15 Contoh Surat Resign | Pengertian, Langkah Membuat, dan Alasan Resign

Contoh surat resign yang benar itu bagaimanakah? Mungkin Anda lagi bingung memikirkan bagaimanan cara membuat surat resign yang baik dan benar.

Padahal saat ini Anda berada pada posisi ingin mengundurkan diri dari pekerjaan Anda. Kebingungan Anda bisa jadi disebabkan karena belum memahami dengan b999aik langkah-langkah gampang dan sederhana.

Karena membuat surat resign sangatlah gampang kalau Anda memahami langkah-langkahnya. Pada kesempatan ini kami akan sajikan contoh mudah surat resign dan langkah-langkahnya.


Pengertian Surat Resign


qerja.com

Sebelum kita masuk pada contoh surat resign, ada baiknya kita kenal dulu apakah yang dimaksud dengan surat resign?

Surat resign adalah salah satu jenis surat yang dibuat untuk menyatakan bahwa diri yang bersangkutan berhenti bekerja dari tempat dimana yang bersangkutan bekerja. Berhenti bekerja di sini bisa di salah satu perusahaan swasta maupun pada instansi pemerintahan.

Dalam dunia kerja Anda seringkali menemui suatu keadaan dimana Anda tidak lagi merasa bahagia dengan pekerjaan Anda. Padahal Anda masih terikat hubungan kontrak pekerjaan.

Maka, Anda memiliki hak untuk mengundurkan diri dari pekerjaan Anda. Tentu saja niat pengunduran diri Anda harus sesuai dengan aturan yang berlaku dan dinyatakan dalam bentuk surat resign atau surat pengunduran diri yang formal.

Ada baiknya juga Anda memberikan surat pengunduran diri Anda dari jauh hari sebelum hari dan tanggal Anda resmi mengundurkan diri.

Hal ini dimaksudkan agar perusahaan atau instansi tempat Anda bekerja bisa terlebih dahulu mempersiapkan berkas dan orang lain yang akan menggantikan posisi Anda.


Alasan Seseorang Berhenti dari Pekerjaannya


Sebenarnya kenapakah seseorang tidak bahagia dengan pekerjaannya atau ingin mengundurkan diri dari pekerjaannya? Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa seseorang memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya, yaitu:

1. Faktor Gaji yang Belum Sesuai dengan Kinerja yang Telah Anda Berikan

woop.id

Dalam dunia kerja sangat umum ditemukan bahwa salah satu karyawan di perusahaan tertentu memutuskan mengundurkan diri karena gaji yang terlalu kecil dibandingkan dengan kinerja dan apa yang telah diberikan kepada perusahaan.

Kenapa gaji ini menjadi sangat penting bagi seorang karyawan. Karena gaji ini, bagi seorang karyawan akan berhubungan dengan kelangsungan hidup dan keluarga.

Jika biaya hidup yang harus ditanggung belum sepadan dengan gaji yang didapatkan, maka akan berimbas pada hidup dan keluarganya.

Jika Anda berada pada posisi ini, Anda mempunyai hak dan alasan untuk mengundurkan diri.

2. Lingkungan Kerja Tidak Mendukung dan Kondusif

uangonline.com

Dalam dunia kerja yang menjadi sorotan sebenarnya tidak melulu soal gaji yang besar atau kecil. Namun, akan ada suatu keadaan yang lebih disorot adalah kenyamanan dalam bekerja.

Sering kali ditemukan suatu keadaan atau kondisi yang tidak sesuai dengan karyawan yang bersangkutan.

Biasanya dalam dunia kerja untuk merasakan kenyamananan dan kecocokan seorang karyawan dengan lingkungan pekerjaan membutuhkan waktu untuk beradaptasi.

Setelah mencoba beradaptasi, namun kenyataan yang ada, belum juga menemukan kenyamanan dalam bekerja.

Maka, Anda harus resign dari pekerjaan Anda. Kenapa? Karena dalam dunia kerja yang disertai ketidak kenyamanan dan kecocokan, akan berefek pada kualitas kinerja di kantor bahkan juga pada karir Anda.

Sehingga fakor ini menjadi sangat penting untuk dipertimbangkan. Kalau situasi Anda yang tidak nyaman dengan pekerjaan Anda sekarang. Sudah saatnya Anda berpikir ulang untuk bertahan.

Ada baiknya Anda mulai mencari pekerjaan lain dan mengundurkan diri dari tempat kerja sekarang.

3. Ingin Mencoba Tantangan Baru atau Jenuh

pontianak.tribunnews.com

Selain dua faktor di atas kenapa seseorang memutuskan mengudurkan diri, ditemukan pula alasan lain yaitu ingin mencoba tantangan baru atau jenuh dengan rutinitas kerja.

Sebagai seorang manusia, hal ini sebenarnya normal dan wajar. Apalagi misalnya, Anda salah seorang yang menyenangi hal-hal baru. Suka sekali akan tantangan dalam dunia kerja.

Sehingga karena sifat Anda yang menyenangi tantangan baru, mengakibatkan Anda bosan dengan rutinitas kerja. Dan memutuskan mengundurkan diri.

4. Karir yang Stagnan

sangpena.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam bekerja Anda ingin ada peningkatan baik dari penghasilan maupun karir. Nah, kalau dalam suatu perusahaan tempat Anda bekerja karir Anda mandek dan stagnan.

Tentu bukanlah sesuatu hal yang bagus bukan? Maka, ini bisa menjadi alasan yang masuk akan kenapa Anda ingin resign dari pekerjaan Anda.


Langkah-langkah Membuat Surat Resign


qerja.com

Setelah Anda memahami dengan baik apa itu surat resign dan juga alasan seseorang memutuskan untuk mengundurkan diri, maka selanjutnya yang juga wajib diperhatikan adalah poin-poin dan langkah-langkah dalam membuat surat resign atau surat pengunduran diri sebelum kita masuk ke contoh surat resign.

Adapun poin-poin yang harus Anda sertakan dalam surat pengunduran diri adalah sebagai berikut:

• Jelas, Singkat dan Berisi

Surat pengunduran diri yang ditulis harus jelas, singkat dan berisi. Gunakanlah kalimat yang baik dan santun. Sehingga surat pengunduran diri Anda bisa dipertimbangkan dengan baik oleh pihak perusahaan.

• Menyatakan Terima Kasih yang Tulus Kepada Perusahaan Tempat Anda Bekerja

Dalam surat resign Anda juga diharuskan menyatakan terima kasih yang tulus kepada perusahaan tempat Anda bekerja. Karena selama ini pihak perusahaan telah mau menerima Anda bekerja.

Selain itu, sertakan juga ucapan terima kasih kepada rekan-rekan kerja Anda yang mana selama ini telah menjadi teman kerja yang banyak membantu Anda.

• Memberikan Surat Resign Sebelum Hari Anda Secara Resmi Mengundurkan Diri

Menulis dan memberikan surat resign sebelum hari Anda secara resmi mengundurkan diri. Jangan memberikan surat resign bersamaan hari Anda mengundurkan diri.

Karena hal ini menjadi penting bagi tempat perusahaan Anda untuk menyiapkan berkas-berkas Anda seperti surat keterangan kerja dan juga tentunya pihak perusahaan akan menyiapakn orang lain pada posisi Anda.

• Tulisan Tangan atau Ketikan yang Rapi

Terakhir, pastikan anda membuat tulisan tangan atau ketikan yang rapi. Setelah selesai ditulis di print out dengan baik, lalu dimasukkan ke dalam amplop yang pantas.


Contoh Surat Resign


romadecade.org

Demikianlah beberapa poin dan langkah yang wajib Anda perhatikan dalam membuat surat resign. Tapi, jika pada kenyataannya Anda masih bingung, ada baiknya Anda memperhatikan contoh surat resign berikut.


Surat Resign

Padang, 29 Desember 2018
Kepada:
Yth: Direktur PT. Harap Maju Bersama
Jl. Merpati No. 13, Padang Balai, Padang
Sumatera Barat

Dengan hormat,

Dengan surat ini saya selaku karyawan PT. Harap Maju Bersama:
Nama: Erma Wati
Tempat dan Tanggal Lahir: Padang, 29 Juni 1992
Jabatan: Marketing Online
Alamat: Lidah Buaya, Jl. Prof. Muh. Hatta, No. 23

Secara resmi terhitung tanggal 29 Januari 2018 menyatakan untuk mengundurkan diri dari PT. Harap Maju Bersama pada posisi Marketing online.

Saya mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaannya yang telah diberikan kepada saya oleh PT. Harap Maju Bersama, yang mana saya dapat bekerja dan berkarya lebih baik. Tidak lupa saya memohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Direktur dan segenap teman-teman PT. Harap Maju Bersama jika selama ini ada kata dan tingkah laku yang kurang berkenan. Dan sekaligus saya juga mengucapkan terima asih yang sebesar-besarnya kepada teman-teman semuanya yang telah banyak membantu saya selama ini.

Besar harapan saya bahwa PT. Harap Maju Bersama ke depannya menjadi Perusahaan yang paling terdepan dalam bidangnya. Dan juga senantiasa memberikan karya terbaiknya untuk bangsa dan negara.

Hormat saya,

Jono Susilo


1. Contoh Surat Resign dari Bank

yuksinau.id

Dalam mengajukan surat ini alasan mengundurkan diri harus disertakan. Seperti surat-surat sebelumnya, bubuhkan juga permintaan maaf dan ucapan terimakasih atas kesempatan yang telah anda dapat.

Satu hal yang harus diperhatikan, saat mengajukan pengunduran diri dari Bank pastikan anda membuat permohonannya jauh dari tanggal yang ditetapkan. Karena untuk mengabulkan permohonan tersebut pihak Bank biasanya butuh tenggat waktu untuk mencari pengganti anda.

2. Contoh Surat Resign dari Pabrik

gurupendidikan.co.id

Pabrik merupakan salah satu tempat dimana banyak pegawainya yang datang dan pergi silih berganti. Karyawannya bekerja berdasarkan sistem kontrak, sebagian ada yang betah dan memperpanjang kontrak kerja per tahunnya, namun tak sedikit juga yang memilih untuk resign.

Berbagai alasan menjadi penyebebabnya, ada yang ingin mencari pekerjaan yang lebih baik atau karena alasan pribadi lainnya.

3. Contoh Surat Resign dari Sekolah

nesabamedia.com

Menjadi guru adalah pekerjaan yang sangat mulia. Namun terkadang setelah bertahun-tahun menggeluti dunia pendidikan tersebut, sebagian orang tidak menemukan passion nya.

Ternyata keinginan dan cita-citanya terletak di bidang lain. Untuk itu, bagi anda yang kini menyandang status guru.

Mengajukan surat pengunduran diri karena alasan yang baik dan masuk akal menjadi pilihan terakhir. Semoga di dunia yang baru nanti anda menemukan passion yang anda cari selama ini.

4. Contoh Surat Resign dari Organisasi

makalah.id

Organisasi merupakan wadah kita belajar banyak hal. Belajar bagaimana caranya bekerja yang baik bersama tim, belajar bagaimana melakukan komunikasi yang baik, serta belajar bagaimana menyelesaikan suatu problem dengan cara yang bijak.

Namun, ada kalanya anda merasa sudah cukup menimba ilmu di organisasi tersebut dan ingin mencoba tantangan baru di dunia lainnya.

Maka dalam membuat surat pengajuan pengunduran diri, ada baiknya dilakukan disaat tugas utama anda di organisasi tersebut sudah selesai atau dikala organisasi tersebut berada dalam kondisi yang stabil.

5. Contoh Surat Resign dari Partai

dakwatuna.com

Partai, layaknya sebuah organisasi dimana setiap anggota memiliki jabatan dan peran masing-masing, baik itu di dunia politik maupun dunia sosial.

Ada kalanya visi misi seorang anggota sudah tak sejalan dengan visi misi partai, sehingga yang bersangkutan memilih keluar dari struktur organisasi politik tersebut.

Ia yang visi misinya sudah tak sejalan ada yang memilih pindah ke partai lain ada pula yang memutuskan benar-benar hengkang dari dunia perpolitikan.

6. Contoh Surat Resign dari Universitas

detiklife.com

Jenis pekerjaan apa saja yang ada di universitas? Tentu banyak sekali mulai dari dosen, staff Tata Usaha (TU), staff akademik, sekretaris dekan, kaprodi, dekan, hingga rektor.

Semua jabatan ini terikat kontrak kerja berbeda masing-masingnya. Biasnya untuk mengajukan resign dari sebuah universitas cukup sulit, karena status pegawainya adalah karyawan tetap atau PNS jikadi perguruan tinggi negeri.

Jika kamu bekerja di universitas, pengajuan pengunduran diri lebih baik dilakukan disaat kamu masih berstatus karyawan kontrak. Karena bagi karyawan tetap kontrak kerja biasanya berlaku seumur hidup.

7. Contoh Surat Resign dari Hotel

detiklife.com

Mengajukan resign dari hotel tidak sama dengan mengajukan resign dari bank atau universitas. Menggunakan format surat yang berbeda. Namun secara keseluruhan isinya sama, yaitu mencantumkan alasan yang jelas terkait perihal kamu resign.

8. Contoh Surat Resign Karena Menikah

suratkerjae.blogspot.com

Permasalahan yang satu ini kebanyakan dihadapi oleh kaum wanita. Meilih antara karir atau rumah tangga, karena sejatinya kodrat wanita adalah mengurus keluarga (seperti kebanyakan orang bilang).

Namun pada kenyataan karena tuntutan ekonomi 75% dari wanita banyak yang memilih menunda pernikahan demi membangun karir. Ada pula wanita yang memang memilih menjadi wanita karir ketimbang berkeluarga.

Semua tergantung pribadi masing-masing. Namun jangan lupa jika kamu ingin mengajukan resign karena alasan menikah, selesaikan dulu kontrak kerjamu dengan perusahaan agar kamu tidak melanggar aturan yang telah kamu sepakati saat penandatanganan kontrak kerja.

9. Contoh Surat Resign Karena Kehamilan

detiklife.com

Kasus ini tentu saja diperuntukkan bagi kaum wanita. Biasanya banyak wanita setelah hamil mengalami pergolakan batin, akankah melanjutkan karir atau berhenti dan kemudian menjadi ibu rumah tangga seutuhnya.

Surat pengunduran diri karena hamil harus disampaikan dengan bahasa yang lugas tak bertele-tele. Disertai ungkapan terimakasih dan permintaan  maaf kepada perusahaan yang telah memberikan kesempatan untuk meniti karir dan mengembangkan diri.

10. Contoh Surat Resign Karena Kesehatan

persuratan.com

Biasanya surat pengunduran diri jenis ini adalah surat yang paling dihindari semua orang. Karena menderita sakit tertentu mengharuskan seseorang mundur dari posisi dan jabatannya karena tak dapat melanjutkan pekerjaan seperti biasanya.

Dalam hal ini, ia terpaksa harus mengundurkan diri demi kelancaran mobilitas perusahaan.

11. Contoh Surat Resign Karena Belajar

beritabawean.com

Setelah merasa puas meniti karir, terkadang kita punya keinginan untuk kembali belajar ke jenjang yang lebih tinggi. Kembali menjadi mahasiswa terkadang menjadi impian sebagian orang.

Dalam mengajukan permohonan pengunduran diri karena belajar, disarankan untuk melampirkan dokumen-dokumen penting (seperti LoA dari universitas yang dituju) untuk mendukung pengabulan permohonan undur diri anda.

12. Contoh Surat Resign Sebagai Manager

masfikr.com

Meski sudah menjadi seorang manajer dan sukses membangun karir sebuah perusahaan, ada juga sebagian dari beberapa orang memutuskan resign dari dunia kerja.

Ada istilah “bosan jadi karyawan”. Kemungkinan berbagai alasan diantaranya ingin mengembangkan usaha sendiri atau bisa juga karena ingin pensiun dini dari dunia kerja.

13. Contoh Surat Resign Sebagai Mitra Kerja

academia.edu

Sebagai mitra kerja tentu memiliki perjanjian kontrak yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Namun di tengah berjalannya waktu, terkadang salah satu pihak ingin mengakhiri perjanjian tersebut karena perihal tertentu.

Surat pengunduran diri sebagai mitra kerja ini biasanya dapat diajukan saat kontrak sebagai mitra habis. Jika diajukan saat kontrak masih berlaku maka pihak yang mengajukan biasanya dibebani konsekuensi tertentu.

14. Contoh Surat Resign Sebagai Tenaga Kontrak

detiklife.com

Karyawan kontrak berarti karyawan tidak tetap yang tidak masuk dalam datar keanggotaan suatu lembaga atau instansi. Karyawan jenis ini bekerja berdasarkan lama kontrak yang ditandatanganinya di awal perjanjian kerja.

Setelah masa kontrak berakhir ia memiliki hak untuk melanjutkan kontrak (jika masih dibutuhkan), atau memilih mengundurkan diri dan mencari pekerjaan lainnya.

15. Contoh Surat Resign Sebagai Direktur

celticstown.com

Seperti yang sudah disebut di atas, seorang manajer dapat saja memutuskan mundur dari karirnya begitu pula seorang direktur. Jabatan tertinggi di perusahaan yang hanya dapat dijangkau oleh orang-orang terpilih.

Bagi sebagian orang menjadi direktur adalah puncak kebahagiaan, namun bagi sebagian yang lain menjadi seorang direktur adalah posisi yang ‘membahayakan’.

Membahayakan dalam artian beban yang akan dipikul sangat berat, tidak hanya memimpin satu tim divisi khusus namun memimpin sebuah perusahaan yang besar.

Tanggung jawab yang diterima juga tentu lebih banyak. Jika terdapat permasalahan di perusahaan tersebut maka yang akan disorot terlebih dahulu oleh mata publik adalah direkturnya, bukan bagian atau tim tertentu. Tapi tentu saja beban yang dipikul seseorang tidak akan melebihi kemampuannya bukan?

Demikianlah penjelasan tentang surat resign, alasan-alasan seseorang resign dan contoh surat resign. Sampai disini Anda pasti akan mengatakan bahwa ternyata membuat surat resign yang baik itu gampang bukan? Sekian dulu dari saya, salam sukses!

Keyword: Contoh Surat Resign

Leave a Reply