas yang menjadi wadah bagi aspirasi masyarakat. LSM merupakan kelembagaan yang bersifat non-profit dan tidak ada campur tangan politik di dalamnya.

Dari segi hukum, LSM berdiri sebagai organisasi yang sah dan diakui oleh negara. Terdiri dari berbagai kategori, misal dalam hal penegakan HAM, perubahan iklim, peduli pendidikan terhadap anak, hingga LSM peduli kepada hutan dan satwa langka.

Kesemua LSM tersebut adalah lembaga resmi yang memiliki badan hukum, lembaga yang sah, memiliki logo dan cap resmi, serta berhak mengadakan berbagai kegiatan sosial di berbagai daerah.

romadecade.org

13. Contoh Kop Surat Universitas

Sebagai lembaga pendidikan tertinggi universitas banyak dan sering mengeluarkan berbagai jenis surat. Mulai dari surat edaran rektor, surat pemberitahuan UKT, surat keterangan lulus, surat hibah penelitian, dan lain sebagainya.

Segala bentuk surat yang dikeluarkan oleh universitas bersifat formal dan resmi. Terdiri dari kop surat, judul surat, isi surat, hingga tanda tangan dan cap kantor. Berbicara tentang kop surat, tentu saja masing-masing universitas memiliki bentuk kop surat yang berbeda. Berikut beberapa contohnya:

ut.ac.id

14. Contoh Kop Surat Organisasi Mahasiswa

Selain LSM organisasi yang bersifat resmi lainnya yaitu organisasi mahasiswa atau biasa disebut dengan himpunan mahasiswa jurusan (HMJ). Organisasi ini berada langsung di bawah pengawasan fakultas dan universitas.

Sebagai organisasi resmi HMJ tentu memiliki AD-ART, alamat sekretariat, logo, dan cap atau stempel organisasi. Untuk mengetahui identitas sebuah organisasi Anda dapat melihatnya di kop surat yang dikeluarkan oleh organisasi tersebut. Berikut contohnya:

romadecade.org

15. Contoh Kop Surat Pondok Pesantren

Pondok pesantren adalah sekolah berbasis keagamaan, dimana disini yang dimaksud adalah agama Islam. Di pondok pesantren siswa yang tinggal di asrama dan menetap di pondok disebut sebagai santri.

Mereka tidak hanya belajar tentang ilmu umum namun juga mempelajari ilmu agama. Umumnya para siswa memiliki dua raport, yaitu raport di sekolah umum dan raport di sekolah diniyah (ilmu agama). Ilmu yang dipelajari pun bermacam-macam, mulai dari fiqih, nahwu, balaghah, hingga ilmu faraid.

Nah sama seperti sekolah pesantren juga merupakan lembaga pendidikan resmi yang tergolong ke dalam jenis sekolah swasta. Seperti apa bentuk kop surat pondok pesantren, berikut contohnya:

mrfah.blogspot.com

16. Contoh Kop Surat Event Tertentu

Event tertentu adalah sebuah acara yang diselenggarakan baik oleh instansi pemerintah, swasta, maupun organisasi dan komunitas lainnya. Sebuah acara yang memiliki susunan kepanitiaan yang dibentuk jauh sebelum event tersebut diselenggarakan.

Walaupun berada di bawah naungan instansi / lembaga / organisasi resmi, sebuah event tetap memiliki logo dan kop surat tersendiri. Kop ini berlaku hingga acara tersebut selesai dan kepanitiaan dibubarkan.

Namun ada juga beberapa kop surat yang bersifat permanen, seperti pada event tahunan yang selalu diadakan rutin berulang-ulang.

slideshare.net

17. Contoh Kop Surat DKM Masjid

Jika di sebuah masjid terdapat kepengurusan DKM yang aktif, maka masjid tersebut pasti memiliki kop surat yang resmi. Biasanya DKM sebuah masjid berjalan aktif jika pemuda/i di lingkungan tersebut ikut aktif dan bahu membahu dalam meramaikan masjid.

puricendana.wordpress.com

18. RT/ RW atau Desa atau Kecamatan

Terkait perihal surat menyurat tidak hanya pemerintah provinsi atau kabupaten saja yang memiliki kop surat resmi. Perangkat desa seperti camat, lurah, hingga ketua RT/ RW pun juga menggunakan kop resmi dalam membuat surat.

Meskipun sama-sama berfungsi sebagai perangkat desa, namun masing-masing memiliki bentuk kop surat yang berbeda-beda. Berikut contoh lengkapnya:

suratku.id

19. Contoh Kop Surat Rumah Sakit

Hemhh pernah mendapatkan surat cinta dari rumah sakit? Seperti apa ya bentuk suratnya? Misal Anda pernah menginap alias dirawat beberapa hari di rumah sakit karena kelelahan. Tentu saja mengeluarkan sejumlah biaya yang tak sedikit dong.

Nah biasanya jumlah biaya opname tersebut akan dirinci dalam sebuah surat resmi dalam bentuk tagihan. Bagi yang tidak mau dapat surat cinta dari rumah sakit, selalu jaga kesehatan ya!

rsuppersahabatan.co.id

20. Contoh Kop Surat Perusahaan Ekspedisi

Proses pengiriman barang tidak selalu berjalan lancar. Terkadang beberapa kendala dihadapi oleh para kurir di jalan. Seperti kerusakan jalan, adanya demonstrasi, atau pihak cargo sedang dalam masa maintenance.

Jika sudah seperti itu maka kemungkinan besar barang yang akan dikirim tidak sampai sesuai waktu yang direncanakan. Atas ketidaknyamanan tersebut pihak ekspedisi akan menyampaikan permohonan maaf kepada customer melalui sebuah surat resmi.

Berbeda dengan surat resi pengiriman, surat permohonan maaf ini dilengkapi oleh tanda tangan kepada dan kop surat. Berikut contohnya:

doaayahmande.blogspot.com

21. Contoh Kop Surat Perusahaan Jasa

Di Indonesia perusahaan yang bergerak dalam penawaran jasa semakin menjamur. Khususnya di bidang penawaran jasa via online, mulai dari ojek online, cleaning service online, hingga penawaran jasa anter jemput makanan.

Salah satu contoh surat resmi perusahaan jasa adalah surat niaga. Tidak hanya menawarkan jasa, namun melalui surat niaga penawaran jasa Anda sekaligus juga dapat mempromosikan produk dari perusahaan Anda.

Jangan mencantumkan daftar harga jasa yang Anda tawarkan ketika membuat surat penawaran. Berikut adalah contoh kop surat perusahaan jasa:

romadecade.org

22. Contoh Kop Surat Perusahaan Retail

Salah satu perusahaan yang paling banyak cabang nya di Indonesia bergerak di bidang retail. Sebagai contoh perusahaan retail terbesar di Indonesia adalah carrefour, indomaret, alfamart, dan lain sebagainya.

Sebagai perusahaan resmi dengan cabang terbanyak, tentu mereka memiliki kop surat yang sangat menarik. Berikut contohnya:

loveinshaallah.com

PENUTUP


Beberapa contoh di atas menggambarkan begitu beragamnya organisasi/ instansi/ lembaga/ perusahaan yang ada di Indonesia. Dimana masing-masing memiliki identitas seperti nama lembaga, alamat, dan logo resmi baik pemerintahan, swasta maupun lembaga swadaya.

Lewat sebuah surat Anda dapat mengetahui langsung jatidir dan alamat lengkap instansi tersebut, kesemua itu tercantum pada bagian kop surat. Anda akan menemukan lamat lengkap, nomor telepon, emai, hingga nomor fax (jika ada) pada bagian tersebut.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kop surat menjadi bagian yang penting bagi sebuah instansi atau lembaga resmi. Sehingga harus dibuat dengan terperinci dan sejelas mungkin.

Muhammad Nashrul Aziz
About Muhammad Nashrul Aziz 520 Articles
Hanya Manusia yang penuh dosa, Terus berjuang mendapatkan Ridho Nya. Tips Sukses: - Kerja Keras - Kerja Cerdas - Perbanyak Doa - Tawakal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.