Contoh Surat Pernyataan | Fungsi, Kompoisisi Isi, Ciri, dan Jenisnya

Contoh surat pernyataan yang mudah akan membuat Anda tidak kesulitan lagi dalam menulisnya. Contoh surat yang mudah dan sederhana merupakan contoh surat yang paling banyak dicari.

Apalagi anda yang tengah melamar pekerjaan di suatu instansi tertentu atau perusahaan tertentu. Wajib menulis surat pernyataan.

Beberapa orang yang belum sadar akan pentingnya surat pernyataan ini tidak terlalu ambil pusing bagaimana menulis surat pernyatan yang baik.

Namun, bagi Anda yang lagi serius melamar pekerjaan, sudah dapat dipastikan akan mulai memikirkan bagaimakah sebenarnya menulis surat pernyataan yang baik.

Sebelum kita berikan langkah mudah dan contoh surat pernyataan yang baik, ada baiknya kita berkenalan dulu dengan surat pernyataan.

Jadi, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan surat pernyataan? Surat pernyataan biasa diartikan sebagai surat yang berisi keterangan atau pernyataan suatu hal atau keadaan.

Lebih sederhananya surat pernyataan juga bisa dimaknai dengan keterangan tertulis yang menyatakan kesanggupan untuk melaksanakan atau tidak melaksanakan suatu hal.


Pentingnya Surat Pernyataan


Sebenarnya apakah perlunya membuat surat pernyataan?

Surat pernyataan sangat penting agar semua pihak yang terkait bisa melihat dan menjadikan surat pernyataan ini sebagai pegangan.

Apabila dikemudian hari terjadi hal yang tidak sesuai dengan isi dari surat pernyataan tersebut, maka dapat dijadikan sebagai dokumen pengingat.

Dalam kenyataan di lapangan misalnya seseorang yang telah melupakan surat pernyataan alih alih malah melanggar kesepakatan, bisa jadi surat pernyataan ini sebagai bahan atau berkas penting untuk dibawa ke pengadilan.

Bahkan surat pernyataan ini dapat dijadikan sebagai bukti tertulis untuk menyelesaikan suatu perkara lewat meja hijau.

Jadi, kedudukan surat pernyataan itu penting sekali bukan? Disinilah dirasa perlu menampilkan contoh surat pernyataan.


Fungsi Surat Pernyataan


Jadi, fungsi surat pernyataan itu adalah :

• Sebagai deklarasi pernyataan seseorang untuk melakukan atau tidak melakukan suatu tindakan sesuai isi yang tertuang dalam surat pernyataan tersebut.

• Sebagai pengingat bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk melaksanakan atau mengingatkan mengenai isi surat pernyataan.

• Sebagai dokumen pendukung atau pelengkap saat melakukan sebuah persyaratan administratif.

• Sebagai dokumen pendukung saat terjadi pelanggaran atau adanya suatu tindakan yang tidak sesuai antara isi pernyataan dengan yang sedang terjadi.


Kompoisisi Isi Surat Pernyataan, Ciri dan Jenisnya


Setelah memahami apa itu surat pernyataan dan apa saja fungsingnya, maka kita akan memberikan contoh surat pernyataan.

Tapi sebelum itu, sebaiknya Anda perlu tahu komposisi isi dari surat pernyataan dan ciri-cirinya.


Kompoisisi Isi Surat Pernyataan


Untuk komposisi konten atau isi dari surat pernyataan adalah sebagai berikut:

1. Pembuka Surat Pernyataan

Pada bagian paling atas dari surat pernyataan ini wajib menulis judul dengan “Surat Pernyataan”. Dalam format penulisannya biasanya dengan di bold dan dibuat rata tengah.

2. Isi Pernyataan

Dalam surat pernyataan Anda harus menuliskan mengenai pernyataan yang hendak disampaikan. Bisanya hal ini ditulis pada bagian isi dari surat pernyataan.

3. Penutup Surat Pernyataan

Pada bagian penutup dari surat pernyataan ini harus menyertakan tanggal serta tempat dibuatnya surat pernyataan. Diikuti dengan identitas yang membuat surat.

Pada identitas tersebut meliputi nama lengkap, tanda tangan, maupun keterangan lainnya seperti nomor induk kependudukan atau nomor induk pegawai.


Ciri-ciri Surat Pernyataan


Selanjutnya, kita akan identifikasi ciri-ciri surat pernyataan, sebagai berikut:

1. Menggunakan bahasa resmi dengan bentuk kalimat yang singkat dan efektif. Tidak dibenarkan menggunakan bahasa non-baku apalagi bahasa gaul.

2. Dalam surat pernyataan tersebut terdapat aspek hokum, maka surat pernyataan tersebut harus dibuat di atas kertas yang bermaterai.

3. Surat pernyataan harus jelas, padat dan berisi. Sehingga siapapun yang membaca surat pernyataan yang Anda buat bisa memahami dengan baik.

4. Dalam surat pernyataan terdapat data pihak yang menyatakan, diantaranya, nama, tempat tanggal lahir, pekerjaan dan status.

Surat pernyataan sesungguhnya memiliki banyak sekali varian. Sebenarnya ini berkaitan dengan apa yang hendak ingin dinyatakan.


Jenis Surat Pernyataan


Sebelum kita masuk ke contoh surat pernyataan, kita lihat dulu beberapa jenis surat pernyataan yang banyak ditemukan di masyarakat. Diantaranya:

• Surat pernyataan diri
• Surat pernyataan kesanggupan kerja
• Surat pernyataan hutang
• Surat pernyataan status sebagai karywan
• Surat pernyataan berkelakuan baik
• Surat pernyataan jual beli tanah
• Surat pernyataan bebas narkoba
• Surat pernyataan tidak sedang terikat kontrak kerja
• Surat pernyataan belum menikah
• Surat pernyataan sanggup membayar SPP
• Surat pernyataan sanggup membayar ganti rugi
• Surat pernyataan kesanggupan mematuhi aturan perusahaan
• Surat pernyataan sanggup mengikuti pelatihan
• Surat pernyataan lainnya


Langkah Membuat Surat Pernyataan


Nah, pada bagian poin ini, kita akan mulai membuat contoh surat pernyataan dan beberapa langkah sederhana dan mudah dipraktekkan. Yuk kita initp, apa sajakah langkah-langkahnya, sebagai berikut:

1. Pahami dulu apa yang hendak Anda nyatakan dalam surat pernyataan yang ingin Anda buat. Untuk jenis pernyataan bisa Anda intip lagi ke paragraph atas ya!
2. Mulai mengetik di komputer atau laptop via aplikasi Microsoft word. Pada bagian paling atas ketik judul dengan kata “Surat Pernyataan”.
3. Setelah itu, lengkapi data diri Anda dengan nama, tempat tanggal lahir, NIK, status dan pekerjaan.
4. Masukkan kalimat yang mengandung unsur pernyataan sesuai dengan apa yang hendak Anda nyatakan.
5. Pada bagian penutup sertakan nama tempat, tanggal dibuatnya surat pernyataan. Pada bagian paling bawah tuliskan nama Anda sebagai pembuat surat pernyataan.
6. Setelah selesai semua, jangan lupa dibaca ulang, pastikan tidak ada kalimat yang ambigu, multitafsir atau salah. Selain itu, pastikan juga Anda tidak melakukan typo.
7. Anda sudah bisa melakukan proses print out surat pernyataan
8. Selesai

Bagaimana kira-kira? cukup sederhana, mudah dan gampang bukan? Selanjutnya, Anda bisa menandatangani surat pernyataan Anda pada bagian tanda tangan dan kalau perlu tambahkan sebelumnya materai Rp. 6000.-. tapi kalo Anda masih bingung juga, Yuk intip contoh surat pernyataan berikut ini.


Contoh Surat Pernyataan


Contoh surat pernyataan yang sederhana dan mudah dipraktekkan.

Surat Pernyataan
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama : Citra Pelangi
Tempat/Tanggal Lahir : Medan, 29 September 1995
Agama : Islam
Status : Belum Kawin
Alamat : Jl. Perintis Kemerdekaan No. 4, Polonia, Sumatera Utara
Dengan ini menyatakan bahwa saya:
Tidak pernah menggunakan narkoba dan terlibat narkoba dalam bentuk apapun.
Demikianlah surat pernyataan ini dibuat, dengan sebenar-sebenarnya. Saya bersedia menerima segala tindakan atau sanksi jika kemudian saya terbukti memakai atau terlibat narkoba.
Medan, 29 Desember 2018
Yang menyatakan,

(Citra Pelangi)


Contoh surat pernyataan diatas adalah contoh surat pernyataan bebas narkoba. Bagaimana kalo contoh surat pernyataan yang lain? Nah, intinya sama saja, hanya saja Anda perlu memperhatikan pada poin jenis-jenis surat pernyataan yang telah dijelaskan pada paragraf di atas.

Dalam artian lain, untuk hal apakah Anda membuat surat pernyataan tersebut. Intinya Anda tinggal mengganti dan mengedit sesuai kebutuhan Anda.

Demikianlah sekilas tentang pengertian, fungsi, ciri-ciri dan contoh surat pernyataan sederhana yang mudah dipraktekkan.

Apakah Anda masih bingung setelah membaca artikel ini? Saya harap sekarang Anda menjadi tidak bingung lagi ya, dalam membuat surat pernyataan. Selamat mencoba!

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.