15 Contoh Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) dari Berbagai Jurusan

√ 15 Contoh Laporan PKL (Praktek Kerja Lapangan) dari Berbagai Jurusan
infokekinian.com

Contoh Laporan PKL – Penasaran dengan contoh laporan PKL? Yuk simak penjelasannya berikut ini! Kegiatan Praktek Kerja Lapangan atau yang biasa disingkat dengan PKL bisa dibilang sebagai  penempaan pelajar dalam mengaplikasikan teori-teori ilmu pengetahuan yang sudah dipelajari. Kegiatan PKL menjadi pembelajaran nyata sebelum seseorang terjun ke dunia kerja.

Biasanya praktik kerja lapangan ini dilakukan oleh seseorang yang berada di Sekolah Menengah Kejuruan dan mahasiswa dengan berbagai program studi. Pada pelaksanaannya , seseorang yang sedang PKL diwajibkan membuat sebuah program kerja yang harus diselesaikan dan nantinya akan menjadi bahan penilaian.

Oleh karena itu setelah usai praktik kerja lapangan peserta PKL wajib membuat laporan kegiatan PKL yang memuat pelaksanaan kegiatan secara keseluruhan.

Bingung bagaimana cara membuat laporan tersebut? nah di bawah ini akan ada beberapa contoh laporan kegiatan yang bisa dipelajari. Tapi sebelumnya mari ketahui terlebih dahulu format penulisan laporan kegiatan tersebut.


Format Penulisan Laporan Kegiatan PKL


Sistematika penulisan laporan ini pada umumnya hampir sama dengan sistematika penulisan laporan kegiatan lainnya. Untuk lebih jelasnya yuk simak pemaparan tentang format penulisan laporan kegiatan PKL berikut ini:

Cover Laporan Kegiatan PKL

Lembar pertama yang harus ada dalam paoran kegiatan PKL adalah cover. Dalam cover ini memuat beberapa hal di antaranya: judul, data diri pembuat laporan, nama sekolah serta tahun pembuatan laporan tersebut.

Lembar Pengesahan PKL

Pada lembar pengesahan akan membuktikan bahwa laporan yang dibuat sudah diresmikan oleh pihak-pihak terkait. Biasanya terdapat beberapa lembar pengesahan yang harus dicantumkan seperti lembar pengesahan sekolah, lembar pengesahan perusahaan, dan lembar pengesahan penguji sekolah.

Identitas

Identitas apa saja yang harus dicantumkan dalam laporan kegiatan PKL? Setidaknya terdapat 3 identitas yang harus disertakan yaitu: identitas sekolah, identitas siswa, dan identitas perusahaan atau tempat PKL.

Kata Pengantar

Bagian kata pengantar ini memuat beberapa hal di antaranya ucapan syukur kepada Tuhan YME, ucapan terimakasih kepada pihak yang membantu terlaksananya PKL, permohonan maaf atas segala kekurangan dalam pelaksanaan PKL dan pembuatan laporan PKL, serta permohonan kritik dan saran.

Dan terakhir jangan lupa bubuhkan tanda tangan penyusun, nama penyusun, juga tanggal pembuatan laporan.

Daftar Isi

Berisi konten penunjuk halaman setiap bagian laporan.

Daftar Gambar

Daftar Tabel

BAB I PENDAHULUAN

Seperti yang terdapat dalam bagian pendahuluan pada sebuah laporan, pendahuluan pada laporan kegiatan PKL ini juga berisi latar belakang PKL, Tujuan PKL, Manfaat PKL, dan Alasan Pemilihan Lokasi PKL.

BAB II PROFIL PERUSAHAAN ATAU TEMPAT PKL

Dalam profil perusahaan akan memuat gambaran secara keseluruhan dari tempat kerja praktik lapangan tersebut. Adapun detail gambaran tersebut dibagi dalam sub-sub berikut ini: data umum tempat praktik, sejarah, visi dan misi, aset, tata tertib, serta jam kerja tempat praktik lapangan tersebut.

BAB III PEMBAHASAN

Sedangkan pada bab pembahasan terdapat dua sub judul di antaranya adalah dasar teori dan pembahasan

BAB IV KESIMPULAN DAN SARAN

Bagian penutup yang harus ada pada setiap laporan adalah kesimpulan dan saran. Kesimpulan berisi gambaran pelaksanaan kegiatan praktik kerja lapangan secara umum. Sedangkan saran dibuat sebagai masukan serta evaluasi bagi pihak-pihak terkait.

DAFTAR PUSTAKA

Jika terdapat referensi dari berbagai sumber baik buku, majalah, atau koran, dan lain sebagainya dicatat dalam daftar pustaka agar informasi yang disajikan di atas dapat dipercaya.

LAMPIRAN-LAMPIRAN

Lampiran-lampiran juga bisa berisi bukti-bukti apa saja yang mendukung pelaksanaan kegiatan prak tik kerja lapangan tersebut, seperti foto, dokumen-dokumen, dan lain-lain.


Tujuan dan Manfaat Kerja Lapangan


Secara umum kerja lapangan bertujuan untuk mendapatkan keterampilan dan pengalaman kerja dalam kegiatan masing-masing bidang dan melihat berbagai persoalan yang timbul di lapangan. Tujuan khususnya yaitu mengetahui manajemen pengelolaan masing-masing bidang.

Dengan adanya kerja lapangan siswa/i atau mahasiswa/i siap diterjunkan ke dunia kerja. Tak hanya sekedar ahli dalam teori namun juga terampil dalam bidangnya masing-masing secara teknis.

Keterampilan masing-masing individu yang sudah pernah menjalani kerja lapangan dan yang belum pernah tentu akan berbeda. Di dunia kerja individu yang pernah menjalani kerja lapangan akan terbiasa dengan permasalahan-permasalahan umum yang terjadi di perusahaan atau lapangan.

Bagi fresh graduate sertifikat kerja lapangan yang diperoleh akan menjadi nilai plus saat melamar kerja nanti. Merupakan bukti bahwa individu tersebut siap untuk diterjunkan ke dunia kerja dan sudah terbiasa dengan jam terbang yang tinggi.

PKL juga bermanfaat untuk untuk instansi terkait, diantaranya memperoleh tenaga kerja tambahan sementara sehingga meningkatkan produktivitas perusahaan. Selain itu industri tersebut turut mendukung program pemerintah terutama dalam dunia pendidikan.

Nah bagi kamu yang saat ini akan menjalani Praktek Kerja Lapangan (PKL) jangan malas-malasan ya saat kerja nanti. Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin agar ilmu yang didapat juga maksimal dan tidak sia-sia.


CONTOH LAPORAN PKL


Nah sekarang saatnya kita membahas dan mempelajari bagaimana contoh-contoh laporan PKL berbagai jurusan. Barangkali dengan adanya contoh di bawah ini bisa lebih mudah ketika mencoba membuat laporan PKL sendiri:

1. Contoh Laporan PKL Jurusan Ekonomi Syariah

Contoh kali ini untuk mahasiswa-mahasiswa jurusan ekonomi syariah. Belajar ekonomi syariah tidak hanya sebatas belajar tentang bank-bank syariah dan juga memperdebatkan tentang bank konvensional atau bank syariah loh ya.

Ekonomi syariah ternyata mencakup banyak hal. Karena banyak hal ini maka ketika mahasiswa melakukan praktik kerja lapangan akan berbeda-beda juga bidang atau tempat kerja yang dijadikan tempat PKL.

Ada yang memang di BANK, di koperasi, di Otoritas jasa keuangan atau OJK, lembaga asuransi jiwa, atau lembaga pemerintahan terkait, dan lain sebagainya. Nah, untuk kamu para mahasiswa Ekonomi Syariah di bawah ini terdapat salah satu contoh laporan PKL yang barangkali bisa menambah referensimu:

LAPORAN PKL Ekonomi Syariah

2. Contoh Laporan PKL Jurusan Multimedia

Kamu seorang pelajar SMK jurusan multimedia? Sebentar lagi akan PKL? atau kamu baru saja menyelesaikan PKL dan sedang bingung bagaimana cara menyusun laporan PKL tersebut.

Tenangkan dirimu, ambil nafas dalam-dalam, berpikir kalau membuat laporan PKL itu mudah, lalu coba deh simak contoh di bawah ini siapa tahu bisa jadi referensi untuk laporan PKL mu:

Contoh Laporan Prakerin Jurusan Multimedia
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Kegiatan prakerin merupakan salah satu pembeda antara sekolah menengah atas biasa dengan sekolah menengah kejuruan. Prakerin melatih para siswa untuk menerapkan ilmu yang telah diajarkan di sekolah sebelumnya, melatih kemandirian, mengenalkan para siswa kepada dunia usaha yang berperan ganda. Artinya belajar dan mendapat ilmu tidak harus di sekolah.

Tujuan dari prakerin yang dilakukan oleh para siswa ini adalah :

1. Menambah pengalaman dalam dunia kerja.

2. Mengembangkan kreativitas para siswa.

3. Membentuk mental para siswa untuk berwirausaha jika sudah lulus sekolah.

4. Melatih keterampilan yang dimiliki para siswa agar dapat bekerja dengan baik saat mulai bekerja nanti.

5. Melatih para siswa untuk membuat laporan yang baik dan benar setelah melaksanakan program prakerin.

Tata Tertib Selama Bekerja Di Rhaja Multimedia

1. Mulai bekerja setiap pukul 08.00 sampai pukul 16.00.

2. Tidak boleh merokok selama berada di ruang kerja yaitu studio.

3. Tidak boleh menggunakan handphone.

4. Tidak boleh bermain game selama waktu bekerja.

5. Tidak boleh keluar kantor tanpa seizin pembimbing.

6. Tidak boleh menggunakan alat-alat yang ada di studio tanpa seizin pembimbing.

7. Jika kebetulan meminjam alat yang ada di gudang harus dikembalikan lagi.

8. Tidak boleh menerima tamu selama bekerja.

Jenis pelayanan yang terdapat di Rhaja Multimedia

1. Shooting video untuk berbagai keperluan acara misalnya pernikahan, sunatan, lamaran, prewedding, ulang tahun, dan lain-lain yang sudah 1 paket dengan video editingnya.

2. Studio foto untuk keperluan foto apapun sepaket juga dengan editing foto.

3. Pembuatan animasi baik yang 2 dimensi ataupun 3 dimensi.

4. Menyewakan alat-alat yang berhubungan dengan multimedia.

5. Pembuatan website biasa atau pembuatan website streaming.

6. TV progamming

7. Pembuatan video profile.

8. Transfer data atau file apapun ke CD atau DVD.

PENUTUP

Manfaat yang didapat penulis selama melakukan prakerin di Rhaja Multimedia, yaitu :

1. Menambah keterampilan serta wawasan yang baru selama bekerja di bidang multimedia.

2. Mengenali pekerjaan industri lapangan di bidang multimedia.

Hasil kegiatan prakerin :

1. Dapat menggunakan alat-alat multimedia karena sudah sering menggunakannya selama bekerja.

2. Mengetahui beberapa software aplikasi yang baru yang tidak atau belum diajarkan di sekolah.

3. Mengetahui sekaligus mengatasi segala

4. kendala atau hambatan yang biasa terjadi di lapangan.

5. Memahami jenis permintaan pelanggan dan layanan apa saja yang bisa diberikan.

Hambatan yang ditemui selama di lapangan :

1. Kesulitan mendapatkan sumber listrik selama bekerja di lapangan.

2. Kesulitan mengatur pencahayaan di luar ruangan.

3. Contoh Laporan PKL Jurusan Pemasaran

Apa yang harus dilakukan seorang pelajar jurusan pemasaran setelah selesai melaksanakan tugas PKL nya? Ya harus membuat laporan PKL dong. Bagaimana cara membuat laporan PKL untuk jurusan pemasaran? Apakah sama dengan jurusan lainnya?tentu kurang lebih sama.

Untuk lebih jelasnya di bawah ini terdapat salah satu contoh laporan PKL untuk jurusan pemasaran yang bisa dipelajari:

Contoh Laporan Prakerin Jurusan Pemasaran
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Setiap siswa atau siswa yang lulus dari sekolah menengah kejuruan tentunya akan dituntut untuk memiliki keahlian tertentu yang didapat dari sekolah. Oleh sebab itu diadakanlah program prakerin yang bertujuan agar para siswa mempunyai pengalaman di dalam dunia usaha sebelum mereka memasuki dunia kerja setelah lulus sekolah.

Pola penyelenggaraan di SMK dianggap belum mampu menghasilkan tamatan seperti yang diharapkan, dan belum menghasilkan tenaga kerja yang profesional. Dengan demikian pihak sekolah serta dunia usaha dan industri harus memiliki kerja sama yang baik yang diharapkan dapat menghasilkan tenaga kerja yang tepat guna.

Spesifikasi Pekerjaan Atau Praktek Di Lapangan

Saat penulis melaksanakan prakerin di Hamada Group, penulis ditempatkan di bagian pemasaran. Yaitu melakukan beberapa pekerjaan seperti pengerjaan display, melayani setiap pelanggan yang datang ke toko, melakukan pelabelan pada barang, mengecek barang, stock opname, dan lain-lain. Selain itu, pihak Hamada Group juga menerapkan kedisplinan dan kejujuran selama bekerja.

Uraian Kegiatan Prakerin di Hamada Group

Pelaksanaan prakerin dimulai dari hari senin tanggal 15 Desember 2017 sampai tanggal 15 Maret 2018. Jam kerja penulis selama mengikuti prakerin di sana adalah mulai dari pukul 7 pagi sampai pukul 3 sore hari, dan mendapat libur di hari Sabtu dan hari Minggu.

Sebelum memulai kerja, penulis diharuskan membersihkan toko terlebih dahulu kemudian menata barang-barang yang ada di toko agar terlihat rapi dan bersih. Jika ada barang datang penulis juga ikut mengecek barang, dan membuat laporan untuk setiap barang yang masuk dan keluar.

PENUTUP

Setelah melakukan prakerin selama 3 bulan penuh, ternyata banyak sekali manfaat yang penulis dapatkan selama melaksanakan prakerin di sana. Diantaranya sebagai berikut :

1. Melakukan kedisiplinan yang baik soal waktu.

2. Mampu bertanggung jawab atas setiap pekerjaan dan tugas yang dilakukan selama bekerja.

3. Melatih kesabaran diri ketika menghadapi beberapa hambatan dan kendala yang terjadi selama bekerja di toko.

4. Mampu menyesuaikan diri dengan dunia kerja sehingga menambah pengalaman yang berharga di dunia kerja nyata suatu hari nanti.

5. Mengetahui dan mengenal dengan baik Hamada Group khususnya di bagian toko yang penulis tempati selama prakerin.

4. Contoh Laporan PKL jurusan Akuntansi

Berbicara soal akuntansi tentu banyak yang membayangkan bahwa belajar akuntansi itu rumit, harus pintar hitung-hitungan, harus detail, harus teliti, harus ini harus itu.

Eits, mari jangan memperumit pikiran tentang akuntansi. Akuntansi itu mudah bagi yang menyukainya hehe. Nih bagi anak akuntansi yang masih belum tahu benar bagaimana cara membuat laporan PKL, coba deh pelajari contoh berikut ini.

Yah untuk yang belum melaksanakan PKL hitung-hitung sebagai antisipasi “sedia payung sebelum hujan”, supaya nanti ketika waktunya tiba tidak terlalu kelabakan.

Contoh Laporan Prakerin atau PKL Jurusan Akuntansi
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Prakerin atau praktek kerja industri adalah salah satu tugas sekolah yang harus dilakukan oleh para siswa siswi, sebagai salah satu wujud nyata dari pelaksanaan sistem pendidikan di SMK. Program prakerin disusun bersama oleh sekolah dan dunia kerja, guna memenuhi kebutuhan peserta didik sebagai kontribusi yang baik terhadap perkembangan dunia pendidikan.

Dalam rangka mengembangkan program sekolah, untuk meningkatkan mutu pendidikan serta pelatihan dan untuk menyediakan tenaga kerja yang profesional yang berkualitas maka dibuatlah program prakerin tersebut. Permasalahan yang ada saat ini adalah lulusan sekolah kejuruan dianggap belum memiliki kemampuan yang cukup untuk masuk ke dunia kerja.

Hal ini terjadi karena antara sekolah dengan dunia usaha industri belum memiliki keterikatan, seharusnya sekolah dengan dunia perindustrian ini saling mendorong dalam hal memacu produktivitas serta mengoptimalkan aktivitas untuk menghasilkan para tenaga profesional.

Implementasi Kegiatan Prakerin

1. Memahami pengertian mengenai retribusi pasar.

2. Sistem pemungutan yang dilakukan di retribusi pasar.

3. Jenis retribusi pasar yang memadai.

4. Alat yang digunakan dalam retribusi pasar.

Pengertian Retribusi Pasar

Retribusi pasar adalah pembayaran yang dialakukan oleh para pedagang di pasar, atas pelayanan dan fasilitas yang dikelola oleh pemerintah daerah yang sudah disediakan untuk para pedagang di pasar. Objek dari retribusi pasar yaitu sebagai berikut :

1. Penyediaan fasilitas pasar misalnya kios, pelataran, front toko, dan los yang sudah disediakan oleh pemerintah daerah.

2. Segala jenis kegiatan yang membongkar hasil muatan bumi, ternak, laut, dan barang dagangan pada radius sekitar 200 m dari pasar.

3. Keramaian pasar.

4. Biaya balik nama pemakai.

Jenis-jenis retribusi pasar diantaranya sebagai berikut :

1. Karcis pasar

2. Pasar bawah

3. Pasar atas

4. Pedagang malam

Alat yang digunakan untuk retribusi pasar yaitu :

1. Bolpoin

2. Komputer

3. Printer

4. Map

5. Kalkulator

6. Pensil

7. Penghapus

5. Contoh Laporan PKL Jurusan TKJ

TKJ singkatan dari Teknik Komputer Jaringan menjadi salah satu jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan yang masih eksis sampai hari ini. Apalagi sekarang ini sudah memasuki era digital atau 4.0 yang tidak bisa tidak banyak berhubungan dengan komputer dan jaringan.

Oleh karenanya pasti tempat untuk praktik kerja lapangan para siswa jurusan TKJ akan semakin banyak dong ya. Kamu bisa lebih punya banyak pilihan untuk menentukan dimana kamu akan melangsungkan praktik kerja lapangan. Untuk pelajar jurusan TKJ di bawah ini ada informasi yang bisa menambah pengetahuanmu:

Contoh Laporan Praktik Lapangan Jurusan TKJ
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Pelaksanaan praktek kerja industri ini tentu memiliki peran yang sangat penting, karena prakerin sudah menjadi faktor dasar di dalam bidang pendidikan. Yang berfungsi untuk menambah wawasan serta pengalaman yang berharga, dan sebagai bekal para siswa dan siswi jika suatu hari memasuki dunia kerja dan sekaligus mengenal sistem kerjanya.

Tujuan Dibuatnya Praktek Kerja Industri

Kegiatan prakerin ini sudah dilaksanakan oleh siswa dan siswi SMK Tanu Wijaya setiap tahunnya untuk memenuhi salah satu tugas di sekolah. Tujuannya mendasar dari dilaksanakannya prakerin ini diantaranya yaitu :

1. Tujuan umum

Keahlian profesi merupakan elemen pokok dari keahlian profesional di dunia kerja, karena setiap perusahaan memerlukan tenaga ahli profesional untuk menghadapi perkembangan ekonomi secara global. Sehingga kegiatan prakerin ini akan membantu para siswa mengembangkan kemampuannya saat memasuki dunia kerja.

2. Tujuan khusus

a. Meningkatkan efisiensi pendidikan dan pelatihan untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional.

b. Memberikan pengakuan serta penghargaan terhadap salah satu pengalaman kerja.

c. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian profesional serta memiliki etos kerja dan pengetahuan yang dibutuhkan oleh perusahaan terkait.

d. Memperkokoh hubungan antara dunia kerja dengan dunia pendidikan.

e. Memperluas pandangan serta wawasan setiap siswa dan siswi terhadap jenis pekerjaan yang berkaitan di tempat praktek.

f. Merealisasikan pengetahuan yang didapat di sekolah untuk kemudian diaplikasikan di tempat praktek.

Manfaat Prakerin

1. Para siswa akan mendapat kompetensi yang tidak mereka peroleh di sekolah.

2. Secara tidak langsung para siswa sudah memberi kontribusi bagi perusahaan yang mereka tempati.

3. Memberi motivasi dan meningkatkan etos kerja yang baik untuk para siswa.

4. Mempererat hubungan sekolah dengan partner industri.

5. Sebagai media promosi yang baik bagi alumni SMK Tanu Wijaya.

Perincian kegiatan yang dilakukan selama melaksanakan prakerin di Dian Computer Center :

1. Menginstall window xp, 7 dan juga 8

2. Mengupgrade processor

3. Mengecek spesifikasi CPU

4. Merakit komputer

5. Menginstal driver dan software

6. Mengetes ulang laptop

7. Mengetes ulang proyektor

8. Maintenence komputer

Hasil kegiatan selama melaksanakan prakerin di Dian Computer Center :

1. Menjadi lebih mengerti operating system serta cara menginstallnya dengan lebih mendalam.

2. Lebih mengerti tata cara memasang processor yang baik dan benar.

3. Menjadi lebih mengerti apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli PC.

4. Menjadi lebih mengerti cara dan tahapan apa saja yang harus dilakukan ketika merakit komputer serta mengecek kembali komputer yang akan dijual.

5. Menjadi lebih mengerti cara menyetting BIOS serta cara menggunakan partisi hard disk.

6. Menjadi lebih mengerti secara mendalam tentang driver dan software dan cara menginstallnya ke komputer.

7. Menjadi lebih mengerti hal-hal yang harus diperhatikan saat membeli laptop.

8. Menjadi lebih mengerti memelihara dan memperbaiki komputer yang rusak.

PENUTUP

Kesimpulan

Pembelajaran yang dilakukan di dunia kerja adalah salah satu strategi dan peluang yang dialami para siswa dalam proses belajar tersebut. Sehingga dengan adanya program prakerin ini penulis dapat merasakan langsung praktek di dunia kerja.

Saran

1. Disiplin dalam bekerja, etika, kesopanan, ketelitian dan tanggung jawab yang harus semakin ditingkatkan oleh setiap karyawan di Dian Computer Center.

2. Menjalin hubungan kerja sama yang baik antara bawahan dan atasan sangat penting, karena hal itu merupakan kunci sukses dan keberhasilan suatu perusahaan.

6. Contoh Laporan PKL jurusan RPL

Bagi kamu anak rekayasa perangkat lunak yang sedang terombang ambing dalam menyusun laporan PKL simak salah satu contoh di bawah ini:

Contoh Laporan Prakerin Jurusan RPL
PENDAHULUAN

Latar Belakang

Dalam rangka meningkatkan mutu dari setiap tamatan sekolah menengah kejuruan, maka diperlukan dukungan dari berbagai pihak yang terkait dengan bidang yang dibutuhkan lapangan kerja. Pelajaran praktik yang diajarkan di sekolah tidak ada artinya jika para siswa tidak dibekali praktek kerja industri secara langsung dari dunia usaha atau industri.

Karena keahlian dan keterampilan yang hanya didapat dari sekolah tidak cukup untuk menghasilkan tenaga ahli profesional dalam dunia kerja. Maka dari itu perlu dibuat program prakerin ini, kegiatan belajar lain selain yang dilakukan di sekolah.

Prakerin adalah sarana yang paling tepat untuk mempraktekan langsung proses produksi di salah satu bidang industri, serta tahap awal untuk para siswa beradaptasi dengan dunia kerja. Dengan cara itu diharapkan para siswa dapat meningkatkan kegiatan belajarnya agar ketika masuk ke dunia kerja sudah benar-benar siap dan matang.

Tujuan Prakerin

1. Menghasilkan tenaga kerja ahli yang profesional.

2. Memperluas dan memantapkan proses penyerapan teknologi yang baru dari lapangan.

3. Memperkokoh keterikatan antara dunia usaha/industri dengan sekolah.

Kegiatan yang dilakukan oleh penulis selama bekerja di MRS Computer, yaitu meliputi :

1. Menginstal sistem operasi

2. Belajar program aplikasi yang ada

3. Melakukan pengetikan

4. Belajar tahapan-tahapan dalam proses editing foto

Uraian kegiatan pekerjaan selama melaksanakan prakerin di MRS Computer, diantaranya :

1. Pengenalan berbagai kegiatan dan pekerjaan yang dilakukan oleh semua karyawan serta pemimpin di MRS Computer setiap harinya.

2. Mengetik cerpen, soal-soal sekolah, dan soal ujian.

3. Mengetik soal-soal ulangan dan mencoba belajar scanning gambar.

4. Burning CD.

5. Mengetik beberapa surat pernyataan resmi.

6. Memasukkan data-data milik guru ke dalam microsoft excel.

7. Mengetik soal-soal matematika.

PENUTUP

Faktor pendukung terlaksananya prakerin di MRS Computer :

1. Program aplikasi yang tersedia

2. Fasilitas yang baik dan mencukupi

3. Hubungan kerjasama yang baik antar karyawan sehingga bisa saling menguntungkan

4. Mendapat dukungan penuh dari orang-orang terdekat

Kesimpulan

Selama penulis melaksanakan prakerin di MRS Computer, penulis merasa mendapatkan banyak sekali ilmu dan keterampilan lebih. Penulis juga dapat mempraktekkan secara langsung sistem kerja di dunia luar yang sebelumnya belum pernah dialami.

Penulis juga semakin menyadari akan pentingnya komunikasi yang tepat selama kita bekerja, dan bagaimana berinteraksi yang baik dengan karyawan maupun dengan pelanggan. Dengan demikian penulis mengucapkan terima kasih kepada pihak sekolah dan MRS Computer yang sudah memberikan kesempatan bekerja dan belajar banyak hal di MRS Computer.

7. Contoh Laporan PKL Jurusan Perikanan

Mahasiswa jurusan perikanan biasanya melaksanakan PKL di penangkaran biota laut, bidang budidaya perikanan baik laut maupun tawar, ataupun di bagian industri. Kerja lapangan ini berguna untuk menambah pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di bidang manajemen dan penanganan (handling).

Di tingkat universitas PKL selain bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, memang bersifat wajib. Harapannya setelah lulus nanti mahasiswa yang bersangkutan tidak hanya memahami ilmu sekedar teori namun juga paham bagaimana penerapannya di lapangan secara langsung.

Khusus di bidang perikanan memang PKL bersifat fardhu ‘ain dan tidak bisa dikerjakan secara berkelompok. Meski kamu mendaftar di sebuah perusahaan secara berkelompok tetap pembagian kerjanya adalah individu.
Berikut kami sajikan contoh laporan PKL jurusan perikanan di bidang industri.

contoh laporan pkl jurusan perikanan

8. Contoh Laporan PKL Jurusan Administrasi Perkantoran

Jurusan yang kegiatan hari-harinya terfokus pada perencanaan anggaran keuangan, pembayaran, dan mengurus data-data administrasi perkantoran ini bisa dibilang jurusan super sibuk. Mulai dari merencanakan segala kegiatan kantor hingga penyediaan peralatannya.

Jika kamu salah satu dari mahasiswa jurusan ini, maka siap-siap saat kerja lapangan nanti berat badanmu mungkin akan berkurang cukup drastis. Lumayanlah ya hitung-hitung diet alami.

Sesuai dengan namanya administrasi, tentu kamu akan ditempatkan di segala bagian. Nilai plusnya kamu akan memahami setiap administrasi semua divisi yang ada di perusahaan. Atau dapat dikatakan jurusan administrasi adalah pintu dari segala pintu dalam sebuah manajemen.

Jangan khawatir dengan prospek karir jurusan administrasi, selama kamu menorehkan kinerja yang baik dapat dijamin kamu telah mendapatkan spot kerja di perusahaan tersebut saat kamu lulus nanti. Nah berikut contoh laporan PKL yang apik yang semoga menambah nilai plus untuk kinerjamu nanti.

contoh laporan pkl jurusan administrasi perkantoran

9. Contoh Laporan PKL Program Studi Hubungan Masyarakat

Bahasa kerennya sering disebut dengan jurusan atau Prodi PR (Public Relation). Bertanggung jawab perihal membangun citra yang baik terhadap suatu perusahaan, lembaga, atau industri terkait dalam hubungan eksternal.

Tak hanya itu bagian PR juga bertanggung jawab untuk terus memelihara dan meningkatkan citra tersebut untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat.

Kunci utama bidang ini adalah kecakapan dalam public speaking. Kamu harus menjadi orang yang aktraktif dan cepat beradaptasi dan supel dalam bergaul. Berkenalan dengan orang bare serta membangun relasi adaah tugas utama bidang Humas.

Nah, praktiknya dapat kamu pelajarinya saat menjalani PKL nanti. Tak hanya sekedar teori di Prodi yang ada di jurusan Ilmu Komunikasi ini kamu juga lebih sering mengadakan praktik observasi dan wawancara secara langsung di lapangan.

contoh laporan pkl bidang humas

10. Contoh Laporan PKL Jurusan Pertanian

Jurusan ini identik dengan kegiatan penyuluhan dan mendampingi masyarakat di bidang budidaya tanaman. Ibaratnya kamu belajar menjadi petani sesungguhnya. Bagaimana permasalahan-permasalahan sesungguhnya yang dihadapi petani di lapangan yang tak kamu ketahui di kelas.

Permasalahan utama petani adalah kondisi cuaca, dimana saat ini cuaca yang tak menentu membuat banyak petani yang gagal panen. Perubahan cuaca yang tak menentu ini merupakan efek samping dari pemanasan global sehingga terjadi kemarau panjang atau musim hujan tak menentu.

Perubahan cuaca yang ekstrim ini menjadi tantangan baru bagi kita semua. Bagaimana menyikapinya dengan bijak, dan bagaimana inovasimu sebagai mahasiswa pertanian untuk menghadapi tantangan tersebut.

contoh laporan pkl jurusan pertanian

11. Contoh Laporan PKL Jurusan Perhotelan

Bisa dibilang jurusan perhotelan adalah jurusan yang paling banyak PKL-nya, biasa juga disebut dengan istilah magang. Magang menjadi program wajib yang ada di setiap semesternya, agar mahasiswa terlatih bekerja dengan cekatan dan profesional

Bidang studi yang akan kamu pelajari jika kuliah di jurusan perhotelan diantaranya akuntansi, keuangan, sistem informasi, pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan lain sebagainya. Jadi ketika magang atau kerja lapangan, penempatanmu tidak akan jauh dari bidang-bidang tersebut.

contoh laporan pkl jurusan perhotelan

12. Contoh Laporan PKL Jurusan Farmasi

Farmasi adalah jurusan yang mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan obat-obatan. Mulai dari ilmu kimia murninya, pembuatan obat, pengemasan obat, hingga manajemen distribusi dan pengelolaan obat.

Sudah jelas dong ya, anak-anak farmasi kalau magang dimana. Yup, bisa saja di rumah sakit, klinik, apotek, puskesmas, atau di industri produksi obat. Saat magang nanti kamu akan mengetahui cara meracik obat yang sesungguhnya dibandingkan dengan skala kecil di laboratorium.

Sudah pernah menyusun laporan kerja lapangan (PKL)? Jika belum berikut kami lampirkan contohnya:

contoh laporan pkl jurusan farmasi

13. Contoh Laporan PKL Jurusan Geografi

Geografi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara manusia dan lingkungannya, termasuk dengan alam. Untuk memahami definisi tersebut secara keseluruhan maka diperlukan PKL atau kuliah kerja lapangan.

Banyak konsep teori dalam bidang geografi yang tidak dapat dipahami dengan jelas oleh mahasiswa tanpa meninjaunya langsung ke lapangan. Seperti bentuk morfologi bentang lahan, wujud patahan, dan lain sebagainya.

Bagi jurusan geografi kerja lapangan merupakan penunjang dalam mendukung mahasiswa untuk belajar intensif dan mandiri, baik secara individu maupun kelompok. Sehingga PKL merupakan sebuah kebutuhan yang tidak dapat ditinggalkan alis bersifat wajib.

contoh laporan pkl jurusan geografi

14. Contoh Laporan PKL Jurusan Teknik Sipil

Teknik sipil erat kaitannya dengan sistem pengkajian dan pengembangan infrastruktur lahan kering. Untuk dapat mendalami bidang tersebut perlu diadakannya Praktek Kerja Lapangan (PKL) bagi mahasiswa.

Hal ini bertujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman dan pengetahuan praktis dalam bidang teknik sipil. Selain itu program PKL juga bermanfaat untuk membangun hubungan baik dengan para stakeholder dan mitra pengguna lulusan jurusan ini.

contoh laporan pkl jurusan teknik sipil

15. Contoh Laporan PKL Jurusan Psikologi

Selain merupakan bentuk implementasi tridarma perguruan tinggi, bagi jurusan psikologi PKL bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan bersosialisasi mahasiswa dengan kalangan masyarakat.

Selain itu juga PKL menjadi sarana menciptakan keterkaitan dan kesepadanan mahasiswa dengan dunia kerja. Mahasiswa psikologi biasanya ditempatkan di klinik, rumah sakit, atau di lembaga-lembaga rehabilitasi seperti BNN.

Saat menjalani PKL, sebagai mahasiswa kamu diwajibkan menyusun laporan harian dan laporan akhir. Laporan harian berupa catatan kasus yang kamu terima setiap harinya. Yang nantinya akan dijadikan pedoman untuk menyusun laporan akhir.

Nah sebelum memberanikan diri untuk maju ujian PKL nih, ada baiknya kamu intip contoh laporan kerja lapangan jurusan psikologi di bawah ini:


Pada akhirnya artikel ini selesai digarap dengan harapan dapat sedikit membantu teman-teman semua mengatasi kebingungan menyusun sebuah laporan PKL. Masih banyak contoh-contoh laporan PKL yang bisa disajikan sebenarnya, namun karena keterbatasan penulis hal tersebut tidak dapat diwujudkan.

Tetapi tak usah khawatir karena seberapa banyaknya contoh tersebut format penulisan laporannya akan tetap sama. Selamat belajar terus dan mencoba sesuatu hal-hal baru!

Keyword: Contoh Laporan PKL

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*