11 Contoh Surat Sakit serta Penjelasan Lengkap Cara Mendapatkannya

Contoh Surat Sakit – Siapa saja pasti tidak ingin mengalami sakit dan biasanya terjadi secara mendadak, terutama bagi orang yang jarang melakukan kontrol terhadap kesehatan.

Sakit membuat segala kegiatan kita menjadi tertunda. Yang harusnya dapat mengantar anak sekolah, jadi digantikan supir. Yang harusnya bisa menyelesaikan semua pekerjaan rumah, malah terbaring lemah tak berdaya.

Dan yang seharusnya bisa masuk sekolah, kuliah, dan kerja, malah meringkuk di dalam selimut karena tak kuat melakukan apa-apa.

Jika anda seorang pelajar tentu anda harus izin ke tidak masuk ke sekolah/ kuliah. Jika anda adalah seorang karyawan atau pegawai instansi tentu juga anda harus mendapatkan izin dari atasan untuk tidak masuk kerja.

Sakit merupakan hal yang tidak bisa kita hindari. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha sebaik mungkin agar tak terserang penyakit. Upaya yang dilakukan diantaranya menjaga tubuh tetap fit dengan banyak berolahraga. Namun jika memang sudah saatnya sakit itu datang, kita hanya bisa menerimanya dengan hati lapang.

Mungkin saja aktivitas yang begitu padat membuat anda tidak sadar bahwa anda kelelahan dan kurang tidur. Pola kerja yang seperti ini biasanya yang membuat seseorang tumbang dan tak sadar jika tubuhnya butuh berhenti untuk sejenak.

Nah jika sudah sakit tentu anda tidak bisa masuk sekolah, kuliah, ataupun berangkat bekerja. Agar bisa izin dan istirahat di rumah, lebih baik anda minta dibuatkan surat keterangan sakit dari dokter sehingga anda bisa istirahat dengan nyaman di rumah tanpa dihantui pekerjaan dan tugas.


Langkah-Langkah Mendapatkan Surat Dokter


hellosehat.com

Agar mendapatkan izin karena sakit, anda membutuhkan surat keterangan sakit dari pihak berwenang. Dalam hal ini yaitu rumah sakit, puskesmas, maupun klinik. Surat sakit adalah bukti agar pihak sekolah/ kampus/ kantor anda percaya bahwa anda tidak hanya mengada-ngada.

Lalu bagaimana cara membuat surat sakit? Apa saja langkah yang harus anda lakukan?

Pertama, pastikan anda memeriksakan diri anda terlebih dahulu ke dokter terdekat. Entah itu ke rumah sakit, puskesmas, atau klinik yang telah menjadi langganan anda.

Sampaikan keluhan anda kepada dokter tersebut, selanjutnya dokter akan memeriksa diri anda secara umum. Jika ditemukan keluhan yang tidak umum, maka dokter akan menyarankan agar anda melakukan chek up lebih lanjut.
Setelah menunggu hasil check up keluar, barulah dokter dapat menyimpulkan sakit apa yang anda derita.

Setiap dari kita tentu saja berharap jika anda hanya kelelahan biasa dan kurang istirahat. Saat dokter meresepkan beberapa obat, sampaikan bahwa anda membutuhkan surat keterangan sakit dari dokter agar bisa izin tidak masuk kerja.

Biasanya dokter akan langsung menuliskan surat sakit di kertas yang telah tersedia di meja, yang bertuliskan surat keterangan sakit. Surat tersebut nantinya menyatakan bahwa benar adanya anda sedang sakit dan diharuskan untuk istirahat selama beberapa hari.


Format Penulisan Surat Izin Karena Sakit


kreditgogo.com

Berbeda halnya dengan surat izin sakit, surat keterangan sakit dari dokter merupakan surat yang anda lampirkan di surat izin tersebut. Jika surat keterangan sakit dibuat oleh dokter atau bidan, surat izin sakit dibuat oleh diri anda sendiri.

Lalu seperti apa format atau susunan surat izin sakit yang baik dan benar? Berikut penjelasannya.

1. Tempat dan Tanggal Pembuatan Surat

Sama dengan kebanyakan surat pada umumnya, surat izin sakit juga harus disertakan tempat dan tanggal pembuatan suratnya.

Opsional, tempat dan tanggal pembuatan surat ini bisa anda letakkan di bagian kiri atau kanan atas badan surat. Atau di bagian kanan bawah (pojok) surat, tepat di atas salam penutup dan tanda tangan si pembuat surat.

2. Nama Tujuan Surat

Yang dimaksud disini adalah kepada siapa surat tersebut ditujukan. Jika anda adalah seorang siswa, maka biasanya yang membuat surat adalah orang tua/ wali murid, kemudian surat izin tesebut ditujukan kepada wali kelas atau kepala sekolah.

Jika anda adalah seorang mahasiswa maka surat izin sakit dapat anda buat sendiri dan ditujukan kepada dosen pengampu mata kuliah yang tidak bisa anda hadiri.

Namun jika anda adalah seorang pekerja (karyawan atau pegawai dan sejenisnya), maka surat izin yang anda buat ditujukan kepada atasan di tempat anda bekerja atau bisa juga ditujukan kepada bagian HRD (Human Resource Department).

3. Salam Pembuka

Tentu anda semua sudah paham dengan salam yang dimaksud. Misal “Dengan Hormat”, “Assalamu’alaikum”, atau “Salam Sejahtera”.

4. Pembuka

Susunan kalimat yang singkat dan padat berupa kalimat pembuka atau basa-basi sebelum anda masuk ke poin inti surat.

5. Isi Surat

Bagian ini berisikan penjelasan dan alasan pasti mengapa anda harus izin tidak masuk sekolah, kuliah, atau kerja.
Karena poin utamanya disini adalah karena sakit, tuliskan juga kalimat bahwa anda melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

6. Penutup

Jika ada kalimat pembuka tentu anda juga harus menuliskan kalimat penutup. Biasanya berisikan kalimat permohonan maaf karena tidak bisa masuk sekolah/ kuliah/ kerja. Serta ucapan terimakasih dan mohon doa agar lekas pulih kembali.

7. Tanda Tangan dan Nama Lengkap

Anda sebagai pembuat surat tentu harus menandatangani surat izin dan tersebut disertai nama terang.

 


Contoh Surat Sakit


alphapay.id

Bagi anda sebagai orangtua dan sedang memiliki anak yang sakit, maka diharapkan untuk melakukan pembuatan surat sakit kepada pihak sekolah.

Dalam kondisi darurat, surat sakit juga dapat dibuatkan oleh sang wali kelas. Hal ini dapat terjadi saat ada siswa atau siswi yang mendadak sakit dan harus dirawat secara serius sampai ke rumah sakit dan orangtua siswa atau siswi tersebut sedang berada jauh di luar kota.

Beberapa contoh dari surat sakit tersebut dapat disimak sebagai berikut.

1. Contoh Surat Sakit dan Izin Sekolah Akibat Sakit dari Orangtua

Saat anak yang sudah bersekolah sedang mengalami sakit, tentu saja sebagai orangtua anda harus segera merawatnya dan juga membuatkan surat izin untuk sekolahan. Membuat surat sakit ini harus sesuai dengan tata cara yang semestinya agar singkat, jelas, dan padat.

Jakarta, 25 Agustus 2018
Kepada Yth,
Bapak atau Ibu Guru SD Negeri 12 Jakarta
Di tempat

Dengan hormat,
Saya yang merupakan orangtua dari siswa dengan data:
Nama : Dika Hermawan
Kelas : Kelas IV A1
NISN : 12749
Memberitahukan bahwa putra saya dengan data tersebut tidak dapat mengikuti proses pembelajaran di kelas sementara waktu pada hari ini, 25 Agustus 2018, akibat terkena cacar air dan harus dirawat di rumah sampai sembuh.
Saya harap Bapak dan Ibu mengizinkan kepada anak saya untuk dapat tidak mengikuti proses pembelajaran. Demikian surat ini saya buat sebagai orangtua dari siswa tersebut dan saya ucapkan terima kasih terhadap Bapak atau Ibu guru yang peduli dengan kondisi anak saya.

Hormat Kami,
Orangtua Siswa,

Abdul Kadir

2. Contoh Surat Sakit dan Izin Atas Nama Sendiri

Adakalanya seorang anak memiliki orangtua yang sibuk. Jika pada suatu saat anak tersebut sakit, maka sang anak bisa saja membuat surat sakit untuk dapat meminta izin tidak masuk sekolah. Kemudian, surat tersebut bisa saja minta dititipkan melalui teman sekelas yang memiliki rumah berdekatan dengan anda.

Isi yang diterakan dalam surat sakit atas nama sendiri ini biasanya terdapat tambahan yang bersifat lebih resmi dibandingkan dengan surat sakit yang biasanya dibuatkan oleh orangtua. Jadi harus terdapat lampiran pada bagian atas dan juga perihal yang akan disampaikan.

Selain itu, pada surat sakit yang akan disampaikan ini juga harus dilampirkan juga surat keterangan dari dokter. Apabila belum sempat periksa ke dokter, anda bisa saja memberitahukan akan menirimkan surat keterangan dokter menyusul saat sudah masuk sekolah. Contoh dari surat Sakit dan izin atas nama sendiri dapat dilihat berikut ini.

Bandung, 25 Februari 2018
Hal : Permohonan Izin Tidak Masuk Sekolah
Lampiran : 1 Lembar

Kepada Yth.,
Bapak atau Ibu Guru
SMA Negeri 5 Banadung
Di Tempat

Dengan hormat,
Saya yang bertanda tangan memiliki data sebagai berikut.
Nama : Bambang Supriadi
Kelas : XII IPA 1
Alamat : Jl. Bababkan Ciparay No. 123 Bandung
Memberitahukan bahwa saya tidak dapat mnegikuti pelajaran diakibatkan mengalami diare pada 25 Februaru 2018. Sehubungan dengan penyakit yang saya derita, saya melampirkan keterangan surat dokter dari rumah sakit. Maka dari itu, saya mohon izin kepada Bapak atau Ibu Guru agar tidak mengikuti pelajaran.
Demikian surat ini saya buat. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak atau Ibu guru.

Hormat saya,

Bambang Supriadi

3. Contoh Surat Sakit Untuk Izin SMP

Sakit merupakan suatu hal yang tidak diinginkan oleh siapapun. Bagi siswa yang mengalaminya, tentu saja harus mengirimkan surat sakit ke sekolah. Surat sakit ini penting, agar siswa tidak dikira membolos oleh sang guru. Contoh dari surat sakit tersebut dapat disimak sebagai berikut.

Yogyakarta, 30 November 2018
Kepada Yth.,
Bapak atau Ibu guru wali kelas VI B
SMP Negeri 3 Semarang

Dengan hormat,
Saya orangtua dari siswa yang berdata:
Nama : Agung Triatmojo
NISN : 89897
Kelas : kelas VII D
Berdasarkan surat ini, kami sebagai orangtua dari siswa tersebut memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti proses belajar pada hari ini 30 November 2018, dikarenakan sakit vertigo. Kami berharap agar Bapk atau Ibu guru bersedia unntuk mengizinkan.
Demikian surat ini kami sampaikan. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian Bapak atau Ibu guru.

Hormat kami,
Orangtua Siswa

Terra Yuliana

4. Contoh Surat Sakit Untuk SD

Seorang anak SD biasanya belum mengerti apa itu surat sakit yang mana digunakan untuk izin tidak mengikuti pelajaran. Sebagai orangtua, anda harus perhatian dan membuat surat izin ini, agar anak tidak dikira membolos oleh gurunya.

Yogyakarta, 28 Oktober 2018
Kepada Yth.,
Bapak atau Ibu guru wali kelas II A
SD Muhammadiyah Sapen

Dengan hormat,
Saya orangtua dari siswa yang berdata:
Nama : Bagus Hartanto
NISN : 7812
Kelas : kelas II A
Berdasarkan surat ini, kami sebagai orangtua dari siswa tersebut memberitahukan bahwa anak kami tidak dapat mengikuti proses belajar pada hari ini 28 Oktober 2018, dikarenakan sakit diare. Kami berharap agar Bapak atau Ibu guru bersedia untuk memberikan izin kepada anak saya untuk tidak mengikuti pelajaran pada hari tersebut.
Demikian surat ini kami sampaikan. Kami mengucapkan banyak terima kasih atas perhatian Bapak atau Ibu guru.

Hormat kami,
Orangtua Siswa

Andi Sudiatmoko

5. Contoh Surat Sakit Akibat Rawat Inap di Rumah Sakit

Sebagai seorang mahasiswa juga terkadang mengalami sakit yang membutuhkan waktu yang lama dan harus di rawat di rumah sakit. Mahasiswa tersebut harus meninggalkan proses perkuliahan dnegan mneggunakan surat izin yang disertai dengan lampiran surat keterangan dokter. Contoh dari surat izin tersebut dapat dilihat sebagai berikut.

Yogyakarta, 1 Desember 2018
Kepada
Yth. Bapak/ Ibu Dosen
Universitas Islam Indonesia

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Bella Astuti
NIM : 19178
Fakultas : Fakulitas Teknologi Industri
Mata Kuliah : Unit Operasi
Mahasiswa yang bersangkutan menyampaikan bahwa tidak dapat mengikuti proses perkuliahan untuk mata kuliah Unit Operasi di sebabkan oleh sedang sakit. Sehubungan dengan surat ini terhitung mulai tanggal 1 Desember 2018 sampai 4 Desember 2018. Permohonan surat izin ini juga mneyertakan surat keterangan dokter yang mneyatakan harus melakukan rawat inap di rumah sakit.
Demikian surat izin ini disampaikan. Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Shella Triastuti

6. Contoh Surat Sakit Akibat Kecelakaan

Dalam hidup ini saat berkendaraan, terkadang mahasiswa juga pernah mengalami kecelakaan. Apabila tidak dapat mengikuti proses perkuliahan, maka diharuskan untuk membuat surat izin. Pembuatan surat izin juga diharuskan menyertakan surat keterangan dokter. Contoh dari surat sakit tersebut dapat dilihat berikut.

Bantul, 16 November 2017
Kepada
Yth. Bapak/ Ibu Dosen
Universitas Gadjah Mada

Dengan hormat,
Saya yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Sudiro
NIM : 19178
Fakultas : Fakulitas Teknik
Mata Kuliah : Termodinamika
Mahasiswa yang bersangkutan menyampaikan bahwa tidak dapat mengikuti proses perkuliahan untuk mata kuliah termodinamika akibat kecelakaan. Sehubungan dengan surat ini terhitung mulai tanggal 16 November 2017 sampai 24 November 2018. Permohonan surat izin ini juga mneyertakan surat keterangan dokter yang mneyatakan harus melakukan rawat inap di rumah sakit.
Demikian surat izin ini disampaikan. Saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Hormat saya,

Anggi Susilo

7. Contoh Surat Sakit Akibat Diagnosa Penyakit

Saat sedang mengalami sakit yang parah sebaiknya diperiksa ke dokter. Hal ini untuk mencegah penyakit tersebut semakin parah. Pada saat diperiksa, anda juga diharuskan untuk meminta surat keterangan dokter untuk dapat membuat surat sakit dan izin ke bagian tempat anda bekerja.

Rumah Sakit Sardjito
Jl. Kesehatan No. 1, Senolowo Sinduadu, Mlati, Kabupaten Sleman, DIY

SURAT KETERANGAN DOKTER
Yang bertanda tangan di bawah ini menjelaskan bahwa:
Nama : Dini
Jenis Kelamin : Perempuan
Pekerjaan : Mahasiswa
Berdasarkan hasil pemeriksaan secara medis, pasien tersebut mengalami demam berdarah yang memerluka istirahat sampai dengan seminggu mulai dari tanggal 30 Januari 2018.
Diagnosa : Penyakit Demam Berdarah
Demikian surat keterangan dokter ini dibuat, agar pihak Universitas Gadjah Mada mengizinkan mahasiswa tersebut untuk dapat tidak mengikuti proses perkuliahan selama seminggu. Terima kasih.
Sleman, 30 Januari 2018

Dokter Pemeriksa

8. Contoh Surat Sakit tidak Masuk Sekolah

Anak sekolah (siswa/i) dianggap sebagai anak di bawah umur dimana membutuhkan izin dan pengawasan dari wali. Saat izin tidak sekolah karena sakit, siswa/i tersebut perlu izin juga dari orang tua/ wali.

Jadi surat sakit bagi siswa/i harus dibuat dan ditandatangani oleh walinya. Tidak boleh menandatangani surat sakitnya sendiri. Jangan lupa melupakan melampirkan surat keterangan sakit dari dokter.

suratkerja.com

9. Contoh Surat Sakit Tidak Masuk Kuliah

Berbeda dengan siswa, mahasiswa tidak membutuhkan pengawasan orang tua/ wali untuk membuat surat izin sakit. Mahasiswa dapat membuat dan menandatangani sendiri surat izin tidak masuk kuliah. Sama dengan yang lainnya surat keterangan sakit dari dokter juga harus dilampirkan.

ibnuilyas.com

10. Contoh Surat Izin Tidak Masuk Kerja

Aturan perusahaan memberikan izin kepada karyawannya untuk tidak masuk kerja karena sakit. Beberapa perusahaan membuat aturan seorang karyawan diharuskan membuat surat keterangan sakit jika tidak masuk kerja lebih dari satu hari.

Ada pula perusahaan yang mewajibkan semua karyawannya untuk membuat surat sakit walaupun hanya izin satu hari.

sijai.com

11. Contoh Surat Izin Sakit untuk PNS

Surat izin tidak masuk kerja bagi Pegawai Negeri Sipil biasanya lebih rumit dibandingkan surat izin karyawan lainnya. Berikut contoh surat izin tidak masuk kerja karena sakit bagi seorang PNS.

ashadin.com

Demikian beberapa penjelasan dan contoh surat sakit yang bisa anda jadikan referensi. Semoga bermanfaat bagi anda sekalian. Salam!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*