19 Contoh Surat Pesanan Alat Elektronik, Kain, ATK, Hingga Makanan

Contoh Surat Pesanan – Ada banyak sekali jenis surat yang biasa digunakan untuk berbagai kepentingan. Salah satunya adalah surat niaga yang biasa digunakan untuk kepentingan jual beli.

Surat niaga sendiri banyak sekali macamnya, karena permasalahan jual beli yang membutuhkan surat tidak hanya satu. Misalnya surat niaga untuk menawarkan suatu produk, maka surat yang dibutuhkan adalah surat niaga penawaran.

Selain itu ada juga surat niaga yang bertujuan untuk membuat pesanan. Surat ini biasa disebut dengan surat pesanan.


Pengertian dan Bagian-bagian Surat Pesanan


Pengertian

someka.net

Surat pesanan merupakan surat yang dibuat oleh pembeli dan ditujukan kepada penjual. Berisikan perintah pembelian barang barang-barang tertentu yang dilakukan oleh pihak perantara atau langsung dilakukan oleh konsumen yang bersangkutan.

Pihak pembeli dalam hal ini dapat berupa badan usaha atau perorangan. Surat pesanan tersebut biasanya dikirimkan sebagai balasan dari surat penawaran atau karena atas kehendak sendiri.

Di dalam surat jumlah dan keterangan barang dijelaskan secara detail dan terperinci. Selain itu di beberapa surat juga dijelaskan perihal terkait sistem pembayaran. Da pula yang melakukan pembayaran disaat pesanan telah sampai pada konsumen.

Berbeda halnya jika melakukan pesanan via telepon, kekeliruan dalam pengiriman barang dapat diminimalisir dengan adanya bentuk fisik daftar pesanan barang. Selain itu, surat ini berguna sebagai dokumen pengantar bahwa telah dilakukan pembelian barang tertentu yang kemudian disimpan sebagai arsip.

Bagian-Bagian

bizmanualz.com

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam membuat surat pesanan, berikut penjelasannya.

1. Pihak yang Dituju

Seperti surat lain pada umumnya, Anda harus mencantumkan nama dan alamat dimana Anda akan memesan barang. Alamat tersebut harus ditulis dengan lengkap agar surat yang Anda kirim sampai di alamat yang tepat.

2. Identitas Diri/ Perusahaan

Kolom ini berisikan nama pemesan, alamat, dan kontak yang bisa dihubungi

3. Rincian Pesanan

Bagian ini merupakan inti utama dari surat pesanan. Dimana rincian jenis dan jumlah barang yang dipesan tercantum. Jangan sampai salah menuliskan pesanan Anda agar tidak terjadi kekeliruan dalam pengiriman barang.

4. Keterangan

Merupakan bagian tambahan seperti detail proses pengirimian barang, waktu pengiriman, dan sistem pembayaran. Penjelasan tersebut dapat dicantumkan secara tertulis di surat atau dapat dilakukan via email dan telepon.


Contoh Surat Pesanan


blog.frevvo.com

Barangkali sebagian orang ada yang belum pernah mengetahui adanya surat pesanan. Karena memang tidak semua orang berkepentingan untuk membuat surat tersebut.

Surat pesanan biasanya dibuat oleh calon pembeli baik perseorangan maupun instansi kepada penjual barang, entah karena sebagai balasan surat penawaran dari penjual atau atas inisiatif calon pembeli sendiri. Surat ini berisi pesanan yang akan dibeli oleh pembeli, sehingga penulisan surat ini harus jelas, singkat, dan terperinci.

Persis seperti namanya surat pesanan bertujuan untuk memesan sebuah barang yang diinginkan oleh seseorang maupun perusahaan/instansi. Dengan adanya surat pesanan ini daftar pesanan yang akan dibeli menjadi jelas.

Adapun beberapa rincian terkait isi surat ini adalah jenis barang yang dipesan, jumlah barang yang dipesan, kualitas dan harga barang, cara pembayaran dan pengiriman, serta syarat penyerahan barang.

Surat ini ditulis secara resmi yang isinya harus memiliki ketentuan seperti yang tertera di atas. Oleh karenanya tidak semua orang dapat membuatnya dengan mudah. Namun tidak usah khawatir karena sudah banyak contoh surat pesanan yang bisa dijadikan referensi. Salah satunya seperti contoh-contoh di bawah ini:

1. Contoh Surat Pesanan Barang Peralatan Komputer

Komputer memang sebuah barang yang semakin hari semakin naik peminatnya. Karena memang kebutuhan pengetahuan teknologi yang semakin diperlukan.

Biasanya pesanan barang peralatan komputer dalam jumlah banyak dipesan oleh sebuah instansi/ perusahaan/ lembaga pendidikan untuk mendukung dan mengembangkan sumber daya manusia agar lebih berkualitas. Adapun contoh surat pesanan barang peralatan komputer yang bisa digunakan oleh instansi adalah sebagai berikut:

PT. SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4 Jl. Raya Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

Bandung, 24 April 2018

Nomor : 15/MAS-2/X/18
Perihal : Pesanan Barang

Kepada
PT. Jaya Sukses
Jalan Jeruk Manis No. 5B
Kota Bandung

Dengan hormat,

Menindak lanjuti surat penawaran perusahaan Bapak/ Ibu pada tanggal 20 April 2018 tentang alat-alat elektronik untuk kebutuhan kantor, Maka dengan ini kami bermaksud ingin memesan :

1. 20 seperangkat computer Pentium core i8
2. 4 buah printer 3 in 1

Keseluruhan barang pesanan, kami harap dapat kami terima selambat-lambatnya tanggal 30 April 2018. Pembayaran terhadap seluruh barang yang kami pesan, akan kami lakukan 2 hari setelah seluruh barang pesanan kami terima. Dan sebagai bukti, akan kami kirimkan foto copy bukti pembayaran.

Atas perhatian dan kerjasama Bapak/ Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Sinta Sari

2. Contoh Surat Pesanan Toko

Sebuah toko pasti membutuhkan suplier untuk mendapatkan barang yang akan dijual di toko. Suplier ini bisa dari perusahaan-perusahaan yang memproduksi barang, atau distributor lainnya.

Untuk mendapatkan barang dari sebuah perusahaan sebuah toko perlu membuat surat pesanan yang berisi daftar barang yang dipesan, dimana barang pesanan tersebut tertulis dengan jelas. Berikut ini adalah salah satu contoh surat pesanan yang digunakan oleh sebuah toko:

TOKO ANIK BELAJAR
Jalan MELATI No. 88, Bandar Lampung

Bandar Lampung, 24 April 2018

Nomor : 12/DS /EJ/2018
Hal : Pemesanan Alat Perlengkapan Belajar

Yth. Manager PT. Dondon Pertiwi
Jalan Melati no. 88, Bandar Lampung

Dengan hormat,

Menindak lanjuti surat penawaran anda, tanggal 20 April 2018, perihal Alat Perlengkapan Belajar. Dengan ini kami bermaksud memesan:

1. Meja Belajar 3 buah
2. Lampu Belajar 10 buah

Keseluruhan barang yang kami pesan harap diterima selambat-lambatnya tanggal 30 April 2018. Pembayaran terhadap seluruh pesanan kami, akan dilaksanakan 2 hari setelah barang-barang pesanan seluruhnya kami terima. Sebagai bukti, kami akan mengirimkan foto copy tanda bukti pembayaran.

Atas perhatian dan kerjasama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Sinta Sari

3. Contoh Surat Pesanan Barang ATK

Barang-barang alat tulis kantor ini biasa dipesan oleh toko-toko yang memang menjual alat tulis, atau lembaga/instansi yang bergerak di bidang apapun dan sedang membutuhkan alat tulis kantor.

Untuk memesan barang tersebut tentu dibutuhkan surat pesanan barang ATK yang dibuat oleh calon pembeli. Seperti apa surat tersebut? berikut adalah contoh surat pesanan barang ATK yang bisa dijadikan referensi:

PT FADEL MAEDIKA
Jalan Gatot Kaca No.210 Telp.(0411) 211021
Bandung

Bandung, 24 April 2018

Kepada Yth.
Pimpinan PT. Erwin Eryansyah
Jalan Melati Putih No. 10
Telp. (0411) 21381
Makassar

Hal : Pesanan Barang

Dengan hormat,

Berdasarkan surat penawaran Saudara Nomor : 002/BS.4300/EE/IV/2018, tertanggal 20 April 2018, tentang keperluan kantor, oleh sebab itu kami memesan barang-barang sebagai berikut :

Bulpen : 50 Lusin
Marker : 20 Lusin
Kertas A4 : 15 RIM

Pembayaran secara cash di kantor kami. Kami harap tanggal 28 April 2014 barang tersebut kami telah terima.

Atas perhatian Saudara, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Sinta Sari

4. Contoh Surat Pesanan Barang Furniture

Barang-barang furniture merupakan barang yang cukup dicari oleh berbagai pihak baik dari perseorangan maupun instansi. Karena setiap rumah yang dibangun tentu di dalamnya membutuhkan barang furniture untuk melengkapi rumah tersebut.

Sudah banyak pengusaha yang mendirikan usaha barang furniture, sehingga pembeli pun akan dengan mudah memilih pesanan yang diinginkan.

Untuk mendapatkan barang furniture tersebut pihak-pihak tertentu harus membuat sebuah surat yang berisi pesanan barang furniture. Adapun contoh surat tersebut dapat dilihat di bawah ini:

PT. SEGAR ALAM ABADI
Ruko Edelwis Permai Blok AB3 No. 4 Jl. Raya Wangi Teh Melati Km. 3,8 Bandung 670977
Telp. 022 332769 Fax. 022 332766 Mobile. 09762467925
Website: www.segaralamabadi.com Email: [email protected]

Bandung, 24 April 2018

Nomor : 15/MAS-2/X/18
Perihal : Pesanan Barang
Lampiran : –

Kepada
PT. Jaya Sukses
Jalan Jeruk Manis No. 5B
Kota Bandung

Dengan hormat,

Setelah kami membaca iklan Bapak/ Ibu yang tertera pada harian Menjelang Pagi Jabar yang terbit pada tanggal 20 April 2018, kami merasa sangat tertarik mengenai penawaran pembelian furniture untuk kantor. Barang furniture yang ingin kami pesan adalah sebagai berikut.

1. 20 Lemari Buku Kayu Tipe KL70
2. 10 Lemari Besi Tipe GH90
3. 10 Meja Kerja Tipe TY90

Mengenai pembayaran akan kami lakukan secara tunai setelah barang datang dan dikurangi diskon sebesar 10% sesuai dengan penawaran saudara jika kami membayar secara tunai. Kami harap barang tersebut sampai di tempat kami paling lambat pada tanggal 30 April 2018.

Atas perhatian dan pelayanan Bapak/ Ibu yang baik, kami mengucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Sinta Sari

5. Contoh Surat Pesanan Barang Berdasarkan Surat Penawaran

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa surat pesanan bisa dibuat oleh inisiatif sendiri dan juga berdasarkan surat penawaran yang dibuat oleh pihak penjual. Surat pesanan ini sebagai balasan atas penawaran yang diajukan, dan menunjukkan bahwa penawaran tersebut disetujui.

Lalu bagaimana bentuk surat pesanan barang yang dibuat berdasarkan surat penawaran. Berikut adalah contoh surat tersebut:

PT. BORMA MINI MARKET
Jalan Rereng Kumelati No. 13, Cikutra, Bandung
Telp. (022) 4567891

Bandung, 24 April 2018

Nomor : 31/BMM/VIII/2018
Hal : Pesanan Barang

Kepada Direktur
PT. Glosari Utami
Jalan Dipatiukur No. 49
Bandung

Dengan hormat,

Terima kasih kami sampaikan atas surat penawaran Bapak No. 111/GUT/VII/2018 tanggal 20 April 2018 yang lalu. Bersama surat ini kami sampaikan bahwa kami tertarik dengan produk yang Bapak tawarkan, selanjutnya kami menetapkan untuk memesan barang-barang sebagai berikut:

1. 10 rim kertas A4 SIDU 70gr katalog no. 09
2. 5 rim kertas A4 SIDU 80gr katalog no. 09A
3. 10 rim kertas F4 PaperOne 70gr katalog no. 10
4. 3 kotak pensil 2B Faber Castell katalog no. 20
5. 5 kotak pulpen Standard AE7 katalog no. 21A
6. 1 kotak Map Coklat 305 katalog no. 50

Penyerahan barang kami tunggu paling lambat tanggal 01 September 2013 dan pembayaran akan kami lakukan setelah barang kami terima.

Atas perhatian Bapak, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Sinta Sari

6. Contoh Surat Pesanan Makanan

Kuliner merupakan usaha yang paling eksis di perhelatan dunia bisnis. Alasannya sudah jelas sebab pangan adalah kebutuhan pokok setiap orang yang harus dipenuhi.

Jenis kuliner atau makanan yang diproduksi untuk dijadikan bisnis pun beragam. Ada makanan tradisional, internasional, dan yang paling merajalela sekarang adalah makanan cepat saji, baik yang berupa makanan ringan maupun makanan berat.

Salah satu jenis usaha makanan yang biasa dipesan lewat surat pesanan adalah catering yaitu makanan yang dipesan dalam jumlah besar. Biasanya dipesan oleh perseorangan/instansi yang sedang mengadakan acara.

Ketika sebuah perusahaan ingin memesan makanan dalam jumlah besar untuk karyawan/kepentingan lainnya maka perusahaan tersebut akan membuat surat pesanan makanan. Adapun contoh surat pesanan makanan tersebut dapat dilihat di bawah ini:

PT. UNTUNG TERUS
Jl. Perjuangan No. 123
Jakarta

Jakarta, 24 April 2018

Nomor : 002/WIN/II/2018
Hal : Menanggapi Penawaran Produk Istimewa
Lampiran : 1 lembar

Yth. Lazadanah Bakery dan Ice Cream
Jalan Ahmad Dahlan
Malang Jawa Timur

Dengan Hormat,

Kami dari PT. UNTUNG TERUS, berkeinginan untuk melanjutkan penawaran produk istimewa Lazadanah Bakery dan Ice Cream. Sesudah kami rapat mengenai produk bapak dan harga yang tertera pada katalog yang anda lampirkan. Kami telah sepakat untuk memesan produknya bapak sewaktu masih promosi.

Maka dari itu kami telah membuat rincian daftar yang akan kami pesan dalam surat ini.

Kami mengharapkan supaya bisa bekerja sama dengan perusahaan milik Bapak dalam bentuk pemesanan Bakery dan Ice Cream untuk kebutuhan pesta pembukaan perusahaan baru. Terimakasih atas penawaran yang yang sudah di khususkan buat kami.

Hormat kami,

Sinta Sari

7. Contoh Surat Pesanan Pakaian Batik

Dewasa ini sudah banyak orang yang dengan senang hati memakai batik untuk berbagai acara baik formal maupun informal. Salah satu penyebabnya adalah perkembangan batik sebagai fashion yang semakin hari semakin baik.

Banyak inovasi yang dilakukan oleh desainer-desainer di Indonesia sehingga batik menjadi pakaian yang lebih fresh dan fashionable.

Pada lembaga/ instansi/ perusahaan saat ini juga sudah banyak yang menganjurkan karyawannya untuk memakai batik pada hari tertentu. Untuk mendapat pakaian batik dalam jumlah besar tersebut biasanya perusahaan akan membuat pesanan pada konveksi batik.

Dalam membuat pesanan tersebut perusahaan akan membuat sebuah surat pesanan yang berisi jumlah barang, harga barang, cara pembayaran, serta pengiriman batik tersebut. Adapun contoh surat pesanan pakaian batik dapat dilihat di bawah ini:

TOKO BAJU MODERN BATIK
Pasar Beringharjo
Jln. Ketandan Los 5 No. 123 Yogyakarta

Yogyakarta, 24 April 2018

Nomor : I/II/III/April/2018
Lampiran : –

Kepada Yth.
Ibu Selly Geomantri
Direktur PT. Baju Batik Top
Jln. Palimanan no 123
Cirebon

Dengan hormat,

Membaca iklan Ibu dalam surat kabar KOMPOS yang terbit pada tanggal 20 April 2018 mengenai penawaran baju batik produksi Ibu, maka dengan ini kami ingin memesan :

1. 10 kodi baju batik pria @ Rp 77.000,-
2. 15 kodi baju batik wanita @ Rp 87.000,-
3. 10 kodi kaos batik bola @ Rp 37.000,-

Uang muka untuk pembelian tersebut telah kami kirimkan sebesar 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) melalui Bank Mandiri (bukti pembayaran terlampir). Sisanya akan kami kirimkan setelah barang kami terima (seluruh harga telah kami perhitungkan dengan potongan 10 persen sesuai dengan tawaran dalam iklan Ibu).

Demikian surat ini kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, kami sampaikan banyak terima kasih.

Hormat kami,

Sinta Sari

8. Contoh Surat Pesanan Berlangganan

Surat pesanan berlangganan ini biasanya dibuat jika pihak pembeli merasa puas dengan barang yang dipesan sebelumnya, dan akan memesan barang tersebut secara berkelanjutan.

Sayangnya mungkin terdapat beberapa orang yang masih bingung bagaimana cara membuat surat tersebut. Untuk kamu yang merasa kesulitan dalam membuat surat pesanan berlangganan bolehlah simak contoh di bawah ini:

CV. MITRA JAYA
Jalan Lebar Nan Panjang no 123A Bandung
Telp./Faks: (0274) 12345670

Bandung, 24 April 2018

No : 411/MJ/II/2018
Hal : Pesanan barang

Kepada Yth.
PT. BAPAK SENANG
Jln. Terang Benderang no 12
Jakarta Pusat

Dengan hormat,

Melalui surat ini kami ingin mengajukan pemesanan kembali untuk barang produksi Anda (panel surya) merek The Sun sejumlah 45 unit. Mengingat barang tersebut sangat dibutuhkan saat ini untuk mensuplai stok persediaan di jaringan toko kami, maka kami mengharapkan barang pesanan tersebut segera dikirim, selambat-lambatnya tanggal 30 April ini.

Pembayaran seperti biasa akan dikirimkan melalui Bank Krut Terus dengan nomor rekening 012345678901.

Demikian, atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

Sinta Sari

9. Contoh Surat Pesanan Barang Berdasarkan Iklan

Sebuah produk pastilah membutuhkan pemasaran agar dapat terjual dengan baik. Salah satu yang diupayakan oleh perusahaan tersebut adalah dengan membuat iklan yang berisi kelebihan produk yang dijual. Pada era dimana media sosial sedang digandrungi ini tentu membuat iklan-iklan dapat dilihat oleh banyak orang.

Sehingga sangat besar peluang seseorang/instansi membuat surat pesanan berdasarkan iklan yang dilihatnya. Adapun surat pesanan barang berdasarkan iklan tersebut dapat dilihat pada contoh di bawah ini:

PT. KARYA KREATIF
Jl. Mulus Trus No. 20 Kediri Jawa Timur
Telp. 123456789 fax. 123456789

Kediri, 24 April 2018

No. : 111/PKK/JF/III/2018
Lampiran : –
Perihal : Pemesaan Barang

Kepada Yth.
Toko Ramai lancar
Jl. Mengkudu Hijau No. 12345 Jombang
Di Tempat

Dengan Hormat,

Berdasarkan iklan produk saudara yang tayang pada surat kabar harian KOMPAS pada tanggal 20 April 2018, maka dengan ini kami bermaksud untuk memesan beberapa alat tulis kantor. Adapun beberapa ATK yang kami pesan adalah sebagai berikut :

1. kertas A4 (2 box)
2. kertas contiuous form (2 box)
3. bolpoin warna hitam (2 lusin)
4. Lem kertas (5 buah)
5. absen ceklok (5 box)

Pembayaran akan dilakukan secara tunai setelah barang tersebut diterima, mohon saat pengiriman barang agar disertakan juga kwitansi atau struk barang yang kami pesan.

Demikian surat pesanan ini kami sampaikan, mohon barang dikirim secepatnya dan
atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Sinta Sari

10. Contoh Surat Pesanan Barang Elektronik

Setiap perusahaan/ lembaga pastilah membutuhkan barang elektronik untuk berbagai kepentingan. Oleh karenanya tak heran jika pihak-pihak tersebut membuat surat pesanan barang kepada perusahaan yang menyediakan barang elektronik.

Selain itu surat pesanan barang elektronik juga biasa digunakan oleh toko-toko penjual barang elektronik untuk memenuhi stok barang di toko yang dimilikinya. Adapun contoh surat pesanan tersebut dapat di lihat di bawah ini:

CV. PANTANG MUNDUR
Jl. Kentang No. 123
Banda Aceh

Banda Aceh, 24 April 2018

Nomor : 255/IM/IV/2018
Lampiran : –
Hal : Pesanan Barang Elektronik

Kepada PT. Elektro
Jln. Buntu No. 202
Jakarta

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi dari surat yang telah saudara ajukan, kami berkeinginan untuk memesan beberapa barang Elektronik sebagai berikut :

1. 22 Unit Kulkas
2. 20 Unit Mesin Cuci
3. 30 Unit TV
4. 10 Unit Kipas Angin
5. 5 Unit AC

Pembayaran kami lakukan secara kredit sesuai dengan ketentuan dari perusahaan saudara. Pembayaran pertama akan kami lakukan setelah menerima barang dalam keadaan baik.

Kami berharap bisa menerima barang secepat mungkin. Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,

Sinta Sari

11. Contoh Surat Pesanan Barang dari Sekolah

Sebagai lembaga pendidikan sekolah sering melakukan pemesanan barang untuk meningkatkan kualitas sarana dan fasilitas sekolah. Mulai dari barang-barang untuk perbaikan gedung, barang elektronik, hingga keperluan-keperluan kecil lainnya.

Pihak sekolah biasanya melakukan pengajuan permohonan pengadaan barang kepada dinas pendidikan setempat. Jika memiliki dana yang cukup, sekolah akan langsung mengajukan surat pemesanan barang kepada produsen. Untuk lebih jelasnya berikut kami lampirkan contoh surat pemesanan barang dari sekolah di bawah ini.

slideshare.net

12. Contoh Surat Pesanan Sembako

Sembako merupakan kebutuhan pokok semua orang di seluruh belahan dunia. Di Indonesia sendiri sembako didistribusikan di berbagai cara. Mulai dari pasar retail, warung-warung kelontong hingga di pasar tradisional.

Kesemua distributor berupa badan usaha yang melakukan pemesanan sembako secara langsung kepada suplier (produsen). Sembako yang dipesan dalam jumlah banyak sebagai stok di toko dan dijual kembali kepada konsumen secara langsung.

Bagi Anda yang baru memiliki warung sembako, tentu Anda sudah memiliki koneksi dengan beberapa suplier. Jika Anda bingung bagaimana cara membuat surat pesanan barang, berikut kami berikan contohnya:

gawecv.com

13. Contoh Surat Pesanan Barang Furniture Rumah Tangga

Furniture rumah tangga seperti kursi, lemari, kasur, sofa, hingga peralatan dapur menjadi kebutuhan yang tak terhindar setelah sembako. Kebutuhan sekunder ini banyak tersedia di toko-toko furniture seperti ikea, ace hardware, dan toko-toko furniture lainnya.

Dalam hal ini toko-toko tersebut berperan sebagai distributor, dimana mereka membutuhkan suplier sebagai pemasok barang. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pihak distributor akan mengajukan pesanan lewat surat kepada produsen.

Tak hanya toko-toko besar Anda secara pribadi juga bisa mengajukan surat pemesanan barang langsung kepada produsen jika membutuhkan. Berikut kami berikan contoh sebagai referensi.

suratkeren.blogspot.com

14. Contoh Surat Pesanan dalam Bahasa Inggris

Peralatan medis, obat-obatan, dan bahan-bahan kimia untuk kebutuhan laboratorium biasanya dipesan langsung kepada produsen di luar negeri. Untuk melakukan pemesanan barang-barang tersebut, tentu Anda perlu membuat surat pemesanan dalam bahasa Inggris.

Surat ini biasanya akan direspon dengan cepat, namun barang yang Anda harus mengantri untuk mendapatkan barang tersebut. Barang tersebut paling cepat akan sampai kepada Anda dalam waktu 2 minggu dan paling lama bisa memakan waktu berbulan-bulan.

blog.frevvo.com

15. Contoh Surat Balasan Pesanan Barang

Setelah mempelajari beberapa contoh surat pesanan barang di atas, tentu Anda ingin mengetahui bagaimana bentuk balasan dari surat tersebut.

Surat balasan pesanan berisikan informasi terkait ketersediaan barang yang dipesan. Serta penjelasan mengenai waktu dan biaya pengiriman barang tersebut.

militerarea.blogspot.com

16. Contoh Surat Pesanan Barang beserta Harga

Mencantumkan harga barang di dalam surat pesanan bukanlah sebuah keharusan. Anda dapat mengetahui harga-harga barang yang Anda pesan dari surat penawaran yang diberikan oleh suplier/ produsen.

Surat penawaran dikirimkan bersama katalog produk dari perusahaan yang menjual barang. Secara khusus jika Anda adalah mitra biasanya perusahaan Anda mendapatkan diskon penawaran dalam batas jumlah pesanan tertentu.

badrulmozila.com

17. Contoh Surat Pesanan Laptop

Semakin berkembangnya teknologi, peralatan elektronik seolah kini menjadi kebutuhan sekunder yang diprimerkan. Salah satunya yaitu kebutuhan akan laptop.

Hampir 90% populasi manusia di muka bumi ini adalah pengguna laptop. Mulai dari penggunaan individu hingga perusahaan. Bedanya individu membutuhkan laptop untuk kepentingan pribadi sedangkan perusahaan membutuhkan laptop untuk kebutuhan pekerjaan.

Nah jika perusahaan Anda saat ini sedang membutuhkan laptop dalam jumlah banyak, Anda dapat langsung memesannya ke suplier dengan mengajukan surat pemesanan.

badrulmozila.com

18. Contoh Surat Pesanan Tekstil

Perusahaan tekstil adalah perusahaan yang bergerak di bidang produksi kain. Perusahaan ini banyak bermitra dengan perusahaan yang memproduksi pakaian jadi. Produsen ini membutuhkan banyak bahan kain hampir setiap harinya.

Saat bahan baku terasa menipis, perusahaan pembuat pakaian akan langsung mengirimkan surat pesanan kepada suplier mitranya. Untuk menghindari keterlambatan pihak pemesan biasanya akan meminta barang via telpon terlebih dahulu, dan surat pesanannya menyusul kemudian.

suratkeren.blogspot.com

19. Contoh Surat Pesanan Kain Sutra

Kain sutra merupakan jenis kain yang terkenal dengan kelembutan bahan dan kehalusan coraknya. Meskipun harganya mahal, namun permintaan akan kain ini sangatlah tinggi.

Setiap orang di setiap rumah pasti memiliki setidaknya satu jenis pakaian dari bahan sutra di lemarinya. Jika Anda berencana untuk membeli bahan sutra dalam jumlah banyak, Anda dapat membuat surat pesanan seperti format di bawah ini.

bisapinter.com

PENUTUP


dictio.id

Kecanggihan teknologi yang semakin maju membuat proses pemesanan barang menjadi semakin mudah. Sebelum surat pesanan dalam bentuk fisik sampai ke tangan penjual, barang yang dipesan mungkin sudah sampai ke tangan konsumen terlebih dahulu.

Kini surat pesanan barang dapat dilakukan via email, dimana pihak pembeli mengajukan pesanan yang kemudian akan ditindak lanjuti oleh pihak penjual dengan mengirimkan balasan berupa formulir pembelian.

Formulir tersebut akan diisi oleh pihak pembeli dan secara otomatis akan terdata dalam sistem komputer perusahaan penjual. Sistem jual beli seperti ini yang disebut dengan Purchase Order (PO).

Meskipun sistem online kini lebih banyak digunakan bukan berarti sistem jual beli menggunakan surat pesanan tidak berlaku lagi. Surat ini tetap dibutuhkan sebagai arsip dan dokumen perusahaan dalam bentuk fisik.

Hanya saja pemesanan dapat Anda lakukan terlebih dahulu via online dan dokumen surat dapat Anda kirimkan menyusul, jika memang diminta. Tergantung pada kesepakatan antara penjual dan pembeli, ada yang memutuskan via email saja sudah cukup.

Demikian beberapa contoh surat pesanan yang kami rekomendasikan untuk Anda. Semoga bermanfaat!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*