9 Contoh Surat Cinta Yang Bisa Anda Pergunakan Sebagai Referensi

Bicara cinta tak ayal memang selalu membuat orang mabuk kepayang. Mulai dari galau, deg-deg-an, sampai tak bisa tidur semalaman. Banyak cara kemudian ditempuh untuk mendapatkan si dia.

Mulai dari mencari sesuatu yang disuka dari stalking medsosnya, tanya-tanya pada sahabatnya, pun tak lupa juga memberi kode dan perhatian dengan cara yang bisa melelehkan hati.

Mengenai cinta ini, ungkapan Sastrawan Buya Hamka sepertinya masih relevan, beliau mengatakan bahwa Cinta itu perang, yakni perang yang hebat dalam rohani manusia.

Jika ia menang, akan didapati orang yang tulus ikhlas, luas pikiran, sabar dan tenang hati. Jika ia kalah, akan didapati orang yang putus asa, sesat, lemah hati, kecil perasaan dan bahkan kadang-kadang hilang kepercayaan pada diri sendiri. Hal ini tentu mengingatkan pada kita bahwa kita tidak boleh menyerah begitu saja. Harus ada usaha.

Salah satu yang masih terpercaya dari zaman dulu sampai sekarang ketika berbicara mengenai cinta tak lain tak bukan adalah melalui kekuatan kata-kata, karena tentu saja hati tidak bisa bicara sendiri. Ia harus diwakilkan. Dan hal tersebut bisa diwujudkan dalam medium bernama: surat.

Bayangkan orang yang kamu cintai tiba-tiba mendapati sepotong surat dari tukang pos. Lalu surat itu ternyata berisi ungkapan cinta.

Meskipun cara ini boleh dibilang jadul, tapi kekuatan pesan asmara itu tentu saja tak bisa diremehkan. Masih ingat adegan di film dilan 1990 yang membuat milea meleleh: ya, tepat sekali, itu berasal dari suratnya dilan.

Masih mengenai surat cinta. Primadonna Angela dalam novelnya yang berjudul Aku, Cinta, dan Petang halaman 119 menuliskan betapa kekuatan surat masih penting. Simak penggalannya berikut ini:

“Semakin lama Nik semakin kreatif menyatakan perasaan sayangnya. Dia pernah mengirimkan kartu ulang tahun sejumlah angka umurku, mengirimkan bunga-bunga kecil yang dikeringkan dan diberi wewangian ke dalam surat yang dikirimkannya, mengirimkan boneka kecil, bahkan pernah mengirimkan kue Valentine berbentuk hati yang dipesannya lewat toko online.”

Jadi, surat cinta tentu saja masih memiliki kekuatannya. Ia bisa menyuarakan hati yang terdalam. Mengutip ungkapan novelis Inggris Jane Austin, “Orang yang bisa menulis sebuah surat panjang dengan mudah, tidak akan menulis yang bukan-bukan.”

Baca Artikel ini juga ya


Contoh Surat Cinta


Berikut ini adalah beberapa contoh surat cinta yang bisa dijadikan rujukan. Yuk segera dicoba para orang-orang yang kasmaran.

1. Surat Cinta untuk Pujaan Hati

Terkhusus yang selalu dipuja dalam hati. Jangan sampai ia tak mendapatkan suratmu. Bisa jadi ini kejutan dan surprise banget loh buat si dia. Dan tentu saja pasti membekas. Dan kalau disimpan, ia akan abadi.

Bayangkan ia akan membaca suratmu ketika matahari senja sedang indah-indahnya. Atau saat hari sedang gerimis dan pelangi menghiasi langit.

Atau juga saat hari bercuaca cerah dan burung-burung sedang berkicau dengan indah-indahnya.

Nah, apa nggak mirip seperti yang di film-film? Itu pun masih ditambah akan dibaca lagi pada malam hari untuk bekal mimpi indah.

Yuk simak contohnya berikut ini:

Jakarta, 18 Maret 2018

Dear . . .

Sejak pertama kali aku mengenalmu, tak ada yang berbeda dari rasa ini. Tak ada yang berbeda dari apapun semua tentang kita. Layaknya seorang teman yang senantiasa bersama.

Namun, seiring berjalannya waktu. Rasa ini mulai tumbuh berbeda dari biasanya. Rasa di mana aku ingin selalu disampingmu, tertawa, bercanda, menangis . . .aku ingin kau slalu ada di sisiku.

Bahagia hati ini ketika aku bisa melihat senyummu, ketika kita bersama. Tapi hati ini merasa sendiri ketika kau tak di sisiku…aku begitu merindukanmu.

Kusadari, mungkin ini yang disebut cinta. Yah . . .ku beranikan diri ku katakan bahwa aku mencintaimu, sangat mencintaimu.

Terserah apa yang ada dibenakmu saat ini tentangku. Tapi aku berharap balasan surat darimu yang akan menyejukkan hatiku.

Yang mencintaimu,

Abdul Permana


 

2. Surat Cinta untuk Pasangan LDR

Masih ingat yang diutarakan lagu romantis itu: jauh di mata dan dekat di hati. Oh, kamu LDR-an? Jangan khawatir, surat cinta berikut bisa mendekatkan hatimu. Dan romantis tentu saja.

Meskipun kalian bisa bertukar telpon, surat cinta ini tak akan kalah. Ia memiliki seninya sendiri. Surat ini ditulis dari tempat yang jauh. Terpisah lautan, hamparan hutan, dan kota-kota yang terlewat.

Dengan cara kreatif, Kamu bisa menyertakan foto di tempatmu berada, bisa juga stiker, atau benda kecil yang bisa menambah keromantisan dan kejutannya.

Yuk simak contohnya berikut ini:

Jakarta, 18 Maret 2018

Dear,
Buat kamu yang lagi jauh tapi dekat dihati,

Sayang,
Walaupun kita jauh,
Walaupun kita terpisahkan jarak,
Percayalah, hati ini akan selalu untuk mu,

Sayang,
Aku tahu ini sangat berat untuk hubungan kita,
Tapi aku ingin kau mengerti,
Aku pergi bukan berarti aku tak sayang,
Tapi untuk kebahagiaan kita nanti,

Sayang,
Sebenarnya yang aku inginkan berada disisimu,
Memelukmu,
Menciummu,
Mewarnai hari-hari kita dengan senyuman,
Sayang,
Terima kasih atas semua yang telah kau berikan,
Aku berjanji akan selalu setia padamu,
Hingga akhir waktu.
Tetaplah bersamaku sampai ajal menjemput.

I love you,

Abdul Permana


Baca Juga ya!

3. Surat Cinta dalam Bahasa Inggris

Pujaan hatimu sedang les bahasa inggris? Atau ia kuliah di jurusan itu? Atau ia sangat suka dengan bahasa inggris?

Atau kamu sedang memiliki tugas untuk membuat itu? Surat berikut ini bisa dijadikan rujukan.

Ya, perkembangan globalisasi memang membuat orang harus melek dengan bahasa internasional. Ini juga bisa menjadi perpaduan.

Surat-surat-an sebagai budaya masa lalu dan berbahasa inggris sehari-sehari adalah budaya kekinian. Jadi Kombinasi yang keren kan?

Yuk disimak contohnya berikut ini:

Jakarta, 18 Maret 2018

Josephine,
The day when you say “I love you less”, will mark the end of my love and the last day of my life.
If my heart were base enough to love without being loved in return I would tear it to pieces.

Josephine! Josephine! Remember what I have sometimes said to you: Nature has endowed me with a virile and decisive character. It has built yours out of lace and gossamer. Have you ceased to love me?

Forgive me, love of my life, my soul is racked by conflicting forces. My heart obsessed by you, is full of fears which prostrate me with misery…I am distressed not to be calling you by name. I shall wait for you to write it.

Farewell! Ah! if you love me less you can never have loved me. In that case I shall truly be pitiable.

From your love,

Abdul Permana


Artikel ini juga menarik loh!


4. Surat Cinta untuk Kakak Senior

Hayoo siapa yang diam-diam suka sama kakak senior tapi nggak berani mengungkapkan? Atau kamu sedang dihukum untuk bisa membuat surat ini?

Jangan khawatir, jika toh benar kamu suka sama kakak seniormu, jangan ragu untuk kamu berkirim surat untuknya.

Bisa jadi kakak seniormu belum pernah mendapatkan ini, sehingga akan sangat mengena untuknya. Itu pun kamu bisa ditraktir makan keesokan harinya karena keromantisanmu dalam bersurat.

Atau dikenalkan dengan teman-temannya bahwa kamu adalah sosok yang keren. Yuk disimak contohnya berikut ini:

Dear kakak senior Abdul Permana

Bagaimana kabar kakak hari ini ? semoga kakak selalu dalam keadaan baik dan bahagia, Sebelumnya perkenalkan nama saya Nico, mungkin kakak belum begitu mengenal saya ya kak ? saya adalah salah satu dari sekian banyak calon siswa baru di sekolah ini yang mengikuti kegiatan ospek.

Meskipun kakak belum begitu mengenal saya tetapi saya cukup mengenal kakak karena saya sering memperhatikan kakak diam-diam, Ya diam-diam kak. Saya sering memperhatikan kakak saat tersenyum saat kakak marah-marah kepada teman-teman mos dari seringnya aku memperhatikan kakak entah mulai dari mana mulainya tumbuh berkembang hingga berbuah rasa kagum ini menjadi buah-buah cinta.

Senyum kakak yang imut dan mempesona membuatku tak jemu-jemu memandangnya, marah kakak yang tegas tetapi sedikit lucu semakin membuat jantungku berderu tak menentu. Memang aku sedikit lebih muda dari kakak tetapi bukakankah cinta tak mengenal usia, memang kakak belum mengenalku tetapi bukankah cinta itu soal hati.

Kak bukannya aku songong karena begitu berani mengungkapkan isi hati ini pada seseorang yang belum mengenalku tapi perasaan ini sudah tidak bisa dipendam lebih lama lagi takut aku jika terlalu lama menahan rasa ini aku bisa gila.

Memang cintaku tak setinggi pohon akasia yang pasti ku tahu suatu saat akan tumbang
cintaku juga tak sedalam lautan karena ku tahu suatu suatu saat akan surut
Tapi cintaku ini sederhana dan murni seperti rambut yang terus tumbuh dan tumbuh sampai mati.
Aku tidak menuntut cintaku terbalaskan terpenting bagiku sudah kuungkapkan, karena bagiku mencintaimu pun adalah bahagia untukku.
Salam rindu dariku yang mencintaimu …..

Yang mencintaimu,

Intan Permatasari


Pengen Tahu Daftar Film yang Romantis? Baca artikel ini ya!


5. Surat Cinta Ketika Rindu

Rinduuu rinduu serindu-rindunyaaaa. Kata salah satu lagu. Jangan biarkan rindumu tak tersampaikan. Tulis surat dong. Biar si dia tahu kalau kamu rindu. Jadi tambah romantis-tis karena melalui surat.

Kalau kata mbah sujiwo tejo, “siapa orang yang paling tak berperasaan di muka bumi? Ia adalah kekasih yang ketika hujan tak ia tulis satu pun puisi.”

Tuh kan, apalagi kalian sedang rindu. Sertakan juga puisi indahnya. Hal ini bisa juga kamu tambahi dengan kaset cd berisi playlist atau mixtape bertema rindu favorit yang sudah kamu susun. Tuh kan, apa nggak bikin meleleh?

Yuk disimak contohnya berikut ini:

Jakarta, 18 Maret 2018

Kepada YTC,
Yang ribuan mil jauhnya tetapi tetap hidup di hatiku

Sayangku, bagaimana kabarmu? Sudah tiga bulan lewat saat surat terakhirmu kubalas dan Engkau belum mengirim surat lagi kepadaku.

Sayangku, aku merasa sangat rindu kepadamu. Benar bahwa aku sekarang berada di Paris, kota yang dikenal sebagai pusat mode dunia. Kota romantis dengan Menara Eiffel yang mempesona sehingga melahirkan inspirasi film “Eiffel I’m in Love”. Akan tetapi, Sayangku, semua itu hampa rasanya tanpa dirimu di sisiku.

Sayangku, lebih baik bagiku berjalan bersamamu menyusuri pematang di pesawahan di lereng bukit di sebelah Barat desamu daripada memandangi kota Paris dari atas Menara Eiffel. Karena di pesawahan itu, aku dapat menggennggam jemarimu dan membaui aroma lembut rambutmu. Sedangkan di Eiffel, aku hanya dapat membayangkan wajahmu yang selalu menyejukkan hatiku.

Sayangku, terasa lebih nikmat bagiku, saat menyantap maso malang semangkuk berdua dengan tempias hujan sekali-kali mengelus muka kita, daripada makan di restoran mewah di Paris bersama bos. Di baso malang aku puas mengumpulkan senyummu sementara di Paris aku selalu teringat padamu.

Sayangku, waktu serasa berhenti apabila kuhitung hari ku kan kembali. Lama sekali rasanya. Kupikir bukan lagi sehari rasa seminggu tetapi sehari rasanya berabad-abad yang harus kulewati.

Sayangku, kuharap Engkau sudi sabar menunggu. Tiga bulan lagi aku akan selesai dengan tugasku di sini. Saat hari tiu tiba nanti, aku akan langsung menemuimu. Akan kucurahkan rindu yang telah kusimpan dalam kalbu ini. Entah seberapa banyak dirimu dapat menampung.

Sayangku, kirimkanlah kabar kepadaku. Mungkin Engkau dapat mengirimkan foto bunga mawar yang kita tanam bersama di tepi danau mungil tempat kita selalu mengangankan kebahagiaan di masa depan. Sungguh aku tidak sabar untuk segera melihat bunga mawar itu bersamamu. Mudah-mudahan ada mawar yang bisa kupetik dan kupersembahkan kepadamu.
Sayangku, tunggulah aku.

Dengan penuh cinta,
Kekasihmu yang rindu,

Abdul Permana


6. Surat Cinta Rayuan Gombal

Kamu pingin merayu-rayu ala penyair zaman dahulu? Menggunakan perumpamaan-perumpamaan fantastis untuk mengungkapkan perasaan cintanya?

Menyamakan indahnya senyum orang yang kamu cintai dengan bulan sabit? Mengumpamakan sejuk bersamnya seperti segar embundi  pagi hari? Surat berikut ini bisa dicoba.

Jadi lebih menarik jika kamu tambahkan buku-buku bacaan yang kamu ikut kirimkan untuk mendukung suasana rayuan gombalnya.

Bisa buku kumpulan puisi, kumpulan cerpen, atau novel-novel cinta yang bikin meleleh tak terkira. Yuk disimak contohnya berikut ini:

Jakarta, 18 Maret 2018

Sweet Nadia,
Sejak aku melihatmu tuk pertama kali, aku merasakan getaran yang berbeda. Betapa aku tak menyadarinya. Namun, setelah kesekian kali aku melihatmu, aku sadar, selama ini aku menyimpan rasa sama kamu. Rasanya seperti ada yang hilang jika sehari saja ga melihat kamu.

Kamu harus tahu, betapa senangnya aku, jika tatap mata ini berbalas. Bukan hanya itu, aku juga suka tawamu, candamu dan senyumanmu itu. Kalau boleh, betapa aku menyukai semua yang ada pada dirimu. Setiap saat yang ada dipikiranku cuma kamu seorang. Bukan pak Tatang guru matematika itu… suer, hehe

Nadia yang manis,
Sungguh tak tahan rasanya menyimpan rasa ini terus menerus. Memendam perasan ternyata lebih sakit dari apapun. Aku tidak bisa menahan semua ini. Karena itu, dalam surat ini aku ingin bilang, AKU MENYUKAIMU. Ini sebuah kejujuran, bukan rayuan gombal seperti kata Judika, jebolan Indonesian Idol itu. Maukah kamu jadi Cewek-ku? Maukah kamu mengatakan hal yang sama denganku?

Nadia yang imut…
1×24 jam dari sekarang, aku tunggu jawabanmu.

Yang mencintaimu,

Abdul Permana


Nah, Bagi kamu yang Pengen tahu list lagu romantis, baca artikel dibawah ini ya!


7. Surat Cinta Pandangan Pertama

Pandangan pertama, awal aku berjumpa. Kata salah satu lagunya slank dan nirina zubir. Pokoknya harus ada kesan ketika perasaan itu muncul di pandangan pertama.

Mau jadi seorang yang misterius tapi romantis seperti di film-film? Bikin orang yang kita cintai berkesan senang dan bertanya-tanya?

Atau tiba-tiba menghampiri tempat ia duduk, tersenyum, tanpa kata, dan meninggalkan sepotong surat begitu saja? Tunggu apa lagi, mainkan surat cintamu sebagai pembukaan yang manis untuk mendapatkan hatinya.

Suratnya sendiri bisa kamu titipkan tukang pos atau teman dekatnya. Atau bisa juga kamu yang memberikan sendiri tanpa memberitahu apa isinya.

Kalau dia memaksa bertanya dan ingin membukanya di depanmu, tahan dulu. Pokoknya bagaimana caranya surat itu dibaca setelah kamu berlalu. Yuk disimak contohnya berikut ini:

Jakarta, 18 Maret 2018

Kepada yang kukagumi,
Intan Permatasari

Entah luapan rasa apa yang harus kutulis di secarik kertas ini
Diriku tak bisa menuangkannya walaupun hanya setetes rasa hati
Tiada yang bisa mewakili diri yang sedang gundah dengan cinta ini
Jujur.. saat ku pertama melihatmu, aku tertarik dan terpesona denganmu
Kulihat pandangan pertama betapa indah dirimu dan cantik rupamu
Semua perasaan dihati ini terjadi karena begitu indahnya kau dimataku
Tapi entahlah tiba-tiba muncul dihatiku apakah pantas aku mendampingimu.
Kau bagaikan bidadari jelita dengan lirik mata yang penuh arti
Sedangkan aku hanya pria biasa yang hanya mampu tuk mengagumimu
Tapi saat ini kuberanikan diri tuk meluapkan isi hati ini
Aku nyatakan bahwa aku mencintaimu
Dan terserah apa katamu
Yang pasti ku menyayangimu
Kuharap kau membalas sepucuk suratku ini
Dengan berita yang menyejukan hati
Dapat menjawab semua gelisah hati selama ini
Kutunggu jawabanmu.. wahai kekasih hati..

Yang selalu mengagumimu,

Abdul Permana


8. Contoh Surat Cinta Untuk Orang Tua

Cinta merupakan suatu bentuk perasaan yang murni dan dialami oleh semua manusia. Seiring dengan bertambahnya usia, rasa cinta yang dirasakan seseorang akan berkembang seperti rasa cinta terhadap sahabat, cinta terhadap keluarga, dan cinta terhadap lawan jenis yang sudah menjadi kodrat setiap manusia.

Selain terhadap pacar, ungkapan cinta juga bisa disampaikan kepada orang tua yang melahirkan dan membesarkan kita.

Orang tua merupakan sosok yang tidak akan pernah tergantikan sampai kapanpun. Sebab rasa kasih sayang yang diberikan murni dan tidak akan pernah hilang dimakan waktu. Sehingga mengutarakan rasa cinta menggunakan surat untuk orang tua patut anda coba.

Yogyakarta, 10 Desember 2018

Untuk Orang Tuaku Tersayang
Ayah dan Bunda

Wahai cahaya hidupku, kalian adalah dua insan manusia yang paling aku cintai dan aku sayangi. Sebab cinta dan ketulusan kalian untukku tidak akan pernah lekang oleh waktu. Perhatian akan selalu kalian berikan tidak peduli seberapa buruk perlakuan yang aku berikan kepada kalian. Wahai Ayah dan Bunda tersayang, kalian adalah dua sosok yang akan selalu menjadi panutanku, penerang jalan kehidupanku, dan penyelamat ku dari kegelapan dunia yang selalu mengintai. Kesemua hal tersebut yang selalu membuat aku merasakan rasa syukur dan bahagia yang teramat besar karena telah memiliki kalian di dalam hidupku.

Salam cinta dan sayang dari anakmu ini.

Yang Mencintaimu,

Sena Sentosa.


9. Contoh Surat Cinta Untuk Suami

Meluangkan waktu membuat sebuah surat cinta untuk suami merupakan salah satu yang cara yang bisa anda coba untuk menguatkan hubungan suami istri yang anda jalani.

Sebab surat memiliki kesan yang lebih intim dan romantis dibandingkan hanya dengan mengirim kata-kata mesra melalui aplikasi chatting.

Yogyakarta, 10 Desember 2018
Dear suami tersayang,

Ketika pertama kali bertemu aku tak pernah menyangka bahwa kaulah jodoh hidup yang telah ditakdirkan Tuhan untukku. Ketika pertama kali bertemu aku tak pernah berharap bahwa kau akan selalu menemani dan mewarnai hidupku. Ketika pertama kali bertemu aku tak pernah menyangka bahwa suatu saat kau akan mengorbanku seluruh waktu dan hidupmu untukku. Ketika pertama kali bertemu aku tak pernah berfikir bahwa kau rela mengerahkan seluruh tenagamu hanya untuk membuatku bahagia.

Sekarang aku bersyukur kaulah Jodoh hidup dan mati yang menerima dan mengucap janji untuk setia bersamaku dalam suka dan duka kehidupan. Sekarang aku bersyukur bahwa kaulah yang akan membuat hidupku di dunia menjadi lebih bermakna. Suamiku tersayang, hanya ucapan terimakasihlah yang bisa aku berikan untukmu saat ini.

Salam sayang dan rindu dari istrimu.

Yang menyayangimu,

Mutiara Intan.

Demikian artikel yang menyediakan beragam contoh surat cinta ini, semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.