15 Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan untuk Berbagai Keperluan

Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan – Pada kepentingan-kepentingan tertentu seseorang harus meyakinkan pihak lain dengan bukti tertulis bahwa seseorang tersebut telah melakukan suatu hal.

Bukti tertulis itu berbentuk sebuah surat pernyataan yang berisi pernyataan seseorang telah melakukan suatu hal dan sanggup mempertanggungjawabkan perbuatan tersebut.

Ada banyak sekali jenis surat pernyataan yang biasa digunakan tergantung dengan tujuannya, seperti surat pernyataan berhijab, surat pernyataan berkelakuan baik, surat pernyataan belum menikah, dan juga surat pernyataan kesanggupan.


Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan


foto.kompas.com

Surat pernyataan kesanggupan ini biasanya dibuat untuk menyatakan bahwa seseorang sanggup melakukan suatu hal dan siap menerima segala resiko terkait pernyataan yang dibuatnya. Jadi surat ini sangat terikat dengan pihak lain.

Surat pernyataan kesanggupan tersebut biasa digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari siswa, karyawan perusahaan, karyawan pemerintahan, juga masyarakat pada umumnya.

Membuat surat pernyataan kesanggupan memang tidak sulit, hanya saja sekali seseorang membuat suatu pernyataan artinya dirinya akan selalu siap mempertanggungjawabkan segala resiko terkait pernyataan tersebut.

Pada umumnya agar lebih menambah keabsahannya, dalam surat ini diberi materai bernominal yang kemudian akan ditandatangani pembuat surat. Untuk lebih detailnya contoh surat tersebut bisa dilihat di bawah ini:

1. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Menjalani Ikatan Dinas

Surat ini biasanya digunakan oleh calon peserta didik di sekolah ikatan dinas. Seperti yang diketahui bahwa sekolah ikatan dinas ini merupakan sekolah yang terikat oleh pemerintah.

Sekolah tersebut memberikan beberapa tawaran yang menggiurkan seperti biaya pendidikan gratis dan jaminan kerja setelah lulus. Oleh karenanya tentu pemerintah harus mengajukan syarat-syarat tertentu untuk bisa menerima calon peserta didik.

Salah satu syarat tersebut adalah membuat surat pernyataan kesanggupan menjalani ikatan dinas. Bagaimana cara membuat surat tersebut? di bawah ini terdapat contoh surat kesanggupan menjalani ikatan dinas yang bisa dijadikan referensi:

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
Tempat/Tgl Lahir : Jakarta/20/09/2002
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Jakarta

Dengan ini saya menyatakan sanggup menjalani ikatan dinas sekurang-kurangnya dua tahun atau waktu yang ditentukan, jika saya telah tamat dari pendidikan AKMIL Malang.

Jakarta, 05 Mei 2018.
Yang Menyatakan,

Anton Sanjaya

2. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Bekerja Lembur

Setiap perusahaan memang memiliki ketentuan pembagian jam kerja yang berbeda-beda meskipun dalam undang-undang ketenagakerjaan telah diatur bahwa jam kerja full time adalah 8 jam.

Terkadang karena alasan tertentu perusahaan memang menawarkan kerja lembur yang berarti jam kerjanya akan lebih panjang dari jam kerja seharusnya.

Bahkan malah ada perusahaan yang mewajibkan karyawannya bekerja lembur, sehingga calon-calon karyawan perusahaan tersebut akan memberikan penegasan pada awal wawancara kerja apakah dirinya sanggup untuk bekerja lembur.

Jika memang sanggup maka calon karyawan tersebut harus membuat surat pernyataan kesanggupan bekerja lembur seperti contoh di bawah ini:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 78686876
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1994
Jabatan : Staff Maintenance PT. Maju Jaya

Dengan ini menyatakan bahwa, saya bersedia:

1. Kerja lembur jika dibutuhkan dengan catatan maksimal 2 jam perhari.
2. Kerja lembur di hari libur jika dibutuhkan dengan catatan maksimal 5 jam.
3. Berganti shift kerja kapan saja jika dibutuhkan

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, kemauan sendiri dan tidak ada paksaan dari pihak manapun. Atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Medan, 05 Mei 2018.
Yang menyatakan,

Anton Sanjaya

3. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Tidak Menikah

Pada setiap tempat kerja memang memiliki kewenangan tersendiri dalam menentukan syarat kelayakan untuk menjadi karyawannya. Salah satunya adalah syarat untuk tidak menikah selama menjalani pekerjaan.

Mungkin bagi beberapa instansi/perusahaan menganggap menikah dapat mengurangi kinerja seseorang dalam melakukan pekerjaan, atau juga karena alasan lain.

Namun yang pasti jika calon karyawan tersebut sanggup memenuhi syarat tersebut maka dirinya harus membuat pernyataan tertulis berupa surat pernyataan kesanggupan tidak menikah. Bagaimana detail surat tersebut? berikut ini terdapat contoh surat pernyataan kesanggupan tidak menikah:

SURAT PERNYATAAN

Surat Pernyataan Kesanggupan ini dibuat pada hari ini, hari Sabtu, 05 Mei 2018, bertempat di Bandung oleh saya :

Nama : Intan Permatasari
NIK : 878878
NIP : 7686876867
Tempat/Tgl Lahir : Badung/20/09/1994
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Bandung

Yang dengan ini menyatakan bahwa berkaitan dengan proses orientasi Management Trainee selama dua tahun, saya menyatakan sanggup untuk memenuhi syarat-syarat proses tersebut dan karenanya sanggup untuk tidak menikah selama masa proses orientasi tersebut.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dan ditanda tangani pada hari dan tanggal tersebut sebagaimana dicantumkan di bagian awal surat ini dan untuk dipergunakan sesuai dengan kepentingannya.

Bandung, 05 Mei 2018
Yang Membuat Pernyataan,

Intan Permatasari

4. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Menjaga Disiplin

Sikap disiplin merupakan salah satu sikap yang pasti dijunjung tinggi di lingkungan manapun, baik di sekolah, keluarga, masyarakat, ataupun tempat kerja.

Biasanya untuk menunjukkan bahwa seseorang tersebut dapat menjaga kedisiplinan di lingkungan kerja, sebuah instansi akan mewajibkan karyawannya menulis surat pernyataan kesanggupan menjaga disiplin.

agar nantinya jika karyawan tersebut melanggar kedisiplinan dirinya dapat mempertanggungjawabkan seperti yang tertulis di surat pernyataan kesanggupan yang dibuatnya. Adapun contoh surat tersebut dapat dilihat di bawah ini:

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Antoni Sanjaya
Tempat/Tgl Lahir : Surakarta/20/09/1994
Alamat : Jl. Perjuangan No. 123, Surakarta

Dengan ini menyatakan kesanggupan untuk menjaga disiplin kerja yang berlaku di PT. MAJU JAYA jika saya diterima bekerja disini. Jika di kemudian hari saya mengingkari pernyataan yang saya perbuat, maka saya bersedia diberi sanksi sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan sebenar-benarnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Surakarta, 05 Mei 2018
Yang menyatakan,

Antoni Sanjaya

5. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Biaya Pengobatan

Surat pernyataan kesanggupan membayar biaya pengobatan ini biasanya digunakan oleh pihak rumah sakit kepada pihak yang bertanggung jawab membiayai segala pengobatan pasien. Hal ini terjadi misalnya ketika terdapat kecelakaan yang melibatkan dua pihak dan mengharuskan salah satu pihak menjalani pengobatan.

Maka pihak yang bersalah akan bertanggung jawab membayar segala pengobatan tersebut. Berikut ini adalah salah satu contoh surat yang berisi pernyataan kesanggupan membayar biaya pengobatan:

SURAT PERNYATAAN

Pada hari ini, Sabtu, 05 Mei 2018 yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Anton Sanjaya
NIK : 897887
Alamat : Jl. Bunga Kenanga No. 123, Medan
Pekerjaan : Wiraswasta

Bertindak secara pribadi. Selanjutnya disebut dengan Pihak Pertama

Dengan ini saya, sebagai Pihak Pertama menyatakan, bahwa saya bertanggung jawab kepada Pihak Kedua :

Nama : Sutinah
NIK : 897878
Alamat : Jl. Sentosa No. 123, medan
Pekerjaan : Karyawan Swasta

Atas insiden kecelakaan yang terjadi pada hari Jumat, 04 Mei 2018 jam 19.30 WIB di Jalan Wr. Supratman Kota Medan yang menyebabkan Pihak Kedua, yaitu Ibu Sutinah mengalami luka fisik sehingga kemudian dilakukan perawatan di Rumah Sakit Sehat Selalu Kota Medan.

Dan dalam hal ini PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA telah bersepakat untuk menyelesaikannya secara kekeluargaan dan PIHAK PERTAMA bersedia menanggung semua biaya pengobatan sampai PIHAK KEDUA benar-benar sembuh.

Demikian Surat Pernyataan ini dibuat untuk digunakan sebagaimana mestinya tanpa adanya unsur pemaksaan dari pihak manapun.

Medan, 05 Mei 2018
Yang Menyatakan,

Anton Sanjaya

6. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Daftar Ulang Mahasiswa

Pada umumnya setelah calon mahasiswa dinyatakan lulus di sebuah universitas, yang kemudian dilakukan adalah mendaftar ulang untuk melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan ketika menjadi mahasiswa. Selain melakukan pemberkasan calon mahasiswa juga diwajibkan membayar daftar ulang dengan nominal tertentu.

Sebagai pernyataan bahwa calon mahasiswa bersedia membayar maka dirinya harus membuat surat pernyataan kesanggupan membayar daftar ulang mahasiswa. Berikut adalah salah satu contoh surat tersebut:

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Muhammad Ilham
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Bogor
Program Studi : S-1 Manajemen
Wali/Orang Tua : Anton Sanjaya

Menyatakan sanggup membayar biaya daftar ulang mahasiswa baru sebesar Rp. 250.000 dan tidak akan mengambil kembali biaya pendidikan tersebut di kemudian hari dengan alasan apapun.

Bogor, 05 Mei 2018
Orang Tua Calon Mahasiswa,

Anton Sanjaya

7. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan CPNS

Banyak sekali persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi ketika kita mendaftar CPNS. Hal ini tentu dimaksudkan agar calon pegawai negeri sipil yang nantinya diterima adalah seseorang yang berkualitas dan siap mengabdi kepada negara.

Ketika seorang CPNS bersedia menerima syarat-syarat yang diajukan oleh pemerintah, maka dirinya akan membuat pernyataan dalam bentuk surat pernyataan kesanggupan CPNS yang di dalamnya memuat syarat-syarat yang disanggupi serta resiko jika dirinya melanggar pernyataan kesanggupan tersebut.

Bagaimana cara membuat surat tersebut? di bawah ini terdapat contoh surat pernyataan kesanggupan CPNS yang bisa dijadikan referensi:

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Nuraini
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1994
NIK : 8768767867
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Alamat : Jl. Pertahanan No. 123, Medan

Menyatakan dengan sesungguhnya bahwa saya :

1. Tidak sedang hamil dan sanggup tidak mengambil cuti sebelum 1 (satu) tahun sejak SPMT sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil ;

2. Tidak sedang menjalani internship/pendidikan/wajib kerja atau hal-hal lain yang menyebabkan tidak dapat bekerja ketika lulus seleksi dan diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil ;

3. Sanggup tidak mengajukan permohonan tugas belajar PPDS sebelum 5 (lima) tahun dihitung sejak TMT sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil, dan setelah 5 (lima) tahun dapat mengajukan permohonan tugas belajar PPDS apabila ada formasi kebutuhan yang ditetapkan oleh Pemerintah Daerah ;

4. Sesuai dengan Peraturan yang berlaku, sanggup untuk tidak diusulkan dalam pemberkasan NIP CPNS apabila setelah dinyatakan lulus seleksi, ijazah yang dimiliki tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dipersyaratkan dalam rincian persetujuan formasi ataupun dalam pengumuman penerimaan CPNS baik kualifikasi maupun jenjang pendidikan ;

5. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan test CPNS sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah) yang disetorkan ke Kas Daerah Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, apabila mengundurkan diri setelah dinyatakan lulus seleksi CPNS atau mengajukan pindah dari Pemerintah Kota Medan sebelum 5 (lima) tahun sejak diangkat sebagai CPNS.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa adanya pemaksaan dari pihak manapun.

Medan, 05 Mei 2018
Yang Menyatakan,

Intan Nuraini

8. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Penempatan Kerja

Seorang pegawai baik negeri maupun swasta sudah tentu mengikuti ketentuan yang berlaku dalam instansi tempatnya bekerja. Hal ini termasuk ketentuan dimana dirinya akan ditempatkan untuk suatu pekerjaan.

Oleh karenanya setiap calon pegawai yang memang bersedia bekerja di suatu instansi diwajibkan membuat surat pernyataan kesanggupan penempatan kerja.

Hal ini biasanya terjadi pada instansi yang memiliki cabang di berbagai daerah. Untuk dapat membuat surat tersebut, bolehlah simak contoh surat pernyataan kesanggupan penempatan kerja di bawah ini:

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Saputra
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1994
Agama : Islam
Alamat : Jl. Widuri No. 123, Medan

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa saya :

Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia sesuai dengan peraturan dan keputusan pemerintah.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh Pemerintah, apabila di kemudian hari terbukti pernyataan saya tidak benar.

Medan, 05 Mei 2018
Yang Menyatakan,

Andi Saputra

9. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Menggunakan Dana

Surat pernyataan kesanggupan menggunakan dana pada umumnya digunakan oleh pegawai di suatu instansi yang diberikan mandat untuk melakukan tugas tertentu dimana tugas tersebut melibatkan dana/anggaran dari suatu instansi tersebut.

Agar dana tersebut dipergunakan dengan benar maka pegawai yang ditugaskan harus membuat surat pernyataan kesanggupan menggunakan dana sebagai bukti tertulis. Adapun contoh surat tersebut dapat dilihat di bawah ini:

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN MENGGUNAKAN DANA

Yang Bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Abdul Rozak
NIP : 8978877
Pendidikan : S-1 Sastra Inggris
Unit Kerja : SMA Negeri 1 Malang

Menyatakan bersedia bertanggung jawab untuk menerima Block Grant Peningkatan Kualifikasi S1/D4 bagi Guru dari LPMP Malang sejumlah Rp 2.500.000,00 (dua juta lima ratus ribu rupiah). Saya berkomitmen menggunakan dana ini hanya untuk peningkatan Kualifikasi Akademik bagi guru ke jenjang S1/D4 di Universitas Negeri Malang masa studi tahun 2019.

Demikian surat kesanggupan ini bersifat mengikat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Malang, 05 Mei 2018
Yang Menyatakan,

Abdul Rozak

10. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar Hutang

Permasalahan hutang piutang merupakan hal yang tidak bisa dianggap remeh apalagi jika jumlah yang dipinjam tidak sedikit. Untuk menghindari adanya perselisihan di antara kedua belah pihak maka seorang peminjam hendaknya membuat surat pernyataan kesanggupan membayar hutang tepat pada waktu yang telah ditentukan.

Jika seseorang tersebut melanggar pernyataan tersebut maka pihak yang meminjamkan dapat melapor kepada pihak yang berwajib. Lalu bagaimana membuat surat pernyataan kesanggupan membayar hutang? Simaklah salah satu contoh di bawah ini:

SURAT PERNYATAAN

Dengan ini surat ini saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Intan Nuraini
NIK : 78638635
ALamat : Jl. Pertahanan No. 123, Bandung
menyatakan kepada :
Nama : Maria Restiani
NIK : 78678676
Alamat : Jl. Purwo No. 123, Bandung

Bahwa saya bersedia melunasi kekurangan hutang kepada Ibu Maria Restiani yang identitasnya telah disebutkan diatas. Adapun hutang yang harus saya bayar adalah sebesar Rp 25.550.000 (Dua Puluh Lima Juta Lima Ratus Lima Putuh Ribu Rupiah). Dan saya bersedia membayar lunas jumlah tersebut selambat-lambatnya pada tanggal 15 Juli 2018. Apabila hingga tanggal tersebut saya tidak memenuhi kewajiban saya maka saya bersedia dilaporkan kepada pihak yang berwajib dan bersedia dituntut di muka pengadilan.

Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenar-benarnya dan dalam keadaan sadar tanpa tekanan dari pihak manapun. atas perhatian Bapak/ Ibu, saya ucapkan terima kasih.

Bandung, 05 Mei 2018
Yang Menyatakan,

Intan Nuraini

11. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Menyelesaikan Pengabdian

Pengabdian beragam jenisnya, bisa dalam bentuk ikatan dinas atau dalam bentuk kembali ke sekolah asal setelah menerima beasiswa. Aturan tiap pengabdian berbeda tergantung bentuk dan jenisnya.

Berikut kami berikan contoh surat pernyataan kesanggupan menyelesaikan pengabdian di pondok pesantren bagi santri yang pernah menerima beasiswa saat kuliah.

SURAT PERNYATAAN KESANGGUPAN

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Ahmad Mahfudin
Tempat/ Tanggal Lahir : Bogor, 24 Agustus 1991
Alamat : Kampung Cidahu, Ciseeng, Empang, Bogor, Jawa Barat

Dengan ini menyatakan dengan sebenarnya bahwa:

1. Saya adalah peserta Program Beasiswa bagi santri yang telah menyelesaikan studi dan saat ini tengah melaksanakan Pengabdian Alumni pada Pondok Pesantren Darussalam Bogor, terhitung mulai 1 Mei 2014 sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

2. Saya bermaksud untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi di Universitas Tarumanegara, Fakultas Ilmu Sosial, Jurusan Hukum:

3. Selama melanjutkan studi saya akan tetap melaksanakan Pengabdian Alumni sesuai dengan ketentuan yang berlaku:

4. Setelah menyelesaikan studi, saya akan melapor kepada pondok pesantren dan segera melanjutkan sisa masa pengabdian saya sesuai dengan ketentuan yang berlaku;

5. Jika ternyata di kemudian hari terdapat kecurangan dan/atau penyimpangan dan/atau pelanggaran terhadap yang telah saya buat, saya bersedia menerima sangsi yang diberikan oleh pihak yang memberikan beasiswa dan mengembalikan seluruh biaya beasiswa yang telah dikeluarkan selama saya menjadi peserta Program Beasiswa bagi Santri sampai saya menyelesaikan studi.

Demikian surat pernyataan kesanggupan ini saya buat dengan sesungguhnya.

Bogor, 1 Juni 2015
Yang memuat pernyataan

Materai 6000
……………………………………

Mengetahui:

Pimpinan Pondok Pesantren   (ttd)

Pihak Pemberi Beasiswa           (ttd)

12. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Ditempatkan Dimana Saja di PT. Perum Perindo

Dalam dunia kerja, beberapa perusahaan biasanya akan meminta pegawai baru untuk bersedia ditempatkan dimana saja sesuai kebutuhan perusahaan. Sekitar 70% lembaga / instansi / perusahaan di Indonesia memberlakukan aturan tersebut.

Sebagai pegawai baru perusahaan akan meminta Anda membuat surat pernyataan bersedia ditempatkan dimana saja. Ini artinya Anda bisa saja ditempatkan di lokasi yang dekat dengan rumah atau bahkan tempat yang jauh sekali di luar dugaan Anda.

SURAT PERNYATAAN
BERSEDIA DITEMPATKAN DAN BEKERJA DIMANA SAJA

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Doni Darmaga
Tempat tanggal lahir : Sekotong, 17 Agustus 1990
Pendidikan : S1 Perikanan
Alamat Tinggal : Jl. Wahid Hasyim Gg. Kapuas 3 No. 70 65, Condongcatur, Sleman, DIY.

dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya bahwa apabila saya diterima menjadi karyawan Perum Perikanan Indonesia Tahun 2015, saya bersedia ditempatkan dan bekerja dimana saja di seluruh wilayah Republik Indonesia pada Cabang/Unit Bisnis Perum Perikanan Indonesia.

Apabila saya tidak memenuhi pernyataan ini, saya bersedia diberhentikan dengan tidak hormat sebagai karyawan.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya untuk dapat digunakan sebagaimana mestinya

………………, …………………………2015
Mengetahui,                                                                                                                               Yang membuat pernyataan,
Orang Tua,

(………..……………..)                                                                                                                             (…………………………………..)

13. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Tidak Melakukan Kesalahan Pengisian KRS

Mahasiswa acapkali salah dalam mengisi Kartu Rencana Studi (KRS). Hal ini tentu saja membuat pihak akademik dan fakultas cukup kewalahan untuk memperbaikinya. Bayangkan apa yang akan terjadi jika dari ribuan mahasiswa ada ratusan yang melakukan kesalahan dalam mengisi KRS.

Nah untuk mengatasi hal tersebut, berikut contoh surat pernyataan kesanggupan bersedia menerima sanksi apabila mahasiswa kembali melakukan kesalahan dalam mengisi KRS.

SURAT PERNYATAAN
KESALAHAN PENGISIAN KRS

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Nancy Eka Putri
NIM : 08/270180/PT/11480
Prodi : Teknologi Hasil Perikanan
Jurusan : Perikanan
Fakultas : Pertanian

Telah melakukan kesalahan dalam pengisian KRS secara tidak sengaja, yang mana kesalahan tersebut yakni pengisian KRS (warna putih) untuk mahasiswa dan KRS (warna biru) untuk akademik tidak cocok. Saya bersedia menerima sanksi yang tegas apabila melakukan kesalahan yang sama. Dengan sadar dan tanpa paksaan dari pihak manapun. Demikian surat pernyataan ini saya buat untuk digunakan semestinya.

Yogyakarta, 31 Januari 2017
Nancy Eka Putri

14. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Ditempat Dimana Saja di BULOG

Selain Perum Perindo biasanya calon karyawan baru BULOG juga akan menetapkan sistem penempatan karyawan. Saat Anda dinyatakan diterima maka Anda akan diminta untuk membuat surat pernyataan ditempatkan di lokasi mana saja sesuai kebutuhan BULOG.

Bagi yang masih bingung bagaimana cara membuat surat pernyataan kesanggupan, berikut kami berikan contohnya.

SURAT PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama Lengkap : Arya Bimanyu
Tempat dan Tanggal Lahir : Sleman, 22 Januari 1993
No. KTP : 345xxxxxxxxxxxx
Alamat : Perum Puri Hesti No. 8, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta

Dengan ini menyatakan, bahwa saya:

1. Bersedia ditempatkan di seluruh wilayah kerja Perum BULOG di Indonesia.
2. Bersedia mengikuti ikatan dinas di Perum BULOG selama 3 (tiga) tahun
3. Tidak pernah terlibat dalam penggunaan NAPZA
4. Bersedia membayar denda sejumlah Rpp xxxxxxxxx,- jika saya mengundurkan diri setelah menandatangani kontrak kerja sebagai karyawan Perum BULOG atau mengundurkan diri sebelum masa dinas 3 (tiga) tahun.

Demikian surat pernyataan kesanggupan ini saya buat dengan penuh kesadaran dan kesungguhan. Saya bersedia diberhentikan sewaktu-waktu dan/atau dituntut di depan pengadilan, apabila di kemudian hari saya mengingkari dan/ atau terbukti pernyataan saya ini tidak benar.

Yogyakarta, 21 Maret 2016
Yang membuat pernyataan,

(materai 6000)

(Arya Bimanyu)

15. Contoh Surat Pernyataan Kesanggupan Memenuhi Nilai TPA

Saat mendaftar ke perguruan tinggi beberapa universitas akan meminta sertifikat Tes Potensi Akademik (TPA) sebagai syarat masuk. Masing-masing universitas memiliki batas minimum nilai TPA yang berbeda bagi calon mahasiswanya.

Namun jangan khawatir, bagi Anda yang nilai TPA nya belum memenuhi persyaratan biasanya pihak kampus akan memberikan kelonggaran.

Anda akan diminta untuk membuat surat pernyataan kesanggupan memenuhi nilai TPA tersebut sebelum ujian akhir (skripsi / tesis / disertasi) dilaksanakan. Berikut kami berikan contoh format nya sebagai referensi.

SURAT PERNYATAAN

Yang bertanda tangan di bawah ini (isikan data lengkap Anda):

Nama : (nama lengkap sesuai dengan KTP)
Tempat / Tanggal Lahir : (isi sesuai dengan KTP)
No. Pendaftaran : (nomor yang Anda peroleh saat melakukan registrasi, jika ada)
Jalur Penerimaan : (beasiswa atau lainnya) Semester Genap/ Gasal T. A. ………..
Program Studi : (program studi yang Anda pilih)
Fakultas : …………………………………………….
Alamat seusia KTP/ KK : …………………………………………….

Dengan ini menyatakan bahwa saya menyanggupi akan memenuhi skor / nilai Tes Potensi Akademik (TPA) dari BAPPENAS atau lembaga yang diakui universitas lainnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Program Studi, sebagai salah satu syarat untuk dapat melaksanakan seminar proposal/ ujian komprehensif/ ujian proposal/ sidang ujian akhir.

Demikian surat pernyataan ini dibuat dengan sebenarnya tanpa da paksaan dari pihak manapun. Apabila saya melanggar pernyataan tersebut, saya bersedia menerima sanksi/ diproses sesuai prosedur dan ketentuan hukum yang berlaku.

………………, ……………… 20……
Yang membuat pernyataan

(materai 6000)

(Nama Lengkap)


rumah.com

Nah sudah tidak kebingungan lagi kan bagaimana cara membuat surat pernyataan kesanggupan yang baik dan benar. Pada dasarnya semua surat pernyataan sama saja, yang pasti jangan lupa tanda tangan di atas materai, sehingga surat tersebut bersifat sah secara hukum.

Demikianlah beberapa contoh surat pernyataan kesanggupan dengan berbagai kepentingan yang bisa dijadikan referensi. Karena surat ini sering digunakan dalam hubungan seseorang dengan pihak lain, maka tidak ada salahnya jika setiap orang mempelajari surat tersebut dan memahaminya dengan sebenar-benarnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*