6 Contoh Surat Tidak Resmi | Pengertian dan Ciri-Cirinya

Posted on

Contoh surat tidak resmi dan surat resmi dalam dunia serba digital ini gampang-gampang susah ditemukan. Kebanyakan sudah beralih ke aplikasi chat, misalnya wa, bbm, messenger, telegram dan lainnya. Sehingga surat yang dahulu menjadi media bertukar kabar dan informasi telah terancam punah. Tidak terkecuali surat tidak resmi.

Padahal surat memiliki sisi yang berbeda dengan aplikasi chat yang terkesan simple dan kurang mengeksploitasi daya imajinasi seorang pengirim pesan (pengguna apliasi chat).

Berbeda dengan penulis surat yang lebih leluasa memasukkan unsur jiwa dan emosi kedalam setiap rangkaian kata dan kalimatnya.

Sehingga, efek yang sangat jelas terlihat di zaman dahulu adalah sangat banyak ditemukan penulis-penulis handal dalam dunia fiksi. Mungkin salah satu alasannya yaitu karena terbiasa berkirim surat.


Pengertian Surat Tidak Resmi


healtheminds.com

Surat tidak resmi merupakan surat yang dapat kamu gunakan untuk keperluan atau keadaan tidak resmi. Contoh surat tidak resmi antara lain surat-menyurat untuk keperluan pertemanan atau persahabatan, surat yang digunakan untu berbagi kabar dengan orang tua ataupun keluarga dan lain sebagainya.

Mungkin Anda pernah menulis surat tidak resmi saat di bangku sekolah. Misalnya, Anda jatuh hari pada teman satu kelas, hehehe, (mungkin ini terjadi pada generasi old ya, yang belum mengenal aplikasi chat).

Surat tidak resmi umumnya ditulis menggunakan bahasa sederhana atau bahasa sehari-hari. Artinya Anda tidak perlu menggunakan bahasa yang baku. Pada surat tidak resmi tidak memiliki syarat khusus dalam penulisan surat layaknya surat resmi.

Adapun poin penting dalam penulisan surat tidak resmi adalah penerima surat mudah memahami maksud yang Anda tuliskan atau pesan yang ingin disampaikan melalui surat tidak resmi. Lalu, apa ya ciri-ciri surat tidak resmi itu?

Berbeda dengan surat resmi, pada surat tidak resmi digunakan dalam keadaan yang tidak resmi. Misalnya undangan ulang tahun.

Ciri-ciri dari surat tidak resmi adalah tidak adanya kop surat laiknya surat resmi dan juga bahasa yang tidak formal. Meski demikian tetap menggunakan bagian-bagian surat yang runtut yang mencakup, pembukaan, isi surat dan penutup.

Jika Anda ingin membuat contoh surat tidak resmi tanpa mengindahkan keruntutuan sebenarnya bukan suatu permasalahan juga. Tapi, alangkah baiknya runtut agar penerima mudah menangkap dan memahami pesan yang Anda sampaikan.

Pada umumnya pada bagian pembuka surat tidak resmi Anda kan melihat beberapa bagian pembuka surat yang berisi salam, doa, harapan dan keinginan.

Pada bagian isi akan tertulis bagian yang berisi tentang informasi utama di dalam surat tidak resmi. Nah, pada bagian terakhir atau penutup, hanya berisi mengenai salam penutup untuk yang menerima surat.


Contoh Surat Tidak Resmi


Yuk kita coba buat surat untuk contoh surat tidak resmi. Pada bagian contoh membuat surat ini kami akan menampilkan dua contoh surat tidak resmi.

1. Surat untuk Abang

americangreetings.com

Kasusnya begini, misalnya Anda memiliki saudara kandung yang pergi merantau ke salah satu kota besar di pulau Jawa. Maka Anda sebagai adik mengirimkan surat kepadanya. Untuk menanyakan kabar ataupun juga memberitahukan kabar Anda dan keluarga di kampung. Berikut adalah surat tidak resmi untuk saudara kandung.

Bengkulu, 29 Desember 2018
Harun Zein Muhammad
Di Bandung

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Hai, apa kabarmu di sana Bang? Semoga selalu dalam lindungan Allah SWT. Alhamdulillah kabar kami di sini sekeluarga baik-baik dan sehat semua. Tapi tetap hanya ada satu yang kurang, yaitu kehadiranmu di sini yang sangat kami harapkan Bang. Kami sekeluarga di sini sangat rindu sama Abang. Apabalgi si kecil Udin yang selalu bawel dan bertanya kapan Abang pulang ke rumah. Dia cuma berpesan kalau jangan lupa oleh-oleh kalau Abang pulang. Hehehehe…..

Aku ada kabar baik nih Bang, kemarinkan ada seleksi CPNS, nah Alhamdulillah Aku lulus dalam tahan awalnya Bang, do’a kan Adikmu ini ya Bang, semoga tahap selanjutnya bisa lulus lagi tentunya dengan hasil yang memuaskan. Kalau aku lulus, nanti Adikmu ini bisa segera menyusul ke seberang…hehehehe

Oiya Bang, Bapak dan Ibu titip pesan, katanya jangan pernah lupakan shalat lima waktu dan baca Al-Qur’an juga jangan sampai ditinggal, dan yang tidak kalah pentingnya adalah jaga kesehatan dan jangan terlalu sering bergadang kalau tidak ada perlunya…

Bang, Untuk kali ini mungkin sampai disini dulu ya, jangan lupa balas surat adikmu ini ya Bang. Kalo tidak adikmu ini akan nesu lho…hohoho…jaga diri baik-baik ya Bang di sana. Kami sekeluarga tetap bangga sama Abang.

Adikmu nan Merindu

Marion Jola

2. Surat untuk Ayah dan Bunda

newtimes.co.rw

Orang tua kasihnya sepanjang jalan, sedangkan anak hanya sepanjang galah. Pun demikian kalau kita merantau jauh dari kampung, kabarilah orang tua yang kadang tiada pernah lupa berdo’a untuk kita. Berikut ini adalah contoh surat tidak resmi untuk orang tua.

Yogyakarta, 28 Desember 2018
Kepada
Ayah dan Bunda
Di Jambi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Ayah dan Bunda apa kabar? Ananda berharap semoga Ayah dan Bunda selalu dalam keadaan sehat wal afiat, Aamiin. Ananda di sini alhmadulillah dalam keadaan sehat wal afiat serta baik-baik saja.

Ayah dan Bunda, libur semester ini Ananda belum bisa pulang ke Jambi. Ananda akan melaksanakan KKN (Kuliah Kernya Nyata) di salah satu desa di kabupaten Sleman, Yogyakarta, selama empat puluh (40) hari.

Ayah dan Bunda, Ananda mohon maaf karena harus menceritakan hal ini. Adapun tabungan Ananda sudah mulai menipis. Kalau Ayah dan Bunda sedang ada uang, bolehkah Ananda minta dikirimkan, karena untuk bekal Ananda selama KKN dan memenuhi kebutuhan yang harus dipenuhi.

Ananda berjanji pada Ayah dan Bunda akan belajar dengan giat dan sungguh-sungguh. Agar dapat bisa mendapatkan nilai yang baik dan bisa pulang tepat pada waktunya. Ananda sangat merindukan Ayah, BUnda dan Adik Jelo di Rumah, sampaikan salam rindu nan hangat untnuk Adik Jelo ya Yah, Bun….

Cukup sampai disini dulu ya surat Ananda. Ananda moho do’a restu dari Ayah dan Bunda semoga diberikan kemudahan dan kelancaran dalam melakasanakan ujian akhir semester dan juga KKN.

Sekian dulu surat dari Ananda, Ayah dan Bunda tetap jaga kesehatan ya
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Salam Rindu dari Anakmu,

Shela Permata Sari

3. Surat untuk Sahabat

runwright.net

Dear.. my very best friend in the world Jono

Hey Jon, apa kabarmu disana? Semoga semua baik-baik saja ya. Sudah lama sekali kita tak bertegur sapa sejak terakhir bertemu di Yogyakarta kala itu. Kau sibuk dengan pekerjaanmu sementara aku sibuk merintis usaha baru, tanpa terasa kita jarang sekali bertukar kabar.

Sengaja kukirimkan surat agar lebih leluasa untuk bercerita. Selama enam bulan ini begitu banyak perubahan yang terjadi dalam hidupku. Jatuh bangun dalam dunia bisnis hingga gagal dalam urusan percintaan. Hahahahaha

Klise sekali bukan? Makanya aku sengan menulis surat, karena jika aku ceritakan via telpon ataupun wa kau pasti akan menghina dan menertawakan ku habis-habisan. Meskipun kau tertawa terbahak-bahak saat ini tapi ku yakin kau akan menyimak ceritaku dengan sangat baik.

Bisnis yang kurintis kini sudah mulai berjalan dengan baik, meskipun perlahan-lahan namun suatu saat aku yakin aku akan bisa mencapai pasar ekspor-impor suatu saat nanti. Seperti yang pernah ku ceritaka padamu dulu.

Aku sempat mengalami masa-masa “gila”, uang dan modal ku habis total tak tersisa sepersenpun karena tertipu oleh mitra usaha. Aku benar-benar down kala itu, memang ada saja orang licik yang sangat tega menipu orang lain di dunia ini. Namun aku berusaha bangkit dan tetap yakin akan selalu ada jalan keluar bagi yang mau berusaha.

Kini aku sudah bisa menguasai pasar lokal di pulau Sumatera dan Jawa. Doakan saat ini aku sedang ekspansi ke Kalimantan dan Sulawesi, semoga semuanya lancar. Nanti saat ak ke Sulawesi pastikan kau harus menjemputku dan mengantarku keliling pulau ya!

Nah, cerita yang daritadi kau tunggu-tunggu pastinya, kisah CINTA. Hahahaha

Bagi seorang wanita, yang terbilang sukses dan mandiri seperti aku entah kenapa sulit sekali menemukan pasangan yang tepat. Orang-orang kampung sini bilang “makanya dulu setelah lulus kuliah kau harusnya langsung menikah, sekarang kalau sudah seperti ini laki-laki ya takut samamu”.

Ah sudahlah, sudah kenyang aku mendengar kata-kata itu. Bagaimanapun juga kalau tidak cocok dan nggak nyambung masa mau dipaksakan. Terakhir aku berkenalan dengan salah satu teman abang ku, tapi ya ujung-ujung gagal di tengah jalan juga, aku yang tak nyambung sepertinya.

Saat ini konsen utama ku harus segera menikah. Targetku aku harus menemukan “teman hidup” ku terlebih dahulu sebelum bisa memasarkan produk ku ke Asia Tenggara. Kau tak mau carikan kah? hahhahaha

Sekian dulu lah, aku tiba-tiba rindu dengan banyolan konyol mu.

nb: Hey selamat bertamabah tua cuii! Bulan depan aku berencana ke Sulawesi, jangan lupa ya jadi supirku selama disana.

Palembang, 7 April 2017

Sahabat terbaikmu,

Zahara

4. Surat Tidak Resmi – Memo

elevenia.co.id

Berbeda dengan memorandum yang ada di surat resmi, memo yang satu ini biasanya dituliskan oleh seseorang sebagai pesan pengingat (reminder) menggunakan sticky note. Kertas tersebut dengan mudah ditempel di meja kerja, meja belajar, pintu lemari, pintu kulkas, dan beberapa tempat strategis lainnya.

Berikut beberapa contoh memo (pesan singkat) yang sering dituliskan orang

“nak jangan lupa makan siang ya-mama” (Pesan yang ditulis seorang ibu yang sibuk bekera kepada anaknya. Biasanya pesan ini ditulis dan ditempel di meja makan atau di pintu kulkas).

“heat me then eat me” (Pesan yang ditulis oleh roommate kepada teman serumahnya. Pesan ini ditempelkan di kotak makan yang biasanya tersimpan di dalam kulkas).

“serahkan laporan keuangan bulan ini ke ruangan saya pukul 11.00 WIB tepat-manajer” (Pesan yang ditulis seorang atasan kepada sekretaris atau bawahannya. Biasanya ditempel di meja kerja bawahannya tersebut).

“pa, jangan lupa jemput adek di sekolah ya-mama” (Pesan yang ditulis seorang istri kepada suaminya, sebagai pengingat agar tidak lupa menjemput anaknya di sekolah).

Kebanyakan memo seperti contoh di atas dibuat oleh orang-orang yang jarang bertemu, karena mereka sama-sama sibuk. Sehingga memo jadi media untuk saling mengingatkan atau hanya sekedr bertegur sapa. Misalnya “good morning, aku berangkat kerja dulu ya”, biasa ditempel di gelas kopi atau pintu kamar.

5. Contoh Surat untuk Guru

thoughtco.com

Bisanya surat ini banyak ditulis saat perpisahan oleh siswa/i yang akan lulus dan meninggalkan sekolah. Surat ini ditujukan kepada guru-guru favorit mereka yang selama ini menjadi panutan. Biasanya surat tersebut berisikan kalimat-kalimat yang sedih dan menyentuh. Berikut contohnya:

Yogyakarta, 29 September 2009

Kepada Ibu Reni
Wali Kelasku Tersayang

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ibu Reni yang kami sayangi, semoga Ibu sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT.

Pertama-tama kami ucapkan terimakasih kepada Ibu, karena kasih sayang kepada Ibu yang begitu melimpah kepada kami, serta didikan Ibu yang membuat kami tumbuh menjadi anak yang berhasil melewati masa-masa SMA dengan sangat baik.

Ibu, selama ini Ibu pasti banyak menanggung beban karena kelakuan-kelakuan nakal kami. Kesabaran Ibu dalam mendidik tak ada duanya, sungguh besar kasih sayang layaknya Ibu menyayangi anak kandung sendiri.

Bu, ingat tidak kejadian saat salah satu dari kami terjebak dalam tawuran sekolah. Ibu dengan sabar tetap membimbing dan berusaha sebaik mungkin agar yang terlibat tawuran tidak dikeluarkan dari sekolah. Berkat dukungan Ibu lah kami sekelas bisa lulus tanpa syarat.

Begitu banyak kenakalan-kenalan lain yang kmi lakukan, namun sekali lagi Ibu adalah malaikat penolon kami nomor satu.

Ibu Reni yang sangat kami cintai, tak cukup rasanya mengucapkan terimakasih lewat sepucuk surat ini. Kami berjanji kamu tidak akan menyia-nyiakan perjuangan Ibu selama ini. Kami akan belajar lagi dengan sungguh-sungguh di perguruan tinggi nanti.

Semoga keberhasilan kami di kemudian hari nanti dapat menjadi hal yang membanggakan bagi Ibu. Terimakasih banyak Bu, doakan kami selalu, semoga di kemudian hari kita dapat berjumpa kembali. Jangan tutup pintu rumah ya Bu kalau kami berkunjung ke rumah Ibu nanti. Hehehe

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam Cinta,
Murid-murid kelas XII.I IPA kebanggaanmu

6. Contoh Surat untuk Kekasih

scoopwhoop.com

Tentu saja surat ini termasuk ke dalam surat tidak resmi. Siapa yang hingga kini masih sering saling bertukar surat dengan kekasihnya? Cieeee..cieee..

Surat untuk kekasih biasanya dibuat seromantis mungkin, bahkan terlihat lebay. Kadang sepasang kekasih bertukar surat dalam bentuk puisi.

Namun sudah pernah menemukan surat untuk kekasih yang minta putus belum? Jarang dong pastinya, berikut contohnya:

Teruntuk Herman,

Hai Man!
Maaf sebelumnya Man jika aku tak sopan menyampaikan semua ini lewat surat. Namun belakangan ini hatiku sunguh tak enak.

Langsung saja Man, aku ingin mengakhiri hubungan kita. Sepertinya hubungan ini tidak bisa dipertahankan lagi. Kamu jauh di Papua dan aku jauh di Jakarta. Kedua orang tua ku sudah berkali-kali menanyakan terkait arah hubungan kita. Namun aku tak bisa memberikan jawaban yang pasti kepada mereka.

Sudah beberapa lamaran yang datang Man dan kali ini Ayah ku tak sampai hati jika kembali harus menolaknya. Aku sebagai anak perempuan tentu juga merasa tak enak telah menolak banyak pinangan.

Jika memang kamu belum siap untuk maju ke jenjang pernikahan aku maklum Man, masih banyak hal lain yang menjadi prioritasmu. Maafkan aku Man, keputusanku ini mungkin terkesan kejam. Namun suatu saat nanti kamu pasti akan paham dan maklum.

Semoga kita tetap menjadi taman baik di kemudian hari. Sekali lagi aku minta maaf.

Jakarta, 24 April 2006
Raina


beliefnet.com

Demikianlah sekilas tentang surat tidak resmi beserta ciri-ciri dan contoh surat tidak resmi. Memang benar kalau perkembangan teknologi semakin canggih dan sangat memudahkan dalam berkomunikasi.

Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan surat untuk sekedar berkomunikasi. Bahkan beberapa orang berfikiran kalau surat tetaplah layak dipertahankan sebagai media komunikasi.

Dengan surat-surat kita juga melepas rindu kepada teman, sahabat, keluarga, orang tua, guru sewaktu sekaola dan lain sebagainya.

Yang tidak kalah pentingnya, dengan surat ada unsur jiwa dan emosi yang menyerta, yang mana ini tidak akan ditemukan dalam aplikasi chat manapun saat ini. Selamat Mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.