18 Contoh Mind Mapping di Berbagai Kasus [Penjelasan Lengkap]

√ 18 Contoh Mind Mapping di Berbagai Kasus [Penjelasan Lengkap]
mamikos.com

Contoh Mind Mapping – Ingin tahu contoh mind mapping? yuk simak penjelasan satu persatu mengenai mind mapping.

Pernah tidak sih mengalami kesulitan saat belajar? Hampir semua orang mungkin akan mengatakan ya. Entah pelajaran tersebut berupa hafalan atau pemahaman. Apalagi seorang siswa diberikan banyak materi pembelajaran yang harus dipahami. Terlebih jika pelajaran tersebut bukanlah materi yang kita senangi.

Hanya dengan mendengar nama mata pelajarannya rasanya ingin langsung menyudahi saja. Fenomena tersebut barangkali kemudian menginspirasi beberapa orang untuk membuat salah satu media yang dapat mempermudah seseorang dalam memahami sesuatu.

Salah satu inovasi yang dilakukan tersebut adalah mind mapping. Suatu kali pernah dong mendengar kata mind mapping. Kalau dalam bahasa Indonesia nya bisa diartikan dengan pemetaan pikiran.

Wah bagaimana bisa pikiran dipeta-petakan? Apa sih sebenarnya mind mapping? Memang apa pentingnya mempelajari mind mapping? Bagaiamana sih membuat mind mapping?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut  akan dijawab pada penjelasan di bawah ini. Dan bagi kamu yang ingin tahu bagaimana contoh mind mapping yang bisa kamu jadikan referensi, tetap simak tulisan ini sampai habis ya.


Pengertian Mind Mapping


Ternyata orang yang pertama kali menemukan mind mapping adalah seorang psikolog asal Inggris. Memang sudah sejak mula konsep mind map ini diaplikasikan di bidang pendidikan, seperti sekolah.

Nah bisa diartikan mind maping sebagai proses memetakan pikiran agar konsep-konsep suatu permasalahan dapat terhubung dan membentuk pemahaman yang kemudian hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan gambar atau animasi yang disukai dan mudah dimengerti.

Jadi boleh dikatakan bahwa hasil tulisan tersebut adalah gambaran langsung dari cara kerja koneksi-koneksi di dalam otak kita.


Manfaat Mind Mapping


Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari teknik mind maping ini. Hal ini dikarenakan mind maping melatih seseorang untuk mengembangkan kegiatan berpikir ke segala arah dan menyeluruh.

Sehingga dapat menangkap berbagai pikiran dalam beragam sudut. Adapun secara terperinci manfaat pencatatan dengan menggunakan mind maping adalah sebagai berikut:

  • Karena disebutkan di tengah, maka tema utama dapat terdefinisi dengan sangat jelas
  • Informasi yang lebih penting digunakan sebagai tema utama, hal ini membuat level atau kadar keutamaan informasi dapat diidentifikasi dengan lebih baik
  • Dapat dengan mudah mengenali dan memahami hubungan masing-masing informasi
  • Informasi dapat lebih mudah diingat dan dipahami
  • Informasi baru dapat digabungkan dengan informasi-informasi lainnya yang sudah berada dalam struktur mind maping tanpa merusak strukur tersebut
  • Karena setiap mind maping sangat unik, maka dapat mempermudah proses pengingatan
  • Karena hanya menggunakan kata kunci, maka proses pencatatan pun semakin cepat.

Cara Membuat Mind Mapping


Setelah mengetahui apa itu mind maping beserta manfaatnya, pasti penasaran dong bagaimana sih cara membuat mind maping tersebut agar informasi-informasi yang ada di mata pelajaran bisa dengan mudah dipahami. Mari kita cermati beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat mind maping:

Pastikan tema utama terletak di tengah-tengah

Oke sebelumnya jangan lupa ya kita tahu benar tema utama yang akan dipelajari. Nah setelah diketahui tema utamanya tulislah tema tersebut di bagian tengah. Misalnya pada pelajaran sejarah sedang membahas tentang sejarah kemerdekaan indonesia maka bahasan tersebut bisa dijadikan sebagai tema utama

Setelah menulis tema utama, akan ada tema-tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama

Misalnya dari tema sejarah kemerdekaan indonesia tersebut dapat dibuat tema turunannya adalah periode, wilayah, bentuk perjuangan, dan lain sebagainya.

Kemudian cari hubungan dari setiap tema, lalu tandai dengan simbol, garis, warna, atau gambar

Eits, ternyata tema turunan tidak hanya berhenti pada satu turunan saja namun bisa dua atau lebih. oleh karenanya cari hubungan setiap tema turunan tersebut dan buatlah sub-sub dari masing turunan tema sebelumnya. Dan jangan lupa hubungkan dengan garis, simbol, atau gambar, dan warna yang kamu sukai dan pahami.

Gunakan huruf besar

Meskipun tidak semua huruf ditulis dengan huruf besar, tetapi bukan berarti juga tidak menggunakannya sama sekali. Pada poin-poin tertentu huruf besar tersebut membantu kita untuk mengingat bahwa tulisan yang dibuat dengan huruf besar berarti penting.

Sisakan ruang untuk penambahan tema

Karena membuat mind maping adalah pekerjaan yang fleksibel dan membuat seseorang berpikir kreatif, maka sudah tentu terkadang ada beberapa hal sepertinya kurang dan harus direvisi. Oleh sebab itu jangan lupa sisakan ruang untuk antisipasi ya.


Contoh Mind Mapping


1. Contoh mind mapping sejarah

Sejarah adalah bagian dari ilmu pengetahuan yang wajib dipelajari. Sayangnya sebagian orang meras kesulitan memahami dan menghafal pelajaran sejarah.

Karena mau tidak mau belajar sejarah berarti belajar tentang runtutan peristiwa di masa silam, sehingga akan berkaitan erat dengan periodesasi, kronologi peristiwa, dan sebagainya.

Bayangkan saja kita harus mengingat dengan pasti waktu (ex.tahun,bulan) setiap peristiwa sejarah di masa lalu. Pasti sulit sih.

Tapi coba deh kita buat mind mapping tentang sejarah tersebut, barangkali bisa memudahkanmu mengingat setiap peristiwa sejarah. Berikut adalah contoh mind mapping tersebut:

2. Contoh mind mapping tentang cita-cita

Ternyata cita-cita bisa dibuat dengan mind mapping loh. Dengan membuat mind mapping tentang cita-cita, tentu akan memudahkan seseorang dalam memetakan apa cita-cita yang ingin dicapai, bagaimana cara-cara untuk mencapainya,

Apa hambatan yang bisa menghalangi untuk meraih cita-cita tersebut, bagaimana mengatasi hambatan tersebut, dan lain sebagainya. Dengan dibuat mind mapping tersebut seseorang bisa melihat cita-citanya dengan lebih jelas.

3. Contoh mind mapping berbentuk pohon

Mind mapping memang bisa dibuat dengan bentuk apa saja sesuai dengan selera dan kreativitas masing-masing orang. Kali ini terdapat contoh mind mapping yang berbentuk pohon yang bisa dijadikan referensi:

4. Contoh mind mapping tentang bisnis

Berbicara tentang bisnis tentu akan sangat berhubungan erat dengan sesuatu perencanaan yang matang. Karena dalam bisnis untung dan rugi dipertaruhkan.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kamu mencoba memetakan perencanaan tersebut dengan menggunakan mind mapping. Hal ini bisa menggambarkan rencana-rencana bisnismu dengan lebih jelas. Berikut adalah contoh tersebut:

5. Contoh mind mapping tentang globalisasi

Bagaimana cara membuat mind mapping tentang globalisasi yang menarik. Nah barangkali contoh di bawah ini bisa membantumu menemukan ide bagus untuk membuat mind mapping yang lebih keren:

6. Contoh mind mapping visi dan misi hidup

Berikut adalah salah satu contoh mind mapping tentang visi dan misi hidup yang bisa kamu jadikan referensi:

7. Contoh mind mapping kelompok sosial

Jika kamu ingin membuat mind mapping kelompok sosial, di bawah ini terdapat contoh yang bisa dipelajari:

8. Contoh mind mapping kuliah

Menjadi mahasiswa merupakan tahap awal permulaan dalam mencapai titik dewasa dalam hidup. Memasuki masa-masa menjadi mahasiswa dimana kamu akan bertemu dengan beribu bahkan berjuta karakter anak manusia.

Tak hanya menyesuaikan diri dengan lingkungan dan pergaulan, kamu juga harus fokus menata diri sedini mungkin. Persiapkanlah dengan matang rencana perkuliahanmu. Namun jangan lupa juga untuk membaur dengan khalayak ramai demi membangun sosialisasi dan koneksi.

Lalu bagaimana caramu mengatur waktu untuk kuliah dan membangun koneksi? Solusinya adalah dengan membuat mind mapping. Ada baiknya kamu susun mind mapping sejak mula masuk di dunia kampus, supaya waktumu tertata dengan baik dan semaksimal mungkin.

9. Contoh mind mapping penelitian

Tidak hanya terfokus pada sejarah, cita-cita, bisnis, ataupun rencana kuliah saja. Mind mapping juga menjadi konsep andalan dalam membuat sebuah peta atau payung penelitian. Biasanya konsep ini digunakan saat menyusun sebuah proyek penelitian dengan skala besar.

Artinya, penelitian tersebut memiliki tema yang luas bahkan dapat dilanjutkan atau dikerjakan dalam kurun waktu yang cukup lama.

Bagi seorang peneliti yang berencana akan mengajukan dana untuk hibah penelitian, ada baiknya anda mencantumkan min mapping rencana riset anda untuk memberikan nilai plus pada proposal yang anda buat.

Mind mapping tak hanya memudahkan anda dalam bekerja nantinya, namun juga akan memudahkan reviewer dalam memahami rencana riset yang akan anda lakukan ke depannya.

10. Contoh mind mapping yang unik

Mind mapping tentu akan sering kamu lihat dalam sebagai pengingat setiap kali kamu lupa dengan tujuan awalmu. Nah agar tidak bosan dan monoton, maka buatlah mind mapping dengan bentuk unik dan semenarik mungkin. Agar setiap kali kamu melihatnya, kamu semakin termotivasi.

Di zaman now berbagai ide kreatif dapat kamu tuangkan saat menyusun mind mapping. Mulai dari yang berbentuk pohon, kartun, atau dibuat dalam bentuk gambar hasil kreasi dan desainmu sendiri. Selamat mencoba, semoga pemetaan pola pikir yang semakin teratur.

11. Contoh mind mapping rencana masa depan

Tidak hanya mengenai cita-cita, mind mapping tentang rencana masa depan memiliki definisi yang lebih luas. Rangkaian target hidup akan kamu tuliskan di dalam pemetaan pola pikir tersebut. Bayangkan akan jadi seperti apa atau siapa kamu pada usia 20 tahun, 30 tahun, 40 tahun, hingga 60 tahun nanti.

Target lulus kuliah, bekerja, menikah, memiliki anak, membeli mobil, mendirikan rumah, dan lain sebagainya telah tercantum di peta tersebut. Tidak semua berjalan mulus dan tercapai sesuai target, akan tetapi setidaknya kamu berusaha mengatur pola pikirmu sebaik mungkin sejak dini.

12. Contoh mind mapping wirausaha

Lebih spesifik mungkin menjadi pengusaha adalah salah atu cita-citamu saat merancang mind mapping tentang masa depan. Kala cita-cita tersebut terwujud mulailah membuat mind mapping tersendiri khusus tentang jenis usaha yang sedang kamu rintis.

Buatlah target-target yang ingin kamu capai dalam berwirausaha. Tulis sedetail mungkin sebagai pengingat di kemudian hari jika kamu mungkin lupa dengan tujuan awal memulai. Dengan adanya mind mapping akan membantumu untuk membangun usaha yang lebih teratur dan kondusif.

13. Contoh mind mapping dari kertas origami

Nah membahas mind mapping unik salah satunya yaitu yang dibuat dari kertas origami. Ketibang hanya digambar, menggunakan kertas origami dapat dikatakan mind mapping mu adalah versi 3D. Kamu dapat berkreasi melipat kertas origami ke dalam berbagai bentuk favoritmu.

14. Contoh mind mapping seorang dokter

Setiap kali berhadapan dengan diagnosa penyakit, seorang dokter tentu makin banyak belajar dan melakukan berbagai riset. Terkadang gejala penyakit yang mereka temukan belum diketahui obat penyembuhnya.

Oleh karena itu jangan heran, jika kamu menemukan banyak peta pemikiran yang ditempel di dinding ruangan kerja seorang dokter. Selain berjasa mengobati setiap orang sakit, kontribusi mereka sungguh besar dalam mengembangkan teknologi demi kesembuhan khalayak banyak.

15. Contoh mind mapping riwayat hidup

Biografi dibuat demi mengenang seorang tokoh yang menjadi panutan banyak insan. Sebuah bentuk dedikasi agar kearifannya dapat diketahui banyak orang yang dapat dijadikan cerminan.

Biografi biasanya dibuat dalam bentuk buku yang berisikan sejarah hidup mengenai tokoh tersebut mulai dari lahir hingga ia wafat. Nah agar lebih menarik untuk dibaca bubuhkan mind mapping riwayat hidup dalam buku tersebut untuk memudahkan pembaca dalam memahaminya.

Mind mapping berisikan silsilah keturunan, visi misi kehidupan, tujuan hidup, hal-hal yang pernah diraih, dan lain sebagainya.

16. Contoh mind mapping sekolah

Mind mapping sekolah terdiri dari berbagai macam tipe, disesuaikan dengan tema yang akan dibahas. Misalnya tentang tema sosial, tema pendidikan, ataupun tema kegiatan di luar teori sekolah.

Terkait mind mapping yang berhubungan dengan materi pelajaran, buatlah sesimple mungkin agar pelajaran tersebut semakin mudah dipahami dan semakin cepat dikuasai. Belajar mengelola mind mapping sejak di bangku sekolah adalah hal yang bagus untuk perkembangan pola pikirmu.

Ke depannya kamu akan biasa menerapkan pola hidup yang baik di berbagai aspek. Tidak hanya bermanfaat bagi kemajuan diri sendiri, namun juga berefek terhadap caramu bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

17. Contoh mind mapping liburan

Hanya untuk liburan kamu sampai menyiapkan mind mapping? Dapat dipastikan bahwa liburan itu adalah liburan yang sangat berharga bersama orang terkasih yang telah direncanakan sejak lama.

Yup, untuk liburan seperti ini tentu kamu ingin setiap detik yang dilewati menorehkan kenangan indah. Jangan sampai lelah mengalahkan kebahagiaanmu dalam menjalani liburan ini. Rancang tempat apa saja yang akan kamu kunjungi dan apa saja yang kan kamu lakukan di tempat tersebut.

Layaknya mewujudkan sebuah wishing list, lewat mind mapping semuanya akan terlihat lebih menarik. dalam mind mapping juga dapat dituliskan barang apa saja yang akan dibawa, boleh juga tidak. Namun lebih baik dituliskan untuk menghindari jika sewaktu-waktu penyakit lupamu kambuh.

Dengan adanya mind mapping diharapkan liburan kamu terorganisir dengan baik sehingga tidak ada satupun tempat yang terlewatkan untuk dikunjungi. Selamat mencoba!

18. Contoh mind mapping visi dan misi hidup

Dalam menjalankan hidup tentu kamu pernah memikirkan ingin menjadi orang yang seperti apa. Ingin bergaul dengan kelompok orang-orang yang bagaimana?

Pola pikirmu akan mempengaruhi karakter yang terbentuk, menjadi manusia rumit dan complicated atau menjadi manusia yang easy going. Semua pilihan itu ada di tanganmu.

Untuk membantumu mencari jati diri, mind mapping mengenai visi misi hidup dapat dijadikan sebagai solusi. Visi dan misi hidup akan mengarahkan kita dalam melangkah ke depannya. Tentu ada saja orang yang tidak memiliki visi dan misi hidup.

Orang tersebut cenderung tidak stabil dalam bersikap dan sulit bersosialisasi dengan lingkungan. Ia bergerak ke arah yang tidak pasti dan seringkali menjalani hidup secara gambling. Bisa jadi orang seperti ini memang belum tahu akan tujuan hidupnya.

Nah salah satu manfaat dari mind mapping adalah membantumu menemukan konsep hidup dan jati diri. Tuliskan apa yang ingin kamu capai dalam hidup dan hal apa saja yang ingin kamu lakukan. Maka kamu akan bertemu dengan titik bahwa inilah visi dan misi hidupmu.

Setelah itu barulah tuliskan secara rinci kaitan antara visi serta misi hidup dalam pola yang teratur. Buatlah target-target dan tentukan definisi berhasil menurut visi-misimu sendiri. Untuk meningkatkan motivasimu buatlah mind mapping semenarik mungkin secara gamblang.


Demikianlah pembahasan tentang contoh mind mapping beserta penjelasan lainnya yang bisa disajikan dalam tulisan kali ini.

Semoga penjelasan yang ada cukup membuat kamu puas, dan bisa dijadikan referensi ketika para pembaca ingin membuat sebuah mind mapping.

Sekali lagi karena membuat mind mapping akan mengandalkan kreativitasmu, jadi berkreativitaslah setinggi mungkin. Dan dari contoh-contoh di atas bisa kamu kembangkan lagi sesuai dengan kreativitasmu. Selamat mencoba!

Keyword: Contoh Mind Mapping

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*