Inilah 10 Daerah Penghasil Batu Akik Terbaik di Indonesia

Daerah Penghasil Batu Akik – Batu Akik merupakan sebuah mineral atau batu hasil karya alam yang alami dan dari prosedur geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimiawi. Batu akik ini terbuat dari pengkristalan mineral dalam jangka waktu yang sangat lama.

Prosesnya yang alami awalnya hanya berasal dari sebuah bongkahan batu besar yang di perkecil oleh  manusia dan dijadikan permata dengan keindahan yang bermacam-macam.

Batu akik saat ini menjadi primadona dan banyak diminati oleh para kolektor. Selain karena keindahannya, para kolektor batu akik membeli, mengoleksi, merawat, bahkan mati-matian lantaran mempercayai kekuatan gaib yang tersimpan di dalamnya.


Daftar Daerah Penghasil Batu Akik Terbaik di Indonesia


Indonesia memiliki berbagai jenis batu akik dengan kualitas terbaik dan bernilai sangat tinggi. Berikut beberapa daerah penghasil batu akik terbaik di Indonesia yang bisa kamu datangi.

1. Wonogiri, Jawa Tengah

daerah penghasil batu akik terbaik di Indonesia
www.majalahbatu.com

Wonogiri merupakan daerah di Jawa Tengah yang menjadi tempat penghasil batu akik. Salah satu batu akik andalannya adalah batu akik Opal Api atau Barjad Api.

Batu akik ini merupakan salah satu jenis batu akik yang banyak diburu karena keunikannya yaitu mampu memantulkan dan membiaskan cahaya merah yang mirip dengan kobaran api.

Warnanya batu akik ini sangat bervariasi, mulai dari merah, hijau, biru hingga kuning.

2. Garut, Jawa Barat

daerah penghasil batu akik terbaik di Indonesia
www.batugiokaceh.com

Garut merupakan daerah di Jawa Barat yang terkenal sebagai penghasil batu akik jenis Pancawarna, khususnya Pancawarna Endong Garut.

Batu akik jenis ini mendadak tenar di kalangan pecinta batu mulia dunia setelah dihadiahkan kepada para petinggi dari 109 negara yang mengikuti Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-60. 

Sebanyak 60 kilogram bongkahan Batu Pancawarna Endong Garut senilai Rp 30 juta dari Gunung Kencana, Garut Selatan digunakan untuk membuat 109 liontion cantik.

Satu Batu Pancawarna tersusun oleh 5 warna sekaligus yang membuat tampilannya tampak menarik dan berbeda dari jenis batu akik lain.

3. Kebumen, Jawa Tengah

daerah penghasil batu akik terbaik di Indonesia
batumulialukula.com

Kecamatan Karanggayam, Kebumen, Jawa Tengah saat ini menjadi salah satu daerah penghasil batu akik terbaik di Indonesia, khususnya jenis batu Badar Besi.

Batu jenis ini mempunyai keunikan yaitu ketika didekatkan dengan magnet, Batu Badar Besi akan tertarik dan menempel di magnet tersebut.

Bahkan ada beberapa Batu Badar Besi yang mengandung magnet dan bisa menarik beri lainnya juga.

4. Pacitan, Jawa Timur

daerah penghasil batu akik terbaik di Indonesia
bumipermata.com

Batu akik jenis Kalsedon merupakan jenis batu akik yang sudah banyak diketahui oleh para pecinta batu akik. Batu ini memiliki warna biru, jingga, merah, kuning dan hijau.

Batu Kalsedon banyak dihasilkan di daerah Jawa Barat dan Sulawesi Tenggara.

Namun Batu Kalsedon dengan kualitas terbaik ternyata ada di daerah Pacitan, Jawa Timur. Jika berkunjung ke Pacitan, kamu akan banyak menemukan Batu Kalsedon berwarna biru-keabu-abuan, putih keabu-abuan, cokelat terang hingga cokelat gelap dengan kualitas terbaik.

5. Muara Sahung, Bengkulu

daerah penghasil batu akik terbaik di Indonesia
infobatuakik.info

Bengkulu terkenal sebagai daerah penghasil batu akik jenis yang langka yaitu batu Raflesia. Batu akik cantik ini memiliki warna yang bervariasi, mulai dari kuning, merah hingga putih.

Batu-batu indah ini banyak ditemukan di daerah Muara Sahung, sebuah daerah di bagian selatan Provinsi Bengkulu.

6. Bireuen, Aceh

daerah penghasil batu akik terbaik di Indonesia
blog.tokopedia.com

Bireun adalah nama daerah di Aceh yang terkenal sebagai penghasil batu giok terbaik di Indonesia. Bahkan kualitas Batu Giok asal Aceh ini tidak kalah dengan Giok asal Tiongkok.

Harga Batu Giok Aceh dibanderol dengan harga jutaan hingga puluhan juta rupiah per kilogramnya.

7. Solok Selatan, Sumatera Barat

daerah penghasil batu akik terbaik di Indonesia
penggemarbatucincin.blogspot.com

Batu Idokras merupakan salah satu batu akik yang terkenal di Indonesia bahkan dunia karena keindahannya. Batu ini memiliki warna hijau terang dengan motif totol lumut yang sangat khas dan indah.

Batu cantik ini banyak ditemukan di daerah terpencil di Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu yang berlokasi di Solok Selatan, Sumatera Barat.

8. Tanjung Bintang, Lampung Selatan

daerah penghasil batu akik terbaik di Indonesia
www.majalahbatu.com

Daerah Tanjung Bintang, Lampung Selatan merupakan daerah yang terkenal sebagai penghasil batu akik Bungur yang berkualitas baik. Batu ini terkenal tidak hanya di Indonesia tapi sampai ke mancanegara.

Batu akik Bungur Tanjung Bintang sendiri memiliki ciri khas warnanya yang ungu bening, sehingga sering juga disebut dengan Kecubung Bungur.

9. Pulau Kasiruta, Maluku Utara

daerah penghasil batu akik terbaik di Indonesia
pusatbatu.com

Siapa yang tidak tahu batu akik jenis Bacan? Ya, Batu jenis Bacan ini mulai jadi perbincangan dunia sejak Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan batu akik berwarna hijau ini ke Presiden AS, Barack Obama pada 2010 silam.

Bahkan yang dulunya harga Batu Bacan hanya berkisar di ratusan ribu, kini mencapai jutaan hingga ratusan juta rupiah. Daerah penghasil batu Bacan terbaik adalah Pulau Kasiruta, Maluku Utara.

Disana kamu akan menemukan batu Bacan dengan kualitas terbaik dan tentunya dibanderol dengan harga yang lebih murah.

10. Martapura, Kalimantan

daerah penghasil batu akik terbaik di Indonesia
batuakikmurah.net

Martapura merupakan salah satu tempat pertambangan batu akik dan batu intan/permata. Di Kalimantan ini terdapat banyak macam batu akik dengan kualitas terbaik, salah satunya adalah batu akik kecubung.


Cara Ampuh Mengetahui Batu Bacan yang Asli dan Palsu


Demam batu akik di tanah air tidak dapat dipungkiri lagi mulai dari Sabang sampai ke Papua sudah menjadi trend bumming saat ini, akan tetapi awas di tengah berbagai macam batu akik yang asli seiring dengan itu banyak muncul batu akik palsu alias sintetis atau juga tiruan terutama pada batu dengan nilai jual yang tinggi.

Dari sinilah timbul permasalahan yang membuat celah penjual nakal untuk mendapatkan keuntungan besar karena seakan-akan batu akik itu asli. Tidak terkecuali untuk jenis batu bacan banyak bertebaran yang palsu.

Para kolektor yang berpengalaman dalam hal seluk beluk batu mudah membedakan batu asli dan palsu akan tetapi tidak berlaku untuk yang belum berpengalaman alias kolektor pemula karena terkadang terjadi kesulitan untuk membedakannya.

Ada tips yang cukup sederhana untuk melihat batu bacan asli dan palsu cara tersebut lebih praktis dan mudah sekali hanya menggunakan smartphone atau tablet terutama yang sudah menggunakan teknologi IPS untuk layar sentuhnya karena lebih peka san sensitif.

Permukaan batu bacan tersebut disentuhkan pada layer sentuh smartphone atau tablet untuk mebuka aplikasi dan mengeser aplikasi dengan ketentuan kalau terukan dan bergeser aplikasi pada gadget tersebut menunjukan kalau batu akik bacan tersebut asli.

Untuk lebih detail ada trik lain yang dapat dicoba agar lebih mengetahui batu bacan asli atau palsu dengan ciri-ciri di bawah ini:

  1. Goreskan batu bacan pada kaca kalau tingkat kekerasan batu mencapai 7 skala mohs akan mampu tergores kaca yang di jadikan uji coba.
  2. Menggunakan batu bacan dengan kaca pembesar dengan bantuan senter sebagai penerangan akan terlihat bercak atau gelombang denga catatan buka pecah dalam sementara untuk yang palsu akan terlihat mulus sekali.
  3. Cara lain yang dapat di coba dengan cara memanaskan menggunakan api maka akan keluar seperti minyak dan kalau di bersihakan kembali akan terlikat tetap mengkilap sedangkan yang paslu meninggalkan bekas kusam.

Sebagai informasi yang pasti penjelasan di atas bukan semata menjadi jaminan karena tidak menggunakan peralatan yang sudah teruji, kepastian yang mencapai 100% asli adalah menggunakan alat uji Diamond Selector sehingga kita tahu tingkat kerasnya batu bacan tersebut atau juga melakukan uji laboratorium.

Demikian beberapa tempat penghasil batu akik terbaik di Indonesia. Jika ada kritik, saran dan tambahan tentang hal-hal yang berhubungan dengan artikel ini, silahkan ditulis di kolom komentar. Semoga bermanfaat dan Terimakasih.

1 thought on “Inilah 10 Daerah Penghasil Batu Akik Terbaik di Indonesia”

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.