7 Contoh Surat Pribadi yang Benar dengan Berbagai Tema

Saat ini adalah era dimana semua serba digital atau virtual. Hanya saja, hal itu tidak berarti mengirim surat secara manual sudah tidak lagi digunakan. Pengiriman surat secara manual ini masih sering terjadi.

Tujuannya mudah saja, terkadang orang ingin dikirim surat pribadi yang disertai dengan perangko ataupun kartu pos.

Biasanya surat pribadi jenis ini dapat ditujukan teman, kakak, adik, maupun orangtua. Ciri khas dari surat pribadi yakni tidak menggunakan kop surat atau kepala surat.

Jadi bahasa yang digunakan juga tidak perlu formal. Hanya saja untuk surat wasiat, biasanya menggunakan bahasa yang bersifat singkat, jelas, dan padat.


Contoh Surat Pribadi


Di bawah ini akan kami berikan beberapa contoh agar memudahkan Anda membuat Surat Pribadi dengan berbagai macam tema.

1. Surat Pribadi Untuk Teman Dalam Bahasa Inggris

Sekolah di luar negeri memang merupakan impian dari banyak orang. Hal itu akan sangat menyenangkan bila impian tersebut dapat berubah menjadi kenyataan.

Selama seseorang tersebut bersekolah di luar negeri, pasti ada saja teman yang minta dikirimi dengan kartu pos dan perangko.

Hal ini disebabkan oleh setiap negara pasti memiliki perangko yang berbeda-beda dan juga kartu pos yang berbeda-beda. Tentu saja kedua barang ini bisa dijadikan sebagai barang koleksi yang berharga atau jadi kenang-kenangan.

Anda penasaran mengenai salah satu contoh dari surat pribadi dalam bahasa Inggris, maka dapat disimak sebagai berikut.

Taiwan, 10 September 2018
Dear Ines,
Jl. LPP No. 1B, Yogyakarta, Indonesia 55222
Hello my friend, how are you in Indonesia? I hope you are in good condition. You asked me last time to send you some post card from Taiwan. I hope you miss me so much. The picture on post card is so cute right. It can be used for your post card collection. This is picture about Tamsui. Tamsui is a beach which is selling a lot of fresh seafood. You will like it since you have hobby to eat seafood. I hope you can go here someday.
Hopefully we can meet in Taiwan.

Best friend,

Ines.


2. Surat Pribadi Untuk Kakak

Pada saat seseorang jauh dari rumah dan memiliki saudara atau kakak, pasti Anda akan merasa rindu. Adakalanya juga Anda akan teringat kembali mengani kenangan semasa kecil bersama dengan saudara Anda yang mana sering bermain, tertawa, dan juga bertengkar bersama.

Momen-momen tersbeut akan menjadi kenangan yang akan terus diingat. Untuk mengobati rasa kangen ini, Anda bisa saja berusaha untuk berkomunikasi dengan berbagai cara, terutama surat. Anda pasti berpikiran bahwa kenapa harus dengan menggunakan surat.

Jawabannya mudah saja, karena berkomunikasi dengan menggunakan media sosial dan smartphone saat ini memang sangat cepat. Hanya saja, hal itu dinilai terkadang terlalu biasa.

Bila Anda memiliki kelebihan dalm rejeki, Anda bisa saja mencoba untuk membuat kejutan terhadap sang kakak dengan menggunakan surat pribadi.

Selain dari surat pribadi, Anda bisa saja juga menyelipkan kado sebagai selingan dan juga surprise untuk sang kakak.

Tentu saja, hal ini akan akan membuat sang kakak menjadi penasaran (sebelum membuka kado), merasa senang (saat tahu Anda yang mengirim), dan surprise (ada hadiah didalamnya).

Surat pribadi yang ditujukan kepada kakak tidak perlu dituliskan dengan bahsa formal.

Anda juga bisa saja menggunakan nama kesayangan Anda dan kakak Anda yang dulu sering digunakan untuk kembali membuat akrab suasana.

Contoh surat pribadi untuk kakak dapat dilihat sebagai berikut.

Rembang, 21 Juni 2018
Untuk Mas Aditiya
Di Inggris

Assalamualaikum Wr. Wb,
Apa kabar mas di Inggris ? Semoga selalu diberi kesehatan dan dijaga oleh Allah SWT ya mas. Alhamdulillah kami keluarga di Rembang baik-baik saja. Perbedaam yang kami rasakan hanya kondisi rumah yang semakini sepi dengan tidak adanya mas di rumah. Mas jangan lupa oleh-olehnya yang aku minta kemarin yak. Semoga mas cepat lulus juga. Mama juga kangen sama mas.
Mas, ini sepupu kita Rani udah mau nikah di tanggal 24 November 2018. Woy mas kapan nikah jangan sekolah terus. Cari jodoh sana mas dan jangan jomblo terus. Bosen liatnya


3. Surat Pribadi Untuk Orangtua

Beruntunglah bagi Anda yang masih memiliki orangtua. Mungkin ini saatnya Anda untuk menjadi lebih perhatian dengan kondisi ornagtua.

Berusahalah untuk menanyakan kabar mereka setiap harinya. Pasti mereka juga akan merasa sangat senang saat ditelpon atau dikabari setiap hari.

Selain menggunakan teknologi smartphone masa kini, Anda juga bisa mencoba untuk mengirimkan surat pribadi kepada mereka.

Jangan lupa juga untuk menyelipkan oleh-oleh atau mungkin hal yang sekiranya dibutuhkan oleh orangtua.

Dengan Anda mengirim surat pribadi, mereka akan merasa lebih diperhatikan. Biasanya orangtua memang kembali ingin menjadi orang yang selalu diperhatikan.

Apalagi setelah tinggal saling berjauhan, pasti mereka sebenarnya merasa sangat rindu untuk bertemu kembali.

Kepada Papa dan Mama Tercinta
Jl. LPP No. 1B

Assalamualaikum Wr. Wb.
Halo mama dan papa. Apa kabar ? Semoga mama dan papa selalu diberikan kesehatan dan dijaga oleh Allah SWT. Risa kangen banget sama mama dan papa. Sudah lama sekali tidak bertemu, mama dan papa juga kangen dengan Risa.
Alhamdulillah di sini, mama punya banyak sekali sahabat yang baik dan bisa dipercaya. Mah, gimana kabar mas Arif? Sudah lulus jadi mahasiswanya kan ? Risan berharap agar mas Arif bisa cepat lulus sebagai mahasiswa S3.
Mama dan papa, Risa minta doanya supaya bisa lolos ujian menjadi dosen dan langsung lanjut S3 ya mah. Mah, minta tolong untuk dikirimi abon Sapi yang biasanya mama beli. Di sini abonnya tidak seenak yang mama biasa beli. Mama dan papa, sudah dulu ya. Jangan lupa untuk dibalas suratnya/
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Salam dari anak tersayang,

Risa Ristanti


4. Surat Pribadi Selamat Hari Ibu

Ibu merupakan sosok yang selalu sabar dalam membesarkan anak mulai dari kecil hingga besar. Tidak hanya itu, jasa ibu sungguh besar dan tidak dapat digantikan oleh apapun dan dimulai sejak mengandung, melahirkan, dan membesarkan.

Anda semua mengerti bahwa pada masa mengandung, penampilan fisik ibu tidak sebaik biasanya. Selain itu, pada saat itu juga ibu menjadi mudah letih akibat ada Anda pada saat sebelum dilahirkan di dunia. Ibu sering mual dan ingin muntah, karena sistem pencernaan terdesak oleh janin bayi.

Belum lagi ketika proses melahirkan, Ibu mengalami kesakitan yang luar biasa. Bayinya sudah lahir dengan sehat dan selamat, ibu akan merasa sangat tenang dan bahagia. Setelah lahir, ibu harus memberi makan bayi yang terkadang sangat berisik dan suka bangun tengah malam.

Apalagi saat sudah tumbuh jadi anak kecil, biasanya sering sekali melakukan hal yang aneh bila dipandang dengan kacamata orang dewasa. Ibu akan bersabar dalam mendidik jangan lakukan hal itu.

Bahkan ibu juga memberikan berbagai macam bekal dan kemampuan lainnya sampai Anda besar. Itu semua adalah proses yang sangat panjang, melelahkan, dan kesabaran yang tak terbatas jumlahnya.

Maka dari itu, tidak ada salahnya jika Anda yang masih memiliki ibu berusaha untuk mengucapkan paling tidak setahun sekali. Walaupun memang semakin sering akan semakin baik.

Kepada mama tercinta,
Halo mama. Apa kabar ? Selamat hari Ibu ya. Semoga mama selalu sehat dan bahagia. Aura bisa jadi orang yang sukses juga berkat doa mama dan dukungan moral dari mama. Aura belum bisa kasih mama sesuatu yang spektakuler dan tidak akan pernah bisa membalas jasa mama. I love you mama. Aura mau bilang selamat hari Ibu lagi.

Salam dari anak tersayang,

Aura


5. Surat Pribadi Untuk Wasiat

Hidup di dunia ini memang hanya sebentar saja. Suatu saat setiap manusia akan mengalami kematian. Maka dari itu, manusia suatu saat akan perlu untuk menulis surat wasiat.

Dengan adanya surat wasiat ini, maka tidak lagi ada pertengkaran di dalam keluarga mengenai hal warisan.

Surat wasiat ini harus menuliskan informasi yang ingin disampaikan dengan jelas, singkat, dan padat. Contoh dari surat pribadi untuk wasiat dapat dilihat di bawah ini.

Surat Wasiat

Pada hari Rabu, 12 Desember 2018, saya dengan data lengkap:
Nama : Agus
Tempat, Tanggal Lahir : Sleman, 11 Juli 1948
Alamat : Jl. Magelang No. 16, Yogyakarta

Dengan ini mengumumkan tanpa adanya paksaan dalam pembuatan Surat Wasiat ini mengenai pembagian warisan kepada seluruh anak-anak saya:
1. Sari Kurniawati
2. Aditiya Putrawan
3. Indrawan

Melalui surat ini saya menyatakan bahwa saya akan memberikan sebagian harta saya kepada nama-nama yang sudah disebutkan tadi, yaitu tanah, sawah, ruko dan seluruh aset yang saya miliki secara pribadi. Suatu saat bila saya sudah tidak lagi ada di dunia ini, pembagian seluruh harta tersebut akan disesuaikan dengan aturan yang berlaku di dalam Islam.

Demikian surat pernyataan ini dibuat mengenai warisan dengan disaksikan oleh beberapa saksi yang terpercaya.

1. Mohammad Sholeh, sebagai adik kandung
2. Raditya, sebagai adik kandung

Yang Berwasiat

Agus


6. Surat Pribadi Untuk Guru

Menjaga komunikasi dengan guru harus selalu dilakukan demi terjalinnya silaturrahmi. Walaupun, Anda sudah tamat sekolah atau kuliah, komunikasi harus tetap terjadi sampai kapan pun. Ingat bahwa guru merupakan orangtua kedua Anda semua.

Anda bisa saja sesekali untuk mencoba berkomunikasi dengan menggunakan surat pribadi. Surat pribadi ini pun juga tidak harus panjang dan dapat dibuat ringkas saja. Contoh dari surat pribadi untuk guru dapat dilihat sebagai berikut.

Yogyakarta, 10 Desember 2018
Kepada ibu guru terhormat,
Ibu Yuni
Jl. Magelang No. 12

Assalamualaikum Wr. Wb.
Ibu lama tidak jumpa ini saya Sari Kelas VA1. Bagaimana sekarang kabar dari ibu ? Saya harap ibu tetap sehat dan awet muda ya bu. Saya juga selalu berdoa agar ibu semakin semangat dalam mendidik anak-anak di sekolah.
Saat ini saya bisa melanjutkan SMP di luar negeri bu. Soalnya saya mengikuti orangtua yang dipanggil tugas ke luar negeri. Pelajaran di sini susah bu, apalagi pakai bahasanya beda. Doakan saya bisa betah di sini ya bu. Semoga saya juga bisa lulus dengan nilai yang memuaskan.

Sewaktu saya mengalami kesulitan dalam menerima pelajaran di sini, saya kembali teringat dengan perkataan ibu mengenai batu yang ditetesi air setiap hari dapat berlubang. Saya berusaha untuk selalu gigih dan mengulang-ulang dalam belajar sampai saya bisa itu juga berkat semangat dari ibu yang pernah dibicarakan saat saya masih di SD.
Saya sangat berterima kasih kepada ibu yang sangat sabar dalam menghadapi saya. Padahal saya sering ramai di kelas. Saya masih ingat saat saya disuruh berdiri di depan kelas, karena selalu mengobrol pada saat pelajaran.
Sekali lagi terimakasih bu, semoga Allah SWT selalu menjaga kesehatan ibu dan juga murid-murid ibu.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Salam,

Sari


7. Surat Pribadi Selamat Ulang Tahun Dalam Bahasa Inggris

Ulang tahun adalah hal yang paling ditunggu-tunggu oleh semua anak-anak. Apalagi bagi anak yang sudah memasuki usia remaja, pengucapan ini akan menjadi hal yang berarti bagi mereka.

Bahkan bagi pasangan yang sudah menikah juga diharuskan untuk mengucapkan selamat ulang tahun antara satu sama lain, agar tercipta keharmonisan rumah tangga. Itu artinya kedua orang tersebut masih sama-sama saling perhatian.

Contoh dari surat pribadi perkataan selamat ulang tahun dapat dilihat sebagai berikut.

Dear My Friend Lisa,

Hello my best friend. You are getting older my best friend. Just kidding, don’t be mad at this happy moment. Happy birthday to you. I wish that you become more beautiful, smarter, wiser, and can achieve your dream or goal. I hope that you always be healthy and your family too. I wish you all the best as your best friend.
Sincerely,

Dewi


Demikian beberapa contoh surat pribadi dengan berbagai tema. Semoga bisa menjadi manfaat untuk para pembaca pasberita.com semua. Terimakasih.

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.