3 Contoh Surat Izin | Pengertian dan Jenisnya

Contoh surat izin banyak sekali ditemukan di berbagai situs web, buku-buku administrasi tata cara pembuatan surat atau file teman Anda yang tidak sengaja ditemukan.

Namun, pada kenyataannya Anda masih saja bingung bagaimana cara membuat surat izin yang baik dan benar. Anda tidak usah khawatir, pada kesempatan ini kami akan berbagi bagaimanakah cara membuat surat izin yang baik dan benar.


Pengertian Surat Izin


Sebelum kita mulai dengan contoh surat izin. Ada baiknya kita coba cari tahu dulu apakah yang dimaksud dengan surat izin tersebut?

Surat izin merujuk dari asal katanya berarti surat yg berisi keterangan bahwa pemegang surat itu diberi izin melakukan sesuatu.

Artinya anda sebagai penulis surat akan diberi izin untuk tidak ikut melakukan suatu kegiatan dengan adanya surat izin tersebut.

Lalu apakah sebenarnya faedah atau fungi dari surat izin? Surat izin merupakan salah satu media yang sering digunakan sebagai perantara yang berfungsi untuk menyampaikan sebuah informasi mengenai suatu keadaan.

Surat izin sendiri biasanya digunakan untuk menyampaikan ketidaksanggupan dalam melakukan suatu kegiatan penting.

Sebelum diberikan contoh surat izin, ada baiknya memperhatikan langkah-langkah yang diperlukan dalam proses pembuatannya.

Langkah-langkah yang dimaksud adalah memahami dengan baik tentang; tujuan pengiriman surat, pengirim surat dan alasan izin tidak ikut kegiatan.

Setelah memahami dengan baik langkah-langkahnya, yaitu dimulai dari tujuan Anda menulis surat, misalnya tujuan anda menulis surat agar diizinkan tidak masuk sekolah, tidak masuk kuliah ataupun tidak masuk kerja.

Sedangkan pengirim surat disini maksudnya adalah penulis surat izin tersebut. Apabila yang menulis surat tersebut adalah Anda sendiri. Maka pengirimnya yang tertera pada yang bertanda tangan adalah nama Anda sendiri.

Dan terakhir adalah alasan kenapa Anda tidak ikut suatu kegiatan. Apakah karena sakit, ada acara keluarga atau ada berita duka. Selanjutnya Anda juga wajib mengenal jenis-jenis surat izin.

Banyak sekali jenis surat izin ini, misal kalo Anda adalah seorang siswa sekolah, maka surat izinnya akan berbeda dengan yang sudah kuliah atau dengan yang sudah bekerja dan sebagainya.


Jenis dan Contoh Surat Izin


Setelah memahami defenisi surat izin dan langkah-langkah yang harus diperhatikan. Selanjutnya akan disajikan jenis dan beserta contoh surat izin yang baik dan benar.


1. Surat Izin untuk Tidak Masuk Sekolah

Surat izin siswa sekolah biasanya dibuat untuk memberikan informasi kepada Guru atau pihak sekolah bahwa siswa yang bersangkutan tidak masuk sekolah.

Biasanya ditulis oleh siswa itu sendiri atau orang tua (wali). Adapun contoh surat izin tidak masuk sekolah sebagai berikut.

Jakarta, 26 Desember 2018

Kepada
Yth. Bapak/Ibu Guru SMK Pembangunan
di Tempat
Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya memberitahukan bahwa,
Nama : Rizki Febrian
Jurusan : Teknik Kendaraan Ringan A
Kelas : 11

Saat ini tidak dapat mengikuti proses kegiatan belajar mengajar (KBM) karena sakit. Oleh karena itu, sudilah kiranya Bapak/Ibu guru untuk memberikan izin tidak masuk sekolah pada hari Selasa, 26 Desember 2018.
Demikianlah surat ini saya sampiaikan. Atas perhatian Bapak/Ibu Guru saya ucapkan terima kasih.

Salam Hormat,

(Rizki Febrian)

Contoh surat izin diatas adalah contoh surat izin berhalangan karena sakit. Apabila izin tidak masuk karena urusan keluarga. Maka tinggal mengganti alasan sakit dengan urusan keluarga. Gampang bukan?


2. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kuliah

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap dosen tentu memiliki kontrak kuliahnya masing-masing dengan mahasiswanya.

Ada yang mudah memberikan izin kepada mahasiswanya meskipun hanya melalui perantara SMS, namun ada juga beberapa dosen yang tidak akan mengizinkan mahasiswanya jikalau sang mahasiswa tersebut tidak melampirkan surat izin.

Tentu saja Anda sudah mengetahui pula bahwa absen kehadiran tentu akan memperngaruhi nilai akhir/UAS kita.

Oleh karena itu, Anda pun harus lebih memperhatikan lagi tingkat kehadiran di kelas. Jangan sampai nanti tidak bisa mengikuti ujian hanya saja karena Anda sering membolos.

Namun, adakalanya juga Anda memiliki berbagai macam halangan dan urusan lainnya sehingga Anda tidak dapat mengikuti mata kuliah yang ada.

Entah itu karena sakit, atau bahkan beberapa kepentingan keluarga yang tidak bisa kita tinggalkan. Berikut ada contoh surat izin tidak masuk kuliah karena ada mengikuti acara BEM se-Indonesia.

Kepada
Yth. Bpk. Prof. Dr. Somarno, M.Si.
di Universitas Gajah Mada Yogyakarta

Dengan Hormat,
Melalui surat ini surat ini, saya yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Cinta Kirana
NIM : 16001702
Kelas : A
Program Studi : Ilmu Politik
Fakultas : Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Mengajukan izin dan permohonan maaf karena tidak dapat mengikuti mata kuliah Ilmu Politik I pada hari Rabu, 27 November 2018 karena saya harus menghadiri acara Silatnas BEM se-Indonesia di DKI Jakarta. Mengingat pentingnya acara tersebut maka saya mohon agar Bapak dapat memberikan izin kepada saya. Mengenai materi kuliah dan tugas yang mungkin akan diberikan, saya siap menerimanya dan akan berkoordinasi dengan teman yang mengikuti perkuliahan tersebut.

Demikian surat izin ini saya buat agar dapat dimaklumi, dan atas izin yang diberikan saya ucapkan terima kasih.

Yogyakarta, 27 November 2018

Hormat Saya

(Cinta Kirana)


3. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Selanjutnya akan ditampilkan contoh surat izin tidak masuk kerja yang baik dan benar untuk karyawan swasta dan PNS. Seperti berikut ini!

Medan, 28 Desember 2018

Perihal : Surat Permohonan Tidak Masuk Kerja
Lampiran : 1 Lembar
Kepada:
Yth: Bagian Personalia PT. Sukses Bersama
Jln. Sultan Shyahri no. 34
Polonia, Medan

Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama Lengkap : Sanubari Harahap
Alamat : Jl. Sisinga Mangaraja no. 24
Jabatan : Desain Kreatif Visual

Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Medan yang menyatakan bahwa saya harus mendapatkan perawatan rumah sakit selama 2 hari terhitung dari hari ini, 28-29 Desember 2018. Sehubungan dengan hal tersebut, saya bermaksud memohon kebijaksanaan dari bapak/Ibu Pimpinan PT. Sukses Bersama untuk berkenan memberikan izin tidak masuk dalam bertugas selama hari tersebut. Sebagai bukti, saya lampirkan hasil pemeriksaan dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Medan pada lembar terpisah.

Demikian permohonan izin yang bisa sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
(Sanubari Harahap)


Selain alasan sakit, tentu saja anda bisa menyesuaikan dengan alasan anda tidak masuk. misalnya ada acara keluarga atau ada acara yang berhubungan dengan kerjaan Anda. Yang mana hal ini tinggal mengganti pada bagian kenapa Anda tidak masuk kerja.

Demikian pemahan akan defenisi, jenis dan beberapa contoh surat izin yang dapat kami bagikan. Tentu masih ada jenis contoh surat izin yang lain.

Hanya saja sekarang telah ada gambaran untuk membuat surat izin untuk instansi dan keperluan lainnya.

Nah, sekarang pertanyaannya adalah Apakah sekarang Anda masih bingung cara membuat surat izin? Setidaknya sekarang Anda sudah memiliki gambaran untuk membuat surat izin bukan? Selanjutnya selamat mencoba membuat surat izin. Salam Bahagia!

1 thought on “3 Contoh Surat Izin | Pengertian dan Jenisnya”

  1. Wah sangat berguna dan bermanfaat sekali tulisannya, sekarang jadi tahu bagaimana caranya utk membuat surat izin yang baik dan benar

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.