12 Contoh Surat Rekomendasi Terlengkap untuk Berbagai Keperluan

Contoh Surat Rekomendasi – Dewasa ini banyak sekali kepentingan yang membutuhkan sebuah surat. Mulai dari kepentingan pribadi sampai kepentingan yang bersifat umum.

Salah satu dari sekian banyak jenis surat berdasarkan kepentingan tersebut adalah surat yang bertujuan untuk merekomendasikan seseorang agar melakukan sesuatu. Surat tersebut disebut dengan surat rekomendasi.

Tentu rekomendasi ini diberikan oleh seorang yang memiliki jabatan lebih tinggi seperti atasan kepada seseorang yang di bawahnya. Meskipun surat rekomendasi bisa berarti surat yang dibuat atas inisiatif yang merekomendasikan, tetapi pada umumnya surat tersebut dibuat ketika terdapat seseorang yang memintanya.


Bagian-Bagian Rekomendasi


monster.com

Secara umum surat rekomendasi termasuk ke dalam jenis surat resmi, dengan format terdiri dari kop surat, tulisan judul diisi dengan kata SURAT REKOMENDASI dan di bawahnya diikuti dengan nomor surat.

Isi dari surat rekomendasi terdiri dari pernyataan pihak yang memberikan rekomendasi, bahwa surat tersebut dibuat sendiri tanpa ada paksaan dari pihak manapun. Identitas pihak pemberi rekomendasi bisa ditampilkan bisa tidak (opsional), yang penting adalah tanda tangan dari pemberi rekomendasi.

Identitas yang wajib dituliskan adalah pihak yang diberikan rekomendasi, mulai dari nama lengkap, tempat/ tanggal lahir, alamat, dan lain sebagainya yang sekiranya perlu untuk dicantumkan.

Selanjutnya adalah penjelasan mengenai karakter, kepribadian, prestasi, ataupun passion dari yang meminta rekomendasi. Pada bagian penutup tambahkan kalimat bahwa surat tersebut dibuat untuk digunakan sebagai mana mestinya.

Bagian terakhir dari surat rekomendasi adalah tempat dan tanggal surat tersebut dikeluarkan, tanda tangan pemberi rekomendasi, jabatan, nama terang, NIP atau sejenisnya, dan stempel atau cap.


Contoh Surat Rekomendasi


eforms.com

Surat rekomendasi ini biasa dikeluarkan oleh sekolah, perusahaan, organisasi, atau instansi lainnya, yang berisi keterangan tentang seseorang yang meminta surat rekomendasi berdasarkan fakta-fakta yang ada.

Kemudian fungsi surat rekomendasi bagi pemegang adalah untuk menguatkan dan membenarkan fakta tentang seseorang tersebut.

Oleh karenanya hal ini sangat berguna bagi seseorang untuk berbagai keperluan. Adapun contoh-contoh surat rekomendasi untuk berbagai keperluan dapat dilihat di bawah:

1. Contoh Surat Rekomendasi Pendirian Sekolah Baru

Salah satu kepentingan yang membutuhkan surat rekomendasi adalah pendirian sekolah baru. Mengingat pendidikan adalah hak dasar setiap warga negara maka tidak ada salahnya jika ada seseorang yang ingin membantu memenuhi hak tersebut dengan mendirikan sebuah sekolah.

Meskipun hari ini pemerintah juga sedang gencar-gencarnya mengembangkan pendidikan yang ada di Indonesia. Dalam pendirian sekolah tentu banyak syarat yang harus dipenuhi salah satunya adalah surat rekomendasi.

Bagaimana bentuk surat rekomendasi untuk kepentingan pendirian sekolah tersebut? di bawah ini terdapat contoh surat yang dimaksud:

PEMERINTAH KOTA BANDA ACEH
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
SMP NEGERI 1 MERDUATI
Alamat: Jl. Hasan Dek No. 33 Merduati Telp. (6505) 654377

SURAT REKOMENDASI PENDIRIAN SEKOLAH BARU
Nomor: 09/SMP/MDT/XII/2016

Berdasarkan permohonan dari Ketua Yayasan Miftahul Jannah Jambo Tape tanggal 10 Februari 2018 tentang Permohonan Rekomendasi Pendirian Sekolah Baru SMP TUNAS HARAPAN di Dusun Jambo Tape Kecamatan Baiturrahim Kota Banda Aceh.

Pada prinsipnya kami tidak keberatan selama sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Demikianlah surat rekomendasi ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebijak-bijaknya.

Banda Aceh, 13 Februari 2018
Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Merduati

Joko Raharjo

2. Contoh Surat Rekomendasi untuk Melanjutkan Studi

Surat rekomendasi ini biasa digunakan oleh sarjana-sarjana ketika ingin melanjutkan tingkat pendidikan yang lebih tinggi, maka biasanya seseorang tersebut akan meminta surat rekomendasi dari pihak kampus tempatnya menempuh pendidikan sebelumnya.

Surat tersebut akan menyatakan bahwa seseorang layak untuk menempuh pendidikan lanjutan. Selain itu surat rekomendasi untuk melanjutkan studi juga biasa digunakan oleh guru-guru yang akan melanjutkan studi, maka guru tersebut harus meminta rekomendasi dari kepala sekolah.

Adapun bentuk surat tersebut dapat dilihat pada contoh surat rekomendasi untuk melanjutkan studi berikut ini:

PEMERINTAH KABUPATEN ACEH BESAR
DINAS PENDIDIKAN, PEMUDA DAN OLAHRAGA
SD NEGERI 5 PEUKAN BADA
Alamat: Jl. Hasan Dek No. 30 Peukan Bada Telp. (6503) 654356

SURAT REKOMENDASI
Nomor: 09/SD/PBD/XII/2016

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Drs. Andika Putra
Pangkat/Golongan : Pembina/ IV / B
Jabatan : Kepala Sekolah SD Negeri 5 Peukan Bada
Unit Kerja : SD Negeri 5 Peukan Bada
Instansi : Dinas Pendidikan
NIP : 76543218 987654 2 009

Memberi rekomendasi/ izin kepada :

Nama : Sutoyo Raharjo
Pangkat/Golongan : Penata Muda/ III/ B
Jabatan : Wali Kelas
Unit Kerja : SD Negeri 5 Peukan Bada
Instansi : Dinas Pendidikan
NIP : 76576546 765787 6 007

Untuk melanjutkan studi/pendidikan mulai tahun akademik 2018/2019, pada :

Perguruan Tinggi : Universiatas Syiah Kuala Banda Aceh
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Jurusan/Program Studi : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Jenjang : S1 ( Strata Satu)

Demikianlah surat rekomendasi ini saya buat, agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Peukan Bada, 13 Februari 2018
Kepala Sekolah

Drs. Andika Putra

3. Contoh Surat Rekomendasi Kerja Dari Perusahaan

Surat rekomendasi kerja dari perusahaan biasanya digunakan ketika seseorang yang bekerja di perusahaan ingin resign dan berniat mencari pekerjaan lainnya.

Surat ini dapat berguna untuk lebih meyakinkan tempat kerja baru yang akan dilamar, karena surat tersebut memuat keterangan-keterangan yang baik saat seseorang tersebut bekerja di perusahaan lama dan oleh sebab itu layak untuk bekerja di perusahaan lain.

Adapun contoh surat rekomendasi kerja dari perusahaan yang bisa dipelajari dapat kamu lihat di bawah ini:

PT SEJAHTERA BARU
Jln. Cendrwasih No. 44 Medan
Telp. 08080808
=============================================================
SURAT REKOMENDASI
No: 043/HRD/SRK/2017

Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Joko Raharjo
Nomor Induk Karyawan : 14564532
Jabatan : Kepala Personalia

Yang dalam hal ini bertindak atas nama PT. Sejahtera Baru
Memberikan rekomendasi atas mantan karyawan (staf) kami :

Nama : Anton Anten
Alamat : Jl. Kangkung No. 123 Medan

Kepada perusahaan manapun tempat Sdr. Anton Anten nanti bekerja. Surat rekomendasi kerja ini kami keluarkan dengan berdasarkan penilaian terhadap kinerja, kedisiplinan, kualitas kerja, serta loyalitas Anton Anten selama 3 tahun bekerja di PT Sejahtera Baru dengan jabatan terakhir sebagai Manager Produksi. Kami sangat yakin bahwa Sdr. Anton Anten akan tetap memberikan hal yang sama kepada perusahaan tempat Sdr. Anton Anten bekerja nanti.

Demikian surat rekomendasi kerja ini kami buat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 03 Januari 2017
Hormat kami,

Joko Raharjo
Kepala Personalia

4. Contoh Surat Rekomendasi Kerja Dari Kampus

Terkadang untuk keperluan pekerjaan seseorang dapat meminta surat rekomendasi kerja dari kampus terutama jika pekerjaan yang dilakukannya sesuai dengan prestasi seseorang di kampus tersebut.

Surat rekomendasi tersebut tentu akan membantu meyakinkan dan membenarkan bahwa seseorang tersebut memiliki kapasitas yang layak untuk bekerja di tempat terkait. Berikut ini adalah salah satu contoh surat rekomendasi dari kampus untuk keperluan kerja yang bisa dijadikan referensi:

SURAT REKOMENDASI KERJA

Yang bertanda tangan di bawah ini Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Utara memberikan rekomendasi kepada :

Nama : Budi Santoso
Tempat/Tgl Lahir : Medan/20/09/1993
Pendidikan Terakhir : S1 Ekonomi Pembangunan
Alamat : Jl. Raya No. 123 Medan

Untuk bekerja dalam Program Pembangunan Ekonomi Pedesaan Berbasis Kewirausahaan. Hal ini kami lakukan karena selama pengamatan kami di kampus, Saudara Budi Santoso sangat aktif di berbagai kegiatan dan memiliki motivasi kerja yang sangat tinggi. Kami yakin Saudara Budi Santoso dapat bekerja dengan baik dalam program ini.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 13 Februari 2018
Dekan Fakultas Ekonomi,

Anton Yahya

5. Contoh Surat Rekomendasi Organisasi

Dewasa ini perkembangan organisasi begitu pesat sehingga jumlah organisasi baik di Indonesia maupun di negara lain semakin banyak. Hal ini menjadi wajar jika kemudian banyak pihak baik tingkat nasional atau internasional membuat acara yang ditujukan untuk organisasi-organisasi terkait.

Biasanya untuk bisa menghadiri acara tersebut anggota organisasi harus meminta surat rekomendasi dari organisasi. Selain itu surat rekomendasi ini juga biasanya diminta oleh anggota untuk kepentingan pribadinya.

Karena banyak hari ini kepentingan-kepentingan yang akan memberikan nilai plus jika seseorang tersebut aktif di dalam sebuah organisasi. Lalu bagaimana cara membuat surat rekomendasi tersebut? berikut ini terdapat contoh surat rekomendasi organisasi yang bisa dijadikan referensi:

Nomor : 004/B/SEKUM/UKM BIROHMAH/UL/X/2018
Lampiran : –
Hal : Surat rekomendasi

Kepada Yth,
Bpk. Anton Yahya
Di
Tempat.

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Julian Mahmud
NPM : 0857021xxxx
Jabatan : Ketua UKM Birohmah Unila

Menerangkan bahwa :

Nama : Muhammad Syafri
NPM : 0814013178
Jabatan : Ketua Biro Khusus BBQ Unila

Benar telah tercatat sebagai anggota Ketua Biro Khusus BBQ Unila Birohmah periode 2017/2018. Dengan ini merekomendasikan nama tersebut diatas untuk mengikuti acara Forum Indonesia Muda 13 dengan Tema “Character Building : Refleksi 84 Tahun Sumpah Pemuda”

Tanggal : 27 – 29 Februari 2018
Tempat : Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur Jakarta Timur

Demikian surat permohonan dan rekomendasi ini kami sampaikan, besar harapan kami Bapak/ibu/sdra/sdri dapat memenuhi permohonan ini. Atas segala bantuan dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Medan, 13 Februari 2018
Ketua UKM BIROHMAH Universitas Lampung

Julian Mahmud

6. Contoh Surat Rekomendasi Dari Sekolah

Suatu kali Bung Karno pernah berkata “beri aku 1000 orang tua niscaya akan kucabut semeru dari akarnya dan beri aku 10 pemuda niscaya akan ku goncangkan dunia”. Pernyataan tersebut kemudian memberi semangat kepada pemuda untuk berkontribusi pada negeri ini.

Di lain sisi banyak pihak yang juga memberi dukungan kepada pemuda dengan berbondong-bondong menyelenggarakan kegiatan yang mendukung hal tersebut. Kegiatan itu tak luput ditujukan untuk para siswa yang juga merupakan pemuda-pemudi generasi bangsa.

Untuk dapat mengikuti kegiatan yang diselenggarakan untuk para siswa biasanya harus disertai surat rekomendasi dari sekolah yang menyatakan bahwa sekolah memberikan persetujuan pada siswa tersebut untuk mengikuti kegiatan. Adapun contoh suratnya dapat dilihat di bawah ini:

SURAT REKOMENDASI

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Mahmud Joko
Jabatan : Kepala SMK Negeri 1 Medan
Alamat : Jl. Raya No. 12 Medan
Telp. : 085361920000

Memberikan rekomendasi kepada nama yang tercantum dibawah ini :

Nama : Budi Santoso
Asal Sekolah : SMK Negeri 1 Medan
Alamat : Jl. Sumedang No. 123 Medan
Telp. : 085377778888

Untuk mengikuti Super Camp SNMPTN 2018 yang diselenggarakan oleh PW LP Maarif NU Jatim & Lembaga Amil Zakat & Infaq Al Ma’un (LAZIM).

Demikian surat rekomendasi ini dibuat dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Medan, 13 Februari 2018
Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Medan

Mahmud Joko

7. Contoh Surat Rekomendasi Untuk Pindah Tugas

Pada kondisi tertentu seseorang yang bekerja di suatu tempat menginginkan dapat berpindah tugas ke tempat lain. Namun tentu saja ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar keinginan tersebut terkabul, salah satunya yakni meminta surat rekomendasi untuk pindah tugas kepada pimpinan di tempat ia bekerja.

Surat tersebut biasanya dibutuhkan oleh PNS, guru, atau lainnya yang ingin pindah tugas. Adapun bentuk surat rekomendasi untuk pindah tugas dapat dilihat pada contoh berikut ini:

SURAT REKOMENDASI
NOMOR : I/II/III/2018

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Drs. Joko Raharjo
NIP : 1234567890000
Pangkat : Pembina/IV B

Dengan ini memberikan rekomendasi/persetujuan untuk pindah tugas ke SMK Negeri 2 Medan Kepada nama tersebut di bawah ini :

Nama : Sitiwaty S.Pd
NIP : 9876543210000
Pangkat/Golongan : Penata Muda/IV B
Jabatan : Guru Kelas
Unit Kerja : SMA Negeri 1 Medan
Alamat : Jl. Alamat Raya No. 123 Medan

Dengan pertimbangan sebagai berikut:
SMK Negeri 2 Medan sangat membutuhkan tenaga guru kelas Untuk mengisi kekosongan guru kelas mereka.

Demikianlah rekomendasi ini kami buat dengan sebenarnya agar dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 13 Februari 2018
Kepala SMA Negeri 1 Medan

Drs. Joko Raharjo

8. Contoh Surat Rekomendasi Untuk Mendapatkan Beasiswa

Siapa yang tidak ingin mendapatkan beasiswa pendidikan, selain kamu akan dapat keringanan biaya pendidikan, kamu juga akan mendapatkan pengalaman yang bisa menambah skill kamu, karena biasanya pemberi beasiswa akan menyelenggarakan program-program bagi penerima beasiswa yang bisa mengembangkan skill mereka.

Untuk bisa mendapatkan beasiswa terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah surat rekomendasi yang menyatakan bahwa seseorang tersebut layak untuk mendapatkan beasiswa terkait. Adapun contoh surat rekomendasi tersebut dapat dilihat di bawah ini:

DEPARTEMEN PENDIDIKAN
SMAN 70 KABUPATEN MAGETAN
Jalan Yos Sudarso No. 707 Magetan
Tlp. (0341) – 282 888 Fax. (0341) – 282 882 Web: sman70mgt.sch.id

Hal : Surat Rekomendasi
Nomor : 2209/SRK/70/2015

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, Kepala Sekolah SMAN 70 Kabupaten Magetan :

Nama : Drs. Agus Wahyudi, M.Si
NIP : 200703 887 001
Jabatan : Kepala SMAN 70 Maagetan

Memberikan rekomendasi kepada siswa kami :

Nama : Wildan Anugerah
Jenis Kelamin : Laki – Laki
Tempat/Tgl Lahir : Magetan/20/09/1999
NIS : 101167042
Kelas : XII – IPA 4
Agama : Islam
Alamat : Jl. Raya Raya No. 123 Magetan

Nama yang bersangkutan adalah siswa SMAN 70 Kabupaten Magetan dan berdasarkan evaluasi yang telah dilaksanakan siswa di atas layak mendapatkan beasiswa berprestasi karena prestasi yang telah diraih. Berikut ini prestasi akademik dan non akademik yang telah diraih :

1. Kelas X: semester I peringkat I
2. Kelas XI: semester I peringkat I
3. Kelas X: semester II peringkat I
4. Juara II Lomba Cerdas Tangkas Tingkat Provinsi

Demikian surat rekomendasi ini, dan dapat dipergunakan sesuai peruntukannya

Magetan, 13 Februari 2018
Kepala Sekolah SMAN 70

Drs. Agus Wahyudi M.Si

9. Contoh Surat Rekomendasi Dari Kampus Untuk Mengikuti Kegiatan

Banyak kegiatan yang ditujukan untuk mahasiswa. Baik yang diselenggarakan oleh instansi pemerintahan, atau perusahaan, dan lain-lain. Pada umumnya peserta kegiatan harus mendapat surat rekomendasi yang diberikan oleh kampus.

Bagaimana contoh surat tersebut? di bawah ini terdapat contoh surat rekomendasi dari kampus untuk kepentingan mengikuti kegiatan:

SURAT REKOMENDASI

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Pita Yulia, M.E
NIP : 221 122 0098
Jabatan : Dosen Pembimbing Akademik
Instansi : Jurusan Ekonomi dan Bisnis
Alamat Lembaga : Kampus Universitas Taruna Terpadu, Jl. Gn. Sindur KM 97, Semarang

Memberi rekomendasi kepada :
Lukman Hidayat

Untuk mengikuti Super Camp Zakat Amaliah 2018 yang diselenggarakan oleh PW LP Syariah NU Aceh Barat.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Semarang, 13 Februari 2018
Dosen Pembimbing Akademik

Pita Yulia, M.E

10. Contoh Surat Rekomendasi Pembuatan Paspor

Ketika ingin bepergian ke luar negeri tentu paspor adalah kunci utama yang harus dimiliki. Pada umumnya membuat paspor memang tidak memerlukan surat rekomendasi namun pada kondisi tertentu.

Misalkan pembuat paspor adalah seorang guru yang bepergian ke luar negeri untuk urusan pekerjaan maka akan lebih baik jika guru tersebut meminta surat rekomendasi kepada kepala sekolah agar pembuatan paspor lebih mudah dan lancar.

Adapun contoh surat rekomendasi pembuatan paspor yang bisa dijadikan referensi dapat dilihat di bawah ini:

No : 0012
Lampiran : –
Perihal : Rekomendasi Pembuatan Passport

Kepada Yth.
Kepala Kantor Imigrasi
Kelas I Yogyakarta
Di – Yogyakarta

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : Andi Nugroho, M.Pd
NIP : 123456789000
Jabatan : Kepala Sekolah
Nama Sekolah : SD IT Yogyakarta
Alamat Sekolah : Jl. Pendidikan No. 123 Yogyakarta

Menyatakan bahwa :

Nama : Siti Aisyah, S.Pd
NIP : 27273282343
Jabatan : Guru Sekolah
Nama Sekolah : SD IT Yogyakarta
Alamat Sekolah : Jl. Pendidikan No. 123 Yogyakarta

adalah benar benar Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) yang bekerja di SD IT YOGYAKARTA.

Demikian surat ini dibuat sebagai rekomendasi pembuatan paspor untuk keperluan melaksanakan ibadah haji tahun 2018. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,
Kepala Sekolah SD IT Yogyakarta

Ando Nugroho, M.Pd

11. Berbagai Contoh Surat Rekomendasi untuk Keperluan Studi

mc.edu.ph

Surat rekomendasi merupakan salah satu syarat mutlak bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Tanpa adanya surat rekomendasi pihak universitas akan mempertimbangkan kembali untuk menerima mahasiswa tersebut atau tidak.

Sejauh ini format surat rekomendasi bermacam-macam. Ada yang berbentuk formulir dan ada pula berbentuk redaksi surat pada umumnya. Nah daripada bingung, berikut kami berikan contoh format surat rekomendasi yang banyak digunakan di beberapa universitas.

Surat Rekomendasi dari Kepala Desa untuk Mendaftar Beasiswa

PEMERINTAH KABUPATEN LIMA PULUH KOTA
KECAMATAN AKABILURU
KANTOR WALI NAGARI SARIEK LAWEH
Jln. Raya Sariek Laweh Km 7 – Kode Pos 26252

SURAT KETERANGAN REKOMENDASI
Nomor : 117 / xxx/ WN-SL / VII-2016

Yang bertanda tangan di bawah ini Wali Nagari Sariek Laweh Kecamatan Akabiluru Kabupaten Lima Puluh Kota dengan ini menerangkan:

Nama : Tanti Anggraening
Jenis Kelamin : Perempuan
Tempat/ Tanggal Lahir : Sarek Laweh/ 25 Oktober 1991
Status : Belum Kawin
Pekerjaan : Mahasiswa
Alamat : Jorong Niur Kapalo Koto Nagari Sariek Laweh

Sepengetahuan kami orang yang namanya tersebut di atas benar penduduk kami yang berdomisili di Jorong Niur Kapalo Koto Nagari Sariek Laweh, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota.

Kurang lebih selama 6 (enam) bulan ini yang bersangkutan telah melakukan kegiatan sosial sebagai pendamping petani kakao di nagari Sariek Laweh. Yang bersangkutan juga aktif di berbagai kegiatan karang taruna di desa kami.
Mempertimbangkan hal tersebut maka yang bersangkutan kami rekomendasikan layak untuk mendapatkan beasiswa sebagai pegiat sosial dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Demikianlah surat rekomendasi ini kami buat dengan sebenar-benarnya dan diberikan kepada yang bersangkutan untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Sariek Laweh, 1 Agustus 2016
Wali Nagari Sariek LAweh

(cap kantor wali nagari)

(Nama Lengkap)

Surat Rekomendasi dari Dosen Pembimbing Skrisi

SURAT REKOMENDASI

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Sofiya Al-Giftiya, S.Pi., M.P.
Jabatan : Dosen
Alamat : Karangbendo RT 05 / RW 03 No. 9, Caturtunggal, Depok, Sleman

menyatakan bahwa yang bersangkutan di bawah ini:

Nama : Tanti Anggarening
Program Studi : Tenologi Hasil Perkebunan

Saudari Tanti memiliki kemauan belajar yang kuat, daya nalar yang sangat baik, integritas yang tinggi dan kemampuan komunikasi yang memadai untuk bekerja dalam tim ataupun kerja mandiri, sehingga dengan kemampuan yang dimiliki akan sangat mendukung proses penyelesaian pendidikan di jenjang lebih lanjut.

Yang bersangkutan juga aktif sebagai pendamping kelompok petani kakao di Nagari Sariek Lawah, Kecamatan Akabiluru, Sumatera Barat. Prodi Teknologi Hasil Perkebunan sangat sesuai untuk mendukung sepak terjang dan impian yang bersangkutan karena akan memberikan pengetahuan dalam mengembangkan potensi di wilayahnya, dimana produksi kakao sangat melimpah namun masih minim pemanfaatan.

Selama 4 (empat) tahun ke belakang saya mengenal Saudari Tanti adalah pribadi yang teguh dan pantang menyerah. Saya merekomendasikan bahwa beliau layak untuk mendapatkan beasiswa bagi pegiat sosial dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Demikian surat rekomendasi ini saya buat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, 30 Agustus 2016
Pemberi Rekomendasi,

(tanda tangan)
(Nama Lengkap)

Surat Rekomendasi dari Profesor

Saat Anda ingin mendaftarkan diri untuk sebuah program beasiswa, pastikan Anda memperoleh surat rekomendasi minimal dari satu orang profesor. Rekomendasi dari profesor ini akan memberikan nilai plus tersendiri nantinya.

Anda dapat meminta surat rekomendasi dari profesor di kampus Anda sebelumnya, atau lebih bagus lagi jika surat tersebut Anda peroleh dari profesor di universitas tempat Anda mendaftarkan diri.

suratku.id

Surat Rekomendasi untuk Melanjutkan Studi dalam Bahasa Inggris

Ada yang berencana melanjutkan studi ke luar negeri? Pastikan Anda telah mempersiapkan segala dokumen penting yang harus dibawa. Antara lain pasport, visa student, ijazah pendidikan terakhir, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan lain-lainnya.

Sembari mempersiapkan dokumen tersebut jangan lupa untuk terus mencari informasi beasiswa untuk meringankan beban kuliah di luar negeri nanti. Nah, salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa ke luar negeri adalah surat rekomendasi dari salah satu profesor di universitas yang Anda tuju. Berikut contohnya:

pinterest.com

Surat Rekomendasi Tempat Pengabdian

Masih berkaitan dengan hal studi, beberapa beasiswa ada yang bersifat mengikat dimana mahasiswa yang bersangkutan diwajibkan melakukan pengabdian setelah lulus kuliah.

Biasanya ini merupakan jenis beasiswa yang ada ikatan dinas dengan sekolah dan mengharuskan si penerima beasiswa untuk kembali ke sekolah nya dan mengabdi dalam kurun waktu tertentu.

Namun beberapa sekolah terkadang merekomendasikan alumni penerima beasiswa tersebut ke sekolah lain, berikut contoh surat rekomendasinya:

KOP SEKOLAH

Nomor :
Lampiran :
Hal : Rekomendasi Pengabdian Alumni Penerima Beasiswa ………

Kepada Yth.
……………………………………………….
……………………………………………….
Kementrian …………………………….
Di Jakarta

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bersama ini kami memberitahukan bahwa alumni siswa kami, peserta Program Beasiswa ……………….. Kementrian ……………. Asal sekolah …………………… yang kami pimpin:

Nama :
Tempat/ Tanggal Lahir :
Perguruan Tinggi :
Fakultas :
Jurusan :

Telah melapor kepada kami untuk melaksanakan Pengabdian Alumni pada sekolah yang kami pimpin pada tanggal (tanggal, bulan, tahun). Kepada yang bersangkutan kami REKOMENDASIKAN untuk melaksanakan Pengabdian Alumni di sekolah atau yayasan lain atau lembaga pendidikan lainnya, dikarenakan (sebutkan alasannya)

Demikian rekomendasi ini kami sampaikan, untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

…………………., …………..20..
Pimpinan Lembaga

(cap kantor)

(Nama Lengkap)

12. Contoh Surat Rekomendasi untuk Mengikuti Sebuah Program

Surat rekomendasi untuk mengikuti sebuah program biasanya dikeluarkan oleh pihak sekolah, misalnya seorang siswa akan mengikuti acara tertentu dan membutuhkan seleksi tertentu.

Pihak ketiga yang menentukan hasil seleksi tersebut akan mempertimbangkan apakah siswa tersebut layak untuk mengikuti program berdasarkan apa yang tertulis di surat rekomendasi.

suratku.id


Sepuluh contoh di atas merupakan beberapa dari sekian banyak contoh surat rekomendasi yang biasa digunakan untuk berbagai keperluan. Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa surat ini penting untuk meyakinkan pihak lain agar keperluan kita dapat dipermudah.

Jika Anda masih bingung dengan contoh dan penjelasan beberapa surat rekomendasi di atas, Anda bisa bertanya langsung kepada kami di kolom komentar. Atau tanyakan langsung kepada orang terdekat di sekitar Anda yang sekiranya lebih memahami.

Sekian dulu contoh surat rekomendasi kali ini, lain waktu akan ada contoh surat lainnya yang semoga bisa membantu Anda.

Leave a Reply