15+ Contoh Surat Izin Orang Tua – Untuk Berbagai Keperluan (Lengkap)

Contoh Surat Izin Orang Tua – Surat Izin merupakan surat yang bertujuan untuk mendapatkan persetujuan tentang suatu hal yang dilakukan oleh seseorang. Dewasa ini surat izin memang salah satu surat yang biasa digunakan oleh perseorangan / komunitas / instansi / perusahaan.

Permintaan izin yang dilakukan pun beragam, seperti izin meminjam barang atau tempat yang biasa dilakukan oleh organisasi ketika akan menyelenggarakan suatu kegiatan. Juga izin tidak masuk kerja/sekolah yang biasa dilakukan oleh siswa/karyawan yang berhalangan hadir memenuhi kewajibannya.

Atau bahkan izin dari seseorang yang ikut bertanggung jawab dalam hidup setiap anak yaitu orang tua. Izin tersebut biasa diajukan ketika seorang anak akan mengikuti sebuah kegiatan tertentu.

Surat izin orang tua tergolong ke dalam surat tidak resmi namun penting keberadaannya. Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya untuk melakukan beberapa kegiatan membutuhkan izin dan kuasa dari orang tua. Lalu bagaimana cara membuat surat izin orang tua yang baik dan benar? Berikut penjelasan lengkapnya.


Cara Membuat Surat Izin Orang Tua


eje360.co

Sebelum mengetahui lebih dalam mengenai contoh surat izin orang tua, penting untuk mengetahui dan memahami cara membuatnya terlebih dahulu.

Secara umum surat izin orang tua tidak memiliki format yang baku seperti kebanyakan surat resmi. Inti dari surat izin orang tua adalah memberikan restu kepada anaknya untuk melaksanakan kegiatan atau tugas tertentu.

Cara penulisannya pun tidak terlalu susah, boleh menggunakan bahasa sehari-hari namun masih berada dalam koridor bahasa yang santun dan sopan. Masing-masing orang tua memiliki gaya penulisan tersendiri, tidak bisa disamakan.

Beberapa hal yang menjadi poin penting dalam membuat surat izin orang tua diantaranya tujuan pengiriman surat. Yang dimaksud disini ialah kepada siapa surat yang ditandatangani orang tua tersebut ditujukan.

Bisa saja ditujukan kepada guru, kepala sekolah, atasan di perusahaan tempat anaknya bekerja, atau kepada yang lainnya. Dalam hal ini jika Anda (sebagai orang tua) telah menuliskan kata “Yth.” maka tidak perlu menggunakan kata “kepada”, begitu pula sebaliknya.

Poin selanjutnya adalah perhatikan nama pembuat atau yang mengirimkan surat. Jika yang diminta adalah surat izin dari orang tua, maka yang menandatangani surat tersebut adalah orang tua, bukan Anda.

Namun ada pula beberapa instansi / lembaga / perusahaan yang mengharuskan keduanya untuk menandatangani surat tersebut. Jadi surat tersebut dibuat oleh si anak dan diketahui oleh orang tua dengan bukti tanda tangan.

Poin terakhir yang tak kalah penting yaitu alasan izin. Unsur ini menjadi pertimbangan apakah izin Anda akan dikabulkan atau tidak. Alasan izin biasanya dituliskan pada isi (inti surat).

Dalam membuat alasan jangan bertele-tele, gunakanlah bahasa yang simple, singkat, dan mudah dipahami. Jika Anda menggunakan bahasa yang bertele-tele, maka besar kemungkinan yang membaca surat tidak akan percaya dengan alasan tersebut.

Bagian Penting dalam Surat Izin

kickresume.com

Nah setelah memahami poin-poin penting yang harus dicantumkan saat membuat surat izin orang tua, kini saatnya kita rangkum apa saja bagian-bagian pokok yang terdapat dalam surat tersebut.

  • Keterangan waktu (tempat, tanggal dan tahun dibuatnya surat)
  • Tujuan atau alamat pengiriman surat
  • Salam pembuka (seperti kebanyakan di surat-surat pada umumnya)
  • Isi dari surat izin (bagian dari inti surat)
  • Salam penutup (menyesuaikan kepentingan dari masing-masing orang)
  • Jangan lupa tuliskan nama pengirim dan tanda tangan dari pembuat surat

Tujuan dan Kegunaan Surat Izin Orang Tua


glints.com

Kenapa surat izin dari orang tua penting keberadaannya? Bahkan orang dewasa yang sudah bekerja pun terkadang masih membutuhkan surat tersebut.

Biasanya surat izin dari orang tua berlaku bagi orang-orang yang masih tinggal serumah dengan orang tuanya atau dengan kata lain masih single. Karena mereka masih berada di bawah tanggung jawab orang tua menurut hukum.

Berbeda halnya jika orang tersebut sudah menikah, biasanya yang akan diminta adalah surat izin dari suami atau istri.

Beberapa kegiatan yang memerlukan surat izin orang tua diantaranya kegiatan di luar kampus, exchange ke luar negeri, berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang diadakan di luar sekolah, hingga untuk menikah membutuhkan surat izin dari orang tua.

Sebagai contoh, seorang mahasiswa teladan terpilih mewakili kampusnya untuk seminar dan presentasi di luar negeri. Kegiatan tersebut memakan waktu selama 2 minggu dan mengharuskan iya menginap di negara tersebut.

Tentu saja sebelum kegiatan tersebut direalisasikan pihak kampus akan meminta mahasiswa yang bersangkutan untuk membuat surat izin dari orang tua/ walinya.

Surat ini berfungsi sebagai bukti bahwa orang tuanya memberikan izin secara resmi kepada pihak kampus untuk membawa anaknya ke luar negeri selama dua minggu tersebut. Meskipun kini perkembangan teknologi semakin canggih, keberadaan surat izin tersebut penting adanya sebagai bukti fisik yang nyata.


Contoh Surat Izin Orang Tua


tutorial89.com

Pada umumnya izin dari orang tua merupakan salah satu syarat ketika seseorang akan melakukan suatu hal yang berkaitan dengan sebuah instansi, baik itu sekolah, perusahaan, pemerintahan, dan lain sebagainya.

Sebuah instansi akan meminta bukti tertulis yang menyatakan bahwa seseorang telah diperbolehkan melakukan suatu hal oleh orang tuanya. Bukti tertulis tersebut disusun dalam bentuk surat izin orang tua.

Surat izin tersebut dalam kondisi tertentu memiliki andil yang sangat penting bagi seseorang. Oleh karenanya tidak ada salahnya jika setiap orang belajar membuat surat izin orang tua.

Pun pada dasarnya membuat surat izin tersebut memang bukanlah suatu hal yang sulit untuk dilakukan. Akan menjadi lebih mudah lagi jika terdapat contoh surat yang bisa dijadikan referensi ketika akan membuatnya seperti contoh-contoh surat berikut ini:

1. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Kegiatan Pramuka

Hampir di setiap sekolah memiliki organisasi pramuka, bahkan beberapa sekolah mewajibkan siswanya untuk mengikuti pramuka sebagai penempaan mental bagi peserta didiknya. Organisasi pramuka tentu sering mengadakan suatu kegiatan, seperti latihan rutin pramuka, hiking, outbond, dan tentu saja perkemahan.

Beberapa kegiatan seperti perkemahan/ kegiatan lainnya yang mengharuskan peserta bermalam biasanya membutuhkan surat izin dari orang tua sebagai syarat untuk mengikuti kegiatan tersebut.

Hal ini untuk menghindari terjadinya kesalahpahaman antara orang tua dan pihak penyelenggara. Untuk membuat surat izin tersebut sebenarnya tidak terlalu sulit seperti contoh di bawah ini:

SURAT IZIN ORANG TUA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Surakarta

Orang tua / Wali murid dari :

Nama : Ilham Nasir
Kelas : XI SMA Negeri 1 Surakarta
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Surakarta

Dengan ini saya selaku orang tua dari putri kami mengijinkan untuk mengikuti pelaksanaan kegiatan lomba pramuka di Lapangan Serbaguna Surakarta.

Surakarta, 30 April 2018,
Orang Tua Siswa,

Ahmad Subari

2. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Melanjutkan Pendidikan

Beberapa instansi pendidikan memang memiliki kebijakan yang mengharuskan calon peserta didiknya mengantongi surat izin orang tua ketika ingin melanjutkan pendidikan di instansi tersebut. Hal ini bisa jadi dimaksudkan agar orang tua mengerti benar sekolah yang akan mendidik anak tersebut.

Adapun surat izin tersebut dapat kamu buat sendiri. Untuk lebih memudahkanmu di bawah ini terdapat contoh surat izin orang tua untuk melanjutkan pendidikan:

SURAT IZIN ORANG TUA

Yang bertanda-tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Banyuwangi
Pekerjaan : Wiraswasta

Selaku orang tua dari anak saya :

Nama : Andika
Tempat/Tgl Lahir : Banyuwangi/20/09/1999
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Banyuwangi
Agama : Islam

Dengan ini memberikan izin kepada anak saya untuk melanjutkan jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas di SMA Negeri 1 Banyuwangi.

Demikian surat izin ini saya buat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Banyuwangi, 30 April 2018
Orang Tua,

Ahmad Subari

3. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Penempatan Kerja

Terkadang surat Izin orang tua juga dibutuhkan ketika seseorang akan bekerja di suatu instansi. Hal ini biasanya digunakan oleh seseorang yang akan bekerja di instansi yang memiliki banyak cabang di berbagai daerah. Sehingga mengharuskan setiap karyawan siap ditempatkan kerja di daerah manapun yang membutuhkan.

Selain kesiapan pribadi, izin dari orang tua pun sangat dibutuhkan. Izin tersebut harus ditulis dalam sebuah surat yang menyatakan kesediaan orang tua untuk memberi izin anaknya bekerja di daerah terkait.

Bagaimana cara membuat surat tersebut? berikut ini terdapat contoh surat izin orang tua untuk penempatan kerja yang bisa dijadikan referensi:

SURAT KETERANGAN IZIN ORANG TUA

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Umur : 45 Tahun
Agama : Islam
Alamat : Jl. Pegangsaan No. 123, Jakarta

Orangtua/Wali dari anak :

Nama : Muhammad Ilham
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/1994
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status Perkawinan : Belum Menikah
Alamat : Jl. Pegangsaan No. 123, Jakarta

Dengan ini menyatakan tidak merasa keberatan jika anak kami sebagaimana tersebut diatas bekerja pada perusahaan PT. Maju Mundur dan ditempatkan di caba-cabangnya di seluruh wilayah indonesia atau di luar negeri.

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sesungguhnya untuk dijadikan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 30 April 2018,
Orang Tua,

Ahmad Subari

4. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Mendaftar TNI

Salah satu syarat ketika seseorang mendaftar untuk menjadi TNI adalah surat izin orang tua. Surat ini dibutuhkan sebagai bukti pernyataan tertulis atas kesediaan orang tua untuk merelakan anaknya menempuh pendidikan menjadi TNI.

Adapun surat izin orang tua yang biasa digunakan untuk mendaftar TNI bisa kamu lihat pada contoh surat izin di bawah ini:

SURAT PERSETUJUAN ORANG TUA

Saya yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Umur : 45 Tahun
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Yogyakarta
Pekerjaan : PNS

Orang Tua / Wali dari :

Nama : Anton Sanjaya
Umur : 21 Tahun
Alamat : Jl, Pertahanan No. 123, Yogyakarta
Pendidikan Terakhir : SMA

Dengan ini saya menyatakan, menyetujui dan memberikan izin kepada anak saya untuk mengikuti seluruh kegiatan Pendaftaran Seleksi Calon Taruna TNI.

Demikian surat izin saya buat dengan benar untuk dipergunakan sebaik baiknya dalam rangka melengkapi persyaratan administrasi pendaftaran.

Yogyakarta, 30 April 2018
Orang Tua,

Ahmad Subari

5. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Menikah

Di Indonesia perkara menikah telah diatur oleh negara. Oleh karenanya ketika seseorang menikah maka pernikahan tersebut harus didaftarkan agar tercatat oleh negara.

Salah satu syarat lainnya yang juga harus dipenuhi ketika seseorang menikah adalah izin orang tua untuk menikah, meskipun hal itu hanya berlaku pada daerah/agama tertentu.

Izin tersebut dibuktikan dalam sebuah surat yang menyatakan pihak orang tua telah mengizinkan anaknya untuk menikah. Berikut ini adalah salah satu contoh surat izin orang tua untuk menikah yang bisa dijadikan referensi:

Purbalingga, 30 April 2018

Kepada Yth,
Kepala KUA Kelurahan Maribaya
Kecamatan Karanganyar
Jl. Raya Karanganyar No.37
Kota Purbalingga

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : PNS
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Purbalingga

Adalah benar Ayah kandung dari :

Nama : Irfan Hakim
Tempat/Tgl Lahir : Purbalingga/20/09/1994
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Alamat : Jl. Pertempuran No. 123, Purbalingga
Pekerjaan : Karyawan Swasta

Memberikan izin kepada putri kami tersebut untuk melakukan pernikahan dengan :

Nama : Intan Permatasari
Tempat/Tgl Lahir : Purbalingga/20/09/1995
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Alamat : Jl. Pertempuran No. 234, Purbalingga
Pekerjaan : PNS

Demikian surat izin ini dibuat dengan kesadaran serta tanpa ada paksaan dari pihak manapun juga agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Purbalingga, 30 April 2018
Orang Tua,

Ahmad Subari

6. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Program Magang ke Luar Negeri

Kegiatan magang pada umumnya merupakan hal yang wajib dilakukan oleh setiap siswa/mahasiswa sebagai wadah untuk mengembangkan keilmuan secara praktek.

Pada kasus kegiatan magang pada umumnya tidak memerlukan surat izin dari orang tua ketika akan melakukan magang, namun pada kegiatan magang tertentu seperti magang ke luar negeri maka seseorang harus mendapatkan surat izin dari orang tua.

Bagaimana bentuk surat izin tersebut? di bawah ini terdapat contoh surat izin dari orang tua yang digunakan untuk mengikuti program magang ke luar negeri:

SURAT IZIN ORANG TUA UNTUK MENGIKUTI
PROGRAM MAGANG KE JEPANG

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Alamat : Jl. Pangeran Diponegoro No. 123, Bandung
Pekerjaan : PNS

Selaku orang tua dari :

Nama : Intan Permatasari
Alamat : Jl. Pangeran Diponegoro No. 123, Bandung
Pekerjaan : Karyawan BUMN

Dengan ini mengetahui, menyetujui dan memberi izin kepada anak kami tersebut di atas untuk mengikuti Program Pemagangan ke Jepang dan akan memberikan dukungan sepenuhnya serta bertanggung jawab bilamana terjadi sesuatu hal selama mengikuti Program Pemagangan sejak awal sampai dengan akhir program selesai 3 (tiga) tahun.

Demikian surat izin ini dibuat dengan sadar tanpa paksaan dari pihak manapun, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Bandung, 30 April 2018
Orang Tua,

Ahmad Subari

7. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Luar Negeri

Banyak orang menginginkan bekerja di luar negeri karena upah yang cukup tinggi. Oleh karenanya tentu tawaran bekerja di luar negeri menjadi sesuatu yang menggiurkan. Namun terkadang pada beberapa perusahaan mewajibkan karyawannya untuk meminta izin tertulis dari orang tua ketika dirinya ingin bekerja di luar negeri.

Izin tersebut dinyatakan dalam sebuah surat yang biasa disebut dengan surat izin. Adapun contoh surat izin orang tua untuk bekerja di luar negeri tersebut dapat dilihat di bawah ini:

SURAT IZIN ORANG TUA

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Alamat : Jl. Budi Mulia No. 123, Yogyakarta
Pekerjaan : Wiraswasta

Selaku orang tua dari :

Nama : Aprilia Handayani
Tempat/Tgl Lahir : Yogyakarta/20/09/1994
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Alamat : Jl. Budi Mulia No. 123, Yogyakarta

Dengan ini menyatakan bahwa saya mengizinkan putri saya untuk bekerja pada perusahaan yang Bapak / Ibu pimpin termasuk ditempatkan di cabang dalam maupun luar negeri. Demikian surat izin ini saya sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 30 April 2018
Orang Tua,

Ahmad Subari

8. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Perusahaan

Seperti halnya bekerja di luar negeri bekerja di perusahaan lokal pun terkadang mengharuskan calon karyawannya untuk meminta izin kepada orang tua nya, yang kemudian dinyatakan dalam sebuah surat.

Surat izin tersebut menjadi salah satu syarat bekerja di perusahaan tertentu. Adapun contoh surat izin tersebut dapat dilihat di bawah ini:

SURAT IZIN ORANG TUA
UNTUK BEKERJA PADA
PT. MAJU MUNDUR, Tbk

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Subari
Alamat : Jl. Mungkur No. 123, Banten
Usia : 42 Tahun
Pekerjaan : Wiraswasta

Selaku orang tua dari :

Nama : Dodi Setiawan
Tempat/Tgl Lahir : Banten/20/09/1994
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Agama : Islam
Status : Belum Menikah
Alamat : Jl. Mungkur No. 123, Banten

Dengan ini memberikan izin kepada anak saya untuk bekerja di PT. Maju Mundur Tbk. dan berharap bisa menyesuaikan dengan peraturan-peraturan perusahaan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya untuk bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Banten, 30 April 2018
Orang Tua,

Ahmad Subari

9. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Mengikuti Kegiatan Perlombaan

Pada kondisi tertentu surat izin orang tua memang sangat dibutuhkan. Salah satunya pada kegiatan perlombaan yang mengharuskan peserta harus menginap.

Kegiatan perlombaan merupakan salah satu ajang bagi siswa untuk mengembangkan bakatnya. Oleh karena itu ketika ada event lomba maka pihak sekolah akan mengirimkan para siswa nya untuk mengikuti kegiatan lomba tersebut.

Namun ketika kegiatan lomba diadakan jauh dari sekolah dan mengharuskan peserta menginap maka hal yang harus dilakukan oleh peserta adalah meminta izin orang tua masing-masing untuk mengikuti lomba. Izin tersebut ditulis dalam sebuah surat seperti contoh surat di bawah ini:

SURAT IZIN ORANG TUA

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Ahmad Subari
ALamat : Jl. Pertempuran No. 123, Medan
Telp : 081234567890

Adalah orang tua dari :

Nama : Intan Permatasari
Kelas : XII – A SMA Negeri 1 Medan

Dengan ini mengizinkan anak saya untuk mengikuti kegiatan LOMBA CERDAS TANGKAS yang akan dilaksanakan di Jakarta, pada 1 Mei 2018 selama 3 hari.

Demikian surat ini saya buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 30 April 2018
Orang Tua,

Ahmad Subari

10. Contoh Surat Izin Orang Tua Mengikuti Kegiatan Bakti Sosial

Surat izin orang tua mengikuti kegiatan bakti sosial terkadang juga diperlukan. Biasanya surat izin ini diminta oleh pihak sekolah yang mengadakan kegiatan bakti sosial kepada para siswa yang akan mengikuti kegiatan tersebut. Adapun contoh surat izin orang tua mengikuti kegiatan bakti sosial dapat dilihat di bawah ini:

SURAT IZIN ORANG TUA UNTUK MENGIKUTI KEGIATAN
BAKTI SOSIAL MAHASISWA
UNIVERSITAS GAJAH MADA

Yang bertanda tangan di bawah ini, saya :

Nama : Ahmad Subari
Alamat : Jl. Mekarsari No. 123, Purbalingga
Telp : 081234567890

Selaku orang tua dari mahasiswa/mahasisiwi dari :

Nama : Intan Permatasari
NIM : 8754835346536
Program/Jurusan : Informatika

Bersamaan dengan surat ini, menyatakan bahwa saya mengizinkan putra saya untuk mengikuti kegiatan Bakti Sosial sebagai rangkaian kegiatan mahasiswa yang akan dilaksanakan selama dua hari satu malam, yaitu pada tanggal 1 – 3 Mei 2018.

Purbalingga, 30 April 2018,
Orang Tua,

Ahmad Subari

11. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Bank

Dalam beberapa kasus, bank akan meminta calon karyawannya untuk membuat surat izin bekerja dari orang tua terutama yang akan ditempatkan jauh dari kota tempat tinggalnya.

blogspot-id.blogspot.com

12. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Pabrik

Salah satu posisi yang membutuhkan banyak pekerja setiap tahunnya adalah buruh pabrik. Kebanyakan dari calon karyawan pabrik ini masih muda berusia di bawah 30 tahun. Oleh karena itu pihak pabrik biasanya akan meminta surat izin dari orang tua kepada calon pekerjanya.

slideshare.net

13. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Mengikuti Kegiatan Kampus

Kampus adalah dunia dengan segudang kegiatan. Mahasiswa bebas mengekspresikan bakat dan kemampuannya di wadah UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang telah disediakan oleh kampus.

Berbagai ajang perlombaan sering diadakan baik di tingkat fakultas, universitas, nasional, bahkan internasional. Untuk itu pihak kampus mewajibkan bagi setiap mahasiswa yang akan mengikuti berbagai kegiatan di luar kampus harus mengantongi surat izin dari orang tua masing-masing.

Biasanya surat tersebut berisikan pernyataan dari orang tua yang memberikan izin kepada anaknya untuk ikut dalam kegiatan tersebut, dan tanggung jawab seutuhnya dipasrahkan kepada pihak kampus.

celticstown.com

14. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bekerja di Luar Negeri

Jika magang di luar negeri saja membutuhkan surat izin apalagi bekerja yang membutuhkan waktu lebih lama, minimal 3 tahun atau bisa saja 10 tahun lebih.

Bagi beberapa orang bekerja di luar negeri dengan gaji dolar merupakan impian mutlak. Namun untuk dapat mewujudkan impian tersebut membutuhkan surat izin dari orang tua dengan tanda tangan di atas materai (tergantung kebijakan perusahaan).

belajaroffice.com

15. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Bergabung dengan Klub Motor

Dulu genk motor identik dengan kegiatan yang negatif. Namun seiring dengan berkembangnya zaman, kini tidak sedikit klub/ genk motor yang bisa memberikan dampak positif bagi lingkungan.

Diawali dari hanya ingin menyalurkan hobi, beberapa klub motor kini berkembang menjadi komunitas yang banyak memberikan bantuan dan santunan sosial kepada kaum yang membutuhkan.

Tentu banyak dari muda mudi yang ingin bergabung dengan klub motor, selain dipandang keren mereka juga bisa belajar menjadi pribadi yang lebih peduli lingkungan. Eitss, tapi bagi yang masih di bawah umur tentu saja membutuhkan surat izin resmi dari orang tua dong ya! Bisa mengikuti format di bawah ini.

anekacontoh.wordpress.com

16. Contoh Surat Izin Orang Tua untuk Kegiatan Perkemahan dan Outbond

Tidak hanya pramuka yang sering melakukan kegiatan berkemah, beberapa kegiatan lain seperti pelatihan kepemimpinan juga menggunakan konsep perkemahan dan outbond.

Kegiatan ini tentu saja dilaksanakan di luar sekolah atau kampus, bahkan ada yang mengadakan kegiatan ini sembari mendaki gunung (biasanya dilakukan oleh anak-anak pecinta alam).

Untuk bisa mengikuti kegiatan tersebut, setiap anak diharuskan mendapatkan izin dari orang tuanya dibuktikan lewat surat izin. Bagi yang tidak memiliki surat izin biasanya tidak akan diperbolehkan mengikuti kegiatan perkemahan dan outbond.

enjiner.com

Nah setelah membaca beberapa penjelasan di atas tentu Anda paham seperti apa pentingnya keberadaan surat izin dari orang tua.

Jangan jadi generasi yang membangkang ya, jika akan melakukan kegiatan apapun diskusikan baik-baik terlebih dahulu dengan kedua orang tua Anda. Karena sebagian dari keselamatan Anda merupakan doa dari kedua orang tua.

Demikian penjelasan kami mengenai Contoh Surat Izin Orang Tua yang bisa Anda jadikan contoh. Semoga bermanfaat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*