7 Contoh Surat Keterangan Untuk Berbagai Keperluan (Lengkap)

Posted on

Contoh Surat Keterangan – Surat keterangan merupakan salah satu jenis surat resmi yang paling banyak dipergunakan saat ini.

Fungsi utama dari penerbitan surat ini adalah untuk menjelaskan dan membenarkan sebuah fakta yang dibutuhkan sebagai data administrasi.

Lebih spesifik nya di perusahaan surat ini digunakan sebagai media informasi yang menjelaskan bahwa kita memang aktif bekerja di perusahaan tersebut.

Tak hanya oleh perusahaan surat keterangan juga biasa digunakan oleh lembaga atau instansi lainnya seperti dinas, universitas, maupun lembaga pendidikan lainnya.

Isi surat keterangan dapat beragam tergantung maksud dan tujuan dibuatnya. Sebagai contoh surat keterangan diterima di perguruan tinggi atau surat keterangan aktif sebagai pegawai di sebuah dinas.

Surat keterangan merupakan salah satu jenis surat yang paling sering dibuat oleh kebanyakan lembaga dan instansi karena memang banyaknya permintaan.

Pengertian, Jenis, dan Manfaat Surat Keterangan

workalpha.com

Sebelum mengetahui berbagai jenis dan contoh surat keterangan, baiknya kita pahami terlebih dahulu dengan baik apa itu surat keterangan, jenis, dan manfaatnya.

Pengertian

momsday.co

Seperti yang telah disinggung sedikit di atas bahwa surat keterangan merupakan sebuah dokumen yang menerangkan bahwa seseorang memang sedang/ pernah melakukan kegiatan tertentu.

Pada umumnya surat yang dikeluarkan oleh lembaga/ instansi tertentu dan disahkan oleh pihak berwenang. Maka dari definisi tersebut surat keterangan tergolong ke dalam jenis surat resmi.

Sebenarnya surat keterangan juga dapat dibuat oleh pribadi atau secara individu. Seperti surat keterangan pernah melakukan aktivitas tertentu, namun jarang sekali penggunaannya.

Dalam pembuatannya surat keterangan menggunakan materai dengan nominal enam ribu. Baik surat keterangan yang dikeluarkan oleh lembaga resmi maupun pribadi, keduanya menggunakan materai di kolom tanda tangan.

Jenis-Jenis

satriamadangkara.com

Dari pengertian surat keterangan di atas dapat ditebak jika surat keterangan terbagi menjadi dua jenis, yaitu surat keterangan biasa dan surat keterangan penting.

Perbedaan keduanya terletak pada isi dan seberapa penting keterangan dalam surat tersebut dibuat. Kepentingan diukur dari dampak yang terjadi setelah surat itu dikeluarkan.

Surat keterangan biasa memberikan dampak yang lebih luas dan serius, sedangkan surat keterangan penting memberikan dampak yang lebih sempit dalam artian dampaknya lebih detail.

Surat keterangan sebagai karyawan, surat keterangan sebagai mahasiswa, ataupun surat keterangan yang menyatakan bahwa seseorang memiliki kedudukan di sebuah lembaga/ instansi merupakan contoh surat keterangan biasa.

Sedangkan surat keterangan penting berupa surat keterangan yang berisikan informasi tertentu. Misalnya surat keterangan sehat, surat keterangan bebas dari kriminalitas, maupun surat keterangan pengalaman kerja.

Contoh Surat Keterangan Biasa

(KOP SURAT)
(tuliskan nama lembaga atau instansi serta cantumkan logo dan alamat lengkap, misal)
PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
KECAMATAN AKABILURU
KANTOR WALINAGARI SARIEK LAWEH
Jl. Raya Payakumbuh-Suayan Km 6 Sariek Laweh – Kode Pos 26252

SURAT KETERANGAN PENDUDUK
(sertakan nomor surat)

(tuliskan isi surat), contoh: Yang bertanda tangan di bawah ini: Wali Nagari Sariek Laweh, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota, dengan ini menerangkan bahwa: (terangkan identitas yang bersangkutan)

Nama Lengkap : Raisa Saraswati
Jenis Kelamin : Perempuan
NIK : (tuliskan NIK yang bersangkutan dengan lengkap)
Tempat/ Tanggal Lahir : (isikan TTL lengkap sesuai dengan KTP)
Status Perkawinan : (diisi sesuai keterangan terkini)
Agama : (isikan sesuai dengan agama yang dianut)
Pekerjaan : (diisi sesuai dengan status terkini, misal “pelajar”)
Jorong : Niur Kapalo Koto
Nagari : Sariek Laweh
Kecamtan : Akabiluru
Berlaku sampai : (diisikan dengan tanggal berlaku KTP sementara)

Menurut sepengetahuan kami orang tersebut di atas adalah benar penduduk kami yang berdomisili di Jorong Niur Kapalo Koto, Nagari Sariek Laweh, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota.

(diisi dengan kalimat penutp) Demikianlah surat keterangan penduduk ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Sariek Laweh, 11 Agustus 2016
Wali Nagari Sariek Laweh

(tanda tangan wali nagari)
(sertakan cap resmi kantor)

Imelda Hanun

Contoh Surat Keterangan Penting

(KOP SURAT)
(tuliskan nama lembaga atau instansi serta cantumkan logo dan alamat lengkap, misal)
PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
KECAMATAN AKABILURU
KANTOR WALINAGARI SARIEK LAWEH
Jl. Raya Payakumbuh-Suayan Km 6 Sariek Laweh – Kode Pos 26252

SURAT KETERANGAN AKTIVIS MASYARAKAT
(sertakan nomor surat)

(Tuliskan isi surat), Contoh: Yang bertanda tangan di bawah ini: Wali Nagari Sariek Laweh, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota, dengan ini menerangkan bahwa:(terangkan identitas yang bersangkutan)

Nama Lengkap : Raisa Saraswati
Jenis Kelamin : Perempuan
NIK : (tuliskan NIK yang bersangkutan dengan lengkap)
Tempat/ Tanggal Lahir : (isikan TTL lengkap sesuai dengan KTP)
Status Perkawinan : (diisi sesuai keterangan terkini)
Pekerjaan : (diisi sesuai dengan status terkini, misal “pelajar”)
Alamat : (diisi dengan alamat domisili)

Sepengetahuan kami yang bersangkutan di atas benar penduduk kami yang berdomisili di Jorong Niur Kapalo Koto, Nagari Sariek Laweh Kecamatan Akabiluru, Kabupeten Lima Puluh Kota. Yang bersangkutan benar telah melakukan kegiatan sosial menjadi bagian dari Karang Taruna dalam kegiatan sosialisasi dan memotivasi para petani kakao di Nagari Sariek Laweh selama 5 (lima) bulan.

Demikianlah surat keterangan ini kami buat dan diberikan kepada yang bersangkutan untuk melengkapi keperluan syarat melamar Beasiswa Magister di Universitas Andalas.

Sariek Laweh, 11 Agustus 2016
Wali Nagari Sariek Laweh

(tanda tangan wali nagari)
(sertakan cap resmi kantor)

Imelda Hanun

Isi Surat Keterangan

examples.com

Berdasarkan kedua contoh di atas dapat kita rangkum isi pokok surat keterangan secara umum yaitu:

  • Informasi identidas inividu yang membutuhkan keterangan
  • Infromasi identitas pihak yang memberikan keterangan
  • Isi surat
  • Maksud dan tujuan dibuatnya surat keterangan
  • Kalimat penutup, berisikan harapan yang ditujukan kepada si pembaca surat

Pihak yang meminta surat keterangan tidak hanya individu bisa juga dilakukan oleh sebuah organisasi, lembaga, departemen, badan usaha, sekolah, ataupun komunitas lainnya.

Namun biasanya surat keterangan individu lebih banyak dibutuhkan ketimbang non-individu.

Surat keterangan bersifat terbuka atau tidak rahasia. Pihak yang mengajukan permohonan dapat melihat secara langsu isi dari surat tersebut dengan jelas. Karena isi dari surat ini bersifat umu, tanpa menyebutkan sifa-sifat tertentu dari individu/ komunitas.

Manfaat Surat Keterangan

musicipo.co

Dari pengertian, contoh, dan penjelasan di atas tentu anda sudah bisa menebak-nebak apa saja kira-kira manfaat dari surat keterangan.

Surat keterangan berfungsi sebagai dokumen yang membuktikan kemampuan seseorang. Dokumen ini digunakan sebagai tolak ukur oleh pihak pembaca apakah individu tersebut layak mendapatkan reward yang semestinya. Misalya saja dalam hal mendaftar beasiswa.

Selain itu surat keterangan juga digunakan sebagai bukti yang valid, jika suatu saat pihak penerima surat mendapati hal-hal yang menyimpang yang tidak sesuai dengan yang diterangkan di dalam surat.

Sehingga surat keterangan dapat juga digunakan sebagai alat pengikat agar pihak yang namanya diterangkan dalam surat tersebut besungguh-sungguh dalam menjalankan tugasnya.


Contoh Surat Keterangan


pixabay.com

Selain kedua jenis surat keterangan di atas, secara umum masih banyak jenis dan contoh surat keterangan lainnya. Seperti surat keterangan sakit, surat keterangan sakit, surat keterangan kelahiran, surat keterangan mahasiswa, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu pada artikel kali ini akan disediakan beragam format contoh surat keterangan yang paling sering digunakan saat ini. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Contoh Surat Keterangan Sakit Dari Puskesmas

Surat keterangan sakit yang dikeluarkan oleh puskesmas biasanya dapat digunakan untuk instansi kecil dan menengah. Sedangkan untuk tingkat universitas dan perusahaan biasanya membutukan surat keterangan dari rumah sakit.

PEMERINTAH KOTA SAMARINDA
PUSKESMAS SIDODADI
Jl. Soetomo No. 23, Samarinda
Telp. 0281-563-214; Fax. 0281-589-989

SURAT KETERANGAN SAKIT
Nomor : 231/PUESKES/PB/12/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Joko Susilo
NIP : 147258369963
Jabatan : Kepala Puskesmas Sidodadi

dengan benar menerangkan bahwa :

Nama : Arif Muhammad
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Pekerjaan : Pelajar SMP
Alamat : Jl. Trisari 3, Samarinda

Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh dokter yang dilakukan pada hari Selasa, 21 Desember 2018 yang bersangkutan sedang sakit dan membutuhkan waktu istirahat selama 3 ( tiga ) hari terhitung sejak tanggal 21 Desember 2018 s/d 23 Desember 2018.

Demikian surat keterangan ini diterbitkan dengan sebenar-benarnya untuk dipergunakan sesuai dengan keperluan.

Samarinda, 21 Desember 2018

Mengetahui,
Kepala Puskesmas Sidodadi,

Dr. Indira Ilmi.

2. Contoh Surat Keterangan Sakit dari Rumah Sakit

Surat keterangan sakit yang dikeluarkan oleh rumah sakit biasanya dipergunakan pada instansi resmi seperti perusahaan, pemerintahan, dan lembaga pendidikan jenjang tinggi.

PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN
RUMAH SAKIT UMUM PANTI RINI
Jl. Solo No. 5, Sleman
Telp. 0274-1245879; Fax. 0274-654987
Email :[email protected]

SURAT KETERANGAN SAKIT
Nomor : 236/RSPR/45/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa :

Nama : Cahyadi Anggara
Umur : 20 Tahun
Pekerjaan : Mahasiswa
Alamat : Jl. Palagan No 56, Sleman

Perlu waktu beristirahat selama 4 (empat) hari terhitung dari tanggal 10 Desember 2018 sampai dengan 14 Desember 2018 dikarenakan sedang sakit.

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan sesuai kebutuhan.
Yogyakarta, 10 Desember 2018
Dokter Pemeriksa,

Dr. Vivin Indrawati

3. Contoh Surat Keterangan Domisili

Pada umumnya jenis surat ini dipergunakan sebagai salah satu kelengkapan administrasi pada saat pengurusan kartu keluarga, kartu tanda penduduk, rekening bank, dan lain-lain. Berikut contoh format surat domisili yang berlaku.

PEMERINTAH KOTA SAMARINDA
KECAMATAN SAMARINDA ULU
KANTOR SIDODADI
Jalan Dr. Soetomo No. 32, Samarinda Ulu

SURAT KETERANGAN DOMISILI
Nomor : 012/SKD/DS/V/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini Lurah Sidodadi Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda, menerangkan :
Nama : Vidi Aldiano
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Tempat/Tanggal Lahir : Samarinda, 23 Mei 1990
Kewarganegaraan : Indonesia
Agama : Islam
Status Perkawinan : Belum kawin
Alamat : Jl. Trisari 2 No. 56, RT 22, RW 08, Kelurahan Sidodadi, Kecamatan Samarinda Ulu, Kota Samarinda.

Berdasarkan surat pengantar yang diterbitkan oleh Ketua RT.022 RW.008 Kelurahan Sidodadi Kecamatan Samarinda Ulu menerangkan bahwa nama tersebut diatas adalah benar saat ini yang bersangkutan berdomisili di alamat tersebut.

Demikian surat keterangan ini untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Samarinda, 17 Desember 2018
a/n Samarinda Ulu

Mulyono

4. Contoh Surat Keterangan Sebagai Mahasiswa Aktif

Umumnya surat keterangan sebagai mahasiswa aktif ini diperlukan apabila mahasiswa hendak mengurus surat perijinan, mengikuti perlombaan, mengikuti program beasiswa, dan lain-lain. Berikut format contoh surat keterangan yang biasanya digunakan.

UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Alamat : Jalan Kaliurang Km 8, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

SURAT KETERANGAN AKTIF KULIAH
No : 12/UII/IV/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Ir. Joko Sutiyo
Jabatan : Dekan Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya

Menerangkan bahwa :
Nama : Farida Hamzah
NIM : 15342156
Program Studi : Ilmu Komunikasi

Dinyatakan dengan sebenar-benarnya sebagai mahasiswa aktif pada Program Studi Ilmu Komunikasi dan mengikuti perkuliahan di Universitas Islam Indonesia.

Demikian surat ini dibuat dengan sebenar-benarnya untuk dapat dipergunakan dengan semestinya.

Senin, 12 Desember 2018
Mengetahui,
Dekan Fakultas FPSB

Ir. Joko Sutiyo

5. Contoh Surat Keterangan Kelahiran Anak di Bidan

Surat keterangan ini dibuat untuk keperluan kelengkapan dokumen administrasi yang dibutuhkan untuk membuat akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak.

BIDAN RINI RIRIN, AM Keb
SIB NOMOR : 456/78965/ RKK
SIPB NOMOR : 502/369/Bd/BPPT/Slm/IV/23
Alamat : Jalan Monjali Rt 004 Rw 002 Desa Kidul Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta

SURAT KETERANGAN KELAHIRAN
NOMOR : 02/KET/DES/18

Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Rini Ririn
Jabatan : Bidan

Menerangkan bahwa :
Nama : Nur
NIK : 65412365478950001
Pekerjaan : Ibu rumah tangga
Alamat : Dusun Getuk RT 001 RW 001 Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Isteri dari,

Nama : Cahyo
NIK : 1123789641250001
Pekerjaan : Karyawan swasta
Alamat : Dusun Getuk RT 001 RW 001 Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Pada hari Senin tanggal 12 Januari 2019 pukul 07.34 WIB telah melahirkan seorang bayi perempuan dengan berat badan 3200 gram panjang 52 cm yang merupakan anak ke-1 (satu) yang diberi nama :

Aleesha Quenda

Demikian surat keterangan ini diterbitkan untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Sleman, 12 Januari 2019
Bidan

Rini Ririn, AM.Keb

6. Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu

Merupakan salah satu jenis surat keterangan yang penting untuk dimiliki. Sebab surat ini diperlukan untuk dapat terdata dalam berbagai macam program bantuan dana dan subsidi pemerintah.

SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Jainudin
Jabatan : Ketua RT 006
Alamat : Jl. Tantular 5 RT 006 RW 007, Desa Ngaglik, Kelurahan Caturtunggal, Kecamatan Depok, Sleman.

Dengan ini menerangkan bahwa :
Nama : Kustini
Tempat/ Tgl Lahir : Sleman, 23 Mei 1951

Bahwa nama yang tersebut di atas dinyatakan TIDAK MAMPU dan berhak untuk mengikuti Program Bantuan Keluarga Miskin (PBKM) yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota pada tahun anggaran 2019.

Demikian surat keterangan tidak mampu ini di buat untuk dapat dipergunakan dengan seperlunya.

Sleman, 25 Desember 2018
Ketua RT 006

Jainudin

7. Contoh Surat Keterangan Sudah Menikah

Surat keterangan sudah menikah ini merupakan salah satu dokumen yang wajib untuk anda miliki sebagai bukti tambahan bahwa anda telah menikah selain adanya buku nikah.

PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN
KECAMATAN KALASAN
KANTOR DESA SELOMARTANI
Jalan Raya Cangkringan Km 6, Kalasan, Sleman

SURAT KETERANGAN TELAH MENIKAH
Nomor : 45621/KLS/2565/II/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini Kepala Desa Selomartani Kecamatan Kalasan Kabupaten Sleman, menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa :

I. SUAMI
Nama : Sutiyoso
Tempat Tanggal Lahir : Bandung, 12 November 1989
Warga Negara : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : Petani
Alamat :Jalan Raya Selomartani Tempel RT 006 RW 009, Selomartani, Kalasan, Sleman.

II. ISTRI
Nama : Marini
Tempat Tanggal Lahir: Sleman, 23 Desember 1990
Warga Negara : Indonesia
Agama : Islam
Pekerjaan : Petani
Alamat :Jalan Raya Selomartani Tempel RT 006 RW 009, Selomartani, Kalasan, Sleman.

Kedua nama tersebut diatas adalah benar Pasangan Suami Istri yang telah menikah pada tahun 2017 hingga sekarang.

Demikian Surat Keterangan ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat digunakan seperlunya.

Sleman, 10 Desember 2018
Kepala Desa Selomartani

Junandar
NIP.2012356478963214548


rumah.com

Dalam dunia kerja surat keterangan dapat juga berisi tentang tingkat profesionalitas seseorang di perusahaan. Selain itu juga dapat menerangkan tentang perilaku seseorang.

Bagi seorang pegawai/ karyawan surat keterangan dapat berfungsi sebagai dokumen bukti untuk mengambil gaji, asuranis, kredit, maupun pinjaman dari bank.

Bagi seorang mahasiswa surat keterangan dari universitas yang bersangkutan berfungsi sebagai dokumen bukti untuk melanjutkan studi (baik di dalam negeri mapun di luar negeri).

Demikian artikel yang menyediakan baragam format contoh surat keterangan ini, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Jika ada saran dan kritik, silahkan isi di kolom komentar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.