10 Daftar Universitas Terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2019

Posted on

Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking merupakan lembaga pemeringkatan universitas dunia.

Tidak hanya itu, QS World University Ranking juga merupakan lembaga yang menjadi salah satu acuan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.

Belum lama ini, QS World University Ranking merilis daftar kampus-kampus terbaik di dunia. Tidak hanya itu, dapat juga melihat daftar kampus atau universitas terbaik berdasarksan negara atau lokasi tempat kita tinggal.

Untuk Indonesia, QS World University Ranking membuat daftar universitas terbaik dengan berdasarkan 11 faktor seperti diantaranya reputasi akademik, mahasiswa per-fakultas, karyawan, kutipan karya ilmiah, fakultas dengan kelas internasional, mahasiswa dengan kelas internasional, karya ilmiah per-fakultas, jumlah pengajar PhD per-fakultas, inbound exchange, outbond exchange dan yang terakhir jaringan riset internasional.


Daftar Universitas Terbaik di Indonesia


Apakah kampus anda termasuk kampus terbaik versi QS World University? Berikut merupakan 10 urutannya!

1. Universitas Indonesia

Image Source: mataair.or.id

Urutan pertama universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking adalah Universitas Indonesia (UI).

Tidak hanya menduduki peringkat 1 di Indonesia, kampus yang terkenal dengan yellow jacket ini juga masuk dalam peringkat ke-57 di Asia, tahun lalu berada di di posisi ke-54.

Meskipun turun 3 peringkat dari tahun lalu, kita tetap harus bangga karena salah satu perguruan tinggi dari Indonesia bisa masuk 100 besar universitas terbaik di Asia dan berada di peringkat 57.

Kampus Universitas Indonesia secara geografis berada di dua area, yaitu di Salemba (Jakarta) dan di Depok. Sebagian besar fakultas UI berada di Depok.

Kampus UI yang terletak di Depok memiliki luas lahan 320 hektar dengan hanya 25% lahannya yang digunakan sebagai sarana akademik, riset dan kemahasiswaan, sisanya 75% merupakan area hijau dengan wujud hutan kota yang memberikan nuansa akademik bertradisi yang tenang dan asri.

2. Institut Teknologi Bandung

Image Source: itb.ac.id

Peringkat ke-2 Universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Sama seperti Universitas Indonesia, ITB juga masuk dalam peringkat 100 besar universitas terbaik di Asia dengan peringkat ke-73, tahun sebelumnya ITB berada di peringkat 65.

Institut Teknologi Bandung memiliki tiga lokasi kampus, tapi sebagian besar kegiatan atau aktivitas dilakukan di kampus Ganesha dan untuk 2 kampus lainnya digunakan sebagai fasilitas pendukung beberapa jurusan misalnya jurusan Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri (FTI) berkuliah di Jatinangor di tahun pertama, tahun selanjutnya di ITB Cirebon.

3. Universitas Gadjah Mada

Image Source: ugm.ac.id

Untuk peringkat ke-3 universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking adalah Universitas Gadjah Mada (UGM).

Berbeda dengan UI dan ITB, Universitas Gadjah Mada mengalami kenaikan peringkat dari daftar universitas terbaik di asia.

Jika tahun lalu UGM berada di peringkat ke-85, tahun ini berhasil menduduki peringkat ke 74. UGM juga merupakan kampus ketiga yang berhasil meraih peringkat 100 besar universitas terbaik di Asia.

Universitas Gadjah Mada merupakan kampus tertua dan pertama yang didirikan Pemerintah Republik Indonesia pada tanggal 19 Desember 1949 dan juga diresmikan oleh Ir. Soekarno.

4. Institut Pertanian Bogor

Image Source: tempatangker.com

Peringkat selanjutnya yaitu peringkat ke-4 universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking adalah Institut Pertanian Bogor (IPB). Selain berhasil menduduki peringkat 4 universitas terbaik di Indonesia, IPB juga berhasil mendapatkan peringkat ke-130 universitas terbaik di Asia, di tahun sebelumnya IPB berada di peringkat 147 dan ini merupakan pencapaian yang besar karena dapat naik sampai 17 peringkat serta berada di 150 besar universitas terbaik di Asia.

IPB didirikan pada tanggal 1 september 1963 dan memiliki 5 lokasi kampus yang berbeda. IPB Darmaga, IPB Baranangsiang Bogor, IPB Gunung Gede Bogor, IPB Cilibende Bogor dan IPB Taman Kencana Bogor.

5. Universitas Airlangga

Image Source: quipper.com

Selanjutnya, peringkat ke-5 universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking adalah Universitas Airlangga (UNAIR). Kampus yang terletak di Surabaya ini juga berhasil mendapatkan peringkat 199 universitas terbaik di Asia, di tahun sebelumnya UNAIR berada di peringkat 171.

Universitas Airlangga memiliki 3 kampus dengan area yang berbeda, diantaranya Kampus A yang terletak di Jl. Mayjen. Prof. Dr. Moestopo 47, Surabaya, Kampus B di Jl. Airlangga 4-6 Surabaya, Kampus C di Jl. Mulyorejo, Surabaya.

6. Universitas Padjajaran

Image Source: quipper.com

Peringkat ke-6 universitass terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking adalah Universitas Padjajaran (UNPAD).

Selain berhasil mendapatkan peringkat 6 universitas terbaik di Indonesia, UNPAD juga mendapatkan peringkat 225 universitas terbaik di Asia, di tahun sebelumnya UNPAD berada di peringkat 176.

Universitas Padjajaran merupakan perguruan tinggi negeri di Bandung, Jawa Barat dan berdiri pada 11 September 1957.

Universitas Padjajaran memiliki dua kampus utama yaitu di Kampus Iwa Koesoemasoemantri di Dipati Ukur, Bandung dan Kampus Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

7. Institut Teknologi 10 November

Image Source: wikimedia.org

Untuk peringkat ke-7 universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking adalah Institut Teknologi 10 November (ITS). Sama seperti Universitas Padjajaran, ITS juga mendapatkan peringkat 250 besar universitas terbaik di asia dengan peringkat 229, di tahun sebelumnya ITS berada di peringkat 232.

Institut Teknologi 10 November memiliki 3 area kampus, diantaranya Kampus ITS Sukolilo yang memiliki luas bangunan kurang lebih 150.000 m2, Kampus Manyar yang digunakan untuk program D3 Teknik Sipil dan Kampus ITS Cokroaminoto yang digunakan untuk Magister Manajemen.

8. Universitas Bina Nusantara

Peringkat ke-8 universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking adalah Universitas Bina Nusantara (BINUS). Tidak hanya berhasil menjadi peringkat 8 universitas terbaik di Indonesia, BINUS juga mendapatkan peringkat 251-260 universitas terbaik di Asia.

Universitas Bina Nusantara memiliki 5 kampus yang berbeda, diantaranya adalah, Kampus Syahdan, Kampus Anggrek, Kampus Kijang, Kampus Alam Sutera dan Kampus JWC.

9. Universitas Diponegoro

Image Source: fisip.undip.ac.id

Peringkat selanjutnya yaitu peringkat 9 universitas terbaik di Indonesia menurut QS World University Ranking adalah Universitas Diponegoro (UNDIP). Selain berhasil menjadi 10 besar peringkat universitas terbaik di Indonesia, UNDIP juga masuk dalam peringkat 271-280 universitas terbaik di asia, tahun lalu UNDIP berada di peringkat 240.

Universitas Diponegoro memiliki 7 kampus yang berbeda, diantaranya Kampus Peleburan Semarang, Kampus Tembalang Semarang, Kampus Jl. Dr. Sutomo 14, Kampus Jl. Ade Irma Suryani Jepara, Kampus Mlonggo Jepara dan Kampus Teluk Awur Jepara.

10. Universitas Brawijaya

Image Source: mediaindonesia.com

Terakhir, peringkat 10 universitas terbaik di Indonesia versi QS World University Ranking adalah Universitas Brawijaya (UB).

Sebagai salah satu universitas terbaik di Jawa Timur, selain berhasil menjadi peringkat 10 universitas terbaik di Indonesia, Universitas Brawijaya juga masuk dalam peringkat 271-280 universitas terbaik di Asia, di tahun sebelumnya berada di peringkat 291-300.

Universitas Brawijaya memiliki 4 kampus dengan letak geografis yang berbeda, Kampus utama (UB I) berada di Ketawanggede, Malang, UB II berada di Dieng, UB III berada di Kediri dan yang terakhir UB IV khusus pascasarjana berada di Jakarta.

Penempatan ranking perguruan tinggi diatas didasarkan dari hasil  riset dengan menggunakan 9 indikator yang dimiliki Quacquarelli Symonds. 9 indikator tersebut adalah:

1. Reputasi Akademis

Reputasi akademis menduduki poin teratas yakni 30%. Quacquarelli Symonds langsung melakukan survei ke kalangan civitas akademis kampus di setiap prodi untuk mengukur seberapa besar kekuatan prodi tersebut.

2. Reputasi Karyawan

Reputasi karyawan menduduki poin 10%. Survei yang mereka lakukan yaitu dengan melihat dan mengukur sistem administrasi dan layanan yang diberikan perguruan tinggi kepada seluruh elemen mahasiswa dan dosen serta pegawai di dalamnya.

3. Rasio Fakultas Dan Mahasiswa

Rasio Fakultas Dan Mahasiswa memiliki bobot 20%. Survei ini dilakukan dengan melihat, membandingkan dan menghitung jumlah dosen dengan jumlah mahasiswa yang lulus dari setiap program studi atau jurusan di perguruan tinggi tersebut.

4. Penghargaan Riset Hasil Penelitian

Indikator yang keempat ini memiliki bobot 15%. Survei yang dilakukan ini dengan melihat jumlah karya dan riset ilmiah yang berhasil diperoleh perguruan tinggi tersebut. Tolak ukur ini dianalisis dengan program scopus.

5. Jumlah Penelitian Ilmiah Per Fakultas

Ini memiliki bobot 15%. Tolak ukur bagus sebuah perguruan tinggi salah satunya adalah dengan melihat dan menghitung seberapa banyak jumlah riset atau penelitian ilmiahnya.

Dalam hal ini diafiliasikan melalui aplikasi scopus. Yakni aplikasi yang memuat seluruh journal penelitian ilmiah perguruan tinggi setingkat internasional.

6. Proporsil Fakultas dan Mahasiswa Internasional

Indikor no 6-7 ini menganalisis berapa banyak jumlah program studi atau jurusan internasional yang dimiliki fakultas.

Sementara itu, untuk kelas internasional dilihat perbandingan antara jumlah mahasiswa internasional dengan layanan pegawai administrasi perguruan tinggi di setiap fakultas.

Hal ini merupakan penentu kualitas layanan yang diberikan kepada mahasiswa internasional.

Keyword: Universitas Terbaik di Indonesia

One thought on “10 Daftar Universitas Terbaik di Indonesia versi Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.