3 Contoh Latar Belakang

Dalam kesempatan kali ini, kita akan mengulas tentang contoh-contoh latar belakang. Tentu saja berserta penjelasan dan catatan-catatan penting yang menyertainya.

Sebagaimana kita tahu, seluruh karya ilmiah yang ada selalu membutuhkan bagian latar belakang ini sebagai sesuatu yang mengawali.

Latar belakang boleh dibilang adalah dasar atau alasan utama yang menjadi titik mula karya ilmiah akan dikerjakan sampai akhir.

Latar belakang menentukan alasan penulis menemukan berbagai alasan sehingga topik yang diangkatnya memang penting atau layak untuk dikaji. Oke, langsung saja. Kita simak penjelasan-penjelasan berikut ini.

Apa Itu Latar Belakang?

Diambil dari berbagai sumber, Latar Belakang adalah dasar atau titik tolak untuk memberikan pemahaman kepada pembaca atau pendengar mengenai apa yang ingin kita sampaikan.

Gagasan utama maupun rangkaian dari sistematisasi ide. Latar belakang yang baik harus disusun dengan sejelas mungkin dan bila perlu disertai dengan data atau fakta yang mendukung.

Data dan fakta ini berfungsi sebagai penguat alasan atau argumen yang diutarakan penulis dalam latar belakangnya. Beberapa hal yang terdapat dalam latar belakang adalah:

  1. Kondisi ideal mencakup keadaan yang dicita-citakan, atau diharapkan terjadi. Kondisi ideal ini biasa dituangkan dalam bentuk visi dan misi yang ingin diraih.
  2. Kondisi faktual/baku yang merupakan kondisi yang terjadi saat ini. menceritakan situasiyang menjadi keresahan atau masalah, sehingga menjadi dasar dilakukan nya suatu penelitan maupun kegiatan yang dilatarbelakangi.
  3. Solusi merupakan saran singkat atau penawaran penyelesaian terhadap masalah yang dialami sebelum melangkah lebih lanjut ke pokok bahasan.

Selain itu, latar belakang dapat pula mengandung perbandingan dan penyempurnaan atas tulisan mengenai topik yang sama sebelumnya.

Hal ini bisa berupa kritik atau lanjutan pembahasan/penelitian yang lebih diperdalam untuk dilanjutkan.

Oleh karena itu latar belakang merupakan suatu bagian penting dalam penulisan suatu karya tulis. Bisa dibilang sebagai pintu gerbangnya.

Karena poin-poin keseluruhan dari tulisannya sudah disinggung terlebih dahulu dalam tahap latar belakang ini.

contoh latar belakang
made-blog.com

Apa Poin-poin yang harus ada dalam Penyusunan Latar Belakang?

  1. Tema/topik

Pada poin ini, penulis harus menyiapkan kerangka besar apa yang akan ia tulis dalam latar belakangnya. Temanya tentu saja menyesuaikan disiplin keilmuan atau alasan penulis dalam mengerjakan karya ilmiahnya.

Tema dalam hal ini bisa dispesifikkan dengan kondisi atau kenyataan apa yang ingin dipotret dan diulas oleh penulis.

Tema ini juga yang menjaga koridor penulis agar tidak melebar ke topik atau tema lain yang tidak ada hubungannya dengan karya tulisnya.

  1. Masalah

Ini adalah kunci. Seberapa penting masalah yang akan dikemukakan penulis dari kenyataan yang dijumpainya.

Masalah di sini bisa berupa fakta sosial atau fakta dari data/informasi non sosial yang merupakan hal dasar yang penting dari penulis sehingga ingin dikemukakan dan dibahas lebih mendalam.

Masalah bisa diartikan sebagai kondisi yang karena ada keberadannya kemudian membutuhkan penyikapan lebih lanjut.

  1. Ide atauTujuan penulis

Setelah menemukan tema atau topik dan masalah, penulis perlu mengemukakan ide atau tujuan apa yang ia harapkan.

Ide di sini bisa menyesuaikan kerangka keilmuan yang dikuasai oleh penulis sehingga dalam paparan tulisannya, masalah yang dijumpai dan ide atau tujuan yang diharapkan bisa terhubung dan terpaparkan dengan baik dan mendalam.

  1. Data/fakta

Ini juga hal yang tak boleh luput. Data atau fakta di sini akan menguatkan ide dan masalah yang diutarakan oleh penulis.

Data atau faktanya bisa berupa angka, penelitian sebelumnya, pendapat tokoh tertentu, atau bahkan statistik yang dimunculkan dari berbagai sumber.

Tak jarang data atau fakta ini bisa berupa berita atau informasi kejadian sebelumnya yang pernah terjadi sebagai penguat tulisan penulis.

  1. Argumentasi dan alasan

Poin ini adalah pendapat-pendapat dari si penulis terkait tema, masalah, ide atau tujuan, data/fakta yang menjadi dasar penulis menyusun karya tulisnya.

Seberapa detail kerangka dan sistematisasi argumentasinya, membuat latar belakang juga semakin kuat.

  1. Relevansi

Ini biasanya adalah kesesuaian dari serangkaian proses yang dilakukan penulis berdasarkan kondisi ideal yang diharapkan.

Sehingga karya tulis bersifat relevan, layak, dan memang penting untuk diulas dan dibahas lebih lanjut secara mendalam.

Bagaimana Cara Membuat Latar Belakang?

Langkah-langkah cara membuat latar belakang makalah bisa dilihat di bawah ini.

1. Pada awal paragraf penulis bisa menulis tentang gambaran umum tentang masalah yang akan dijadikan subyek penelitian.

Buat seperti model piramid terbalik yakni membahas tentang gambaran umum masalah sampai mengerucut dan fokus pada masalah inti yang akan diteliti.

Penulis bisa memaparkan fakta-fakta umum yang terjadi dan didukung data-data yang tepat tentang kondisi yang dimaksud.

Paragraf awal ini biasanya penulis memaparkan gambaran tentang sesuatu yang lebih luas terlebih dahulu, baru kemudian dispesifsikkan pada bahasan yang lebih mengerucut yang menjadi fokus kajiannya.

2. Pada bagian tengah penulis bisa menuliskan tentang fakta dan data-data atau bisa juga penjelasan para ahli berkenaan dengan efek negatif dari masalah bila tidak segera diatasi.

Lebih baik lagi bila jika penulis bisa menemukan data dari penelitian terdahulu. Penulis menguatkan argumen yang mendasari dia mengangkat topik karya tulisnya.

Argumen dan alasan penulis di sini menguatkan ide utamanya tentang masalah-masalah yang akan bisa semakin bermunculan jika masalah tertentu yang diangkat penulis tidak disikapi terlebih dahulu.

3. Pada bagian akhir dari latar belakang tuliskan alternatif solusi untuk mengatasi masalah. Solusi dari masalah yang diteliti inilah nantinya yang akan kita jadikan judul makalah.

Solusi ini boleh dibilang tidak berupa dalam kalimat final, melainkan cara mengulas atau membahas lebih lanjut itu lah yang merupakan solusi proses untuk sampai ke solusi permasalahan utamanya.

Pada bagian akhir ini juga biasanya disebutkan tentang relevansi kegiatan karya tulis berdasarkan fakta umum atau kenyataan yang sedang terjadi, sehingga karya tulis yang sedang dikerjakan penulis bersifat penting dan memberi peran yang signifikan atas kondisi yang ada.

contoh latar belakang
hellosehat.com

Bagaimana Contoh-contoh Latar Belakang?

Diambil berbagai sumber, beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  1. Contoh latar belakang dalam makalah kegiatan pembelajaran

Latar Belakang Makalah Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran merupakan sebuah kegiatan yang sangat diperlukan oleh setiap individu. Karena dengan melakukan sebuah kegiatan pembelajaran ini maka individu tersebut akan dapat berkembang dengan baik.

Ketika kita membicarakan tentang kegiatan pembelajaran ini maka kita mungkin akan langsung mengarahkan pandangan kita pada kegiatan pembelajaran yang berlangsung di sekolah.

Terlintas pandangan kita, bagaimana kegiatan pembelajaran di sekolah tersebut dapat berjalan dengan efektif?.

Tentunya untuk mendapatkan sebuah kegiatan pembelajaran yang efektif ini memerlukan banyak komponen yang harus diperhatikan. Beberapa di antaranya adalah mengenai tenaga pendidik, para peserta didik, media pembelajaran, materi pembelajaran, strategi pembelajaran dan perencanaan kegiatan pembelajaran.

Komponen yang saya sebutkan tersebut masing-masing harus dapat digunakan secara maksimal agar proses kegiatan pembelajaran yang berlangsung dapat berjalan dengan efektif.

Salah satu elemen terpenting dalam sebuah kegiatan pembelajaran adalah adanya sebuah perencanaan pembelajaran yang baik.

Selama ini kita melihat pada kenyataan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah, maka mungkin yang akan memenuhi benak kita adalah tentang bagaimana kekurang matangan perencanaan kegiatan pembelajaran di sekolah.

Hal tersebut akhirnya mengakibatkan sebuah kegiatan pembelajaran berlangsung dengan tidak efektif. Dan akhirnya para peserta didik kurang dapat maksimal saat mengalami proses kegiatan pembelajaran di tempat tersebut.

Berdasarkan contoh kasus tersebutlah maka sangat diperlukan sebuah perencanaan pembelajaran yang matang dan baik agar sebuah kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal.

Dan hal ini bukan hanya perlu untuk diperhatikan oleh seorang yang bergerak dalam bidang pendidikan saja tetapi juga mencakup seluruh elemen yang terlibat di dalam sebuah kegiatan pembelajaran tersebut.

Jika perencanaan kegiatan pembelajaran ini dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan sebuah perencanaan pembelajaran yang benar-benar matang.

Maka akan banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh darinya. Yang pertama adalah mengenai semakin mudahnya para tenaga pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada para peserta didiknya.

Apa yang akan dilakukan oleh tenaga pendidik dalam sebuah kegiatan pembelajaran telah terencana secara sistematis dan jelas.

Juga bagi para peserta didik yang akan lebih mudah memahami kronologis kegiatan pembelajaran yang akan berlangsung sehingga pencapaian target pembelajaran pun dapat diukur.

  1. Contoh Latar Belakang Karya Ilmiah Bertemakan Pendidikan

Latar Belakang Pengaruh Perpustakaan Sekolah terhadap Mutu Pendidikan di Sekolah

Ilmu pengetahuan selalu berkembang dan mengalami kemajuan yang sangat pesat, sesuai dengan perkembangan zaman dan perkembangan cara berpikir manusia.

Bangsa Indonesia sebagai salah satu negara berkembang tidak akan bisa maju selama belum memperbaiki kualitas sumber daya manusia bangsa kita. Kualitas hidup bangsa dapat meningkat jika ditunjang dengan sistem pendidikan yang mapan. Dengan sistem pendidikan yang mapan, memungkinkan kita berpikir kritis, kreatif, dan produktif.

Dalam UUD 1945 disebutkan bahwa negara kita ingin mewujudkan masyarakat yang cerdas. Untuk mencapai bangsa yang cerdas, harus terbentuk masyarakat belajar.

Masyarakat belajar dapat terbentuk jika memiliki kemampuan dan keterampilan mendengar dan minat baca yang besar. Apabila membaca sudah merupakan kebiasaan dan membudaya dalam masyarakat, maka jelas buku tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari dan merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi.

Dalam dunia pendidikan, buku terbukti berdaya guna dan bertepat guna sebagai salah satu sarana pendidikan dan sarana komunikasi. Dalam kaitan inilah perpustakaan dan pelayanan perpustakaan harus dikembangkan sebagai salah satu instalasi untuk mewujudkan tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Perpustakaan merupakan bagian yang vital dan besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan. Judul makalah ini sengaja dipilih karena menarik perhatian penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang peduli terhadap dunia pendidikan.

  1. Contoh Latar Belakang Penelitian atas Program Tertentu

Latar belakang program KKN

Kuliah Kerja Nyata adalah pengabdian kepada masyarakat berbasis pemberdayaan yang dilaksanakan oleh mahasiswa. KKN juga merupakan bagian dari proses pelaksanaan Tri Dharma perguruan tinggi. KKN ini memiliki tujuan utama yaitu meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa kepada masyarakat dengan menerapkan ilmu-ilmu yang didapatkan selama perkuliahan.

Dusun Kaliabu yang berada di Desa Banyuraden Kecamatan Gamping Kabupaten Magelang merupakan lokasi KKN Internasional tahun 2015 berlangsung, dimana mayoritas warga dusun ini mengandalkan mata pencaharian utama sebagai buruh dan petani. Namun, pekerjaan tersebut tidak menyurutkan keanekaragaman seni dan budaya yang ada di sana.

Seni jatilan, seni wayang, seni ukir, dan gamelan masih tetap eksis dalam keseharian warga dusun. Di samping itu, dusun Kaliabu juga memiliki ke-khas-an tersendiri dari pabrik roti Pak Joyo yang masih beroperasi secara tradisional, industri sablon rumahan, dan juga bank sampah.

Kekayaan seni budaya juga potensi daerah dari dusun Kaliabu di atas masih bersifat terbatas diketahui oleh warga di sekitar dusun. Terlebih lagi, kurangnya sumber daya dan pengetahuan warga untuk mengurus administrasi dusun membuat potensi tersebut belum dapat teroptimalkan. Sangat disayangkan, keberadaan potensi wisata yang ada di dusun tersebut belum dapat memberikan dampak positif yang begitu berarti bagi warganya.

Oleh karena itu, diperlukan suatu metode yang tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut. Metode tersebut adalah design thinking. Design thinking ini berguna untuk memetakan semua permasalahan yang terdapat di desa Kaliabu. Setelah permasalahan terkumpul dan terkelompokkan, dipilihlah permasalahan dengan prioritas paling tinggi sesuai kebutuhan warga setempat.

Tambahan Sebelum Penutup

Ada hal penting yang perlu diperhatikan penulis dalam menyusun latar belakangnya. Selain, karya tulisnya bersifat penting, ia juga bersifat ilmiah.

Berikut ini adalah beberapa catatan yang cukup penting dalam penyempurnaan latar belakangnya :

  1. Memperhatikan EYD

EYD atau ejaan yang disempurnakan ini meliputi tanda baca, pilihan diksi, kata yang tepat, dan lain sebagainya –yang diatur dalam kaidah perbendaharaan bahasa indonesia.

  1. Fokus

Usahakan penulis menjaga ritme atau koridor bahasannya sehingga tidak melebar ke tema atau topik lain.

  1. Padat dan jelas

Hindari menggunakan kata-kata atau kalimat yang bias, ambigu atau bermakna banyak, termasuk juga hindari bertele-tele dalam menjelaskan argumen atau fakta-fakta tertentu.

Akhirnya

Cukup sekian dulu artikel tentang contoh latar belakang. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.