13 Contoh Surat Pengantar Untuk Beragam Keperluan (Lengkap)

Contoh Surat Pengantar – Sama halnya seperti surat keterangan surat pengantar merupakan salah satu surat yang sifatnya resmi dan dikeluarkan oleh instansi tertentu terkait suatu kegiatan atau suatu keperluan.

Pada prinsipnya surat ini dipergunakan sebagai pengantar dokumen atau orang yang hendak melakukan pengurusan administrasi.


Pengertian Surat Pengantar


romadecade.org

Sesuai namanya surat ini berfungsi mengantarkan niat dan tujuan seseorang. Surat pengantar adalah surat resmi yang dikeluarkan oleh lembaga, instansi, perusahaan, organisasi, mapun individu tertentu.

Keberadaan surat pengantar membuat status seseorang atau individu lebih kuat dan diakui. Dengan kata lain surat ini dapat digunakan sebagai bukti sah untuk mendapatkan pengakuan.

Surat pengantar tidak hanya dikeluarkan oleh lembaga atau instansi resmi namun juga dapat dibuat oleh individu. Oleh karena itu surat ini dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu surat pengantar resmi dan surat pengantar tidak resmi.

Perbedaan keduanya terletak pada kekuatan hukumnya. Surat pengantar resmi lebih diakui dibandingkan surat pengantar tidak resmi.

Selain itu dalam pengesahannya, surat pengantar resmi dibubuhi tanda tangan di atas materai. Sedangkan untuk surat pengantar tidak resmi cukup tanda tangan si pembuat saja tanpa adanya materai.

Dari kedua jenis surat pengantar tersebut, surat pengantar tidak resmi tidak diakui secara hukum hanya berlaku di lingkup masyarakat lokal saja.


Susunan Surat Pengantar


academia.edu

Pada umumnya surat pengantar dikeluarkan oleh lembaga resmi memiliki susunan yang hampir sama dengan berbagai jenis surat resmi lainnya. Terdapat kop surat, bagian pembuka, isi badan surat, dan penutup.

1. Kop Surat

Pada bagian kop terdapat logo dan nama resmi lembaga, instansi, ataupun perusahaan. Selain itu juga dituliskan alamat lengkap lembaga, instansi, atau perusahaan tersebut.

2. Perihal (Judul) Surat

Terletak di bagian tengah atas badan surat. Judul ini sekaligus berfungsi sebagai keterangan dan tujuan surat tersebut dibuat. Misalnya “SURAT PENGANTAR PROPOSAL KARANG TARUNA”.

Di bawah judul tersebut biasanya dituliskan nomor surat. Jika tidak di bawah judul nomor surat juga dapat dituliskan di bagian kiri atas badan surat.

3. Isi Surat

Isi surat berisikan penjelasan lengkap mengenai maksud dan tujuan surat tersebut dibuat. Seperti kebanyakan surat pada umumnya surat isi dari surat pengantar merupakan bagian inti surat.

Terbagi menjadi tiga bagian, pembuka, inti, dan penutup. Bagian pembuka berisikan kata pengantar kenapa surat tersebut dibuat. Sedangkan bagian penutup melengkapi inti surat, berisikan ucapan terimakasih dan sebagainya.

4. Penutup Surat

Berbeda dengan penutup surat pada bagian isi, penutup surat yang ini berisikan bebera poin penting di bawah ini:

  • Tempat dan tanggal dibuatnya surat
  • Nama lembaga, instansi, atau perusahaan yang mengeluarkan surat
  • Nama dan tanda tangan pihak berwenang yang dapat dipertanggung jawabkan
  • Di bawah nama tersebut biasanya dilengkapi dengan NIK, NIM, NIP, dan sejenisnya
  • Materai (jika surat pengantar tersebut merupakan surat resmi)
  • Cap atau stempel lembaga, instansi, perusahaan atau organisasi yang mengeluarkan surat.

Susunan surat pengantar tersebut dapat berubah sesuai dengan kebutuhan masing-masing lembaga, instansi, perusahaan, atau organisasi tertentu. Secara umum anda dapat menggunakan format di atas untuk membuat surat pengantar pribadi.


Contoh Surat Pengantar


romadecade.com

Apakah anda pernah membuat surat pengantar? Bagi mahasiswa surat pengantar diperlukan saat akan melaksanakan tugas studi di luar kampus. Misal untuk keperluan magang, kerja lapangan, kuliah kerja nyata, ataupun kegiatan lainnya.

Surat pengantar dari kampus atau universitas tersebut menyatakan bahwa mahasiswa yang bersangkutan memang ditugaskan untuk melaksanakan kerja lapangan oleh pihak kampus secara resmi.

Jika mahasiswa yang akan melaksanakan kerja lapangan tidak mendapatkan surat pengantar dari kampusnya, itu berarti mahasiswa tersebut belum dapat izin secara resmi sehingga belum bisa melaksanakan kerja lapangan.

Tentu anda bertanya-tanya seperti apa contoh surat pengantar yang baik. Oleh karena itu pada artikel kali ini akan disediakan beberapa contoh surat pengantar yang biasanya sering anda temui.

1. Contoh Surat Pengantar Sekolah Untuk Siswa

Biasanya surat ini akan dikeluarkan pihak sekolah untuk mengantarkan beberapa siswanya untuk mengikuti lomba di luar sekolah. Sehingga siswa yang bertugas akan mendapatkan ijin resmi dari sekolah untuk tidak mengikuti kegiatan belajar mengajar.

PEMERINTAH KOTA SAMARINDA
DINAS PENDIDIKAN & KEBUDAYAAN
SMA NEGERI 5 SAMARINDA
Jl. Ir. H. Juanda No. 45, Samarinda Ulu, Telp. 0281-1563248; Fax : 0281-45879

Samarinda, 12 Desember 2018

Nomor : 231/SMAN5/10/2018
Perihal : Lomba Pidato

Kepada Yth,
Panitia Lomba Pidato
SMA sederajat se-Kota Samarinda
Di tempat

Dengan hormat,
Sehubungan diadakannya kegiatan Lomba Pidato yang bertempat di Stadion Segiri Kota Samarinda, maka dengan ini SMA Negeri 5 mengirimkan beberapa siswa kami untuk menjadi perwakilan resmi, yakni :
1. Renad Cahyo
2. Gustaf ALif
3. Indri Riyandri

Demikian surat pengantar ini kami terbitkan, semoga dapat dipergunakan sesuai dengan kebutuhannya

Hormat Kami,
Kepala SMA Negeri 5 Samarinda,

Agus Riyadi, M.Pd.

2. Contoh Surat Pengantar Pengajuan Beasiswa dari RT

Surat ini biasanya dipergunakan sebagai bukti yang sah untuk menjelaskan keadaan ekonomi suatu keluarga. Sehingga surat ini dapat dipergunakan sebagai salah satu dokumen untuk mengikuti program beasiswa pendidikan.

PEMERINTAH KOTA SAMARINDA
KELURAHAN SIDODADI KECAMATAN SAMARINDA ULU
RT 008/ RW 009 SIDODADI
Jl. Trisari 5 No. 45, Samarinda.

Samarinda, 10 Desember 2018

Nomor : 321/SMD/10/2018
Perihal : Keterangan Tidak Mampu

Saya yang bertanda tangan di bawah ini Ketua RT 008/RW 009 Sidodadi dengan ini menyatakan bahwa :
Nama : Ira Nada
Tempat/ Tanggal Lahir : Samarinda, 7 Februari 1999
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : Pelajar
Alamat : Jl. Trisari 2 RT 008 RW 009, Samarinda.

Nama tersebut di atas adalah benar merupakan salah satu warga yang bertempat tingal di desa kami dengan keadaan ekonomi yang jauh dari kata cukup. Oleh karena itu surat pernyataan ini diterbitkan agar yang bersangkutan dapat menerima beasiswa untuk siswa/i kurang mampu di SMA Negeri 5 Samarinda.

Demikian surat pernyataan kurang mampu ini di buat agar dapat dipergunakan dengan seperlunya.

Mengetahui,
Ketua RT 008/RW 009 Sidodadi,

Roy Manunggal

3. Contoh Surat Pernyataan Magang

Surat ini biasanya digunakan sebagai dokumen pelengkap saat seorang mahasiswa/mahasiswa menjalankan tugas magang di kantor yang sesuai dengan jurusan di perkuliahan.

KEMENTRIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
Jl. Kaliurang km 8 No. 14, Sleman
Telp. 0274-5632487; Fax 0274-256417

Sleman, 10 Desember 2018

Nomor : 321/UII/ 10/2018
Perihal : Pengantar Magang
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Pimpinan Biro Jasa Penelitian Psikologi
Jl. Urip Sumoharjo No. 32
Sleman

Dengan hormat,
Surat pernyataan ini kami terbitkan dengan maksud untuk mengantar mahasiswa/i yang mengemban tugas untuk menjalankan proses magang di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Hal tersebut sesuai dengan peraturan yang ditetapkan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Adapun nama-nama mahasiswa/i yang mengikuti proses magang sudah kami lampirkan bersama dengan surat ini. Demikian surat pengantar ini kami buat semoga dapat dipergunakan dengan seperlunya.

Hormat Kami,
Dekan Fakultas Psikologi
Universitas Islam Indonesia,

Dr. Hadi Wijaya, M.Psi.

4. Contoh Surat Pengantar Barang

Surat pengantar barang ini biasanya dikirimkan oleh suatu PT kepada pembelinya dimana nilai barang cukup tinggi. Sehingga diperlukan bukti pengiriman tambahan seperti surat dari pengirim.

PT. JAYA ABADI
Jl. Sentosa Raya No. 25, Malang
Telp. 201-546987; Fax 201-654879

Malang, 13 Desember 2018

Nomor : 145/JA/12/2018
Perihal : Pengiriman Barang
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth,
Direktur PT. Indah Asih
Jl. Sutoyo No. 56
Malang

Dengan hormat,

Bersama dengan surat ini kami informasikan bahwa kami telah menerima rincian pesanan barang elektronik Bapak/Ibu pada tanggal 10 Desember 2018 yang lalu. Kemudian pada tanggal 12 Desember 2018 barang yang Bapak/Ibu pesan telah dalam proses pengiriman menggunakan Ekspedisi Cepat Sampai sesuai dengan permintaan.

Oleh sebab itu, kami mohon kesabaran Bapak/Ibu untuk menunggu barang sampai di tempat tujuan. Kami juga telah melampirkan invoice pembelian barang yang terlampir bersama dengan surat ini.

Atas waktu dan kepercayaan yang Bapak/Ibu berikan kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Direktur PT. Jaya Abadi,

Irwansyah.

5. Contoh Surat Pengantar Dokumen

Fungsi utama surat pengantar dokumen sebagai penyerta dokumen asli yang menyatakan bahwa dokumen telah terverifikasi dan isinya dapat dipertanggung jawabkan oleh pihak yang mengirim.

PEMERINTAH KOTA SEMARANG
KELURAHAN SUMBER ASIH
Kecamatan Semarang Utara Kotamadya Semarang
Jl. Graha Indah No. 78, Semarang

Semarang, 12 Desember 2018
Nomor : 256/SP/KSA/12/2018
Perihal : Laporan Tahunan
Lampiran : 1 Bundel

Kepada Yth,
Bapak Walikota Semarang
Cp. Kepala Dinas Dipenloka Kota Semarang
Di tempat

Dengan hormat,
Sesuai dengan diberlakukannya peraturan dimana desa/kelurahan wajib memberikan laporan anggaran dan belanja tahunan, maka untuk menaati peraturan tersebut Kelurahan Sumber Asih mengirimkan :

1. Laporan Anggaran dan Belanja Kelurahan Sumber Asih Periode Bulan Januari 2018 s/d Desember 2018 – 1 Bundel
Demikian surat pengantar ini kami sampaikan, atas waktu dan perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Hormat Kami,
Lurah Sumber Asih,

Nirwan Andi, SH.

6. Contoh Surat Pengantar Penelitian

Surat pengantar ini biasanya dipergunakan untuk mendapatkan ijin penelitian dari perangkat desa setempat. Sehingga proses penelitian dapat berjalan dengan lancar karena sudah mendapat ijin legalitas.

SURAT PENGANTAR RT/RW

Kepada Yth,
Pengelola Sumber Mata Air Desa Asri, Klaten
Di tempat

Yang bertanda tangan dibawah ini Ketua RT 009/RW 003 menerangkan bahwa :
Nama : Riska Arianti
Umur : 22 Tahun
Agama : Islam
Kewarganegaraan : Indonesia
Status Perkawinan : Belum kawin
Pekerjaan : Mahasiswi
Alamat : Jalan Kemakmuran Gang Citra Blok M-9, Wirangun, Klaten

Nama tersebut di atas adalah benar mahasiswi dari Universitas Indonesia Jaya dan akan melakukan penelitian terhadap Sumber Mata Air di Desa Asri yang akan dilaksanakan pada 14 Desember 2018.

Demikian surat pengantar ini kami buat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan seperlunya.

Desa Asri, 12 Desember 2018,
Ketua RT 009/RW 003,

Hambani.

7. Contoh Surat Pengantar Pembuatan KTP

Merupakan salah satu dokumen yang wajib disertakan sebagai syarat kelengkapan administrasi saat ingin membuat KTP.

PEMERINTAH KABUPATEN SLEMAN
KECAMATAN DEPOK
DESA TEMPEL RT 005/RW 001

Hal : Surat Pengantar KTP
Nomor : Des12/KTP08/789/2018

Melalui surat ini, saya Ketua RT 005/RW 001 memberitahukan bahwa :

Nama : Suradi
Kewarganegaraan : Indonesia
Tempat/Tanggal Lahir : Jember, 12 Januari 1985
Agama : Islam
Jenis Kelamin : Laki-Laki
Alamat : Desa Tempel No. 78, Depok, Sleman
Pekerjaan : Karyawan swasta

Nama tersebut di atas adalah benar warga Desa Tempel yang bermaksud membuat Kartu Tanda Penduduk ( KTP ).

Demikian surat pengantar ini dibuat dengan sebenar-benarnya agar dapat dipergunakan sesuai dengan keperluan.

Tempel, 12 Desember 2018
Ketua RT 005/RW 001 Tempel,

Hardian

8. Contoh Surat Pengantar Untuk Membuat SKCK

Bagi para jobseeker pasti tidak asing dengan dokumen yang satu ini. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) merupakan surat keterangan berkelakukan baik. Surat ini dibutuhkan untuk memenuhi syarat pendaftaran melamar pekerjaan.

Untuk membuat SKCK anda diwajibkan untuk melengkapi syarat administrasi terlebih dahulu. Diantaranya surat pengantar kependudukan dari ketua RT/ RW, maupun dari kepala desa setempat.

Surat tersebut berisikan pernyataan yang menyatakan bahwa individu tersebut memang benarwarga dari desa setempat.

id.scribd.com

9. Contoh Surat Pengantar Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Sama halnya dengan magang, mahasiswa yang akan melaksanan KKN juga membutuhkan surat pengantar dari universitasnya. Surat ini ditujukan kepada kepala desa di tempat KKN yang akan dituju.

Surat pengantar KKN juga dapat berupa permintaan untuk ditempatkan di desa atau dusun tertentu. Pemintaan tersebut dikabulkan oleh kampus ditandai dengan dikeluarkanya surat pernyataan.

slideshare.net

10. Contoh Surat Pengantar Keterangan Tidak Mampu

Dokumen yang satu ini hampir mirip fungsinya dengan surat keterangan. Biasanya banyak digunakan oleh calon mahasiswa yang berasal dari daerah untuk mengajukan beasiswa.

Surat keterangan tidak mampu dibuat oleh aparat desa sebagai salah satu syarat pendfatran. Salah satu beasiswa yang memerlukan keterangan tidak mampu yaitu beasiswa Bidik Misi.

atmago.com

11. Contoh Surat Pengatar Mengurus Kartu Keluarga (KK)

Setelah menikah dan membina rumah tangga baru, seorang anak yang awalnya berada dalam Kartu Keluarga (KK) ayah dan ibunya harus membuat KK baru, dengan kata lain pindah KK.

Untuk mengurus pindah KK anda dapat mengunjungi kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dengan membawa surat pengantar dari aparat desa setempat.

Surat pengantar tersebut merupakan salah satu berkas wajib yang harus dibawa. Tanpa surat pengantar anda tidak dapat membuat Kartu Keluarga, bahkan tidak akan dilayani oleh petugas dukcapil setempat.

kompasiana.com

12. Contoh Surat Pengantar Penawaran

Penawaran yang dimaksud adalah penjualan barang (niaga). Surat ini banyak digunakan oleh perusahaan dalam memasarkan dan mempromosikan produk dagangannya. Biasanya berfungsi sebagai berkas penting yang harus dibawa saat menawarkan produk ke satu perusahaan dan perusahan lainnya.

Surat ini biasanya dilengkapi dengan katalog produk yang berisi tentang informasi dan spesifikasi produk yang ditawarkan secara detail.

pengadaan.web.id

13. Contoh Surat Pengantar Domisili

Selain surat keterangan berkelakuan baik, saat melamar kerja biasanya perusahaan meminta anda untuk membuat surat pengantar domisili, biasa juga disebut dengan surat keterangan penduduk.

Hal ini dibutuhkan jika tempat tinggal anda saat ini tidak sesuai dengan alamat tinggal yang ada di KTP anda. Berikut contohnya:

(KOP SURAT)
(tuliskan nama lembaga atau instansi serta cantumkan logo dan alamat lengkap, misal)
PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
KECAMATAN AKABILURU
KANTOR WALINAGARI SARIEK LAWEH
Jl. Raya Payakumbuh-Suayan Km 6 Sariek Laweh – Kode Pos 26252

SURAT KETERANGAN PENDUDUK
(sertakan nomor surat)

(tuliskan isi surat), contoh: Yang bertanda tangan di bawah ini: Wali Nagari Sariek Laweh, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota, dengan ini menerangkan bahwa: (terangkan identitas yang bersangkutan)

Nama Lengkap : Raisa Saraswati
Jenis Kelamin : Perempuan
NIK : (tuliskan NIK yang bersangkutan dengan lengkap)
Tempat/ Tanggal Lahir : (isikan TTL lengkap sesuai dengan KTP)
Status Perkawinan : (diisi sesuai keterangan terkini)
Agama : (isikan sesuai dengan agama yang dianut)
Pekerjaan : (diisi sesuai dengan status terkini, misal “pelajar”)
Jorong : Niur Kapalo Koto
Nagari : Sariek Laweh
Kecamtan : Akabiluru
Berlaku sampai : (diisikan dengan tanggal berlaku KTP sementara)

Menurut sepengetahuan kami orang tersebut di atas adalah benar penduduk kami yang berdomisili di Jorong Niur Kapalo Koto, Nagari Sariek Laweh, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota.

(diisi dengan kalimat penutp) Demikianlah surat keterangan penduduk ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Sariek Laweh, 11 Agustus 2016
Wali Nagari Sariek Laweh

(tanda tangan wali nagari)
(sertakan cap resmi kantor)

Imelda Hanun


Kesimpulan


sarungpreneur.com

Saat melaksanakan tugas resmi surat pengantar sangat penting keberadaannya. Untuk menjadi barang bukti yang akan ditunjukkan kepada pihak yang dituju nantinya.

Jika anda tidak memiliki surat pengantar saat akan melakukan tugas resmi (seperti dinas, kunjungan industri, magang, dan lain sebagainya), maka mungkin saja anda akan mendapat penolakan dari pihak yang dituju.

Anda sebagai pihak yang menerim suart pengantar diwajibkan bertanggung jawab dalam melaksanakan tugas sesuai dengan apa yang tertulis di dalam surat tersebut. Jika tidak maka anda dapat dituntut karena tidak melaksanakan tugas dengan semestinya.

Demikian penjelasan kami mengenai berbagai contoh surat pengantar ini, semoga dapat bermanfaat untuk Anda. Jika ada saran dan kritik, silahkan isi di kolom komentar ya.

Leave a Reply